Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sindanggalih, Kec. Karangtengah, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Memiliki keindahan alam bak pesona alam Dieng yang menjadi objek wisata di Garut ini semakin banyak pengunjung. Kerap juga disebut Gunung Sadahurip merupakan Diengnya Garut. Selain itu bentuknya yang menyerupai piramida yang berada di Mesir menambah objek wisata cantik ini semakin di kenal publik.

Dengan ketinggian gunung mencapai 1.300 mdpl yang sudah dipastikan panorama yang tersaji begitu indah. Dari ketinggian itu Anda dapat menyaksikan sunset maupun sunrise yang eksotis. Maka tah heran bila banyak para wisatawan yang berkunjung dalam motif ingin menyaksikan fenomena alam sunset dan sunrise tersebut.

Terutama bagi pecinta senja, bahkan wisatawan dari mancanegara juga pernah berkunjung ke lokasi cantik ini. Tidak hanya menyuguhkan pesona cantik, namun juga tersaji tempat swapoto dan anjungan yang dapat Anda gunakan untuk berselfie.

Daya Tarik yang Dimiliki Gunung Sadahurip

Daya Tarik Gunung Sadahurip
Image Credit: Google Maps Dani Ferlani

1. Panorama Alam yang Eksotis

Gunung Sadahurip bagaimana tidak memiliki pesona alam yang cantik, kawasan ini merupakan dataran tinggi yang berbentuk piramida. Kemudian juga memiliki perkebunan hijau yang terhampar luas dan tersusun rapi. Terhiasi dengan bukit yang terbentuk secara alami yang pasti wort it.

Gunung lain juga turut menghiasi pemandangan yang semakin kece. Anda juga dapat melihat gunung lainnya, dari kejauhan di lokasi ini. Seperti Gunung Telaga Bodas serta Gunung Guntur yang cantik ini, dapat Anda saksikan dari sini.

Namun, dari semua gunung yang ada tersebut, dapat dipastikan yang paling unik dan menarik adalah gunung menyerupai piramida ini. Keindahan panorama alam yang eksotis terlihat begitu luar biasa. Juga menawarkan keindahan sunset dan sunrise yang sering diincar para pelancong. Maka menjadi pengunjung akan lebih seru dan mengesankan.

2. Keindahan Alam bak Dieng

Kecantikan alam yang tersaji sudah sangat menawan dan elegan, apalagi ditambah dengan kemiripan Gunung Sadahurip ini dengan Dieng yang memiliki ketinggian 2.000 mdpl. Lokasi Dieng yang sejuk di Wonosobo itu kerap disandingkan dengan cantiknya Dieng Garut ini.

Tak kalah cantik dan tak kalah unik lagi, lokasi ini lebih menjadi tempat perkebunan penduduk setempat. Kondisi tanah yang subur, udara yang sejuk tentunya akan sangat cocok untuk perkebunan. Selain berekreasi Anda juga dapat ikut memanen tanaman yang tersedia. Wisata alam yang cantik ini dimanfaatkan warga setempat untuk bercocok tanam.

Sejauh mata yang memandang akan terpikat oleh indahnya pemandangan hijau yang tersaji di kawasan gunung. Udara segar, lokasi hijau, keindahan bak Dieng Jawa Tengah, semua itu terlihat sempurna. Tentunya pas untuk menghilangkan stress dan pikiran kembali fresh. Tidak ada salahnya berkunjung memboyong keluarga di tanggal merah.

Daya Tarik Dimiliki Gunung Sadahurip
Image Credit: Google Maps Husni Jaelani

3. Terbentuk dari Magma Gunung Purba

Gunung Sadahurip terbentuk mengerucut seperti piramida yang menjadi pemikat pengunjung yang datang. Ternyata fenomena ini terjadi karena efek kekuatan magma dari dalam tanah. Kabarnya bentuk yang unik ini disebabkan dari proses erupsi yang terjadi di gunung purba. Reaksi ini kemudian membentuk gunung menjadi sebuah piramida yang cantik.

Penyebab utama bentuk pyramid tersebut karena bangunan batuan beku dan endapan lava andesit di lokasi gunung. Beberapa kisah mistis juga menjadi pemanis gunung cantik ini menjadi pilihan liburan. Meskipun sebenarnya kisah tersebut hanya klenik dan tidak begitu ilmiah di masyarakat setempat.

Namun, keindahan dan pesona yang kian menawan menjadikan secara perlahan kisah mistis ini hilang. Bukan hanya keindahan alam, penjelasan para ahli ilmiah di bidangnya juga membuat kisah mistis menjadi lokasi romantic.

4. Panorama Puncak Gunung Sadahurip

Dari lokasi cantik ini Anda dapat menikmati keindahan panorama yang tersaji dengan jauh 360 derajat. Akan terlihat dengan seksama dan jelas pemandangan hamparan kabupaten Garut dari puncak gunung cantik ini. Suasana efek dan udara yang segar yang tidak akan luput dari jepretan kamera, kian menambah efek menjadi eksotis.

Namun, sayangnya ada kondisi yang memang tidak diperbolehkan datang ke puncak untuk berkemah. Sebab berkemah di puncak beresiko dengan angin kencang yang akan menerpa perkemahan. Namun, pihak pengelola selalu melakukan pembenahan agar semakin menarik pengunjung untuk berdatangan.

Opsi rekreasi yang masih sering dilakukan yakni, trekking dan pendakian. Untuk opsi lainnya masih terbatas dan dalam pembenahan. Panorama puncak terlihat menakjubkan ketika melihat disisi timur dan barat terdapat barisan perbukitan juga gunung. Tentu saja panorama puncak adalah lokasi yang tepat untuk hunting poto.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Gunung Sadahurip
Image Credit: Google Maps Firman M Ridwan

Gunung Sadahurip berada di lokasi yang dapat dijangkau baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Bahkan bila berkunjung menjadi pendaki bisa Anda daki dari arah desa Sindanggalih atau dari desa Sukahurip. Bila Anda dari pusat kabupaten Garut untuk menuju lokasi gunung cantik ini membutuhkan waktu 3 jam kurang lebih.

Namun, untuk menuju titik utama lokasi ini, sulit dijangkau dengan mobil, maka jika menuju lokasi utama, Anda perlu menggunakan kendaraan roda dua saja. Berada di desa Sindanggalih yang merupakan kecamatan Karangtengah, dan berada di Kebupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

Biaya Wisata ke Gunung Sadahurip

Biaya Wisata Gunung Sadahurip
Image Credit: Google Maps Dapit Sudrajat

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke lokasi Gunung Sadahurip cantik ini, harga tiket masuk begitu dipermudah. Dan sangat royal dengan hanya membayar Rp 0 saja. Atau bisa dibilang harga tiket masuk tidak ternilai atau free. Dengan tiket masuk yang gratis akan membuat pengunjung antusias.

Selain tiket gratis, pengunjung juga dapat berkunjung kapan saja sebab beroperasi setiap hari, dari hari senin sampai minggu. Untuk jam operasionalnya dibuka dari jam 00.00 sampai 24.00 wib, atau dibilang buka 24 jam. Maka meluangkan waktu sejenak menjadi pengunjung akan lebih berpengalaman dan menambah wawasan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Gunung Sadahurip

Kegiatan Menarik Gunung Sadahurip
Image Credit: Google Maps Sipesulap Kata

1. Trekking dan Hiking

Gunung Sadahurip dalam fasilitas jalan, memang sudah bisa diakses menggunakan kendaraan, baik roda empat maupun roda dua. Atau bahkan menggunakan bus sebagai transportasi ke lokasi gunung cantik ini. Namun kegiatan hakking dan trekking merupakan kegiatan yang lebih seru dan menantang dari mengendarai bus tersebut.

Terdapat akses jalan setapak yang dapat Anda gunakan untuk hakking dan trekking. Kemudian medan yang tidak begitu curam dan mudah untuk ditaklukkan merupakan alasan para pecinta hakking dan trekking berdatangan ke lokasi ini. Bagi Anda yang juga tergiur untuk mencoba maka jangan lewatkan kegiatan ini ketika menjadi pengunjung.

2. Camping di Gunung Sadahurip

Seperti yang sudah diceritakan sebelumnya, bahwa lokasi cantik ini sangat menjanjikan banyak pesona alam. Maka berkunjung, jika hanya beberapa jam saya tidaklah seru tanpa bercamping. Area camping yang tersedia sudah sangat mengasyikkan dan tentunya seru. Apalagi camping ini cocok bagi pemula.

Lokasi yang tidak begitu terjal, jauh dari kata curam, serta hutan yang tidak liar, maka area camping ini merupakan tempat yang aman. Zona camping yang tersedia juga banyak dan sesuai keamanan dan kenyamanan.

Kegiatan camping ini pula dapat membuat Anda lebih menjadi petualangan yang unik. Tak jarang penikmat senja juga menjadi pecandu dalam kegiatan camping di lokasi cantik ini. Pemandangan sunrise dan sunset yang sudah dipastikan siapa saja terpikat dengan pesona alam tersebut.

3. Menikmati Sunset dan Sunrise

Kegiatan menarik di Gunung Sadahurip yang paling sering ditunggu para pecinta senja yakni ketika tiba waktu sunset. Keindahan alam saat matahari menjelang terbenam ini benar-benar cantik dan eksotis. Warna jingga kekuningan dengan member kesan sangat menenangkan. Seolah ada energi baru yang menjadi motivasi.

Maka bila menjadi pengunjung jangan sekali-kali melewatkan untuk tidak menikmati sunset maupun sunrise ini. Aksi yang tentunya akan memanjakan siapapun yang menikmati indahnya. Kemudian jangan lupa mengambil gambar bersama senja.

Meskipun kenyataannya senja hanya datang sekejap dengan indahnya dan kemudian menghilang. Namun, keindahan senja akan tetap kembali esok hari di waktu yang sama. Tidak bisa mengatur waktu tetapi senja dapat datang tepat waktu. Sungguh keindahan sunset ini merupakan ciptaan Tuhan yang perlu disyukuri.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Gunung

Fasilitas Kawasan Gunung Sadahurip
Image Credit: Google Maps Dani Ferlani

Fasilitas yang tersedia juga dapat Anda manfaatkan sebaik mungkin. Di Gunung Sadahurip Sudah tersedia fasilitas yang memudahkan pengunjung, seperti adanya toilet, area parkir, dan masih banyak lagi. Fasilitas tentunya masih mengalami pembenahan oleh pihak pengelola.

Adanya sebuah gazebo juga menjadi fasilitas bagi pengunjung sebagai tempat beristirahat. Dan terdapat pula sarana air bersih yang dapat Anda manfaatkan ketika Anda mendaki. Persepsi yang menyatakan mendaki merupakan kegiatan yang sulit karena fasilitas yang kurang memadai, maka objek wisata cantik ini cukup menjadi bukti, bahwa mendaki tidak sulit.

Terlepas dari adanya sebuah fasilitas, objek wisata alam ini masih tetap terlihat indah dengan alami. Maka jangan terlalu berharap dengan fasilitas yang tertera. Untuk lebih jelasnya, akan lebih baik Anda mencoba berkunjung kesini.

Gunung Sadahurip merupakan objek wisata alam yang unik dan menarik dengan bentuk maupun kisahnya. Berada di kabupaten Garut yang pastinya memiliki objek wisata lainnya. Namun, lokasi cantik ini lebih menakjubkan dan lebih menjanjikan pesonannya.