Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 16.00-21.00 WIB, Alamat: Gunung putri, Jayagiri, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Saat Anda berada di Bandung dan bosan dengan destinasi wisata yang itu itu saja, maka Anda pun bisa mengunjungi Gunung Putri. Gunung satu ini sangat cocok didaki untuk pemula yang baru pertama kali naik gunung. Seperti apa keseruan mendaki di lokasi satu ini? Berikut simak daya tarik dan beragam kegiatan yang bisa Anda lakukan di tempat ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Gunung Putri

Daya Tarik Gunung Putri
Image Credit: Twitter.com @secepatnyaada

Jika Anda merasa penat dengan aktivitas harian yang itu itu saja dan membosankan, maka berlibur ke gunung dapat menjadi salah satu cara yang bisa Anda lakukan. Anda tidak perlu langsung mendaki puncak gunung yang tinggi, melainkan Anda bisa memilih gunung yang memiliki trek tidak terlalu melelahkan.

Apabila Anda kebetulan berada di Bandung, tepatnya di Lembang maka Gunung Putri dapat Anda jadikan pilihan untuk berlibur. Hal tersebut dikarenakan gunung satu ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan akan memanjakan mata Anda. Selain itu, treknya yang cukup mudah menjadi salah satu keuntungan tersendiri.

Medan pendakian yang akan Anda hadapi saat berada di gunung satu ini pun cukup mudah. Sehingga bagi Anda yang merupakan pendaki pemula tak perlu takut mencoba melakukan perjalanan di gunung satu ini. sebab, bagi Anda yang ingin mencapai puncak gunungnya hanya membutuhkan waktu yakni sekitar 30 menitan saja.

Untuk itu, gunung ini memang kerap kali digunakan sebagai tempat para pendaki pemula yang ingin melakukan pendakian ke gunung yang lebih tinggi. Sehingga dapat dikatakan gunung ini adalah tempat yang pas untuk melatih fisik dan juga teknik sebelum mendaki gunung dengan trek yang lebih sulit.

Daya Tarik dari Gunung Putri
Image Credit: Google Maps (Trisna Hariana)

Daya tarik yang akan Anda dapatkan ketika berada di puncak gunung satu ini memang sangat mengagumkan. Gunung Putri atau yang kerap kali disebut dengan Gunung Geger Bintang Matahari ini memiliki ketinggian yakni sekitar 1587 mdpl. Dengan ketinggian tersebut, tentunya Anda akan disajikan panorama alam yang luar biasa.

Keindahan alam khas pegunungan akan bisa Anda dapatkan di lokasi satu ini. mulai dari udaranya yang sejuk, tumbuhan hijau yang ada di sekitar gunung tentunya akan membuat siapa saja ingin mengunjungi destinasi wisata ini. ditambah lagi, ketika Anda telah sampai di puncak, pastinya ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan.

Sebut saja seperti hunting foto hingga bersantai. Bagi Anda yang ingin bermalam di gunung ini juga bisa. Anda hanya perlu berada di area camping dan mendirikan tenda sebagai tempat untuk berteduh. Cahaya malam yang berasal dari rumah penduduk yang ada di bawah tentunya akan menjadi salah satu hal yang menakjubkan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Gunung Putri

Alamat Gunung Putri
Image Credit: Google Maps (Rudy Diana)

Destinasi wisata satu ini berada di Jl Gunung Putri No 184 di Desa Jayagiri. Tepatnya di Kecamatan Lembang, Bandung Barat. Untuk menuju ke lokasi ini, Anda akan menempuh perjalanan sekitar 1 jam dengan jarak yakni 19.1 kilometer dari kota Bandung pusat.Namun, jika Anda memang berada di Kabupaten Lembang, maka Anda hanya perlu menempuh perjalanan yakni sekitar 2.3 kilometer atau 8 menit saja.

Setelah mengetahui alamat lengkapnya, maka Anda perlu tahu bagaimana rute yang harus Anda lalui untuk bisa sampai ke lokasi satu ini. untuk Anda yang baru pertama kali kesini, maka tak perlu khawatir sebab tempatnya memang sangat mudah untuk dilalui. Jika Anda menggunakan angkutan umum, maka Anda hanya perlu untuk naik angkot dari Ledengan menuju ke Lembang.

Selanjutnya, Anda bisa turun di Jayagiri. Perjalanan berikutnya bisa Anda lalui dengan berjalan kaki menuju ke gerbang wisata Gunung Putri Lembang. Selain itu, apabila Anda datang dengan menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa menggunakan aplikasi peta digital untuk bisa sampai kesini.

Anda dapat memanfaatkan fitur Google Maps atau Waze agar bisa sampai ke lokasi tujuan. Namun, apabila Anda masih bingung maka tak perlu khawatir, Anda tetap bisa bertanya kepada para penduduk sekitar yang kebetulan berpapasan. Pastinya masyarakat sekitar akan memberikan Anda petunjuk jalan menuju ke lokasi satu ini.

Harga Tiket Masuk Gunung Putri

Harga Tiket Gunung Putri
Image Credit: Google Maps (Santi Sulastri)

Tiket masuk destinasi wisata satu ini pun terbilang cukup murah. Hal ini dikarenakan untuk menikmati berbagai macam fasilitas, seperti suasana hutan pinus yang sejuk, Anda hanya dikenakan biaya yang tidak menguras kantong. Untuk Anda yang ingin hiking, Anda hanya akan dipatok sekitar 10 ribu rupiah saja.

Sedangkan bagi Anda yang ingin berkemah dan menginap di lokasi satu ini, maka biaya per malamnya hanya dikenakan sekitar 22 ribu rupiah saja. Selain biaya masuk dan menginap, Anda juga akan dikenakan biaya parkir kendaraan dengan tarif yang berbeda beda sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda hanya ingin hiking, maka untuk biaya parkir sepeda motor hanya akan dikenakan tarif yakni 5 ribu rupiah dan mobil sekitar 10 ribu rupiah. Sedangkan jika Anda berencana untuk menginap di lokasi satu ini, maka biaya parkir motor yang dikenakan adalah sekitar 10 ribu rupiah dan untuk parkir mobil kurang lebih 20 ribu rupiah.

Untuk jam operasional dari Gunung Putri ini sendiri yakni sekitar jam 4 sore hingga jam 9 malam. Namun, tetap saja, bagi Anda yang ingin menginap tentulah bisa. Anda hanya perlu mendirikan tenda dan membayar biaya camping. Kemudian, Anda pun bisa bermalam di gunung satu ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Gunung Putri

Kegiatan di Gunung Putri
Image Credit: Google Maps (Ajis Sunarto)

1. Bersantai Dengan Pemandangan Pohon Pinus

Jika Anda sedang dilanda penat, maka berwisata ke tempat satu ini memang menjadi salah satu hal menarik yang bisa Anda coba. Sebab, pada kawasan sekitar Gunung Putri memang masih didominasi dengan tanaman pohon pinus yang sangat cantik. Udara yang ada di sekitar sini pun pastinya sangatlah sejuk sekaligus segar.

Hutan pinus ini tentunya menjadi tempat yang sangat pas bagi Anda untuk berekreasi. Disini, Anda bisa bersantai, trekking hingga berfoto foto dengan latar belakang pohon pinus yang indah. Dengan suasana yang hijau dan terkadang diselingi kabut tebal, tentunya foto yang dihasilkan akan sangat apik.

2. Melihat Indahnya Sunrise

Selain itu, apabila Anda memang berencana untuk menginap di gunung, maka Anda pun siap siap akan menikmati pemandangan sunrise yang memukau. Hal ini dikarenakan kegiatan camping di gunung ini, Anda akan disajikan pemandangan alam yang sangatlah indah.

Terutama ketika Anda sedang dilanda jenuh, maka berlibur dan camping di Gunung Putri dapat menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan. Sebab, fenomena matahari terbit yang ada di gunung satu ini memang sangatlah menarik. Disini, Anda tidak akan melihat pepohonan yang menghalangi keindahan dari sunrise yang ada di puncak gunung ini.

Sehingga, nantinya Anda pun akan bisa memandang dengan lepas suasana indahnya matahari terbit dari atas gunung ini. Selain itu, Anda juga akan disuguhkan dengan fenomena lain yakni indahnya Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Burangrang dan juga Gunung Rakutak.

3. Memandang City Light Bandung

Ketika malam hari tiba, pemandangan yang ada di puncak gunung ini juga tak kalah indah. Hal ini dikarenakan Anda akan disuguhkan dengan pemandangan berupa indahnya kota Bandung di malam hari. Lampu lampu yang menyala dengan indahnya akan menambah suasana yang sangat romantis.

Indahnya pancaran lampu warna warni dari kejauhan ini akan membuat Anda betah. Jika Anda mencari tempat untuk melepas penat, berkemah di Gunung Putri dapat menjadi hal yang bisa Anda lakukan. Namun, apabila Anda kurang beruntung, lampu lampu kota yang indah tersebut akan tertutup oleh kabut.

Kegiatan Gunung Putri
Image Credit: Instagram.com @akarifqulmaula

4. Berkemah

Berkemah tentunya menjadi salah satu aktivitas wajib yang bisa Anda lakukan ketika berada di gunung satu ini. jika Anda memang berencana untuk camping dan menginap di gunung ini, maka pastikan telah membawa perlengkapan dan perbekalan. Anda bisa membawa tenda hingga alat alat yang dibutuhkan untuk berkemah.

Kegiatan satu ini menjadi aktivitas yang banyak digemari. Sebab, Gunung Putri merupakan salah satu gunung yang biasanya sering didaki oleh pemula sebagai ajang latihan untuk mendaki gunung yang lebih tinggi. Dengan ketinggian 1587 mdpl dan juga suasananya yang dingin sekaligus sejuk pastinya akan membuat Anda betah.

Selain itu, selama berkemah Anda akan disuguhkan pemandangan yang sangat indah. Pertama, Anda bisa berkemah dengan dikelilingi pepohonan pinus. Kemudian, di malam hari Anda bisa melihat kerlipnya bintang bintang sekaligus lampu kota Bandung. Dan pagi harinya, Anda akan disambut dengan menyisingnya ufuk di timur langit. Tentunya menjadi panorama yang indah, bukan?

5. Trekking

Berada di gunung nan indah ini, Anda tidak harus selalu menginap atau camping. Sebab, gunung satu ini tidak terlalu tinggi. Sehingga jika Anda yang tidak ingin menginap, maka bisa mendakinya lalu turun kembali. Hal ini dikarenakan jika Anda ingin mencapai puncak gunung satu ini maka hanya membutuhkan waktu yakni sekitar 30 menit saja.

Namun, waktu tersebut memang disesuaikan dengan kondisi fisik dari masing masing pendaki. Kelebihannya lagi, jalur pendakian yang ada di gunung satu ini memang sangat bersahabat bagi para pendaki, terutama bagi pemula. Sebab, jalur yang menanjak tersebut memang tidak terlalu sulit untuk dilewati.

Fasilitas yang Tersedia di Gunung Putri Bandung Barat

Fasilitas Gunung Putri
Image Credit: Google Maps (Ade Nurdin)

Berbicara tentang fasilitas yang tersedia di Gunung Putri ini memang dapat dikatakan cukup memadai. Hal ini dikarenakan saat Anda ingin melakukan pendakian, Anda akan menemukan warung warung tempat menjual makanan. Sehingga Anda bisa mengisi stok perbekalan dulu sebelum mendaki.

Selanjutnya juga telah tersedia area parkir yang cukup luas dan juga tempat untuk menyewa peralatan camping bagi Anda yang tidak membawanya. Disini, Anda juga akan bisa menemukan penjual kayu bakar hingga mushola dan kamar mandi. Namun, kamar mandi yang ada di tempat ini memang belum terlalu terawat.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda tahu tentang Gunung Putri. Jika Anda ingin melakukan pendakian kecil kecilan, maka sebaiknya Anda melakukannya di gunung satu ini. disini, Anda juga bisa sekaligus untuk belajar berkemah untuk pertama kalinya. Dengan medan yang terbilang cukup mudah untuk dilalui tentunya akan cocok bagi Anda yang baru pertama melakukan pendakian.