Gunung Kencana merupakan salah satu jalur pendakian yang populer di Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Pengunjung bisa menyaksikan pemandangan khas pegunungan dengan hamparan kebun teh yang luas.

Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Megamendung, Kec. Megamendung, Kota Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Tak hanya lautan, Indonesia juga memiliki gununggunung megah yang bisa ditaklukkan. Seperti halnya Gunung Kencana yang merupakan gunung ramah pendari di Bogor dan menjadi destinasi favorit. Pesona alam yang dihadirkan akan membuat Anda terkesan. Selain itu, medannya cukup menantang tapi tetap cocok untuk para pendaki pemula. Untuk mengintip lebih dalam tentang pesona gunung ini, Anda bisa menyimak ulasan berikut.

Mengenal Gunung Kencana, Tempat Mendaki Favorit

Mengenal Gunung Kencana
Image Credit: Instagram.com @gps.traveller

Gunung Kencana sebenarnya merupakan sebuah bukit yang ketinggiannya sekitar 1802 mdpl. Tak heran jika banyak pendaki pemula yang menjadikan Gunung ini sebagai jujugan. Walaupun ketinggiannya terlihat tidak seberapa, tetapi untuk sampai puncak butuh perjuangan yang tidak kecil. Medan yang harus dilalui cukup terjal dan juga extreme.

Sehingga sekalipun profesional tetap jangan menyepelekan dahulu Gunung satu ini. Dengan hawa Bogor yang sejuk, dan pemandangan yang indah tempat satu ini memang layak diperjuangkan. Terutama untuk Anda yang senang dengan hal hal menantang juga memacu adrenalin. Gunung ini menjadi destinasi yang sangat pas dan sayang dilewatkan.

Gunung Kencana sendiri untuk jalur pendakiannya masih terbilang baru, yakni buka sekitar tahun 2016 silam. Hingga akhirnya perlahan tapi pasti, bukit ini banyak dikenal oleh para pecinta alam. Terutama ketika dokumentasi di Puncak gunung telah dibagikan di media sosial. Imbasnya banyak yang penasaran untuk menaklukkan gunung satu ini.

Apalagi ada banyak hal hal menarik yang bisa Anda eksplore. Mulai hamparan kebun teh yang menjadi panoramanya hingga kondangnya tanjakan Sambalado. Dengan pesona yang dimilikinya, membuat gunung ini masuk dalam daftar favorit pendakian. Dan semuanya akan terbayar lunas ketika Anda sudah tiba di Puncak bukit indah ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Gunung Kencana

Daya Tarik Gunung Kencana
Image Credit: Instagram.com @gps.traveller

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, keindahan yang dimiliki Gunung Kencana ini memang luar biasa. Begitu Anda akan memulai pendakian, Anda akan disuguhkan dengan hamparan perkebunan teh hijau yang begitu luas. Sepanjang mata memandang, hamparan hijau ini akan Anda nikmati. Dipadu dengan udara khas pegunungan yang segar, menjadi kombinasi yang sempurna.

Selain cantik, perkebunan teh yang terhampar ini juga membuat suasana yang asri dan sejuk ketika Anda sampai puncak nantinya. Hadirnya kebun teh ini tentu saja menjadi daya tarik tersendiri. Mengingat biasanya perbukitan identik dengan hijaunya hutan dan pohon pohon rindang. Sementara di gunung ini justru kebun teh yang juga bisa jadi wahana wisata.

Setelah kawasan kebun tehnya terlewati, barulah Anda akan memasuki hutan. Dan akan disambut dengan tanjakan Sambalado yang terkenal. Tanjakan ini merupakan anak tangga yang terbuat dari kayu dan panjangnya sekitar 100 meter. Menariknya tanjakan ini memiliki kemiringan hingga 45 derajat yang akan membuat Anda tertantang untuk menaklukkannya.

Nama dari tanjakan ini tentunya sangat unik dan berasal dari para pendaki sendiri. Dimana kaki ketika akan terasa pedas ketika menaiki satu persatu anak tangga. Dan dari alasan inilah akhirnya tanjakan ini dikenal dengan nama Tanjakan Sambalado. Pedasnya menaiki tangga yang menyambut Anda begitu memulai pendakian.

Walaupun tangga ini terbuat dari kayu, tetapi Anda tak perlu khawatir karena sudah terdapat pagar bambu di sepanjang tangga ini. Kendati demikian Anda tetap harus berhati hati ketika menaikinya. Tangga Sambalado ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para pendaki. Membuat Gunung Kencana menjadi salah satu tujuan pendaki favorit.

Mengingat di waktu waktu tertentu tangga ini akan menjadi lebih licin. Setelah menaklukkan tangga ini, Anda bisa melanjutkan jalan ke puncak. Dan sesampainya di puncak, Anda akan dibuat terpana dengan pemandangan yang ada. Setidaknya dibutuhkan waktu sekitar 45 menit sampai 1 jam untuk Anda sampai di puncak, tapi tergantung dari kecepatan Anda mendaki.

Dari atas puncak, Anda akan menikmati pesona Gunung Pangrango dan gunung Gede dari kejauhan. Hamparan kebun teh hijau di bawah juga semakin menambah keeksotisan yang dimiliki gunung ini. Udara yang sejuk juga memiliki nilai plus yang akan membuat Anda betah berlama lama menghabiskan waktu di atas Puncak setelah pendakian yang menguras tenaga.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Gunung Kencana

Image Credit: Facebook.com @suherman.wiyah

Gunung ini berada di Kampung Rawa Gede, tepatnya ada di Desa Tugu Utara, Kec. Cisarua, Kab. Bogor. Tempat wisata alam andalan Bogor ini cukup mudah untuk Anda jangkau. Baik untuk warga Bogor maupun yang berasal dari luar kota. Langkah pertama silahkan melajukan kendaraan Anda menuju Wisata Telaga Warna Cisarua.

Perjalanan dari titik ini memang masih jauh, membutuhkan waktu sekitar 4 jam. Nanti begitu Anda memasuki daerah Cisarua, Anda tinggal mengambil jalur kiri untuk menuju Jalan Siliwangi. Mengikuti jalan ini hingga akhirnya Anda menemukan sebuah pos kecil. Dari patokan ini perjalanan Anda memang masihlah jauh, sekitar 8 km lagi untuk sampai di basecamp Gunung Kencana.

Begitu memasuki jalan ini, perjalanan Anda membutuhkan kehati hatian. Mengingat medannya masih belum terlalu baik, masih berupa jalanan berbatu. Anda juga bisa langsung menuju ke arah Kampung Lahan Cadangan untuk rute alternatif. Kampung ini merupakan pemberhentian kendaraan terakhir sebelum nantinya Anda melanjutkan dengan jalan kaki.

Untuk patokan menuju Kampung Lahan Cadangan, Anda harus menemukan SD Kampung Cikoneng. SD ini berada di pertigaan jalan sebelum menuju ke Kampung Lahan Cadangan. Kedua jalur ini sama sama akan mengantar Anda untuk menuju puncak Gunung Kencana. Tentunya setelah Anda melakukan hiking dengan jarak sekitar 1 jam dari pos pendaftaran.

Anda tidak hanya bisa menggunakan jalur Telaga Warna, Anda juga bisa menggunakan rute Kampung Arab. Namun apabila Anda mencari jalur yang mudah, Telaga Warna menjadi pilihan yang tepat. Tak perlu takut tersesat karena Anda bisa menemukan petunjuk arah walaupun tidak terlalu banyak. Atau bisa juga memanfaatkan GPS yang terpasang di smartphone Anda.

Tidak disarankan menuju lokasi gunung dengan menggunakan kendaraan umum. Karena angkutan umum hanya bisa membawa Anda sampai di loket Telaga Warna. Padahal dari Telaga Warna jarak yang dibutuhkan sampai lokasi masih sangatlah jauh. Walaupun ada saja pendaki  yang memilih berjalan kaki, tetapi tentu Anda harus menyiapkan fisik Anda dengan baik.

Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Kencana

Image Credit: Twitter.com @okezonenews

Untuk memasuki kawasan wisata pendakian ini tentu saja Anda harus membayarkan sejumlah tiket masuk. Tiket masuknya tak akan membuat kantong Anda jebol. Harga tiketnya berkisaran Rp 15 ribu setiap orangnya. Harga tiket ini tentunya masih belum termasuk dengan harga titip kendaraan maupun parkir kendaraannya.

Umumnya akan dibanderol mulai dari Rp 15 ribu untuk urusan kendaraan. Anda akan memarkirkan kendaraan di basecamp sebelum mendaki. tidak hanya itu, Anda juga akan dikenakan tarif simaksi Gunung Kencana kisaran Rp 20 ribu setiap orangnya. Tentu saja harga tiket dan tarif ini bisa berubah sewaktu waktu tergantung keputusan pengelola.

Waktu terbaik untuk mengunjungi gunung ini tentunya selain musim hujan. karena Anda tak perlu khawatir dengan medan yang akan lebih licin. Selain itu Anda juga memiliki kesempatan untuk mengintip indahnya sunset dan juga sunrisenya. Banyak pengunjung yang akhirnya memilih untuk mendirikan tenda begitu sampai di puncak gunung ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Gunung Kencana

Kegiatan di Gunung Kencana
Image Credit: Twitter.com @pendakicantika

1. Menikmati Pemandangan

Hal yang tak akan bisa dipisahkan ketika berada di wisata alam tentu saja menikmati bentang alamnya. Begitu juga ketika berada di Gunung Kencana ini. Anda yang berada di ketinggian akan menikmati panorama yang lebih leluasa dan menawan. Pegunungan, kebun teh serta pemukiman penduduk yang terlihat luar biasa jika dari puncak gunung ini.

2. Camping di Kawasan Sejuk

Walaupun Anda mendaki bukan berarti tidak ada aktivitas menarik yang bisa dilakukan. Anda bisa mendirikan tenda begitu tiba di puncak nantinya. Anda bisa menikmati bermalam di tempat yang sejuk dan pemandangan indah. Camping akan semakin seru ketika Anda melakukannya bersama sama dengan teman teman atau pasangan.

Ketika malam datang, Anda bisa membuat api unggun kemudian menghabiskan waktu dengan bercengkrama bersama teman teman. Menikmati sajian atau makanan yang telah di bawa di rumah. Anda juga bisa bebas menghirup dalam dalam udara bersih yang bebas polusi. Dijamin kegiatan ini akan melepaskan segala penat dari aktivitas harian.

Kegiatan Dilakukan di Gunung Kencana
Image Credit: Google Maps (Verbena Lens)

3. Menyaksikan Panorama Sunset dan Sunrise

Jika Anda memutuskan untuk camping, maka Anda akan memiliki kesempatan untuk menikmati sunset dan sunrise dari puncak Gunung Kencana. Pemandangan matahari yang baru muncul dan tenggelam memang menjadi hal yang dicari ketika mendaki gunung. Fenomena alam ini memang mampu membuat siapapun terpesona akan kehadirannya.

4. Berburu Foto Kekinian

Agar liburan Anda semakin lengkap, Anda harus mengabadikan setiap momen selama di mendaki hingga ke puncak. Di puncak gunung ini ada banyak spot foto yang bisa Anda ambil. Entah mengambil foto di atas puncak maupun di area kebun teh. Pastikan Anda menyiapkan kamera terbaik Anda dan juga penyimpanan yang lebih lega.

Fasilitas yang Tersedia di Gunung Kencana Bogor

Fasilitas di Gunung Kencana Bogor
Image Credit: Google Maps (Dabil Sullivan)

Fasilitas yang tersedia di Gunung Kencana memang kurang memadai gunung gunung lainnya. Fasilitas yang bisa Anda temukan bisa dibilang seadanya tapi terbilang lengkap. Ketika mendaki di jalur pendakian ini, Anda akan menemukan pos pemberhentian. Setidaknya Anda akan menemukan dua pos dalam perjalanan hingga tiba di puncak.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menemukan warungwarung kecil yang menyediakan berbagai makanan dan minuman. Sehingga jika ada barang atau perbekalan yang terlewat bisa Anda beli di sini. Dimana lokasi warung ini berada di pos 1, yang artinya Anda tak akan menemukan warung lagi ketika sudah mendaki ke atas.

Fasilitas lainnya adalah camping ground yang cukup luas. Sehingga para pendaki bebas untuk mendirikan tenda di camping ground ini, bisa menampung puluhan tenda. Namun bagi Anda yang membutuhkan air bersih, harus rela untuk turun ke pos ataupun ke basecamp terlebih dahulu. Karena memang tidak ada sumber air yang bisa diambil ketika di puncak.

Menghabiskan liburan di Gunung Kencana di Cisarua, Bogor akan membuat liburan Anda berkesan. Anda bisa merasakan liburan di tengah alam yang masih terjaga kealamiannya. Gunung ini juga rama untuk para pemula yang ingin mendaki. Medan yang akan dilalui cukup menantang membuat Anda harus menyiapkan fisik fit. Dan tentunya menyiapkan barangbarang yang dibutuhkan sebelum mendaki.