Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Karangbawang, Nogosaren, Kec. Getasan, Kota Semarang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Tidak hanya pantai, gunung juga seringkali dijadikan tempat untuk berwisata. Dengan berlibur ke wisata gunung, suasana alam yang sejuk dapat anda nikmati. Namun untuk mencapai tujuan wisata gunung, diperlukan waktu yang cukup untuk berjalan dan menanjak. Bagi anda yang memiliki kesulitan pada hal tersebut, wisata Gunung Telomoyo bisa anda jadikan pilihan wisata.

Wisata ini menjadi salah satu gunung yang paling tepat untuk menyalurkan hobi berwisata alam. Lokasi dari tempat wisata ini cukup strategis karena letaknya berada di perbatasan kabupaten Magelang dan kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Memiliki keindahan alam yang menawan, menjadikan Gunung Telomoyo sering dikunjungi oleh wisatawan untuk berlibur. Simak ulasan selengkapnya!

Daya Tarik yang Dimiliki Gunung Telomoyo

Daya Tarik Gunung Telomoyo
Image Credit: Google Maps (Daniel Rahardjo)

1. Gunung yang Mudah Diakses

Gunung satu ini menjadi salah satu gunung kecil yang memiliki ketinggian 1.894 mdpl. Bagi anda yang ingin menikmati pemandangan alam gunung yang indah, tetapi tidak ingin capek jalan menanjak menuju puncak, maka wisata Gunung Telomoyo dapat dijadikan pilihan. Hal tersebut dikarenakan wisata gunung yang satu ini bisa dicapai dengan menggunakan sepeda motor.

Di lokasi wisata ini telah terdapat infrastruktur jalan aspal. Dengan adanya infrastruktur tersebut dapat memudahkan wisatawan untuk mencapai puncak gunung menggunakan sepeda motor. Menuju puncak tempat wisata yang satu ini memang terbilang cukup mudah, akan tetapi anda harus menyiapkan semua hal yang berkaitan dengan perjalanan supaya tidak terkendala.

2. Pemandangan yang Memukau

Seperti gunung kebanyakan, wisata yang satu ini memiliki pemandangan yang terbilang cukup menawan. Hal ini bisa dilihat dari sepanjang perjalanan untuk menuju puncaknya. Berbagai deretan flora dan fauna bisa dinikmati ketika sedang berada di tengah tengah perjalanannya. Ditemani dengan suara kicauan burung, langkah kaki anda tak akan terhenti di sebagian jalan.

Semakin lengkap, suasana di Gunung Telomoyo tersebut juga makin sejuk karena pepohonan hijau yang berdekatan makin melengkapi suasananya semakin mendukung untuk menempuh perjalanan. Setibanya di atas puncak, anda akan disuguhi dengan pemandangan yang memukau, lengkap dengan view ala pegunungan menawan.

3. Tersedia Gardu Pandang yang Unik

Kalau anda ingin mendapatkan spot terbaik untuk melihat pemandangan yang ada, maka tak usah khawatir. Pengelola sudah menyediakan gardu pandang yang bakal memanjakan para wisatawan yang hadir di kawasan puncak gunung tersebut. Fasilitas inilah yang membuat pengunjung bisa bersantai sambil menikmati keindahan alam begitu menakjubkan.

Daya Tarik Gunung Telomoyo 2
Image Credit: Instagram.com @flink_experience

4. Tersedia Tempat Duduk untuk Bersantai

Jika lelah untuk berdiri, gardu pandang atau yang lebih dikenal dengan nama Awang Awang telah tersedia dengan tempat duduk. Tak ayal jika banyak orang orang yang bersantai sambil melihat pemandangan alam. Di lokasi seluas 186 meter persegi ini, pengunjung sudah bisa melihat keunikan tersendiri dengan spot kaca ukuran 4 x 8 meter yang bikin deg degan.

5. Melihat Pemandangan Memukau dari Ketinggian

Jika cuaca sedang bersahabat dari titik ini, wisatawan tak hanya melihat keindahan alam sekitar saja. Sebab, pengunjung akan disuguhi dengan pesona dari alam yang memukau, mulai dari Gunung Merbabu, Andong, Sumbing, dan Sindoro secara bersamaan. Selain itu, wisatawan bisa melihat hamparan dari pepohonan khas pegunungan yaitu pohon pinus maupun rumah rumah dari ketinggian.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju Lokasi Gunung Telomoyo
Image Credit: Twitter.com @kwikbites

Gunung menawan ini berada di Kabupaten Semarang dan Magelang, Jawa Tengah. Untuk dapat mencapai puncak wisata Gunung Telomoyo, terdapat dua jalur maupun rute yang dapat ditempuh. Jalur yang pertama yakni melewati Dalangan, Kecamatan Ngablak dan dilanjutkan dengan melalui Desa Sepakung. Jalur ini terbilang cukup mudah dijangkau oleh para wisatawan, Apalagi bagi yang ingin melaluinya dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Jalur berikutnya bisa ditempuh bagi wisatawan yang tidak memiliki kendaraan. Anda bisa menyewa sepeda motor atau jeep agar sampai ke puncak dengan mudah. Perjalanan akan dimulai dari tempat parkir Dalangan Kecamatan Ngablak. Para wisatawan akan menempuh jarak yang terbilang cukup pendek yaitu 7km dengan ketinggian 1.864 mdpl.

Estimasi Biaya Wisata ke Gunung

Estimasi Biaya Gunung Telomoyo
Image Credit: Google Maps (Ade Lesmana)

Seperti yang sudah diketahui, wisata yang satu ini termasuk dalam destinasi alam. Alhasil, biaya yang dihabiskan untuk mencapai lokasi tak seberapa. Bahkan bisa dikatakan, anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam ketika ingin menikmati keindahan dari wisata Gunung Telomoyo yang begitu menawan ini.

Wisatawan yang datang hanya perlu membayar tiket masuk ke gunung ini pada hari biasa sebesar 10 ribuan saja. Adapun pada weekend atau Sabtu dan Minggu beserta hari libur nasional, maka biaya yang dipatok sebesar 15 ribuan saja. Kemudian, ada harga tiket masuk menuju spot Awang Awang yang juga cukup murah yaitu sebesar 15 ribuan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Kegiatan di Gunung Telomoyo
Image Credit: Facebook.com @soloinfo

1. Trekking

Berwisata ke gunung tak akan jauh jauh dari yang namanya trekking. Tentunya aktivitas yang satu ini menjadi referensi pertama ketika anda mengunjungi Gunung Telomoyo untuk berlibur. Jalurnya yang begitu mudah sangat pas bagi para pemula yang ingin menaiki puncak dengan cepat. Sehingga, anda bisa mendapatkan pengalaman terbaik ketika berlibur ke kawasan alam ini.

2. Off Road

Jika sekiranya anda tak sanggup untuk melakukan trekking, maka ada referensi lainnya yang bisa anda pilih. Jalanan dan trek yang terbilang cukup mudah di kawasan yang satu ini bisa memberikan anda pengalaman baru ketika berlibur ke kawasan gunung. Anda bisa mencoba menaiki gunung ini dengan menggunakan kendaraan atau off road.

Wisata Gunung Telomoyo bisa ditempuh tanpa harus mendaki, khususnya bagi anda yang tak suka dengan berjalan kaki. Menggunakan motor atau mobil khusus trek pegunungan, anda bisa melalui perjalanan sembari menikmati panoramanya yang menawan. Anda bisa mencapai mencapai puncaknya sekitar 30 menit saja yang lebih cepat dua jam dari perjalanan jalan kaki.

3. Melihat Sunrise

Aktivitas berikutnya yang tak boleh ketinggalan begitu saja yaitu melihat keindahan matahari terbit dari puncak gunung. Sesampainya di atas, anda akan disuguhkan pemandangan sunrise yang amat memukau. Untuk menikmati keindahan alam tersebut, ada baiknya jika anda mendaki pada dini hari sebelum fajar menyingsing.

Kegiatan Menarik Gunung Telomoyo
Image Credit: Twitter.com @BoyolaIiinfo

4. Menikmati Keindahan Sunset

Jika anda malas bangun pagi, maka bisa mencari alternatif lainnya. Anda bisa datang pukul 16.00 WIB untuk menikmati matahari terbenam atau sunset. Suasana magis di kawasan gunung ini akan terasa lebih memukau, apalagi jika dihabiskan bersama orang tersayang. Dengan begitu, liburan anda menjadi lebih berkesan ketika berada di Gunung Telomoyo.

5. Mengabadikan Momen Berharga

Bagi anda yang suka berfoto kekinian, maka pengelola sudah menyiapkan beberapa spot menarik yang bisa dimanfaatkan. Salah satunya yang cukup populer ini kawasan wisata alam ini yaitu gardu pandang yang menghadap ke tebing. Seketika, anda bisa melihat cantiknya pemandangan gunung di sekitarnya lengkap dengan suasana khas alam di atas gunung yang sejuk.

Di gardu pandang yang diberi nama Awang Awang ini, pengunjung bisa leluasa untuk berfoto maupun selfie. Tentunya ditemani dengan latar belakang pemandangan alam yang memukau dengan background gunung yang berada persis di atas kaca. Hal inilah yang membuat siapa saja enggan untuk beranjak mengunjungi Gunung Telomoyo.

6. Menguji Adrenalin

Seperti yang sudah diketahui, Awang Awang yang ada di gunung ini terbuat dari kaca. Sehingga, anda bisa melihat pemandangan di bawahnya atau tebing dengan lebih jelas. Jika tak terbiasa, maka hal ini bisa menjadi salah satu cara untuk menguji adrenalin. Namun, anda tak perlu khawatir, sebab kacak yang diinjak pengunjung ini aman bagi wisatawan yang datang.

Selain itu, pengunjung bisa dengan bebas menguji adrenalin ketika berada di gardu pandang kaca tersebut. Tidak ada batasan jam untuk menginjakkan kaki di atas kaca Awang Awang. Namun perlu diketahui ketika berada di atas kaca, pengunjung harus mematuhi peraturan yang sudah berlaku. Salah satu yang harus dilakukan yaitu dengan melepas sepatu dan memakai sandal khusus.

Tips Berkunjung ke Gunung Telomoyo

Tips Berkunjung ke Gunung Telomoyo
Image Credit: Google Maps (Dody Rachman Hakim)

1. Cek Keadaan Mesin Motor

Sebelum memutuskan untuk pergi ke puncak Gunung Telomoyo, akan lebih baik jika anda memperhatikan kondisi mesin motor yang akan anda gunakan. Pastikan keadaan mesin motor anda sedang dalam keadaan yang baik dan kuat digunakan untuk menanjak. Pasalnya, perjalanan menuju puncak wisata gunung yang satu ini akan terdapat beberapa tanjakan.

Berbagai jenis motor trail hingga motor dapat digunakan untuk dapat mencapai puncak dengan mudah. Anda bisa menyesuaikan kendaraan yang dikendarai dengan kebutuhan yang diperlukan. Dengan begitu, perjalanan menuju lokasi puncak bisa berlangsung lebih lancar dan tidak ada hambatan yang menghalangi.

2. Siap Untuk Melewati Jalan Rusak

Meskipun jalanan menuju puncak Gunung Telomoyo sudah bisa dilalui dengan kendaraan mobil maupun motor, namun tak menutup kemungkinan jika jalanan bisa terjal. Mengingat daerah yang anda kunjungi adalah wisata alam, maka bisa saja terdapat jalan yang rusak. Maka dari itu, persiapkan dengan matang kondisi fisik dan kendaraan ketika melalui jalan tersebut.

3. Pastikan Bensin Dalam Keadaan Full

Tak kalah pentingnya, anda juga harus memperhatikan kondisi dari kendaraan yang digunakan. Apabila menggunakan sepeda motor ataupun mobil, anda harus memastikan bensin terisi dalam keadaan full. Pasalnya di sepanjang perjalanan, belum ada pom bensin atau pom mini yang menyediakan bahan bakar untuk menunjang perjalanan ke puncak gunung.

Sebaiknya, anda sudah mempersiapkan dari jauh jauh hari dalam hal bahan bakar. Mengisi bensin dalam keadaan penuh bisa menghindarkan anda dari kehabisan bahan bakar. Hal ini juga bisa mencegah adanya kendala ketika menuju lokasi puncak. Dengan begitu, perjalanan anda bisa terbilang cukup lancar tanpa adanya kendala yang mengganggu.

4. Berangkat Pada Pagi Hari atau Saat Cuaca Cerah

Jika ingin mendapatkan pemandangan terbaik, maka anda perlu datang diwaktu yang tepat. Sebagai saran, anda dianjurkan untuk berangkat pada pagi hari saat cuaca sedang cerah. Hidari mengunjungi wisata alam pada saat musim hujan untuk menghindari jalanan yang basah atau becek. Jika ingin melihat sunset, silahkan datang sebelum fajar muncul atau datanglah pada dini hari.

Itulah beberapa informasi yang bisa anda ketahui sebelum mengunjungi wisata alam Gunung Telomoyo. Bagi anda yang ingin datang ke kawasan yang satu ini, maka disarankan untuk mempersiapkan berbagai macam hal agar menunjang perjalanan. Dengan begitu, liburan yang anda habiskan di kawasan tersebut bisa dibilang lebih berkesan dan tidak terlupakan.