Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Jl. Sapto Sari, Dusun Bulu, Giring, Kec. Paliyan, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Gua Maria Tritis merupakan wisata gua alami yang terletak di antara perbukitan Karst Gunung Kidul. Keberadaan gua ini sering dijadikan sebagai tempat ziarah favorit bagi umat Katholik. Istilah kata tritis diambil dari istilah jawa yakni Trumatitis yang artinya menetes. Dari stalagtit goa selalu ada air yang menetes.

Untuk mencapai gua yang sudah dikenal keberadaannya mulai tahun 1974 ini, pengunjung harus melalui medan yang dikatakan lumayan. Anda akan terlebih membelah ladang jati, menaiki serta menuruni jalan yang berkelok diantara perbukitan nan tandus. Namun, pengunjung bisa memilih dua rute. Diantaranya yang berjarak 1,5 kilometer atau 500 meter.

Sesampainya di lokasi Gua Maria Tritis, peziarah akan disambut dengan pemandangan relung gua yang penuh stalagtit. Anda akan melihat patung Bunda Maria yang berukuran besar dengan sikap sedang berdoa. Terdapat pula altar bangunan kudus yang terletak di tengah gua. Sedangkan untuk tempat duduk umat yang berziarah berupa hamparan kursi panjang.

Daya Tarik yang Dimiliki Gua Maria Tritis

Daya Tarik Gua Maria Tritis Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps Anton Iwan

1. Trekking Menuju Gua

Sepanjang perjalanan menuju Gua Maria Tritis, Anda akan ditemani dengan pemandangan alam yang hijau menyegarkan. Terutama pepohonan jati sebagai akses yang harus dilalui.

Pemandangan memanjakan mata ini mampu memberikan rasa alami dan lebih dekat dengan alam. Merasakan menghirup udara segar bebas polusi karena alam yang masih asri. Kicauan burung-burung membuat perjalanan terasa menyenangkan.

2. Suasana yang Penuh Ketenangan

Suasana di gua ini memang sangat tenang dan sepi. Jauh dari hiruk pikuk keramaian kota. Terlebih jika Anda datang di hari-hari biasa menjelang senja. Sungguh nuansa alaminya benar-benar terasa.

Hanya terdengar suara gemerisik dedaunan yang tertiup angin serta suara serangga-serangga khas hutan seperti jangkrik. Nuansa ini sangat tepat digunakan untuk memanjatkan doa kepata Tuhan. Karena Anda akan merasa lebih tenang, fokus, dan khusyuk.

3. Pemandangan Gua yang Eksotis

Sesampainya di mulut Gua Maria Tritis, pengunjung akan disuguhkan oleh pamandangan alami berupa stalagtit-stalagtit yang eksotis. Meneteskan butiran-butiran air yang segar khas pegunungan.

Belum ada campur tangan manusia sehingga nuansanya masih sangat alami. Ditambah dengan berdirinya patung Bunda Maria berukuran besar. Seolah membuat Anda merasa lebih dekat dengan Tuhan.

4. Dekat dengan Wisata Pantai

Setelah berziarah di gua ini, Anda bisa melanjutkan petualangan ke pantai populer di Gunungkidul. Diantaranya ada Pantai Baron, Krakal, dan Kukup. Ketiga pantai ini sering disebut dengan pantai BKK karena lokasinya yang masih berada dalam satu garis.

Almat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Gua Maria Tritis Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps Anton Iwan

Gua Maria Tritis terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepatnya berada di Kabupaten Gunung Kidul, Kecamatan Paliyan, Desa Giring, Dusun Bulu. Atau berada di Jalan Sapto Sari, tepi jalan lingkar selatan Gunungkidul. Jarak dari kota Yogyakarta sekitar 50 kilometer.

Bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam 35 menit berkendara. Pengunjung bisa melalui rute jalan Wonosari untuk mencapai lokasi gua. Dengan medan yang naik turun serta berkelok, diharapkan pengemudi tetap berhati-hati dan lebih fokus.

Untuk menuju ke Gua Maria ini, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum seperti ojek. Dengan arah langsung menuju Desa Giring kemudian mengikuti plang atau papan penunjuk arah.

Sesampainya di lokasi parkir, pengunjung harus melanjutkan perjalanan dengan jarak yang lumayan. Anda akan melalui 14 stasi pemberhentian yang difasilitasi dengan diodrama kisah Yesus.

Ketika sampai di stasi ke-12, Anda akan menemukan 3 buah salib yang mengisahkan tentang penyaliban Yesus bersama 2 orang lainnya. Di rute ini juga menjadi jalur keluar untuk menuju area parkir.

Harga Tiket Masuk Gua Maria Tritis

Tiket Gua Maria Tritis Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps Trisno Ary Budi

Lokasi yang merupakan tempat ziarah bagi umat Khatolik ini tidak memiliki tiket masuk. Pengunjung bisa memasuki gua untuk melakukan doa tanpa harus membayar tiket.

Namun, bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi bisa menyiapkan uang untuk membayar karcis parkir. Untuk kendaraan roda empat atau mobil maka cukup membayar parkir seharga Rp 3.000. sedangkan untuk kendaraan bermotor bisa membayar tarif seharga Rp 2.000.

Kegiatan Menarik yang Dilakukan di Sekitar Lokasi

Aktivitas Gua Maria Tritis Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps Nur Rianto

1. Edukasi Sejarah

Sebenarnya keberadaan Gua Maria Tritis ini bisa dikunjungi oleh semua umat beragama. Tidak hanya umat Khatolik saja.

Pengunjung bisa menjadikan gua ini sebagai edukasi atau menambah pengetahuan dari cerita sejarahnya. Dimana gua ini menjadi saksi di masa Kerajaan Majapahit. Gua ini juga sebagai jembatan antara Majapahit dan Mataram hingga ada cerita 3 prajurit yang mendapat wahyu di gua ini.

2. Berdoa

Tujuan utama bagi peziarah umat Khatolik mendatangi Gua Maria Tritis tak lain adalah untuk memanjatkan doa. Meminta sesuatu hal kepada Tuhannya agar bisa dikabulkan. Terlebih dengan suasana alam yang sepi dan tenang. Seolah turut mendukung suasana berdoa yang penuh kekhusyukan.

Bahkan di gua ini juga cocok digunakan untuk bermeditasi atau menyepi. Hal ini dikarenakan suasana gua yang jauh dari kota serta dilengkapi dengan ornamen-ornamen yang masih alami. Belum banyak mendapat campur tangan manusia.

3. Menikmati Pemandangan Sekitar Gua

Gua Maria Tritis terletak ditengah-tengah hutan. Sehingga nuansa alamnya masih sangat terasa. Pengunjung bisa menikmati pemandangan alam yang hijau serta nuansa alami lainnya di sekitar gua.

Anda juga bisa melakukan aktivitas menyusuri gua. Melihat keberadaan stalagtit-stalagtit yang bergantungan pada dinding gua. Sejenak mungkin Anda akan berpikir bagaimana proses penetesan air dari stalagtit tersebut. Ya, itulah salah satu kuasa Tuhan menciptakan alam yang penuh dengan keindahannya.

Kegiatan menyusuri gua akan lebih mengasyikkan jika Anda mengajak keluarga untuk ziarah ke lokasi ini. Tentu suasananya akan semakin terasa mengesankan. Anda pun juga tak perlu takut dengan suasana gua yang sepi karena lokasi ini sudah banyak didatangi oleh para pengunjung.

Terlebih di acara-acara tertentu umat Khatolik. Ataupun biasanya di bulan Oktiber jumlah peziarah akan terlihat lebih banyak karena di bulan itu terdapat momen khusus umat Khatolik.

Aktivitas Lain Gua Maria Tritis Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps Dian Dewanti Koen Teen

4. Mencicipi Kuliner Khas

Sebelum memasuki lokasi gua, pengunjung bisa melihat deretan para penjual makanan khas Gunungkidul. Mulai dari nasi pecel, gaplek, tiwul, gudeg, belalang goreng, hingga aneka kuliner lainnya. Anda bisa membelinya dengan harga yang murah meriah.

Para pedagang juga terkenal dengan keramahannya. Sehingga Anda bisa membelinya tanpa merasa khawatir akan dipatok dengan harga mahal ataupun merasa dicueki. Untuk menikmati kuliner tersebut, Anda bisa memilih tempat duduk ternyaman di lesehan yang sudah disediakan.

5. Membeli Cinderamata

Berkunjung ke luar daerah rasanya kurang lengkap tanpa membeli cinderamata khas daerah tersebut. Salah satunya di Yogyakarta, Gunungkidul ini.

Selain melakukan kegiatan ziarah, pengunjung juga bisa membeli aneka oleh-oleh yang berada di toko-toko souvenir. Mulai dari oleh-oleh berupa makanan sampai ke pernak-pernik souvenir yang cantik.

Istimewanya, Anda bisa mendapat harga khusus atau diskon ketika membeli dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, jangan sungkan untuk menawar kepada pedagang jika Anda membeli dagangannya dalam jumlah yang banyak.

6. Berfoto

Keeksotisan Gua Maria Tritis serta alam yang ada di sekitarnya, rasanya sayang untuk dilewatkan begitu saja. Anda bisa mengabadikan momen-momen mengesankan pada setiap sudut gua maupun alam terbuka.

Namun, mengingat keberadaan gua ini sebagai salah satu tempat yang disakralkan karena untuk berdoa atau ziarah. Maka sebaiknya tetaplah menjaga sopan santun dan beretika yang baik. Selain itu, jangan mengotori lokasi ataupun mencoret-coretnya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Gua Maria Tritis Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps Vincentia Litha

1. Area Parkir

Pengunjung yang akan melakukan ziarah ataupun berdoa di Gua Maria Tritis bisa memarkirkan kendaraannya di area parkir yang tersedia. Anda tak perlu khawatir karena lokasinya cukup luas dan ada penjaga parkirnya.

2. Toilet

Keberadaan toilet di lokasi gua ini bisa digunakan oleh peziarah untuk buang air kecil atau lainnya. Meskipun berada di daerah perbukitan, tetapi kebersihan toiletnya cukup bagus. Persediaan airnya juga mencukupi.

3. Buku Panduan Doa

Bagi umat Khatolik yang akan memanjatkan doa, bisa meminjam buku panduan doa yang terdapat di lokasi Gua Maria Tritis.

4. Gentong Penampungan Air

Gentong merupakan wadah atau tempat untuk menampung air yang terbuat dari tanah liat. Keberadaan fasilitas ini bisa digunakan untuk mengambil air. Seperti halnya membasuh muka, mencuci tangan atau kaki sebelum berdoa.

5. Kedai

Setalah selesai melakukan ziarah, pengunjung bisa menikmati kuliner yang ada di kedai sekitar lokasi. Anda bebas memesan menu makanan maupun minuman. Tentunya dengan harga yang terjangkau.

6. Bangku untuk Berdoa

Ketika pengunjung umat Khatolik ingin memanjatkan doa, maka fasilitas kursi-kursi panjang yang terbuat dari kayu sudah terlihat berjejer rapi di dalam gua. Hal ini akan menambah kekhusyukan dalam berdoa.

Demikian sekilas ulasan tentang Gua Maria Tritis di Gunungkidul. Jika Anda sedang berlibur di sederet wisata populer Gunungkidul dan sekitarnya, sempatkanlah untuk berziarah ke gua ini. Sensasi berdoa dibalut dengan nuansa alam akan membuat Anda merasa lebih khusuk dan tenang.