Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 06.45–17.00 WIB, Alamat: Ciburial, Kec. Cimenyan, Kab. Bandung, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Objek wisata di Indonesia sangat beragam. Mulai dari wisata alam, wisata wahana permainan hingga wisata bertema sejarah dan budaya. Salah satunya adalah wisata Gua Belanda di Bandung yang ada di Jawa Barat. Tak hanya bisa melihat peninggalan sejarah namun pemandangan alam disekitar lokasi wisata juga tak kalah menarik.

Gua yang berada di Kota Bandung ini disebut Gua Belanda karena memang dibangun pada masa penjajahan Belanda yaitu sekitar tahun 1918. Gua yang awalnya berfungsi sebagai PLTA Bengkok ini kemudian beralih fungsi menjadi markas militer pada saat perang dunia kedua. Apa saja hal yang menarik dari lokasi wisata satu ini, yuk simak pembahasannya dibawah ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Gua Belanda

Daya Tarik Wisata Gua Belanda
Image Credit: Google Maps Hasna

1. Bangunan Tua yang Menyimpan Banyak Cerita

Objek wisata yang disebut sebagai Gua Belanda dibangun pada masa kolonial belanda, sehingga namanya sering disebut seperti itu. Walaupun bangunan yang berumur cukup tua, namun terlihat dari luar bahwa bangunan ini sangat kokoh. Tak hanya dibuat dari batuan namun dinding gua ini sudah dilapisi oleh beton.

Tak hanya itu, hal menarik lainnya adalah gua ini mempunyai 2 pintu masuk yaitu pintu masuk utama dan pintu masuk jalur logistik. Ada juga ventilasi dan pintu keluar yang mempunyai lebar sama dengan pintu masuk utama. Gua ini juga mempunyai 15 lorong, yang akan membuat gua ini menarik dan seru untuk dikunjungi.

2. Gua Gelap yang Menyimpan Banyak Peninggalan Sejarah

Gua memang cenderung lebih gelap. Walaupun Gua Belanda ini tak segelap Gua Jepang yang terletak di sebelahnya, namun tetap saja bila ingin masuk kedalam gua, anda harus membawa senter untuk menambah penerangan. Anda juga harus lebih berhati-hati saat menyusuri gua ini karena keadaannya yang remang-remang.

Walaupun destinasi bersejarah ini mempunyai penerangan yang kurang, namun pada saat ditemukan pertama kali, Gua ini menyimpan banyak peninggalan sejarah yang penting. Beberapa diantaranya adalah seperti amunisi, senjata, dan benda benda perang lainnya. Peninggalan-sejarah tersebut kemudian disimpan di museum Djuanda di kawasan wisata dago pakar.

Tak hanya itu, jejak sejarah Gua Belanda ini juga karena ditemukan adanya bekas ruang interogasi dan ruang tahanan di dalamnya. Hal ini membawa sejarah cerita masa lalu yang kelam dan menunjukkan kekejaman penjajah Belanda jaman dahulu. Mengunjungi gua ini tentu akan menjadi tantangan tersendiri.

Daya Tarik Dimiliki di Gua Belanda
Image Credit: Google Maps Alex Bali

3. Pemandangan Alam Sekitar yang Mempesona

Tak hanya dari uniknya cerita sejarah yang melatarbelakangi adanya Gua Belanda ini, namun daya tarik yang bisa menarik wisatawan adalah pemandangan alamnya yang indah. Selama perjalanan menuju ke lokasi Gua, anda akan melawati Taman Hutan Raya Ir.H. Juanda yang berhawa sejuk dan rindang di pinggir jalan.

Pemandangan lembah dan hamparan perbukitan hijau di sisi bagian kiri selama perjalanan menuju gua akan membuat perjalanan anda lebih seru. Tak hanya itu, pada bagian dasar lembah juga bisa terlihat ada sebuah aliran sungai yang cukup besar. Aliran sungai tersebut adalah Sungai Cikapundung yang berasal dari Curug Omas di Lembang.

4. Banyak Lorong Berliku yang Menambah Kesan Estetik

Keunikan dari Gua Belanda juga terletak pada banyaknya lorong yang dibuat didalamnya. Lorong berliku dengan jumlah yang banyak ini menjadikan gua satu ini lebih cantik dan seru untuk dikujungi. Panjang lorong utama gua yaitu sekitar 144 meter dan mempunyai lebar sekitar 1,8 meter dan tinggi sekitar 3 meter.

Salah satu lorong yang berada di dalam gua ini mempunyai bentuk yang unik yaitu bentuk yang melancip ke atas. Kemudian ada juga lorong yang memanjang di bagian kanan gua dan digunakan sebagai jalur ventilasi udara. Diantara lorong logistik dan lorong utama juga terdapat satu lorong pemeriksaan, empat lorong sel tahanan, dan satu lorong penghubung.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Gua Belanda
Image Credit: Google Maps Steven Kester Yuwono

Objek wisata Gua Belanda ini terletak tepatnya di Taman Hutan Raya Ir.H. Juanda. Masuk wilayah Desa Ciburial di Bandung Utara, Jawa Barat. Namun daerah Taman Hutan ini juga sering disebut dengan nama dago pakar. Lokasi ini terletak sekitar 2 km dari jalan Dago. Sehingga lokasinya ini akan lebih mudah ditemukan para wisatawan yang ingin berkunjung.

Wilayah objek wisata bersejarah ini berada di kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda yang memang merupakan area konservasi. Sehingga tak heran bila anda ingin menuju ke lokasi gua akan menyaksikan perpaduan antara hutan alam sekunder dengan hutan tanaman yang luasnya hampir mencapai sekitar 590 hektare.

Setelah masuk ke kawasan konservasi tersebut, perjalanan anda kemudian akan dilanjutkan dengan rute berjalan kaki selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, kemudian anda akan melihat ada mulut Gua Belanda yang akan terlihat dari jarak lumayan jauh. Lubang gua tersebut menembus dinding batu karang, hingga keluar ke ujung bukit karang di sisi yang lain.

Harga Tiket Masuk Gua Belanda

Harga Tiket Masuk Gua Belanda
Image Credit: Google Maps Adhitya Pramana

Bila ingin berkunjung ke objek wisata alam dan bertema sejarah di Kota Bandung ini, maka anda perlu menyiapkan dana sekitar Rp 10.000 sebagai biaya tiket masuk yang akan dikenakan perorangnya. Selain itu akan ada biaya parkir kendaraan juga yang akan dikenakan bila anda menggunakan kendaraan pribadi.

Untuk biaya parkir yang dikenakan adalah sekitar Rp 5 ribu untuk setiap motor. Namun harga yang tertera diatas adalah harga yang masih bisa berubah sesuai dengan kebijakan pihak pengelola objek wisata Gua Belanda. Sehingga bisa berkunjung anda disarankan untuk membawa dana lebih untuk berjaga jaga.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Gua Belanda

Kegiatan Menarik di Gua Belanda
Image Credit: Google Maps Imam Santosa

1. Berfoto dengan Latar Pemandangan Alam yang Cantik

Berwisata alam memang kurang lengkap bila tidak berfoto. Terlebih bila pemandangan alam yang disuguhkan sangat indah. Sama halnya seperti lokasi wisata Gua Belanda Bandung ini. Objek wisata yang terletak di kawasan konservasi ini tentu mempunyai pemandangan alam yang indah dan juga sayang untuk dilewatkan.

Maka tak jarang banyak pengunjung yang sering mengambil foto selama perjalanan. Lokasi wisata ini juga seringkali digunakan sebagai latar foto prewedding dan foto profesional lainnya yang ingin membuat kesan estetik. Lokasi gua cantik ini akan menjadi tempat yang cocok dengan kesan unik dan asri untuk latar foto anda.

2. Piknik Bersama Keluarga Atau Teman

Selain berfoto, kegiatan lainnya yang bisa anda lakukan di sekitar lokasi wisata adalah berpiknik. Piknik bersama anggota keluarga dan juga bersama teman teman tentu sangat seru dilakukan. Terlebih bila dilakukan bersama sama dan dibawah pepohonan yang rindah dan lingkungan yang asri seperti kawasan Gua Belanda.

Namun, bila anda ingin berpiknik bersama, maka peralatan dan bekal makanan harus dipersiapkan sendiri dari rumah. Hal ini karena kawasan ini masih tidak tersedia fasilitas seperti penjual makanan dan lainnya. Namun tetap selalu ingat untuk menjaga kebersihan lokasi wisata ya setelah piknik dan jangan buang sampah sembarangan.

Kegiatan Dilakukan di Gua Belanda
Image Credit: Google Maps Albert Ki Vusiuz

3. Hiking Menyusuri Bukit

Bagi anda pencita alam yang suka menyusuri perbukitan atau hiking. Maka lokasi wisata satu ini sangat cocok untuk anda jelajahi. Lokasi wisata Gua Belanda yang terletak di kawasan konservasi ini juga diapit oleh bukit dan lembah. Sehingga jalanan yang akan disusuri akan cukup menantang untuk anda yang hobi mendaki.

Pastikan untuk membawa peralatan hiking anda dan gunakan sepatu yang sesuai untuk kebutuhan mendaki. Jangan sampai salah kostum yang akan menyebabkan tingginya resiko cedera selama melakukan hiking. Hal ini juga berlaku untuk para wisatawan yang berkunjung, untuk memakai sepatu yang sesuai.

4. Mengenal Peninggalan Sejarah

Gua Belanda ini merupakan salah satu situs sejarah terkenal di Kota Bandung. Sehingga selain menikmati keindahan alamnya, anda juga bisa belajar sejarah pada jaman penjajahan Belanda terdahulu. Selain lorong yang banyak, Gua ini juga mempunyai beberapa ruangan khusus seperti ruang interogasi dan penjara.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Gua

Fasilitas di Gua Belanda
Image Credit: Google Maps Dame Damevski

Gua Belanda ini memang masih dekat dengan suasana alam yang asri dan sejuk. Pemandangan alam sekitar yang indah dan juga banyak pepohonan disekitarnya, menjadikan lokasi ini tak hanya cocok untuk wisata sejarah saja namun juga untuk piknik keluarga atau bersama teman.

Namun, karena masih kurangnya pengelolaan, sehingga fasilitas yang tersedia di kawasan gua masih cukup terbatas. Sehingga bila anda ingin berlibur bersama keluarga, maka disarankan untuk membawa perlengkapan pribadi dari rumah. Tak hanya peralatan pribadi namun juga bekal makanan dari rumah.

Itulah beberapa informasi tentang Gua Belanda di Bandung yang cukup populer ini. Objek wisata yang menggabungkan antara sejarah dan alam ini akan menjadi salah satu objek wisata yang seru untuk dikunjungi dan wajib masuk list perjalanan anda di Bandung. Segera persiapkan peralatan dan bekal perjalanan anda. Selamat berlibur.