The Highland Park Resort salah satu tempat menginap unik rasa glamping di Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Resort yang menyediakan berbagai wahana permainan dan pemandangan eksotis Gunung Salak.

Harga Tiket: Mulai Rp 1.400.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Curug Nangka Sinarwangi, Sukajadi, Kec. Tamansari, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Tidak perlu jauh jauh pergi ke luar negeri untuk menikmati keindahan Mongolia, karena Bogor yang memiliki segudang objek wisata menarik, mampu menghadirkan pemandangan cantik ala Mongolia dengan cara berkunjung ke The Highland Park Resort. Di resort satu ini, Anda bisa merasakan sensasi berkemah kelas atas yang mewah.

Sejarah Singkat The Highland Park Resort

Sejarah The Highland
Image Credit: Facebook.com @jelajahi.indonesiaku

Hadirnya Highland Park Resort yang merupakan tempat berkemah mewah ini, mulanya bermula dari pembibitan bunga krisan dan anthurium yang dilakukan di atas lahan dengan luas 12 hektar tersebut. Karena kala itu tanaman anthurium seperti gelombang cinta sedang memiliki harga yang melambung tinggi.

Sehingga pemilik resort ini dulunya menggunakan tanah miliknya tersebut untuk tujuan pembibitan bunga, yang lalu dijual ke Jakarta. Bahkan ia juga memiliki pelanggan internasional atau dengan kata lain hasil budidayanya berhasil diekspor. Karena berada pada lokasi yang bagus dengan pemandangan indah, banyak orang yang berkunjung ke tempat pembibitan ini.

Pengunjung yang disuguhi pemandangan cantik bak lukisan, karena ada banyak bunga dan Gunung Salak sebagai latar belakangnya, membuat mereka terus menikmati pemandangan tersebut hingga sore hari. Bahkan ada yang sengaja datang menjelang sore untuk melihat cantiknya pemandangan senja di sana.

Orang orang yang berkunjung ke tempat pembibitan ini hingga sore, ternyata merasa kesulitan untuk menemukan tempat menginap. Melihat hal ini, pemilik lahan akhirnya menemukan sebuah ide. Ia kemudian membuat konsep unik tenda Mongolia dan Apache, agar para pengunjung bisa menginap di sini.

Bahkan The Mongolian Camp ini sudah dipatenkan, sehingga apabila ada camp Mongolia yang lain maka harus di bawah sepengetahuan dari The Highland Park Resort. Jadi saat ini, saat berkunjung ke resort unik ini, Anda akan menemukan tenda-tenda putih berjejer cantik dengan latar belakang Gunung Salak.

Daya Tarik yang Dimiliki The Highland Park Resort

Daya Tarik The Highland
Image Credit: Google Maps (Siti Sari)

Konsep unik The Mongolian Camp yang dihadirkan Highland Park Resort merupakan salah satu daya tarik utama dari tempat wisata satu ini. Objek wisata sekaligus hotel di Bogor ini menghadirkan konsep glamorous camping kelas atas, yang menggabungkan nuansa dari tempat tinggal ala Mongolian dan Apache.

Dimana setiap kamar yang bisa disewa oleh pengunjung untuk menginap, berbentuk tenda kerucut yang disusun dengan rapi secara berjajar. Meski terlihat seperti sebuah tenda, namun Anda tidak perlu khawatir ketika hujan datang. Pasalnya bangunan kamar atau tenda ini memiliki bahan dasar tembok yang kokoh. Bangunannya pun permanen sehingga aman ketika menginap di sana.

Untuk pilihan kamarnya sendiri, pengunjung bisa memesan berbagai jenis kamar yang tersedia. Seperti Apache camp yang memiliki daya tampung 2 orang, standart camp yang mempunyai daya tampung sekitar 2 sampai 4 orang, maupun superior camp yang mampu menampung hingga sekitar 6 orang banyaknya.

Lalu ada juga The Mongolian Camp yang meniru tempat tinggal dari suku Mongol di Mongolia, yang berjumlah sebanyak 52 camp dengan rincian 2 barak superior dan 16 camp superior, 2 barak standar dan 28 camp standar, serta 4 camp deluxe. Dimana semua pilihan kamar ini dibangun di atas luas lahan sekitar 10,8 hektar.

Daya Tarik dari The Highland
Image Credit: Google Maps (The Highland Park Resort)

Masing masing kamar sudah dilengkapi dengan fasilitas lengkap layaknya resort berbintang, seperti sofa bed, AC, TV LED, WiFi 24 jam, lemari bufet, sampai fasilitas kamar mandi yang lengkap dengan wastafel dan toilet. Inilah mengapa Anda akan merasa seperti berkemah dengan sensasi yang mewah di Highland Park Resort.

Suasana eksotik juga bisa Anda rasakan ketika berada di dalam camp dengan tirai yang telah ditata sedemikian rupa, sehingga menyerupai tenda khas dari raja Mongol. Langit langitnya juga dihiasi dengan berbagai lampion indah nan cantik. Bahkan di dalam camp, Anda bisa menghabiskan waktu untuk mengabadikan pesona dari tempat ini.

Tentunya daya tarik dari resort tidak tertuju dengan kehadiran kamar berkonsep unik saja. Namun pemandangan di sekeliling resort juga tidak kalah menarik dan mampu menjadi daya tarik tersendiri. Bagaimana tidak, berlatar belakang Gunung Salak, pengunjung bisa menikmati suasana sejuk khas pegunungan yang menyegarkan pikiran.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Resort ala Glamping

Alamat Resort ala Glamping
Image Credit: Google Maps (Grenalio Kristian Perdana Siahaan)

Tempat berkemah mewah ini berada di Jalan Ciapus, Curug Nangka, Kampung Sinarwangi, Kelurahan Sukajadi, Tamansari, Bogor. Apabila berkendara dari arah kota Jakarta, Anda bisa menggunakan Tol Jagorawi. Pilih pintu tol yang menuju Kebun Raya atau Bogor kota, lalu keluar di pintu tol. Nantinya akan terdapat dua alternatif jalan yang bisa dipilih untuk menuju lokasi.

Yang pertama yaitu melalui rute Pajajaran dan yang kedua yaitu melalui Tugu Kujang. Apabila memilih alternatif jalan Pajajaran, maka keluar tol pilih belok ke kanan dan lanjutkan perjalanan ke Jalak Harupat lalu Juanda. Kemudian belok kanan lagi ke arah Kapten muslihat sampai Veteran. Di daerah Veteran jalannya cukup menanjak. Dan terkadang macet.

Sehingga Anda disarankan untuk mengambil rute putar balik lalu belok kiri melewati Perintis Kemerdekaan menuju Semeru. Nantinya perjalanan dilanjutkan dengan belok kiri ke arah jalan Darul Quran dan belok kanan di Sindang Barang. Menemukan Jalan Laladon, ambil belok ke arah kiri sampai mentok dan belok kanan ke Ciomas Permai.

Meski rute setelah putar balik ini juga cukup menanjak, namun jalannya relatif sepi dan terhindar dari kemacetan. Sehingga akan lebih mudah bagi Anda yang belum terbiasa membawa kendaraan di jalanan menanjak dan macet. Lalu jika sudah sampai di Jalan Ciomas Permai, hanya perlu mengikuti jalan yang ada sampai bertemu pertigaan Curug Nangka.

Highland Park berada di depan pertigaan Curug Nangka tersebut, tepatnya di sebelah kanan. Jika Anda sudah reservasi kamar terlebih dahulu sebelum datang ke sini, maka nama Anda akan terdaftar di pintu masuk pos. Jadi, tidak sembarang orang bisa masuk ke dalam kawasan resort. Terlebih di depan sudah ada security yang selalu siap sedia di posnya.

Selain mengambil jalur kanan melalui rute Pajajaran, Anda juga bisa mengambil ke arah kiri dari keluar tol Bogor melalui Tugu Kujang. Jalan ini lebih tidak berbelok belok, karena setelah lampu merah bisa mengikuti jalan lurus. Kemudian Anda bisa mengitari area Kebun Raya Bogor, sampai ada BTM di sebelah kanan.

Nantinya Anda pun akan menemukan putaran, maka ikuti angkutan umum 03 berwarna biru dengan jurusan Ramayana – Ciapus. Lokasi Highland Park Resort berada di persimpangan menuju Curug Nangka seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Apabila masih ragu, maka Anda bisa menggunakan peta digital atau bertanya pada masyarakat sekitar karena tempat ini sudah begitu terkenal.

Tarif Berkemah di Resor Highland Park

Tarif Berkemah Highland Park
Image Credit: Google Maps (Indra)

Jika Anda tertarik untuk menikmati sensasi berkemah dengan nuansa mewah ala Mongolia di Highland Park Resort, maka Anda perlu mempersiapkan budget mulai dari Rp. 1.400.000 per malamnya. Dengan harga yang cukup terjangkau ini, Anda akan merasa bak raja Mongol yang ditemani berbagai kemewahan dalam camp kelas atas.

Tarif sewa per malam ini tentunya tergantung pada jenis kamar yang Anda pilih, dan sewaktu waktu juga bisa berubah. Intinya, harga yang ditawarkan benar benar sebanding dengan apa yang akan didapat. Resort sendiri memang dibuka selama 24 jam, namun Anda sebaiknya sudah reservasi ketika datang ke sini, melihat animo masyarakat yang tinggi akan daya tarik yang dimiliki resort tersebut.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di The Highland Park

Kegiatan di The Highland Park
Image Credit: Instagram.com @rinaamei

1. Kegiatan Outbound

Highland Park Resort yang memiliki hawa sejuk menjadi salah satu tempat terbaik di Bogor untuk melakukan outbound. Bahkan resort satu ini juga sudah menyediakan paket outbound untuk para tamu. Tidak heran jika tempat satu ini sering menjadi pilihan untuk acara organisasi atau perusahaan.

Macam macam jenis outbound tersedia cukup lengkap di kawasan resort, seperti flying fox untuk menikmati pemandangan alam di sekitar yang indah, shooting target yang membuat Anda bisa merasakan sensasi menembak tepat sasaran, bahkan edu camp untuk anak anak agar dapat mempelajari tanaman dan binatang lebih dekat.

2. Bermain di Kolam Renang

Highland Park Resort layaknya resort kelas atas yang menyuguhkan kolam renang untuk para tamunya. Bahkan ketika memasuki area lobi, Anda akan langsung disambut oleh wahana air yang memiliki latar belakang pemandangan Gunung Salak. Tentu pemandangan resort yang menawan seperti ini tidak bisa ditemukan di tempat lain.

3. Menikmati Kulineran

Selain memiliki kolam renang, tempat menginap unik ini juga menyediakan restoran yang terletak di lantai dua. Anda bisa menikmati berbagai hidangan lezat sembari menikmati pemandangan Gunung Salak di sini. Restoran anthurium tersebut menyajikan berbagai menu spesial dengan bumbu dan resep pilihan dari chef profesional, sehingga siap menggoyang lidah.

4. Mencoba Fun Fishing

Bisa dibilang bahwa Highland Park Resort ini tidak hanya sekadar tempat menginap, melainkan wisata paket lengkap. Karena di sini Anda bahkan bisa melakukan fun fishing, yang mana pihak resort sudah menyediakan semua perlengkapan yang Anda butuhkan. Bahkan Anda juga bisa memasak ikan hasil tangkapan jika menginginkannya.

Fasilitas yang Tersedia di The Highland Park Resort

FasilitasThe Highland
Image Credit: Google Maps (Teguh Yuwono)

Fasilitas tersedia di Highland Park Resort begitu lengkap, seperti yang bisa Anda temukan pada resort berbintang kelas atas. Bahkan mungkin lebih dari itu, karena fasilitas yang disediakan tidak hanya seputar di dalam kamar saja. Di sini, tersedia pula banyak wahana dan hiburan yang akan memanjakan para tamu.

Mulai dari tempat karaoke, mini golf, billiard, futsal, playground outdoor, sampai ruang meeting dan balai pertemuan juga bisa Anda temukan. Selain itu, ada juga club car yang siap mengantar Anda dari satu titik ke titik lain selama berada di resort. Sehingga Anda bisa menyimpan tenaga untuk menikmati semua wahana yang ada, tanpa harus lelah berjalan kaki.

Sangat menarik bukan semua yang disajikan di Highland Park Resort ini ? Apabila Anda tertarik untuk berkunjung ke sana, sebaiknya lakukan reservasi jauh jauh hari agar mendapatkan kamar yang diinginkan. Ada baiknya Anda juga mencari tahu terkait dengan wahana apa saja yang tersedia secara gratis, dan mana saja yang dikenakan biaya tambahan.