Harga Tiket: Rp 2.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Karanganyar, Kec. Leuwigoong, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Kabupaten Garut selain terkenal dengan banyaknya pesona alam yang tersaji, juga memiliki segudang kisah sejarah yang menarik publik. Seperti Gunung Haruman yang merupakan peninggalan sejarah penyebaran Islam. Awalnya gunung cantik ini bernama Ciharuman. Menjadi saksi sejarah yang pernah dipimpin oleh seorang wali.

Wali yang terlibat menjadi pemimpin yakni Embah Wali Jafar Sidiq. Meskipun tak banyak yang mengetahui bahwasanya gunung cantik ini menyimpan hal unik dan menarik. Seperti terdapat batu kramat yang menyerupai seekor kuda. Batu mirip kuda ini terdapat di puncak gunung yang hits tersebut.

Konon pada ceritanya, batu mirip kuda diyakini adalah jelmaan kuda yang ditunggangi Prabu Kiansantang pada waktu berdakwa. Bukan hanya itu, batu ini diyakini dapat mengabulkan keinginan seseorang yang berkunjung. Namun kini, kondisi batu sudah tertimbun tanah dan hancur.

Daya Tarik yang Dimiliki Gunung Haruman

Daya Tarik Gunung Haruman
Image Credit: Twitter Gungun S N Pratama

1. Tracking Menantang

Bagi para pecinta alam, sudah dapat dipastikan tracking merupakan hal yang diburu. Apalagi area trekking yang tersedia di lokasi cantik ini sangat eksotis. Memiliki daya tarik yang mampu menyedot perhatian para pengunjung. Kondisi jalan setapak yang luas yang malah bisa dilalui dengan mobil, kian menambah minat pengunjung.

Apalagi kabarnya jalan setapak yang mudah dijangkau tanpa harus mencari jalur bak jalur hutan rimba. Berada di kawasan dataran tinggi tentu saja memiliki kondisi jalan yang menanjak, jadi Anda harus tetap ekstra hati-hati dengan kondisi di Gunung Haruman ini.

Akan lebih seru menggunakan kendaraan sepeda motor, karena dengan kendaraan roda dua ini, Anda dapat langsung ke titik lokasi peristirahatan di sekitar gunung. Maka bila Anda ingin berlibur ke lokasi ini sangat mengesankan dan menyenangkan. Terutama mengajak keluarga Anda atau hanya bersama orang tercinta.

2. Batu Kuda Sembrani

Destinasi yang ada sudah tersusun indah, pun memiliki beragam nuansa yang menakjubkan. Seperti batu kuda yang sangat digemari para pengunjung. Kabarnya selain menjadi tempat yang unik, kawasan batu ini juga menjadi tempat meminta harapan yang ada di benak pengunjung. Dengan cara menyentuh batu tersebut, maka keinginan mungkin saja terkabul.

Namun, tetap saja keyakinan yang dapat mengabulkan permohonan hanyalah Tuhan yang Esa. Benda mau pun hal apapun hanya sebuah mitos belaka dan pastinya hanya kisah. Jika Anda percaya tidak mengapa melakukan hanya untuk membuktikan, tanpa perasaan musyrik tentunya.

Bagi Anda yang penasaran dengan bentuk batu yang mirip kuda tersebut maka berkunjunglah ke Gunung Haruman. Namun, sayangnya batu ini sudah tertimbun tanah dan hancur. Sekalipun sudah hancur, cerita mistis dan sejarah yang pernah ada menjadikan batu ini tetap menjadi daya tarik pengunjung.

Daya Tarik Dimiliki Gunung Haruman
Image Credit: Twitter Toni Khoirudin

3. Harta Karun

Seperti yang telah diceritakan bahwa gunung cantik ini merupakan saksi perjalanan sejarah. Kisah penyebaran ajaran Islam yang pernah terlewatkan pada masanya. Maka di lokasi ini juga diyakini terdapat harta karun yang menjadi peninggalan sejarah. Harta karun tersebut berupa emas, serta beberapa persenjataan kuno yang lengkap.

Kisahnya yakni pada masa peristiwa DI/TII serta pasukannya yang kabur dan bersembunyi dalam hutan di pegunungan cantik ini. Karena terkepung oleh anggota militer serta di kepung masyarakat maka para anggota menguburkan persenjataan di lokasi ini. Namun, senjata itu kini masih menjadi misterius hingga disebut sebagai harta karun.

Sebenarnya terdapat dugaan bahwa adanya batu mirip kuda di Gunung Haruman tersebut merupakan peninggalan para pemburu harta karun pada masanya. Namun belum bisa dipastikan dengan pasti, sebab kabarnya pula batu kuda merupakan milik Prabu Kiansantang.

4. Makam Tokoh Agama

Bagi Anda yang ingin berkunjung untuk berziarah ke makam wali tokoh penyebar agama Islam, maka di sini juga terdapat makam tersebut. Lokasi makam juga tidak terlalu jauh dari lokasi destinasi cantik ini. Terdapat tiga makam tokoh agama yang dirawat oleh pihak pengelola, Terdapat 3 makam tokoh agama yang dirawat oleh pihak pengelola.

Ketika makan tersebut sampai kini masih dalam penjagaan yang tentunya dengan kondisi yang bersih dan bisa Anda kunjungi. Ketiga makam tersebut yakni makam Syekh Maulana Malik Ibrahim, makan Nyai Fatimah, dan Syekh Jafar Asidiq. Maka bila anda berkunjung sempatkan diri untuk berziaroh ke makam yang bersejarah ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Gunung Haruman
Image Credit: Google Maps Abu Haidar Syarif

Gunung cantik ini berada di antara perbatasan kecamatan Kadungaro dan Cibiuk. Yang merupakan kawasan kabupaten Garut. Adalah letak lokasi Gunung Haruman yang populer ini. Jika ingin berziarah makam Syekh Jafar Sidiq, Anda bisa mengunjunginya di desa Harumansari, Kadungaro, Garut, Jawa Barat.

Lokasinya yang bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua seperti motor ataupun kendaraan roda empat seperti mobil bahkan bus. Atau bila Anda belum pernah berkunjung sama sekali bisa Anda ketika alamat lengkap di google pencarian atau google maps. Maka akan mudah dan terarah menuju lokasi.

Biaya Wisata ke Gunung Haruman

Biaya Wisata ke Gunung Haruman
Image Credit: Google Maps Faris F

Masuk ke Gunung Haruman ini tentu saja Anda akan dikenakan tarif yang sudah disesuaikan oleh pihak pengelola. Untuk tiket masuknya hanya perlu merogoh kantong sebesar Rp 2.000 saja per orang. Harga yang sedemikian royal tentu saja membuat pengunjung tertarik untuk berkunjung.

Namun, selain tiket masuk per orang dikenakan tambahan biaya untuk keamanan kendaraan. Membayar sejumlah Rp 2.000 per unit sepeda motornya. Dan untuk kendaraan roda empat seperti mobil membayar sejumlah kurang lebih Rp 5.000 per unitnya. Harga tiket masuk kawasan gunung ini sudah merupakan murah jika dibandingkan dengan wahana yang ditawarkan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Gunung Haruman

Kegiatan Menarik Gunung Haruman
Image Credit: Instagram Phinemo

1. Berburu photo

Gunung Haruman berada di kawasan cantik ini sangat disayangkan bila Anda tidak berburu foto. Apalagi kondisi lanskap yang sangat menarik dan menakjubkan strap menjadi sorotan publik. Sejarah dan kisah mistis yang juga melengkapi suasana lokasi yang cantik ini.

Setiap sudutnya merupakan lanskap yang unik dan tentunya akan menghasilkan foto-foto yang kece. Bagi para pemburu foto-foto instagramamble tentu saja lokasi ini sering menjadi tujuan para wisatawan. Anda tidak perlu mondar-mandir mencari lokasi yang cocok sebab semua lokasi disini sudah sangat eksotis.

2. Camping di Gunung Haruman

Berwisata ke arena cantik ini tidak hanya beberapa menit atau cam saja sebab banyak wahana yang perlu Anda kunjungi. Maka kegiatan kemping merupakan kegiatan yang tepat untuk Anda pilih bersama keluarga ataupun teman. Arena kambing yang tersaji juga sudah sangat memadai dan membuat Anda senang.

Lokasi yang sering dijadikan tempat camping biasanya di Haruman Jingga. Tentunya suasana sepi dan damai yang membuat Anda akan lebih tenang dan kembali fresh. Apalagi ketika suasana malam bersama keluarga melakukan aktivitas bakar-bakar seperti ikan, jagung atau makanan lain yang Anda bawa sedari rumah.

Arena camping sudah terjamin aman dan sangat menyenangkan. Bila Anda suka suasana yang menantang maka membuat camping di puncak gunungnya. Bagi para pendaki atau pecinta alam yang suka berpetualang tentunya camping di arena gunung cantik ini sangat diburu.

3. Kegiatan Paralayang

Kegiatan paralayang di Gunung Haruman ini merupakan kegiatan olahraga yang dapat anda lakukan ketika berkunjung ke lokasi cantik ini. Meskipun olahraga yang menegangkan dan tentunya adrenalin namun peralatan di yang tersedia sudah sangat aman. Bagi Anda yang berkunjung dan ingin mencoba maka merupakan pengalaman yang eksotis.

Bagi anda yang bukan atlet asli paralayang maka Anda akan ditemani oleh pemandu dan tentunya sangat aman. Namun, Anda perlu membayar tarif sebesar Rp 450.000 per orangnya. Pemandu akan siap menemani anda selama penerbangan berlangsung.

4. Berziarah

Berlibur dan berkreasi sekaligus berziarah ke makam para wali, maka kegiatan ini begitu lengkap dan tentunya mengesankan. Tidak seperti objek wisata biasa namun di Gunung Haruman anda akan menambah wawasan, pengalaman, dan pengetahuan yang belum tentu anda dapatkan di objek wisata lainnya.

Berziarah ke lokasi cantik ini terdapat tiga makam para wali yang dapat Anda kunjungi. Sudah dipastikan menjadi pengunjung akan membuat Anda menambah keyakinan dalam keimanan. Selain mencuci mata anda juga akan dapat merasakan mencuci hati dan mendapatkan barokah dari perjalanan para wali tersebut.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Gunung

Fasilitas Gunung Haruman
Image Credit: Twitter Mang Dikdik

Fasilitas yang tersedia di Gunung Haruman sudah sangat memadai dan tentunya memudahkan Anda. Beberapa lokasi yang dibangun tentunya sudah sengaja untuk pengunjung nyaman dan betah berada di lokasi cantik ini.

Seperti sudah tersedia toilet, area parkir, masjid, dan masih banyak lagi. Untuk mengisi perut Anda yang berkeroncongan setelah mengelilingi lokasi cantik ini juga terdapat beberapa warung makanan diminum yang bisa Anda kunjungi. Maka tidak perlu khawatir untuk rasa lapar tersebut.

Mengetahui beberapa fasilitas maupun daya tarik yang sudah diceritakan merupakan hal yang dapat membuat Anda berfikir untuk berkunjung. Tentunya dengan biaya tarif tiket yang royal makan jangan terlalu berekspektasi dengan fasilitas yang megah. Fasilitas yang ada bunda kanan dengan sebaiknya.

Gunung Haruman merupakan objek wisata alam yang memiliki keindahan begitu menakjubkan dan berbeda dari wisata lainnya. Hal ini dapat dilihat dari sejarah maupun peninggalan makam yang dapat Anda kunjungi untuk berziarah. Keberadaannya yang berada di kabupaten Garut juga berada di antara objek wisata cantik lainnya. Namun, lokasi gunung ini begitu berbeda.