Hawai Waterpark, Tempat Rekreasi Air Populer di Malang dengan Wahana Menantang

Hawai Waterpark Malang

Hawai Waterpark salam satu objek wisata air populer di Malang yang memiliki berbagai wahana air dan wahana kering dengan sistem keamanan tinggi. Pengunjung dapat menikmati Kolam Ombak Tsunami, Jet Coaster Water Slide dan kolam arus.

Harga Tiket: Rp 65.000, Jam Operasional: 10.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Graha Kencana Utara V, Karanglo, Banjararum, Kec. Singosari, Kab. Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Malang yang berada di Jawa Timur, terkenal sebagai kota pariwisata. Julukan ini memang benar adanya, sebab kota apel tersebut memiliki banyak destinasi wisata apik yang cocok dikunjungi selama liburan. Salah satu yang objek wisata dengan inovasi terbaru yaitu Hawai Waterpark. Wisata yang beroperasi sejak 2015 ini mengusung konsep taman air yang berbeda dari lainnya dan termasuk taman air pertama di Malang.

Daya Tarik yang Dimiliki Hawai Waterpark

Daya Tarik Hawai Waterpark

Image Credit: Facebook.com @hawaiwaterpark

Mulai beroperasi di tahun 2015 silam, Hawai Waterpark yang dibangun di atas area lahan seluas 28.000 meter persegi tersebut masih diminati oleh banyak wisatawan hingga saat ini. Karena ditujukan untuk wisata keluarga, tentunya taman air ini dipenuhi dengan berbagai wahana yang bisa memanjakan anak anak maupun orang dewasa.

Bahkan anak remaja, kelompok sekolah, kalangan pebisnis, hingga rombongan perusahaan juga kerap menghabiskan waktu di waterpark ini. Banyak alasan yang melatarbelakangi mengapa destinasi satu ini menjadi begitu terkenal, baik untuk warga lokal maupun turis luar daerah atau bahkan luar negeri.

Pasalnya letak Hawai Waterpark terbilang cukup strategis, yaitu berada dekat dengan pintu keluar dari Tol Singosari. Kurang lebih hanya berjarak 500 meter jika dari arah pintu keluar tol Malang Pandaan di gate Singosari tersebut. Sehingga banyak wisatawan dari luar kota yang singgah sejenak di sini, sebelum keluar Malang melalui tol.

Daya Tarik dari Hawai Waterpark

Image Credit: Facebook.com (Iwan Kurniawan)

Apalagi daerahnya yang dekat dengan tol membuat wisata air di Malang ini bebas kemacetan. Tentu wisatawan akan semakin senang ketika harus bertandang ke objek wisata tersebut. Selain itu, wisata air yang ada di Malang ini juga seringkali melakukan event event khusus. Contohnya pada tahun 2019 hingga 2020 lalu, pihak pengelola menyediakan hadiah satu unit motor.

Yang mana satu unit motor Honda yang disediakan tersebut, akan diberikan kepada pengunjung beruntung. Jadi selama setahun kala itu, pengunjung mendapatkan satu kupon untuk setiap pembelian satu tiket masuk taman air Hawai. Kemudian di akhir periode, kupon akan diundi untuk menentukan siapa yang berhak mendapatkan hadiah.

Selain itu, ada juga event parade busana bertajuk Carnival Costume Competition yang sempat digelar oleh pihak pengelola waterpark di Malang Night Paradise. Malang Night Paradise sendiri merupakan bagian dari Hawai Waterpark Group, yang letaknya tidak jauh dari lokasi wisat air itu sendiri. Jadi Anda bisa seharian bermain di taman air populer ini.

BACA JUGA:  Pesona Jembatan Suramadu, Jembatan Ikonik yang Melintasi Selat Madura

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Hawai Waterpark

Alamat Hawai Waterpark

Image Credit: Google Maps (Yus Setiyanto)

Waterpark hits ini berada tidak jauh dari pintu keluar tol gate Singosari. Jadi sebenarnya tidak sulit untuk menemukan lokasi wisata satu ini. Apalagi daerah ini masih termasuk di dalam kota. Lebih tepatnya, Hawai Waterpark berada di Perumahan Graha Kencana yaitu Jalan Graha Kencana Utara V, Karanglo, Banjararum, Kecamatan Singosari, Malang.

Lokasi tersebut hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit saja setelah keluar dari gerbang tol. Jadi akses jalan ke tempat wisata ini dijamin sudah bagus, dimana Anda bisa mengunjunginya menggunakan berbagai macam jenis transportasi. Mulai dari kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat hingga bus bisa dengan mudah melewati jalan.

Apalagi rute Hawai Waterpark sangat strategis dari stasiun, terminal, dan bandara. Anda bahkan bisa memanfaatkan transportasi umum jika tidak membawa kendaraan pribadi. Akan tetapi, transportasi umum biasanya hanya melewati depan perumahan saja. Jadi Anda harus berjalan kaki untuk sampai di area wisata, atau bisa menggunakan ojek yang ada di daerah setempat.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Hawai Waterpark

Harga Tiket Hawai Waterpark

Image Credit: Twitter.com @christianyudha9

Sejak soft openingnya beberapa tahun lalu, menurut website resmi waterpark, objek wisata ini terus dibuka pada pukul 10.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB apabila tidak ada event atau kendala tertentu. Dengan harga tiket masuk sebesar Rp. 65.000 untuk weekday dan Rp. 88.000 untuk weekend dan high season.

Tiket masuk tersebut sudah meliputi penggunaan semua wahana yang ada di dalam area water park. Namun belum termasuk dengan biaya parkir, dan harga sewa fasilitas seperti loker, gazebo, dan ban pelampung. Selain itu, harga yang tertera juga berlaku untuk anak yang memiliki tinggi badan 85 cm ke atas.

Tiket masuk Hawai Waterpark bisa dibeli secara online melalui website resminya maupun on the spot. Harga yang tertera mungkin bisa berubah sewaktu waktu, tergantung dari periode kunjungan Anda. Dan tidak menutup kemungkinan bahwa harganya bisa naik, apabila segala infrastruktur yang ada semakin dibenahi oleh pihak pengelola.

Wahana Seru dan Menantang di Hawai Waterpark

Wahana di Hawai Waterpark

Image Credit: Twitter.com @debbzie_leksono

1. Hawai Water House

Hawai Water House menjadi salah satu wahana seru yang cocok untuk semua kalangan, baik orang dewasa, remaja, maupun anak anak. Pasalnya area seluas 1.500 meter persegi ini dipenuhi dengan air yang dangkal untuk bermain main. Terdapat pula enam buah seluncuran yang khusus sebagai tempat bermain anak. Selain itu, Hawai Water House dilengkapi dengan ember tumpah.

BACA JUGA:  21 Tempat Makan di Malang Paling Enak & Murah

Keenam seluncuran tersebut memiliki ketinggian yang bervariasi, mulai dari 3 cm hingga 18 cm sehingga bisa disesuaikan dengan usia si kecil. Di samping itu, area Hawai Water House juga dilengkapi dengan ember tumpah. Banyak pengunjung yang menunggu detik detik ember akan tumpah untuk merasakan sensasi diguyur air begitu banyak dalam satu waktu.

2. Akaolu Pool

Jika Hawai Water House cocok untuk semua kalangan usia, maka Akaolu Pool ditujukan untuk orang dewasa dan anak remaja. Karena kolam satu ini memiliki kedalaman sekitar 1,7 meter yang bisa digunakan untuk berenang dan bersantai oleh pengunjung. Akan tetapi Anda juga bisa mengajak anak untuk bermain di sini dengan memanfaatkan fasilitas pelampung yang ada.

3. Waikiki Beach

Waikiki Beach atau Kolam Tsunami Hawai Waterpark merupakan salah satu wahana yang paling banyak diburu pengunjung. Pasalnya tempat ini yang satunya satunya menyajikan sensasi berenang dengan ombak di Malang. Ombaknya bahkan didesain mirip seperti di Kepulauan Hawaii. Dimana level ombak tersedia dari rendah ke tinggi yang mencapai 3,5 meter.

4. Waimea Stream River

Tidak mau capek berenang tapi ingin tetap merasa berenang ? Ini sangat memungkinkan di wahana Waimea Stream River. Sebab wahana ini berupa kolam arus, yang akan membawa Anda mengapung dan berputar di kolam dengan menggunakan ban pelampung. Ada pula goa buatan di rute arusnya, yang mana pada goa tersebut disediakan efek hujan angin untuk pengunjung yang melewatinya.

5. Jet Coaster Slide

Apabila ingin wahana yang lebih menantang, ada juga Jet Coaster Slide yang patut untuk Anda coba. Wahana terbilang ekstrim, karena mempunyai beberapa belokan yang membuat Anda seperti menaiki roller coaster. Dimana panjang lintasannya sendiri sejauh 225 meter, dengan ketinggian kurang lebih 20 meter.

Wahana Hawai Waterpark

Image Credit: Google Maps (Hawai Waterpark)

6. Rainbow Fall

Jika Jet Coaster Slide terlalu ekstrim, maka Anda bisa mencoba Rainbow Fall yang sedikit lebih ringan. Tinggi seluncuran warna warni ini mencapai 15 cm, sehingga tetap mampu memacu adrenalin. Terdapat 6 slide seluncuran yang bisa Anda pilih, dimana Anda nantinya akan meluncur tanpa pelampung di atas tabung tertutup dan terbuka tersebut.

7. Hula Hula Slide

Masih berbicara wahana ekstrim di Hawai Waterpark, ada Hula Hula Slide yang tidak boleh ketinggalan untuk dicoba. Wahana satu ini mempunyai ketinggian 23 meter, yang rute seluncurnya mencapai 140 meter. Karena terbilang cukup tinggi, Anda bisa sambil melihat keindahan kawasan taman air dari ketinggian saat meluncur.

8. Ekolu Slide

Ekolu Slide memiliki ketinggian sama dengan Rainbow Fall yaitu 15 meter. Masing masing dari seluncuran pada wahana ini mempunyai lebar 0,8 meter dengan panjang 100 meter. Dimana Anda bisa menggunakan papan seluncur maupun tanpa papan saat meluncur di atasnya. Tentu sensasi mendebarkan juga akan terasa ketika menjajal wahana satu ini.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Mojokerto yang Wajib Anda Bawa Pulang

9. Wailele Slide

Masih memiliki ketinggian sekitar 15 meter, ada juga Wailele Slide yang mempunyai panjang 80 meter dengan satu kali luncuran. Karena tidak terdapat banyak belokan, maka kecepatan meluncur saat menaiki wahana Wailele Slide ini pasti begitu kencang. Sehingga mampu memacu detak jantung siapapun yang mencobanya.

10. Mavi Island

Tidak hanya Hawai Water House yang bisa dinikmati oleh si kecil. Sebab wahana Mavi Island khusus dirancang untuk memanjakan anak anak ketika berkunjung ke Hawai Waterpark. Area satu ini didesain dengan variasi warna warna cerah, dilengkapi pula patung tokoh tokoh menarik yang bisa menyemprotkan air sehingga membuat anak semakin ceria.

Penginapan Murah di Sekitar Lokasi Hawai Waterpark

Penginapan Murah Hawai Waterpark

Image Credit: Jenishotel.info

Karena berada tidak begitu jauh dari pusat kota, banyak penginapan yang bisa dipilih di sekitar lokasi Hawai Waterpark. Akomodasi ini tentu memudahkan para wisatawan yang berasal dari luar Malang. Bahkan penginapan di sekitar area ini tersedia dengan banyak varian harga, yang fasilitasnya terbilang memadai untuk memanjakan pengunjung.

Salah satu yang bisa Anda tuju yaitu HARRIS Hotel & Conventions Malang. Hotel satu ini hanya berjarak kurang lebih 0,9 km dari lokasi taman air. Letaknya masuk ke dalam perumahan di seberang objek wisata tersebut. Selain Hotel Harris, ada juga Solaris Hotel Malang yang hanya berjarak sekitar 1,1 km dari taman air Hawai.

Baik Hotel Harris maupun Hotel Solaris menyajikan fasilitas memadai untuk para tamu. Mulai dari parkir gratis yang cukup luas, WiFi gratis, dan masih banyak lagi. Kedua hotel terdekat ini bahkan hanya dibanderol kurang dari 500 ribu rupiah per malamnya, namun tergantung pula pada varian kamar yang Anda jadikan pilihan.

Fasilitas yang Tersedia di Hawai Waterpark Malang

Fasilitas Hawai Waterpark

Image Credit: Google Maps (Risma Kusumawardhani)

Selain berbagai wahana air yang amat lengkap, Hawai Waterpark juga menyediakan beragam fasilitas memadai untuk membuat pengunjung semakin betah berlama lama. Seperti fasilitas penyewaan ban pelampung hingga gazebo untuk beristirahat. Ini tentu bisa menunjang kegiatan bermain air agar lebih mengasyikkan.

Selain itu, ada juga fasilitas umum seperti toko souvenir, toilet, hingga ATM apabila Anda ingin mengambil uang tunai. Apabila merasa lapar di tengah tengah bermain, Anda bisa langsung mengunjungi food court yang menyediakan berbagai macam jenis makanan. Oleh karena itu, Anda tidak diperkenankan membawa makanan atau minuman dari luar.

Dengan segala kelengkapan yang mampu dihadirkan oleh Hawai Waterpark, tidak heran jika objek wisata satu ini menjadi salah satu destinasi favorit bagi para wisatawan ketika bertandang ke Malang. Apalagi konsep wisatanya begitu ramah keluarga, sehingga anak anak juga akan sangat senang bermain di sini.