Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Jl. Desa Payung, Pajajar, Kec. Rajagaluh, Kab. Majalengka, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Buat Anda yang sudah berlalu lalang dalam menikmati keindahan wisata alam di Jawa Barat tentunya sudah tidak asing dengan destinasi wisata indah satu ini. Bukan tanpa sebab wisata cantik ini digemari banyak wisatawan. Pasalnya Gunung Ciwaru ini menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa yang membuat mata siapapun menjadi terbelalak karena keindahannya,

Gunung Ciwaru merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terletak di Majalengka. Gunung ini menawarkan pemandangan hutan pinus dan Gunung Ciremai secara bersamaan. Siapa yang mampu menolak tawaran pemandangan ini? Wisata alam unik ini akan memanjakan Anda juga dengan udara segar yang dapat membantu Anda menenangkan pikiran dari bisingnya dunia kerja dan perkotaan.

Majalengka merupakan sebuah kabupaten dengan suhu yang lumayan panas, namun jangan khawatir. Di destinasi wisata cantik satu ini Anda tidak akan merasakan kegerahan itu karena wisata cantik ini dikelilingi oleh pepohonan yang masih asri yang tentunya memasok oksigen sejuk buat Anda dan paru-paru Anda. Untuk Anda yang tertarik dengan destinasi asri satu ini, yuk simak penjelasannya.

Daya Tarik yang Dimiliki Gunung Ciwaru

Daya Tarik Gunung Ciwaru
Image Credit: Google Maps Agun Priyatna

Keindahan alam saja tentunya tidak cukup untuk menarik pengunjung untuk menikmati suatu destinasi wisata. Harus terdapat beberapa daya tarik yang cukup kompeten untuk menarik perhatian wisatawan. Destinasi wisata alam yaitu Gunung Ciwaru merupakan satu dari beberapa destinasi wisata yang dapat memenuhi kebutuhan pengunjung tersebut dengan daya tariknya yang diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menyuguhkan Pemandangan Pohon Pinus

Pinus merupakan jenis pohon yang jika tumbuh dan berkembang menjadi cantik dan gagah. Barisan pohon pinus akan membuat kita seolah-olah menjadi lebih rileks karena bentuknya yang rapi dan hijau. Destinasi wisata alam unik ini akan menawarkan pemandangan indah tersebut kepada pengunjung dimana keindahan ini akan jarang kita temui di wisata alam lainnya khususnya daerah Jawa Barat.

2. Terdapat Pemandangan Indah Gunung Ciremai

Gunung Ciremai akan sangat mudah dilihat dengan jelas di wisata alam cantik nan indah satu ini. Gunung umumnya menyuguhkan udara segar dan kicauan burung yang membuat kita seakan-akan kembali ke raga kita. Pengalaman ini akan dapat Anda rasakan jika Anda mengunjungi destinasi wisata alam unik satu ini.

3. Dapat Menikmati Pemandangan Sawah Nan Hijau

Majalengka adalah kawasan yang didominasi oleh lahan pertanian salah satunya adalah sawah. Di wisata alam Gunung Ciwaru ini Anda dapat menikmati indahnya deretan persawahan hijau Majalengka serta dapat melihat pemandangan indah dan cantiknya Kabupaten Majalengka secara langsung.

Daya Tarik Dimiliki Gunung Ciwaru
Image Credit: Google Maps Cusoget

4. Dapat Melihat Pemandangan Laut Jawa

Destinasi ini menyuguhkan paket lengkap buat Anda mulai dari daratan hingga perairan. Laut Jawa dapat Anda nikmati keindahannya melalui destinasi wisata alam elok satu ini secara langsung. Tentunya dengan penawaran ini akan membantu Anda untuk menghabiskan waktu liburan Anda secara maksimal.

5. Terdapat Spot Foto yang Unik dan Menarik

Tidak hanya dapat dipandang oleh mata kita saja, namun juga pemandangan ini dapat dinikmati oleh teman-teman dunia maya Anda melalui foto yang akan Anda unggah di sosial media yang Anda punya. Karena alasan itu, pengelola destinasi wisata alam ini menyediakan spot foto dengan latar belakang pemandangan yang unik dan beragam yang mendukung keindahan dan keestetikan foto yang akan Anda ambil.

6. Fasilitas yang Lengkap

Fasilitas yang disediakan di wisata alam satu ini terbilang lengkap mulai dari tempat parkir, toilet, dan lainnya yang memungkinkan Anda menikmati waktu liburan dengan maksimal dengan pemanfaatan fasilitas yang ada.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Gunung Ciwaru
Image Credit: Google Maps agung jati permana

Gunung Ciwaru terletak di Jalan Desa Payung Padjajar Ragaluh, Kab. Majalengka Jawa Barat. Anda dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun empat untuk menuju lokasi wisata permai satu ini. Lokasi wisata alam cantik ini sudah terdapat di Google Maps, jadi untuk Anda yang sudah terbiasa menggunakannya akan sangat mudah menuju tempat ini dengan bantuan aplikasi tersebut.

Namun untuk Anda yang belum terbiasa dengan penggunaan aplikasi Google Maps jangan khawatir, karena ada rute yang tersedia bagi Anda yaitu melalui Sindangwangi menuju Desa Bantaragung, kemudian Desa Payung, lalu Sawah Nangklak, ke Blok Cimerang, lalu ambil lajur kiri menuju lokasi gunung.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Gunung Ciwaru
Image Credit: Google Maps Asep Hoerudin

Dengan keindahan dan kenikmatan alam yang ditawarkan di atas pasti memuat kita bertanya-tanya mengenai harga tiket masuk wisata alam cantik ini. Tenang saja karena wisata alam indah ini mewajibkan pengunjung biaya tiket masuk yang sangat murah yaitu Rp 5.000 per orang. Cukup murah bukan?

Jadi untuk Anda yang masih pelajar, mahasiswa, maupun yang belum berpenghasilan, wisata alam ini dapat Anda jelajahi pesonanya karena biaya masuk cukup terjangkau.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Gunung Ciwaru

Kegiatan Menarik Gunung Ciwaru
Image Credit: Google Maps Triesda Yuttya

Banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan di wisata alam hits ini. Berikut merupakan beberapa aktivitas yang umumnya dilakukan oleh pengunjung di Gunung Ciwaru:

1. Menikmati Pemandangan

Buat Anda pecinta alam, Anda pasti dapat menghabiskan waktu Anda di wisata alam cantik satu ini karena sangat banyak objek alam yang disuguhkan dalam satu wisata alam. Pemandangan di wisata cantik satu ini juga dapat membantu Anda untuk merelaksasi tubuh dan pikiran Anda karena disertai dengan udara segar dan kicauan burung yang akan memanjakan telingamu.

2. Menikmati Kuliner

Sudah tidak dapat terbantahkan bahwa mencicipi hidangan disertai dengan suasana alam yang sejuk akan membuat selera makan Anda meningkat. Wisata alam indah ini memiliki sebuah kantin yang dapat melayani Anda saat Anda lapar atau hanya sekedar mencicipi hidangan saja sembari menikmati indahnya panorama alam.

Kegiatan Menarik di Gunung Ciwaru
Image Credit: Google Maps Faiz Falsahadi

3. Berswafoto

Indahnya pemandangan tentunya selalu mendorong hati kita untuk mengabadikan momen tersebut baik untuk kita simpan sebagai kenangan maupun kita bagikan dengan orang lain. Spot foto di lokasi Gunung Ciwaru ini akan membantu menjalankan misi Anda tersebut dengan menyediakan spot foto yang akan mendorong Anda memperoleh foto dengan kualitas yang sangat baik.

4. Nongkrong

Karena biaya tiket murah dan akses yang baik, tidak jarang anak-anak remaja dan muda mengunjungi tempat indah ini bersama rombongan teman maupun keluarga. Pasalnya objek wisata elok ini sangat sesuai jika kita habiskan dengan keluarga maupun teman karena kita akan mendapatkan waktu dan suasana yang tepat untuk mengobrol.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Gunung

Fasilitas Gunung Ciwaru
Image Credit: Google Maps Syarif MD

Banyaknya pengunjung membuktikan bahwa fasilitas dan pelayanan dari objek wisata hits satu ini sudah tidak dapat diragukan lagi. Gunung Ciwaru melayani pengunjung dengan baik dengan cara melengkapi fasilitas-fasilitas yang akan dibutuhkan dan akan digunakan oleh para pengunjung yang diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Area Parkir

Untuk Anda yang membawa kendaraan tidak perlu khawatir untuk area parkir dan keamanan kendaraan Anda nantinya karena wisata hits ini menyediakan lahan parkir yang cukup luas dan aman. Anda hanya perlu membayar retribusi sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 4.000 untuk kendaraan roda empat. Dengan begitu Anda dapat menikmati liburanmu di wisata alam indah ini tanpa khawatir akan keamanan kendaraan pribadimu.

2. Toilet Umum

Gunung Ciwaru memastikan setiap pengunjung mengalami liburan yang menyenangkan dan menenangkan. Oleh karena itu, objek wisata ala mini menyediakan toilet umum yang dapat Anda gunakan sewaktu-waktu saat Anda membutuhkannya.

3. Spot Foto

Tersedia banyak spot foto di lokasi wisata alam cantik satu ini. Bukan hanya karena indahnya pemandangan alam saja, namun dilengkapi dengan properti-properti pendukung seperti kursi dan properti unik lainnya sehingga akan memberi kesan tersendiri jika Anda berfoto di wisata cantik satu ini. Salah satu yang terkenal adalah properti foto sarang burung yang menjadi salah satu item yang terkenal dari lokasi wisata unik satu ini.

4. Gardu Pandang

Tersedia gardu pandang untuk Anda yang ingin menikmati pemandangan secara langsung dan lebih tepat karena gardu pandang merupakan suatu fasilitas yang ditetapkan lokasinya berdasarkan posisi objek yang akan dipandang dengan lebih akurat. Oleh karena itu, Anda tidak perlu mencari spot yang baik untuk menikmati pemandangan lagi karena sudah tersedia gardu pandang satu ini.

5. Warung Makan

Terdapat warung makan yang menyediakan makanan-makanan lokal yang dapat Anda nikmati dengan harga yang cukup murah. Jadi jika Anda ingin berlibur ke wisata cantik ini Anda tidak perlu khawatir dengan urusan perut, ya.

6. Jasa Foto

Buat Anda yang bepergian sendiri atau bersama-sama dan ingin mengabadikan kenangan tersebut dengan cara berfoto, namun bingung karena tidak ada yang dapat memfoto tidak perlu khawatir lagi. Hal ini karena tersedia jasa foto yang dapat Anda gunakan dengan membayar sebesar Rp 3.000 untuk maksimal 3 buah foto. Selain murah, Anda juga akan mendapatkan kualitas foto yang lebih baik tentunya karena jas foto yang digunakan merupakan orang-orang yang sudah berpengalaman di wisata alam indah ini.

Demikianlah artikel yang membahas mengenai destinasi Gunung Ciwaru di Majalengka. Wisata alam cantik ini menyuguhkan banyak pemandangan dalam satu kawasan dan dilengkapi dengan fasilitas yang sangat lengkap dan beragam yang akan memaksimalkan kepuasan Anda saat melakukan rekreasi alam. Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi Wisata Gunung Ciwaru?