Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Tlogo, Terbah, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakart; Map: Cek Lokasi

Gunung Nglanggeran sudah cukup hits di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta karena memiliki puncak yang sangat indah. Para tamu sering merasa kagum dengan panorama yang mengelilingi Gunung. Hal itu menjadi salah satu alasan pengunjung selalu memadati wisata ketika hari libur. Bahkan banyak yang mendaki sampai puncak karena ingin melihat pesona alam.

Berkunjung ke wisata indah tersebut memang tidak cukup jika dilakukan 1 hari saja. Apalagi pesona sunrise dan sunset tidak boleh dilewatkan untuk dinikmati secara langsung jika Anda camping disini. Wisatawan memang sering menghabiskan waktu di kawasan sambil menggelar tenda.

Spot yang bertema alam juga menjadi hal yang selalu diincar oleh para tamu. Anda harus memotret setiap panorama untuk disimpan sebagai kenangan tersendiri usai berlibur. Panorama yang cantik dan masih alami dijamin tidak membuat traveller kecewa.

Daya Tarik yang Dimiliki Wisata Nglanggeran

Daya Tarik Gunung Nglanggeran
Image Credit: Google Maps Haiban Najid

1. Spot yang Indah

Gunung Nglanggeran dikenal sebagai spot yang indah karena cocok dimanfaatkan sebagai tempat melihat sunrise hingga sunset. Disana menawarkan tempat yang luas dan pengunjung bebas memilih spot menikmati panorama. Biasanya pelancong sengaja datang dengan membawa kamera karena ingin berburu spot alam.

Keindahan yang terpancar dari arah Gunung akan membuat Anda rileks. Namun, jangan mengotori tempat dengan sampah apapun agar spot ini tetap menawarkan kecantikan. Jaga alam mulai dari Anda datang sampai pulang serta pastikan tidak merusak kawasan sekitar.

2. Nuansa Alam

Obyek wisata Gunung Nglanggeran menyuguhkan nuansa alam yang selalu menjadi pusat perhatian. Pesona alam yang ditawarkan dapat dilihat dari bukit, pohon, embung, dan puncak Gunung. Para tamu yang mendaki sampai puncak akan menemukan semua panorama itu secara jelas dari arah atas. Apalagi terlihat pula awan yang sangat cantik berwarna biru.

Setiap melakukan perjalanan ke Gunung ini Anda tidak akan terasa lelah. Pemandangan yang ada di setiap sudut akan membuat pendakian semakin menyenangkan. Bahkan pelancong dapat berteduh di bawah pohon jika merasa lelah. Pada sudut lain Anda juga bisa menemukan aliran sumber air yang bersih dan bisa diminum secara langsung.

3. Wisata Nyaman

Memilih tempat wisata yang nyaman memang menjadi favorit para pelancong. Disana menyediakan beragam spot untuk siapapun yang ingin merasakan udara sejuk. Destinasi cantik ini diketahui membuat para tamu merasa nyaman karena bisa menikmati pesona alam. Bahkan banyak pula yang betah karena sering berkemah selama melipir ke Gunung Nglanggeran.

Bagi Anda yang ingin mencari destinasi alam serta memiliki kecantikan tempat wajib mencoba ke Gunung ini. Puncak tidak begitu tinggi dan perjalanan selama mendaki tidak membutuhkan waktu lama. Traveller dijamin senang selama mendaki karena bisa melihat banyak panorama. Jadi beban pikiran akan menjadi hilang saat berkunjung ke Gunung itu.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Wisata Nglanggeran

Alamat Gunung Nglanggeran
Image Credit: Twitter @zenolwee

Gunung cantik ini tepat berada di Desa Nglanggeran, Yogyakarta. Wisatawan yang ingin menanjak ke puncak harus menyiapkan tenaga yang fit karena membutuhkan waktu beberapa jam. Pastikan ajak teman atau keluarga untuk menikmati perjalanan ke Gunung. Selain itu pilih hari yang tepat saat kesana karena biasanya para tamu sering menginap.

Para tamu bisa menanjak dari arah Wonasari maupun Yogyakarta. Jika berangkat dari Wonosari Anda hanya perlu belok ke kanan agar bertemu dengan Bundaran Sambi Pitu. Lalu lanjutkan berkendara ke kawasan Desa Babung dengan melihat papan petunjuk. Selang 3 km lurus terus sampai menuju Desa Nglanggeran yang tidak jauh dari destinasi Gunung itu.

Sedangkan traveller yang berangkat dari pusat kota Yogyakarta dapat menuju ke Piyungan. Lurus sampai ke perempatan timur radio yang tampak di pinggir jalan. Belok ke arah kiri untuk menuju Desa Ngoro-oro sambil menikmati pemandangan sawah. Jika sudah masuk ke pertigaan belok ke kanan sampai menuju Nglanggeran yang terlihat sudah tidak jauh lagi.

Harga Tiket Masuk Wisata Nglanggeran

Tiket Gunung Nglanggeran
Image Credit: Google Maps Hotel Griya Limasan

Gunung Nglanggeran memberikan penawaran harga masuk yang masih sesuai dengan kantong pengunjung. Anda yang datang ketika siang hari akan dikenakan tiket Rp 20.000. Sedangkan tiket masuk saat malam hari hanya Rp 15.000 saja. Perbedaan harga tiket masuk tidak menjadi masalah bagi sebagian orang, apalagi wisata alam ini terlihat sangat indah.

Khusus para tamu yang datang dari luar negeri perlu membayar Rp 30.000 baik siang atau malam hari. Selain itu Anda yang ingin berkeliling ke sebagian destinasi yang ada di sekitar Gunung bisa pula menambah biaya berlibur. Bahkan di area itu juga menyediakan warung makan yang berada tepat di pos pendakian dengan harga yang masih bisa ditawar.

Pengunjung yang mendaki saat siang dan malam perlu menitipkan kendaraan pribadi. Pada area gerbang masuk wisata tampak tempat parkir yang dijaga dengan aman. Harga penitipan Rp 5.000 sampai Rp 20.000 yang berlaku untuk sepeda serta mobil. Tarif itu bergantung pada jam parkir karena para tamu sering parkir selama 2 hari saat ada di wisata.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Wisata Nglanggeran

Alamat Gunung Nglanggeran
Image Credit: Google Maps Haiban Najid

1. Berkemah

Gunung Nglanggeran mempunyai keunikan karena dikelilingi spot yang terlihat natural. Pelancong cukup sering berkemah di sekitar dengan menyiapkan perlengkapan dari rumah. Liburan ke Gunung cantik ini memang membutuhkan waktu yang tepat agar lebih lama dalam menikmati alam. Anda boleh menggelar tenda di beberapa tempat yang tersedia.

2. Berjelajah

Menjelajah ke setiap lahan yang ada di Gunung ini memang membutuhkan tenaga ekstra. Tetapi Anda dijamin akan memperoleh panorama yang menakjubkan. Apalagi di kawasan tampak pesona alam yang mampu membuat pikiran lebih rileks. Selama liburan kesana Anda memang tidak boleh sampai melewatkan berjelajah ke tiap spot yang telah tersedia.

3. Mengabadikan Momen Seru

Keindahan yang ada di sepanjang Gunung Nglanggeran wajib dipotret untuk kenangan. Setiap orang yang pergi berlibur ke Gunung itu selalu menyiapkan handphone. Jika sudah ada di puncak Anda wajib mengabadikan momen karena dari atas terlihat sangat indah. Selain itu traveller bisa pula merekam video selama melakukan pendakian menuju Gunung.

4. Menikmati Pemandangan

Wisatawan yang melakukan perjalanan menuju puncak Gunung dapat menikmati pemandangan alam. Anda bisa melihat pohon yang ada di tengah hutan saat mengambil rute pendakian. Tak hanya itu, terdapat pula bukit yang tampak dari wisata. Sehingga liburan ke destinasi hits tersebut akan mendapatkan nuansa alami yang sangat menarik.

Aktivitas lain Gunung Nglanggeran
Image Credit: Google Maps Dedy Wahyu

5. Melihat Sunrise dan Sunset

Gunung Nglanggeran yang masih bernuansa alami cocok untuk melihat matahari terbit dan tenggelam. Jika pengunjung ingin memperoleh panorama itu maka harus datang sambil berkemah. Potret foto sunrise serta sunset yang muncul di langit dengan indah. Anda yang melihat langsung dari arah wisata dijamin takjub karena semakin jelas pergantian langitnya.

6. Menanjak

Bagi wisatawan yang hobi liburan ke destinasi alam wajib mencoba datang ke Gunung itu. Anda yang melakukan pendakian diperkirakan membutuhkan waktu berkisar 2 jam. Biasanya traveller sering mendaki saat malam karena tidak terasa panas. Selama mendaki pastikan membawa air minum yang cukup serta kondisi badan yang sehat agar lebih aman.

7. Berkunjung ke Embung

Embung yang terlihat cukup dekat dengan Gunung sering dijadikan pilihan saat berkeliling. Para tamu yang tidak ingin mendaki sampai puncak dapat bersantai di kawasan embung itu. Air yang jernih dan tampak berwarna biru muda membuat embung selalu cantik. Bahkan traveller ada pula yang mendirikan tenda di sekitar embung untuk menikmati liburan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Gunung Nglanggeran
Image Credit: Facebook Sis Motret

Gunung Nglanggeran memiliki fasilitas yang cukup dan sering membuat traveller terbantu dalam melakukan kegiatan. Kios yang menawarkan sejumlah makanan bisa ditemui pada pos pendakian yang selalu ramai. Biasanya warung itu ada yang buka sampai malam serta menawarkan makanan yang cukup lengkap. Para tamu tentu merasa senang selama disana.

Tempat penitipan kendaraan pribadi berada di bagian gerbang masuk. Pelancong boleh parkir selama mendaki ke Gunung cantik ini supaya lebih aman. Pusat informasi ada di bagian bawah yang bisa memberikan arahan sebelum Anda mendaki. Tempat sewa alat cukup jauh sehingga wisatawan harus mengecek perlengkapan sebelum liburan ke Gunung.

Mushola memang tidak disediakan, tetapi pelancong masih bisa beribadah di pos pendakian. Toilet yang bersih tampak berjejer di tiap pos dan tidak berbayar. Fasilitas yang terdapat di wisata hits itu selalu diperbaiki jika mengalami kerusakan. Jadi berkunjung ke Gunung tidak merasa susah karena bisa memakai semua fasilitas yang memang disediakan.

Nah, itulah penjelasan yang terkait dengan Gunung Nglanggeran. Destinasi yang memiliki nuansa alami ini cocok bagi pengunjung yang hobi mendaki. Selain itu banyak pemandangan yang akan menemani Anda selama menuju ke puncak. Jika ingin berkunjung pastikan peralatan sudah lengkap dan ajak kerabat karena mendaki tidak seru jika dilakukan sendiri.