Jika ingin mendapatkan momen liburan seru, ada baiknya mengunjungi Gunung Guntur di Garut. Anda bisa menikmati keindahan dari kawah, pemandangan lahan sabana dan keindahan sunrise yang menawan.

Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sukawangi, Kec. Tarogong Kaler, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Bagi Anda yang berkunjung ke Garut ada baiknya mengunjungi objek wisata alam Gunung Guntur. Wisata yang satu ini memiliki segudang pesona yang memikat hati begitu melihatnya. Selain itu, daya tarik utamanya juga memberikan sensasi berbeda dengan aktivitas sehari hari. Seperti apa pesona dari wisata alam tersebut? Yuk cek ulasannya di sini!

Pesona Wisata Gunung Guntur

Pesona Gunung Guntur
Image Credit: Twitter.com @detikcom

Siapa saja tentu akan terkesima dengan pesona yang ada di Garut, Jawa Barat. Terdapat banyak sekali keindahan alam yang bisa dinikmati di daerah tersebut, termasuk Gunung Guntur. Objek wisata ini memiliki daya tarik yang cukup memikat, sehingga menjadi destinasi yang cukup ramai dikunjungi oleh banyak wisatawan pada waktu liburan maupun hari biasa.

Umumnya, pengunjung yang berdatangan yaitu masyarakat sekitar dan juga luar daerah. Namun, tak jarang ada juga wisatawan asing yang tertarik untuk melihat pesona dari gunung yang satu ini. Pasalnya, Anda akan disuguhi dengan pemandangan yang cukup menawan dari panorama sekitar dan pengalaman untuk mencapai puncak gunung.

Tak ayal jika banyak orang yang berbondong bondong untuk berdatangan ke lokasi Gunung Guntur. Pesona yang eksotis sangat disayangkan jika tidak mampir ke wisata yang satu ini. Bahkan saking indahnya, daya tarik gunung ini tidak ada duanya. Keindahan alam yang ada di wisata ini mampu memberikan sensasi tersendiri bagi para pengunjung yang datang.

Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan seru dan berkesan, terutama pada saat waktu libur panjang maupun lainnya, maka bisa mengunjungi wisata tersebut. Pesona objek wisata ini sangatlah cocok dijadikan lokasi terbaik untuk mengisi waktu liburan seru. Anda bisa menikmati keindahan yang tersaji, baik dari kejauhan maupun dari dekat.

Semakin lengkap, lokasi gunung ini cukup mudah ditemukan. Meskipun bagi pendatang maupun wisatawan luar daerah, seketika akan mudah menemukan tempat wisata yang indah ini. Tak heran jika banyak pengunjung yang memilih lokasi tersebut sebagai destinasi terbaik untuk berlibur atau sekedar melepas penat saja.

Daya Tarik yang Dimiliki Gunung Guntur

Daya Tarik Gunung Guntur
Image Credit: Google Maps (Zain Z. Ichwani)

Ada yang menarik dari kawasan wisata Gunung Guntur yang ada di Sukawangi Garut ini. Selain keindahan alamnya yang tiada duanya, penduduk lokal daerah ini juga terkenal dengan sifatnya yang ramah terhadap wisatawan domestik maupun mancanegara. Tak ayal jika kawasan wisata yang satu ini selalu menjadi pusat perhatian bagi para pelancong.

Seperti yang sudah diketahui Kota Garut terkenal akan keindahan objek wisata alamnya yang menawan. Namun, gunung yang berada di wilayah Garut, Jawa Barat dengan ketinggian 2.249 mdpl ini memberikan sensasi tersendiri dan cukup berbeda jika dibandingkan wisata alam yang lainnya. Sebab, gunung eksotis ini menjadi salah satu gunung yang bertipe stratovolcano.

Menariknya, gunung yang satu ini sempat menjadi gunung berapi paling aktif yang ada di Pulau Jawa pada tahun 1800 an. Namun, sejak tahun tersebut, aktivitasnya bisa dibilang kian menurun dan akhirnya sudah tidak aktif lagi. Untuk erupsi yang ada di gunung ini biasanya disertai dengan lelehan lava dan objek material lainnya.

Gunung bertipe stratovolcano ini memang tampak tidak terlalu tinggi, namun jika dilihat dari dekat, maka Anda akan disuguhi dengan pesonanya yang menakjubkan. Hal inilah yang menjadi alasan utama kenapa banyak pengunjung yang sengaja datang untuk sampai di lokasi. Bahkan tak jarang, wisatawan asing juga menyempatkan diri datang ke wisata yang satu ini.

Hal ini karena keindahan puncak gunung ini yang menawarkan pemandangan yang cukup indah. Anda akan disuguhi dengan dua kaldera yang cukup besar dan menawan. Selain itu, ada juga empat puncak dan keindahan sabana dari gunung tersebut. Semakin lengkap, perjalanan tidak akan sia sia dengan pesona dari sunset yang menawan.

Biaya Wisata ke Gunung Guntur Garut

Biaya ke Gunung Guntur
Image Credit: Facebook.com @gerombolan-jelajah-alam-indonesia

Mengingat lokasi wisata ini termasuk objek wisata alam, maka biaya tiket masuknya bisa dikatakan cukup terjangkau. Pengunjung hanya akan dikenakan tarif untuk masuk kendaraan bermotor, roda dua yaitu 3000an dan mobil dikenakan 5000 an per unitnya. Selain itu, ada lagi biaya yang harus dibayarkan, seperti SIMAKSI (surat izin masuk kawasan konservasi).

Pengunjung harus membayarkan biaya sejumlah 15 ribuan per orang. Dengan jumlah tersebut, Anda sudah membayarkan biaya masuk, biaya berkemah serta asuransi. Namun, jika Anda datang dengan kendaraan pribadi ada baiknya untuk menyiapkan budget lebih untuk membayar parkir. Apalagi jika ingin menginap di area base camp Curug Citiis.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Gunung Guntur

Kegiatan di Gunung Guntur
Image Credit: Instagram.com @fadlay_31

1. Menyusuri Empat Puncak yang Ada

Seperti yang sudah diketahui, Gunung Guntur merupakan salah satu puncak dari pegunungan api yang ada di Indonesia. Menariknya, ada beberapa kerucut puncak yang membentuk kelompok besar. Tak hanya itu saja, ternyata bentuk puncak ini cenderung lebih berjajar mulai dari arah barat laut ke tenggara.

Bagi Anda yang penasaran dengan puncak uniknya bisa diketahui dengan nama Puncak Masigit, Puncak Guntur, Puncak Kabuyutan, serta Puncak Parupuyan. Setiap puncak memiliki keistimewaan masing masing yang bisa Anda nikmati. Sehingga, banyak pengunjung yang sengaja datang untuk menyusuri keempat puncak tersebut.

2. Berkemah di Lahan Sabana

Selain menjelajahi berbagai puncak, Anda juga bisa menghabiskan waktu seru dengan cara berkemah di lokasi puncak pertama. Di kawasan yang lebih dikenal dengan sebutan puncak Guntur ini menjadi lokasi sabana yang luas. Biasanya digunakan para pengunjung yang ingin menyatu dengan alam untuk berkemah selama beberapa hari.

Puncak satu pun semakin istimewa karena memiliki kawah yang cukup luas untuk Anda kunjungi. Menariknya, ada hal lain yang bisa ditemui di kawasan ini karena terdapat babi hutan yang berkeliaran di sekitar lahan sabana. Hal ini bisa menjadi keunikan tersendiri, asalkan Anda tidak mengancam keselamatannya dan membuat mengamuk.

3. Menikmati Keindahan Dua Kaldera yang Besar

Berkunjung ke lokasi wisata alam memang tak akan lengkap jika tidak menikmati keindahan alam yang ada. Begitu juga ketika Anda datang ke wisata Gunung Guntur yang menawan. Mengingat gunung ini pernah menjadi gunung berapi yang aktif, maka Anda dapat menikmati keindahannya berkat letusan dahsyat.

Letusan tersebut menimbulkan jejak dari vulkanis yaitu berupa kaldera yang cukup membentang luas dan juga dalam. Kedua kaldera tersebut disebut dengan Kaldera Gandapura di sebelah barat gunung dan Kaldera Pangkalan pada bagian timur. Meskipun belum sepopuler kaldera yang ada di Gunung Rinjani namun kaldera tersebut membuat pendakian semakin berkesan.

Kegiatan Gunung Guntur
Image Credit: Instagram.com @erles_

4. Mengunjungi Sabana yang Mempesona

Selain melewati pendakian ekstrem, ternyata puncak Guntur juga populer akan sabana cantik ketika Anda melakukan perjalanan tersebut. Karena pesonanya yang cukup mempesona, banyak orang yang memanfaatkannya sebagai latar belakang berfoto. Dari sini, pengunjung juga bisa melihat keindahan kota dari ketinggian.

5. Menikmati Keindahan Sunrise Terbaik di Garut

Gunung Guntur ini memiliki ketinggian yang cukup menawan yaitu 2.249 mdpl. Tak hanya itu saja, gunung yang satu ini juga sering disebut dengan Semeru Mini. Pasalnya, gunung ini memiliki karakteristik yang bisa dikatakan sangat unik. Hal ini karena memiliki ciri ciri khusus dengan trek berpasir dan kerikil yang serupa dengan Gunung Semeru.

Untuk medan pendakian dikenal dengan trek yang cukup berat. Sebab, gunung ini tidak memiliki pepohonan yang banyak dan terkesan gundul serta tandus. Tak hanya itu saja, gunung ini juga terbilang cukup curam dengan stabilitas tanah yang labil. Sehingga, hal tersebut dapat membuat gunung jadi rentan longsor.

Mengingat karakteristiknya yang cukup terjal, hal ini menjadikan alasan kenapa banyak pendaki yang melakukan perjalanan pada subuh maupun pada kondisi cuaca yang tidak terik. Hal ini diterapkan oleh para pengunjung yang datang karena trekking pendakian gunung ini dikenal tidak memiliki banyak pepohonan.

Fasilitas dan Akomodasi yang Tersedia di Gunung Guntur Garut

Fasilitas Gunung Guntur
Image Credit: Google Maps (Kevin Thirta)

Dari segi fasilitas yang disediakan pengelola, memang bisa dibilang masih belum tersedia di kawasan wisata Gunung Guntur. Sehingga, bagi pengunjung yang berminat untuk melakukan treking melalui Curug Citiis, maka harus mengurus administrasi terlebih dahulu di pos pendakian di base camp sendiri.

Namun, bagi Anda yang ingin menginap di kawasan puncak Guntur, maka Anda dapat menyewa rumah warga yang berada di sekitar pos awal. Tentunya harga yang ditawarkan cukup terjangkau dan tidak menguras kantong bagi para pengunjung yang datang. Pasalnya, hal ini juga disesuaikan dengan fasilitas yang didapatkan oleh wisatawan.

Untuk jalur pendakian yang melewati Curug Citiis memang bisa dikatakan cukup aman, sebab memiliki trek yang cukup jelas. Bahkan para traveler tidak akan lagi merasa kehausan selama perjalanan karena dapat menemukan sumber air bersih untuk keperluan logistik dan pendakian dan lain sebagainya di sepanjang perjalanan dengan sungai dan air terjun.

Agar perjalanan di Wisata Gunung Guntur di Sukawangi Garut Jawa Barat berjalan dengan baik, maka Anda harus menyiapkan perlengkapan yang mumpuni. Dengan begitu, Anda bisa menikmati waktu liburan seru di kawasan wisata yang satu ini. Jangan lupa juga siapkan fisik serta kendaraan agar lebih lancar.