HeHa Sky View, Destinasi Wisata Kekinian & Hits di Gunung Kidul Jogja

HeHa Sky View, Destinasi Wisata Kekinian & Hits di Gunung Kidul Jogja

HeHa Sky View salah satu objek wisata populer dan kekinian di Perbukitan Gunung Kidul , Jogja. Destinasi hits yang menawarkan spot selfie, taman, restoran dan kafe yang keren, serta berbagai fasilitas wisata lainnya.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 10.00-23.00, Alamat: Jl. Dlingo-Patuk No.2, Bukit, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Berbicara mengenai Jogja rasanya tidak akan pernah ada habisnya. Lantaran daerah yang terletak di Provinsi Jawa Tengah ini mempunyai banyak sekali pesona dengan berbagai destinasi menarik yang sudah dikenal seantero negeri. Mulai dari budayanya yang begitu kental, kuliner khasnya yang begitu lezat, hingga banyaknya objek wisata memukau.

Salah satu destinasi yang sekarang sedang booming di kota gudeg ini yaitu HeHa Sky View. Destinasi dengan konsep yang masih fresh ini mampu menarik minat warga lokal maupun wisatawan luar.

Sejarah Berdirinya Wisata HeHa Sky View Jogja

Sejarah HeHa Sky View

Image Credit: Twitter.com @nendrabertus

Destinasi kekinian ini didirikan oleh Herry Zudianto serta rekannya bernama Handoyo Mawardi. Menurut perkiraan, nama dari tempat tersebut merupakan gabungan dari kedua nama ownernya. Jadi jangan heran jika destinasi wisata di Jogja satu ini memiliki nama Heha di depan. Dimana awal berdirinya HeHa Sky View sendiri disebut karena perkembangan Gunungkidul.

HeHa Sky View memang terletak di kawasan Gunungkidul, Jogja. Dimana belakangan daerah Gunungkidul sedang begitu naik daun sebagai kawasan wisata. Wilayah ini terus memaksimalkan potensi alam yang dimilikinya, seperti hutan asri, gunung, pantai, sampai danau. Sehingga mampu mendatangkan banyak pengunjung dari sekitar maupun turis luar negeri.

Karena Gunungkidul semakin dikenal, infrastrukturnya pun terus dibenahi oleh pemerintah setempat. Peluang ini lah yang ditangkap owner HeHa Sky View. Bahkan dari segi lokasi, objek wisata tersebut bisa dibilang menjadi pintu gerbang dari Gunungkidul. Pasalnya letak dari destinasi tersebut berada begitu dekat dengan gapura selamat datang.

Apalagi area yang dijadikan lokasi berdirinya objek wisata tersebut didukung dengan adanya rute Yogyakarta Bali, di bagian jalur selatan. Rute ini memudahkan orang orang yang memiliki tujuan ke Jawa Timur. Sehingga saat melewati beberapa objek wisata yang terletak di Gunungkidul ini, maka akan besar kemungkinan untuk bertandang sejenak.

Dengan berbagai perkembangan yang terjadi di Gunungkidul tersebut, pada akhirnya mendorong owner untuk membangun sebuah objek wisata yang mengikuti tren kekinian namun tetap fresh. Bisa dibilang bahwa HeHa Sky View ini merupakan wisata selfie yang memang sedang menjadi tren di masa kini.

Daya Tarik yang Dimiliki HeHa Sky View

Daya Tarik dari HeHa Sky View

Image Credit: Twitter.com @agendasoo

HeHa Sky View memang mengusung konsep wisata kekinian yakni wisata selfie, yang saat ini sedang begitu ngetren di kalangan masyarakat. Beberapa tahun belakangan, wisata selfie memang kerap diburu setelah media sosial semakin booming dan memiliki begitu banyak pengguna. Apalagi perkembangan gadget yang semakin canggih menjadi penunjang kegiatan satu ini.

Meskipun terbilang mengikuti tren, nyatanya tempat ini tetap stand out dan mampu menarik hati banyak orang untuk berkunjung. Pasalnya destinasi ini tetap menyajikan sesuatu berbeda yang masih fresh. Dimana HeHa Sky View sejatinya merupakan restoran dan tempat wisata. Sehingga bisa dibilang bahwa isinya begitu lengkap dan kompleks untuk memanjakan wisatawan.

Tentunya restoran dan tempat wisata tersebut menghadirkan menu menu unggulan, sekaligus spot foto terbaik untuk menangkap gambar apik dan instagramable. Tidak heran jika banyak pebisnis pariwisata lainnya yang menyebut bahwa konsep dari tempat ini sangat matang dalam menentukan konsep.

BACA JUGA:  Pantai Wediombo, Wisata Bahari yang Menawan di Yogyakarta

Bahkan pihak pengelola wisata mempertimbangkan tata cahaya serta berbagai furnitur yang digunakan. Sebab sang owner merasa bahwa aspek ini memiliki nilai jual tersendiri. Usut punya usut, furnitur yang digunakan pada HeHa Sky View dibuat secara custom yang menegaskan loyalitas dari objek wisata ini.

Untuk restorannya, menerapkan konsep tropical industry. Dimana Anda bisa melihat bahwa bagian lobby-nya begitu kuat akan tema industrial. Mulai dari menggunakan frame kaca berukuran besar, meniadakan plafon, hingga penggunaan lampu gantung di beberapa titik. Namun di sisi bagian lainnya, Anda bisa menemukan konsep tropical yang begitu hidup.

Konsep tropical di restoran HeHa Sky View dihidupkan oleh mural mural instagramable, yang mampu menarik minat serta memanjakan mata pengunjung. Tentu semua konsep yang diterapkan sedemikian rupa ini tidak datang dengan sendirinya. Pasalnya pemiliki telah bekerja sama dengan para ahli seperti arsitek khusus untuk mendesain interior dan eksterior.

Restoran ini sendiri terdiri atas empat lantai, dimana masing masing lantai tersebut mempunyai kategori berbeda. Mulai dari lantai satu yang memiliki desain keluarga serta dilengkapi pendingin ruangan untuk ala carte. Lalu lantai dua melayani pengunjung yang datang rombongan, serta lantai tiga merupakan rooftop setengah terbuka dengan spot foto sky glass.

Daya Tarik HeHa Sky View

Image Credit: Twitter.com @achikaafriyati

Kemudian di lantai bawah restoran terdapat ruang rapat berukuran medium yang mampu menampung sekitar 40 orang pengunjung. Tempat ini juga menyediakan area dengan kursi bean bag super nyaman tepat di samping spot foto sky balloon. Taman yang berbentuk terasering yang digunakan sebagai tempat menyaksikan sunset juga berada di area ini.

Selain restoran dan spot foto menarik, lingkungan alam Gunungkidul yang masih asri menjadi daya tarik lain yang banyak dicari masyarakat. Pemandangan alam nan indah serta begitu asri memang tidak selalu ditemukan bagi penduduk kota kota besar, yang hidup di tengah bangunan bangunan menjulang tinggi.

Sehingga keindahan alam setempat dari HeHa Sky View juga menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka. Di samping itu, restoran satu ini juga memiliki taman rapi yang ditata sedemikian rupa sebagai tempat bersantai. Saat cuaca cerah, banyak pengunjung yang memilih nongkrong di taman sembari menunggu sunset.

Pasalnya pemandangan matahari tenggelam terlihat lebih eksotis saat disaksikan melalui taman ini. Bahkan pemandangan Gunung Merapi yang amat megah tidak akan luput dari pandangan Anda. Gunung Merapi yang ujungnya seolah menantang cakrawala tersebut, berpadu dengan warna keemasan langit di sekitarnya.

Momen tersebut banyak dijadikan sebagai latar belakang foto, bagi para pecinta fotografi. Lalu setelah matahari terbenam, nyatanya para pengunjung masih betah untuk berlama lama di area ini. Sebab di waktu malam Anda akan disuguhkan pemandangan gemerlap dari lampu kota Jogja yang bersinar terang. Tentu wisata ini merupakan perpaduan yang sangat direkomendasikan.

Apalagi dengan prinsip yang dipegang teguh oleh HeHa Sky View, yang mana pihak manajemen selalu memulai pembangunan apabila telah mengantongi izin. Bahkan saat masih dalam proses pengurusan izin, maka pembangunan tidak akan dilakukan. Ini lah mengapa semakin banyak wisatawan yang memberi respect pada wisata tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi HeHa Sky View

Alamat HeHa Sky View

Image Credit: Google Maps (Aufa Mf)

Objek wisata kekinian ini terletak di daerah perbukitan Gunungkidul, yang berjarak kurang lebih 40 menit perjalanan dari pusat kota Yogyakarta. Lebih tepatnya, lokasi HeHa Sky View berlokasi di Jalan Dlingo Patuk Nomor 2 Rt. 001 Rw. 001, Desa Patuk, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

BACA JUGA:  Pantai Glagah, Destinasi Wisata Pantai Favorit di Kulon Progo

Lokasi tersebut terbilang sangat mudah ditemukan. Apalagi HeHa Sky View berada begitu dekat dengan gapura selamat datang kawasan Gunungkidul. Akses jalannya juga sudah bagus, mengingat bahwa pemerintah setempat terus memperbaiki infrastruktur yang ada di wilayah ini. Meski begitu, karena terletak di daerah perbukitan yang notabene didominasi oleh tanjakan serta kelokan.

Maka Anda perlu berhati hati dan selalu periksa kondisi kendaraan sebelum berangkat, agar tidak terjadi masalah di tengah jalan. Untuk transportasinya sendiri Anda bisa menggunakan berbagai jenis kendaraan, baik itu kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat seperti mobil bahkan bus.

Apabila Anda datang dari arah pusat kota Jogja, maka rutenya adalah melalui Jalan Kusumanegara ke arah Wonosari. Kemudian dilanjutkan ke arah Jalan Dlingo Patuk, dan sebelum sampai di Dlingo, Anda akan bertemu dengan objek wisata Bukit Bintang Jogja yang juga cukup terkenal. Di daerah ini sudah bisa ditemukan papan penunjuk jalan menuju lokasi wisata ini.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk HeHa Sky View

Harga Tiket HeHa Sky View

Image Credit: Google Maps (Dinul Haq)

Jam operasional HeHa Sky View normalnya adalah mulai pukul 10.00 WIB hingga 23.00 WIB, dimana waktu paling banyak pengunjung yaitu sekitar sore hari saat matahari akan tenggelam. Pasalnya banyak pengunjung yang sengaja datang kemari untuk berburu sunset. Meski begitu, jam operasional ini mungkin bisa berubah sewaktu waktu sesuai kebijakan pengelola.

Sementara untuk tiket masuknya, ternyata pengelola tempat wisata memasang tarif yang berbeda untuk setiap waktu kunjungan. Jadi apabila Anda berkunjung pada pukul 10 pagi hingga setengah 4 sore, maka besar biaya tiket masuk yang perlu dibayarkan yaitu Rp. 10.000. Sementara kunjungan di pukul setengah 4 sore akan dikenai biaya Rp. 15.000.

Hal tersebut lantaran di sore hari pengunjung semakin banyak dan memenuhi area HeHa Sky View, sehingga diberikan tarif yang sedikit lebih tinggi dibandingkan waktu kunjungan di pagi hari. Selain tiket masuk, Anda juga akan dikenai retribusi untuk area parkir. Dimana pengguna motor akan dikenai Rp. 3000 dan pengguna mobil Rp. 5.000.

Di sini juga ada jasa fotografer profesional yang bisa Anda bayar sebesar Rp. 5.000 per foto, apabila ingin mengabadikan momen dalam bentuk potret yang apik. Tentunya biaya yang telah disebutkan belum termasuk harga menu makanan dan minuman di HeHa Sky View. Selain itu, harga juga bisa berubah sewaktu waktu mengingat bahwa tempat ini terus dikembangkan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di HeHa Sky View

Kegiatan di HeHa Sky View

Image Credit: Google Maps (Lutfi Anshori)

1. Romantic Dinner

HeHa Sky View merupakan restoran dengan konsep wisata. Sehingga restoran ini sangat tepat untuk dijadikan sebagai tempat melangsungkan romantic dinner bersama dengan orang terkasih. Menyantap makanan lezat ditemani dengan pemandangan indah di sekeliling, tentu akan memberi kesan apik di antara Anda dan pasangan.

Selain pemandangan sekeliling yang begitu mempesona, tempat wisata ini juga unggul dalam menu yang ditawarkan. Sebab pilihan menu makanan serta minumannya begitu beragam, mulai dari makanan dengan cita rasa Indonesia, Chinese, hingga bergaya Eropa bisa Anda temukan. Harganya juga cukup bersahabat bila melihat kualitas makanannya yang disajikan.

2. Menikmati Sunset

Menikmati pemandangan matahari terbenam adalah salah satu kegiatan yang banyak dilakukan wisatawan ketika mengunjungi tempat ini. Bahkan area taman yang dimiliki oleh restoran ini termasuk sebagai salah satu tempat terbaik untuk melihat sunset di Jogja. Taman tersebut bahkan sudah dilengkapi oleh meja dan tempat duduk busa guna memberi memberi kenyamanan lebih.

BACA JUGA:  Tebing Breksi, Destinasi Wisata Hits Bekas Tambang di Sleman Jogja

3. Hunting Foto

Seperti yang telah disebutkan, HeHa Sky View mengusung konsep wisata kekinian yang dipenuhi dengan spot foto instagramable. Di sini setidaknya Anda bisa menemukan tiga spot foto favorit para pengunjung, seperti teras kaca, balon udara, dan sky bridge. Untuk teras kaca, merupakan spot foto sesuai namanya yang full dengan kaca dan ditempatkan di ketinggian.

Saat berfoto di teras kaca pada malam hari, latar belakang kota Jogja yang dihiasi lampu temaram akan ikut tertangkap kamera sehingga memberikan kesan eksotis. Sementara balon udara berada tidak jauh dari taman, dan merupakan replika. Meski hanya replika, dengan angle tertentu dan di tangan profesional maka Anda akan terlihat seolah terbang di atas kota Jogja.

Sedangkan sky bridge berbentuk jembatan yang selain digemari sebagai spot foto, juga banyak dijadikan sebagai tempat terbaik untuk menikmati pemandangan kota Jogja dari ketinggian. Tentunya selain ketiga spot ini, masih banyak spot foto lainnya yang dapat Anda coba. Seperti wall climbing, kolam, superman, dan pesawat Heha.

Kegiatan di HeHa Sky

Image Credit: Google Maps (Liam Sshi)

4. Menikmati Street Food

Di HeHa Sky View, ternyata pengunjung tidak hanya dapat menikmati makanan di yang disajikan restorannya saja. Sebab objek wisata ini juga memiliki food stalls yang berupa kedai container dan menyediakan berbagai street food. Apalagi street food yang ditawarkan rasanya begitu lezat dan siap menggoyang lidah. Biasanya para pengunjung menikmati street food di bean bag.

5. Outbond Kecil Kecilan

Jika berkunjung ke HeHa Sky View bersama dengan putra putri, maka tidak perlu khawatir, Pasalnya banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan oleh anak anak di sini, salah satunya yaitu outbond kecil kecilan. Panjat tebing mini yang disuguhkan dapat membantu si kecil untuk mengasah kekuatan tangan mereka.

Penginapan Murah Terdekat dari HeHa Sky View

Penginapan Terdekat di HeHa Sky

Image Credit: Oyoromms.com

Apabila Anda berasal dari luar kota dan ingin menikmati HeHa Sky View lebih lama namun takut pulang terlalu malam, maka penginapan di sekitar lokasi wisata ini bisa menjadi solusinya. Yang pertama ada Bukit Indah Hotel yang hanya berjarak sekitar 550 meter saja dari lokasi wisata, dan dibanderol dengan tarif mulai dari 160 an saja per malam.

Fasilitas yang ditawarkan Bukit Indah Hotel terbilang lengkap, seperti layanan 24 jam, akses internet gratis, kamar ber AC, dan masih banyak lagi. Apabila ingin yang lebih murah, ada juga Setro Karyo Homestay yang per malamnya dibanderol kurang dari 100 ribu rupiah. Fasilitasnya pun terbilang cukup lengkap meski sederhana. Selain itu, masih banyak penginapan lain yang bisa dituju.

Fasilitas yang Tersedia di HeHa Sky View Jogja

Fasilitas di HeHa Sky View Jogja

Image Credit: Google Maps (Yukitadolan Channel)

Fasilitas yang disediakan oleh HeHa Sky View terbilang sangat lengkap dan mampu memanjakan pengunjung. Mulai dari berbagai spot foto instagramable dengan desain menarik, live music di Sky View Area, area parkir memadai, toilet bersih, hingga mushola dengan kapasitas mencapai 50 orang.

Fasilitas fasilitas tersebut sengaja dihadirkan demi kenyamanan para pengunjung. Contohnya area parkir yang diketahui berada di samping dan depan lobi, mungkin terlihat tidak mencukupi sebagai tempat memarkir kendaraan Anda. Namun ternyata tempat ini memiliki kantong parkir yang berada di seberang jalan. Area ini bahkan mampu menampung 14 bus besar.

Dengan segala keunggulan dan fasilitas yang mampu diberikan oleh HeHa Sky View kepada para pengunjungnya, tidak heran jika destinasi satu ini terus mengalami kenaikan jumlah wisatawan yang bertandang. Bahkan pihak pengelola menyebutkan bahwa HeHa Sky View akan terus berbenah ke depannya. Jadi, kapan Anda berencana mengunjungi tempat wisata satu ini ?