Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Mekarjaya, Kec. Sukaresmi, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Bagi sebagian orang, mungkin gunung bukanlah destinasi wisata yang asyik untuk dikunjungi. Tapi berbeda halnya dengan pecinta alam atau orang-orang yang memang menyukai aktivitas pendakian. Ada salah satu gunung di Jawa Barat yang tidak boleh sampai dilewatkan yaitu Gunung Kendang.

Meski namanya tidak sepopuler dengan gunung lain di kalangan pendaki karena melihat akses jalan yang sangat tertutup dan hanya setapak saja sehingga masih jarang dilalui orang-orang. Ketidakpopulerannya mungkin karena proses perizinan untuk masuk ke dalamnya sangat sulit. Jadi itu artinya tidak semua orang bisa mendakinya.

Apalagi Gunung Kendang masuk ke dalam kawasan cagar alam. Tapi meski demikian, jika Anda ingin mendaki gunung ini, hubungi saja Kepala Desa Neglawangi. Desa Neglawangi sendiri akan menjadi titik awal untuk orang-orang yang ingin mendaki sampai ke puncak.

Daya Tarik yang Dimiliki Gunung Kendang

Daya Tarik Gunung Kendang
Image Credit: Google Maps Deny Anugrah Hermawan

1. Jalur Trackingnya Menantang

Daya tarik pertama yang bisa Anda temukan saat mendaki di Gunung Kendang adalah jalur trackingnya menantang. Bagi para pecinta alam yang menyukai tantangan, jalur pendakian yang nantinya akan dilewati bisa dibilang menantang. Butuh waktu kurang lebih 5 jam untuk Anda bisa tiba ke puncak gunung.

Waktu tersebut bukan karena pendaki berjalan santai tapi banyak sekali rintangan yang akan dihadapi. Apalagi jalur setapak saat pendakian tidak begitu bagus. Dengan dominasi rumput liar serta tanah becek saat musim hujan membuat para pendaki kesulitan untuk bisa sampai ke puncak gunung.

2. Pesona Alam yang Luar Biasa

Meski ada banyak tantangan yang harus dilalui pengunjung saat mendaki gunung di Jawa Barat ini, tapi pesona alam yang ditawarkan sangat luar biasa. Ini dikarenakan alamnya yang masih sangat alami serta belum mendapatkan campur tangan dari manusia jahil seperti gunung-gunung lainnya. Ini yang membuat wisata gunung nanti akan terasa menyenangkan.

Selain itu, Anda akan menemukan tumbuhan rindang yang akan mendominasi sehingga terlihat hijau dan menyegarkan. Tumbuhan rindang tidak hanya ditemukan di dalam hutan saja tapi pada saat melihat lereng gunung. Anda akan melihat perkebunan teh sebagai pemandangan pertama saat berada di destinasi wisata alam ini.

3. Puncak Tertinggi di Bandung

Tahukah Anda jika gunung ini adalah puncak tertinggi di Bandung. Meski tidak populer di kalangan para pendaki, ternyata Kendang adalah gunung tertinggi yang ada di Bandung. Puncak tertingginya diperkirakan hingga mencapai 2.610 mdpl. Bentuknya tidak begitu curam dan sedikit landai. Bentuk ini yang membuat perjalanan terasa lama.

Meskipun demikian, Anda akan menemukan beberapa spot yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat istirahat. Di pos 1 pendaki harus menempuh waktu kurang lebih 1,5 jam. Jadi Anda bisa beristirahat dengan mendirikan tenda di tempat ini. umumnya, kawasan ini dijadikan sebagai area camping bagi orang-orang yang tidak begitu berminat ke puncak.

Daya Tarik Dimiliki Gunung Kendang
Image Credit: Google Maps Andi Susandi Hendraprawira

4. Adanya Vegetasi Hijau

Gunung tertinggi di Bandung ini dikenal memiliki vegetasi hijau yang cukup banyak. kekayaan vegetasi ini dapat dilihat dari tanaman paku, lumut, jamur hingga terdapat kantong semar di dalamnya.

Tidak hanya itu, ada banyak tanaman liar serta semak belukar yang akan menutupi hampir semua kawasan hutan yang membuat jalan setapak tidak begitu jelas. Jadi sebaiknya berhati-hatilah saat mendaki gunung yang penuh dengan tantangan ini supaya tidak ada hal-hal yang berbahaya.

5. Kawah Manuk

Tahukah Anda jika setiap gunung memiliki kawah dengan karakter masing-masing begitu halnya dengan yang kali ini. Kawah di Gunung Kendang dikenal dengan nama Kawah Manuk yang memiliki pesona unik. Berbeda halnya dengan kawah lain, disini ada banyak tanaman liar yang akan menghiasi perjalanan Anda.

Letaknya sendiri berada di ketinggian sekitar 2500 mdpl. Kawah ini masuk ke dalam kategori sabana sebab sudah tidak aktif. Keindahannya pun semakin terlihat pada saat cuaca dingin atau musim hujan tiba. Ada kabut tipis yang akan menyelimuti cekungan dengan luas kurang lebih 1 hektare. Ini yang membuat pemandangan gunung semakin terlihat eksotis.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Gunung Kendang
Image Credit: Google Maps Deny Anugrah Hermawan

Gunung Kendang berada di perbatasan antara Kecamatan Kertasari dan Kecamatan Pasirwangi. Sedangkan untuk basecampnya sendiri berada di Desa Neglawangi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Untuk bis tiba hingga ke titik awal pendakian, Anda bisa gunakan transportasi pribadi dari Bandung menuju Pangalengan.

Gunung tertinggi di Bandung ini lokasinya sekitar 25 km dari Pandeglang dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Sebenarnya perjalanan Anda bukan pada saat menuju ke basecamp yang merupakan titik awal dari pendakian tapi ketika berada di basecamp tersebut karena sangatlah seru dan menyenangkan.

Bagi warga yang berasal dari luar Bandung bisa menuju Pandeglang dulu kemudian melanjutkan perjalanan lagi menuju kecamatan Kertasari. Jadi silahkan pergi ke Desa Neglawangi dengan cara menggunakan petunjuk jalan yang ada atau bisa juga dengan menggunakan aplikasi Google Maps.

Biaya Wisata ke Gunung Kendang

Biaya Wisata ke Gunung Kendang
Image Credit: Instagram Rangga Yudha Pradesa

Sampai saat ini, izin khusus untuk orang-orang yang mendaki Gunung Kendang belum ada sebab tidak ada SIMAKSI. Tapi aktivitas yang dilakukan oleh pendaki harus dilaporkan ke Kepala Desa Negwalangi. Sedangkan untuk tiket masuknya tidak berlaku hanya saja pendaki harus memberikan uang sukarela.

Perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk semua yang telah disebutkan adalah 50 ribu hingga 100 ribu rupiah. Ini juga tidak bersifat wajib. Jadi lakukan persiapan terlebih dahulu karena nanti selama pendakian, Anda tidak akan menemukan warga yang berjualan. Semua harus sudah dipersiapkan dari basecamp.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Gunung Kendang

Kegiatan Menarik Gunung Kendang
Image Credit: Instagram Mahitala – Unpar

1. Mendaki Gunung

Mendaki menjadi kegiatan pertama yang orang-orang lakukan saat berada di wisata alam berupa pegunungan. Tapi kali ini gunung yang akan didaki bukanlah yang biasanya didaki oleh banyak orang. Karena ada sedikit tantangan serta jalur tracking yang sangat sempit. Apalagi tanjakan tanah lembek akan menjadi salah satu penghambat selama pendakian dilakukan.

Tanah lembek ini akan sangat licin jika musim hujan mulai turun. Oleh karena itu, sebaiknya jika Anda ingin melakukan pendakian harus pada saat cuaca sedang cerah. Tidak hanya itu, waktu memulai pendakian juga harus diperhatikan. Usahakanlah mendaki gunung pada saat terang. Karena jalur pendakian tidak bisa dilihat jika waktu sudah mulai petang.

2. Menikmati Keindahan Gunung

Selain itu, kegiatan yang dapat dilakukan para pendaki adalah menikmati keindahan gunung. Jadi di Gunung Kendang ini, Anda bisa menikmati panorama alam yang sangat indah dari atas ketinggian. Apalagi gunung di Jawa Barat ini termasuk yang paling tinggi. Jadi akan terasa begitu menyenangkan saat menikmati pemandangan dari puncaknya nanti.

Dari atas ketinggian, Anda bisa melihat semua hal yang tidak bisa Anda dapatkan saat berada di bawah. Hamparan sawah terlihat sera deretan lumut yang begitu menyejukkan mata. Tak heran jika keindahan alam yang ditawarkan akan membuat para wisatawan menjadi semakin betah dan nyaman meski sudah menghabiskan waktu yang lama.

3. Camping di Gunung Kendang

Kegiatan selanjutnya yang bisa dilakukan tentu saja camping. Sebenarnya camping tidak harus ke puncak. Karena dari pos 1 saja camping sudah bisa dilakukan. apalagi di pos 1 ini ketinggian sudah lebih dari 1500 mdpl. Kegiatan ini bisa dibakukan sebab tersedia area yang luas di dalamnya.

Tapi bagi yang ingin mendapatkan tantangan lebih, silahkan lanjutkan perjalanan sampai tiba ke puncak gunung. Karena pemandangan yang terlihat dari atas tentu saja jauh lebih indah. Bonusnya adalah kawah manuk yang akan Anda lihat di sepanjang perjalanan nanti.

4. Melihat Sunrise dan Sunset

Dan terakhir, Anda bisa melihat sunrise dan sunset saat berada di Gunung Kendang. Meski diselimuti hutan yang lebat serta pemandangan hijau, namun terlihat beberapa titik yang arah pandangannya luas.

Disini Anda bisa menyaksikan panorama sunrise dan sunset. Pendaki melakukan kegiatan ini harus berlama dulu. Ini dilakukan mengingat perjalanan untuk bisa tiba ke puncak gunung lumayan panjang.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Gunung

Fasilitas Gunung Kendang
Image Credit: Instagram lail p. | Indonesiaceae

Nah bagi yang ingin mengetahui apa saja fasilitas yang tersedia di Gunung Kendang, sebenarnya tidak ada karena memang destinasi wisata alam ini belum begitu populer di kalangan pendaki. Jadi sampai ke puncak nanti Anda tidak bisa menemukan fasilitas apa-apa.

Fasilitas hanya bisa ditemukan di awal titik keberangkatan saja seperti di basecamp ataupun perkampungan warga yang ada di sekitar lokasi wisata. Karena disana sudah ada tempat parkir, mushola, warung makan, toilet dan sebagainya. Jadi jika ingin membawa bekal selama perjalanan nanti, siapkan dari awal atau saat berada di basecamp.

Selama mendaki, semua pengunjung diharuskan untuk berhati-hati. Pastikan fisik dan mental kuat serta kemauan yang keras untuk bisa tiba ke puncak. Karena gunung yang eksotis ini adalah salah satu gunung yang memiliki banyak tantangan di dalamnya. jadi berhati-hatilah supaya tidak ada hal-hal yang akan terjadi.

Gunung Kendang adalah destinasi wisata alam yang tidak boleh dilewatkan saat berada di kota Bandung. Apalagi gunung yang penuh dengan pesona ini masih sangat alami sebab belum terjamah banyak pendaki.