Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Rancabango, Kec. Tarogong Kaler, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Menikmati keindahan gunung merupakan salah satu kegiatan wisata yang sampai saat ini masih sangat diminati oleh wisatawan, terutama anak muda para pecinta keindahan gunung. Salah satu gunung yang wajib dikunjungi baik wisatawan maupun pendaki yaitu Gunung Putri di Garut. Hal ini dikarenakan pemandangan yang disuguhkan sangat cantik dan mempesona.

Bagi pendaki menikmati keseluruhan isi gunung baik itu jalur track, keindahan, suasana, bahkan sampai hal-hal yang mistis jadi suatu pengalaman yang sangat asyik dan seru. Namun, bagi para pemula yang ingin merasakan sensasi berada di puncak gunung, maka gunung ini sangat direkomendasikan, dikarenakan jalur hiking menuju puncak gunung tergolong ringan.

Untuk mencapai puncak wisatawan atau pendaki hanya memerlukan waktu sekitar kurang lebih 40 menit saja. Dari puncak Gunung Putri, wisatawan atau pendaki dapat menikmati keindahan bukit-bukit yang ada di sekitarnya serta dapat menikmati keindahan Kota Garut. Beberapa faktor ini yang menjadikan wisatawan wajib untuk merasakan sensasi gunung nan cantik ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Gunung Putri

Daya Tarik Gunung Putri
Image Credit: Google Maps Muhammad Rafi Abdusyukur

1. Jalur Hiking yang Ringan

Daya tarik pertama yang ada di Gunung Putri yaitu jalur hiking untuk menuju ke puncak tergolong cukup ringan jika dibandingkan dengan gunung-gunung pada umumnya. Hal ini tentunya sangat memudahkan bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi puncak gunung ini, sehingga sangat cocok untuk dikunjungi dan dinikmati keindahan alamnya.

Bagi pemula untuk di dunia pendakian gunung, maka berkunjung di gunung ini sangat direkomendasikan, karena jalur hikingnya cukup landai. Di jalur ini didominasi oleh tanah lapang yang berupa perkebunan, serta vegetasi yang ada juga tidak terlalu banyak dan padat, sehingga memudahkan bagi pendaki untuk melalui jalur ini.

Namun selain mudah dan ringan, jalur hiking ini juga memiliki keindahan yang cukup cantik dan menawan. Keindahan tersebut dapat dinikmati oleh wisatawan di sepanjang jalur hiking, yakni seperti adanya jajaran pohon yang tinggi hijau sehingga memberi kesan sangat asri dan alami, serta wisatawan juga dapat menikmati keindahan bukit-bukit dari jalur hiking ini.

2. Keindahan Kota Garut dari Puncak Gunung

Wisatawan yang berkunjung di wisata Gunung Putri nan cantik dan elok ini akan dibuat takjub serta jatuh cinta dengan keindahan alam, maupun keindahan lanskap Kota Garut dari puncak gunung. Keindahan Kota Garut dapat dinikmati secara maksimal pada siang hari dengan cuaca yang cerah. Tentunya pemandangan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Wisatawan maupun pendaki akan dihipnotis dengan keindahan pemandangan alam yang disuguhkan dari puncak gunung ini. Dengan ketinggian 1.450 mdpl (meter diatas permukaan laut) sehingga wisatawan dapat menikmati keindahan yang disuguhkan dengan sangat jelas, baik dari bukit-bukit yang ada di sekitar gunung ini, maupun kondisi Kota Garut.

Pengunjung dapat menikmati keindahan tersebut dengan nyaman dan puas, dikarenakan pada puncak gunung ini terdapat beberapa tempat duduk yang sangat cocok untuk dimanfaatkan. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati keindahan Kota Garut dengan duduk di gazebo atau duduk di tempat spot foto yang sangat cantik dan eksotis yang ada di puncak gunung ini.

3. Suasana dan Keindahan Gunung

Suasana dan keindahan yang ada di Gunung Putri Garut ini membuat wisatawan tidak pernah bisa lupa. Dengan suhu udara yang sangat sejuk ditambah dengan rindangnya pohon sehingga membuat siapapun yang datang dan berkunjung di gunung ini akan merasa nyaman, serta memberi kesan yang sangat tenang sehingga dapat merilekskan pikiran.

Pada pagi hari menjelang matahari terbit (sunrise), wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat cantik yaitu proses matahari terbit dari ufuk timur. Pancaran sinar yang berwarna orange kebiru-biruan juga turut menghiasi langit. Ditambah dengan sejuknya udara yang ada di puncak gunung, sehingga memberi kesan yang sangat cantik dan syahdu.

Pada siang hari dengan cuaca yang cerah, wisatawan dapat menikmati semua destinasi alam yang disuguhkan dengan puas, mulai dari pemandangan alam, maupun beberapa spot foto yang tersedia. Ditambah dengan angin yang sepoy-sepoy khas daerah pegunungan juga menambah kenyamanan dan kepuasan wisatawan saat berkunjung di wisata gunung ini.

Gunung Putri yang indah dan cantik ini juga menyuguhkan panorama yang sangat indah pada sore hari. Panorama keindahan tersebut terjadi menjelang matahari terbenam (sunset). Keindahan sunset dapat dilihat secara jelas dari puncak gunung ini, dengan pancaran senja yang khas sehingga suasana yang ada di puncak gunung ini menjadi sangat eksotis dan romantis.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket

Alamat Gunung Putri Garut
Image Credit: Google Maps Acep Aryana

Bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi suasana Gunung Putri ini dapat berkunjung di Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat. Lebih tepatnya wisata gunung yang indah dan menakjubkan ini terletak di Desa Mekarjaya, Kecamatan Tarogong. Wisatawan yang berkunjung di wisata gunung ini dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Untuk sampai di lokasi pintu masuk menuju gunung yang indah ini, wisatawan dapat melalui rute sebagai berikut, yakni jika wisatawan dari arah Kota Garut dapat Jl. Cimanuk, kemudian menuju ke Jl. Rancabango. Setelah itu wisatawan dapat mengikuti jalur jalan hingga sampai di Kantor Desa Mekarjaya, sehingga wisatawan dapat bertanya kepada masyarakat sekitar.

Bagi wisatawan maupun pendaki yang ingin merasakan sensasi berada di puncak Gunung Putri Garut ini tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak. Hal ini dikarenakan harga tiket masuk yang sudah ditentukan oleh pengelola wisata tergolong sangat murah yakni sebesar Rp 15.000 untuk satu orang. Harga tersebut sangat murah bukan, untuk dikunjungi dan dinikmati.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Gunung Putri

Kegiatan Menarik Gunung Putri
Image Credit: Google Maps Yogas Septina

1. Berkemah

Kegiatan menarik pertama yang wajib dilakukan oleh wisatawan yaitu berkemah. Kegiatan berkemah di alam bebas dan terbuka merupakan suatu kegiatan yang sangat asyik dan seru, hal ini dikarenakan dapat menyatu dengan alam. Ditambah jika berkemahnya di puncak gunung yang sangat indah dan eksotis ini, tentunya dapat memberikan sensasi tersendiri.

Bagi pecinta gunung kurang lengkap rasanya jika belum berkemah dan menikmati suasana untuk beberapa hari di puncak Gunung Putri. Dengan keindahan dan panorama alam yang disuguhkan dapat membuat wisatawan merasa betah dan enggan untuk meninggalkan wisata alam yang berupa gunung yang sangat cantik dan eksotis ini.

Dengan berkemah wisatawan maupun pendaki dapat merasakan dan menikmati sensasi malam hari di atas gunung ini. Dari puncak gunung ini wisatawan dapat melihat lautan cahaya lampu yang menghiasi Kota Garut. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati ribuan bintang yang bertaburan di langit, sehingga suasana di malam hari terasa sangat sempurna.

Dengan suasana yang dingin dan hening khas pegunungan, wisatawan juga dapat melakukan kegiatan seperti membakar jagung, singkong, pesta barbeque sambil bermain gitar, bernyanyi dan bercanda bersama. Sehingga momen ini tentunya dapat menambah kerekatan dalam menjalin persahabatan. Sangat seru dan asyik bukan, untuk dinikmati bersama teman dekat.

2. Olahraga Paralayang

Bagi wisatawan yang berkunjung di Gunung Putri dapat merasakan sensasi olahraga paralayang dan gantole. Tentunya kegiatan ini hanya direkomendasikan bagi wisatawan yang merasa memiliki nyali besar dan menyukai hal-hal yang menantang. Dengan terbang dari ketinggian gunung ini sehingga sangat seru dan memberikan sensasi tersendiri.

Dengan melakukan kegiatan paralayang di Gunung Putri ini, wisatawan dapat menikmati keindahan gunung secara menyeluruh. Tentunya kegiatan paralayang ini juga akan ditemani oleh penerbang tandem yang sudah ahli di bidangnya, sehingga wisatawan merasa nyaman, puas dan tidak perlu khawatir lagi jika akan terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Kegiatan paralayang ini tentunya sangat seru dan menarik bukan, untuk dicoba sensasinya, ditambah dengan menikmati keindahan alam yang ada di gunung ini. Dengan melakukan paralayang in akan menguji adrenaline bagi siapapun yang ingin merasakannya.

3. Berburu Foto

Kegiatan terakhir yang sangat wajib dan tidak boleh terlupakan yaitu berburu foto. Gunung Putri yang sangat cantik dan menakjubkan ini sangat cocok untuk diabadikan di setiap momennya. Hal ini dikarenakan pada setiap momen yang disuguhkan juga memiliki perbedaan dan dan keindahan yang sangat istimewa.

Wisatawan dapat memanfaatkan beberapa spot foto yang sudah disediakan. Spot foto tersebut yakni seperti adanya gazebo, gardu pandang yang didesain dengan ornamen khas area piknik dan lain-lain. Selain itu, wisatawan juga dapat menggunakan background pemandangan alam yang sangat indah, sehingga akan menambah nilai kecantikan suatu foto yang dihasilkan.

Di era digital seperti saat ini, tentunya berfoto dan mengabadikan momen tentunya merupakan suatu keharusan. Wisatawan dapat berburu foto dengan latar belakang keindahan alam, baik itu bukit, pepohonan, serta keindahan alam lainnya. Kemudian foto yang dihasilkan dapat diunggah di berbagai akun sosial media, dikarenakan keindahan alam ini sangat instagramable.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Gunung

Fasilitas Gunung Putri Garut
Image Credit: Google Maps Nursyamsa Luthfie

Disamping memiliki keindahan dan suasana alam yang menakjubkan, Gunung Putri juga dilengkapi dengan adanya berbagai macam fasilitas yang tersedia. Fasilitas tersebut yakni seperti adanya tempat parkir yang ada di pintu masuk wisata gunung ini. Adanya fasilitas ini dapat memberikan rasa nyaman dan aman bagi wisatawan terhadap kendaraan yang dibawa.

Wisata alam yang berupa gunung ini juga dilengkapi fasilitas yang berupa adanya toilet. Adanya toilet ini membuat wisatawan yang berkunjung merasa nyaman karena tidak perlu khawatir mencari tempat untuk buang air besar. Selain itu di wisata gunung ini juga terdapat adanya warung makan, sehingga wisatawan merasa semakin nyaman dan betah.

Tidak berhenti di situ, wisata Gunung Putri nan elok ini juga dilengkapi adanya fasilitas yang berupa adanya gazebo. Fasilitas ini dapat dimanfaatkan oleh wisatawan untuk duduk santai, istirahat sambil melihat pemandangan yang hijau dan sejuk sehingga memberi kesan yang sangat cantik nan indah ini.

Demikian gambaran umum mengenai Gunung Putri Garut dengan segala destinasi alam yang sangat indah dan menakjubkan. Wisatawan yang merasa penat, dan stres dengan aktivitas sehari-hari, maka berkunjung di wisata alam terbuka ini sangat direkomendasikan dan sangat worth it. Dikarenakan wisatawan akan mendapat kenyamanan dan ketenangan tersendiri.

REKOMENDASI DESTINASI