Harga Tiket: Rp 75.000, Jam Operasional: 10.00-16.00 WIB, Alamat: Jl. Rajawali Selatan Raya No.3, Gunung Sahari Utara, Kec. Sawah Besar, Kota Jakarta, DKI Jakarta; Map: Cek Lokasi

Museum tak harus bertema sejarah. Namun ada juga museum yang unik dengan mengusung tema seni. Salah satunya adalah Art:1 Museum and Art Gallery yang berada di DKI Jakarta Pusat. Salah satu Art Museum Jakarta ini wajib masuk dalam daftar kunjungan liburan anda. Selain menyenangkan, liburan anda akan lebih estetik berkunjung ke museum ini.

Sejarah Art Museum Jakarta

Sejarah Art Museum Jakarta
Image Credit: Google Maps Muhamad Firman

Museum tak hanya banyak memamerkan koleksi benda bersejarah. Namun jenis museum seni yang memamerkan karya seni juga banyak dibuka. Hal ini akan menjadi salah satu variasi jenis musuem yang bisa anda kunjungi. Mengunjungi museum tak lagi tampak sendu dengan kisah masa lalu, namun juga bisa anda nikmati dengan suasana baru yang estetik.

Art: 1 New Museum dibangun pada lahan dengan luas 4 ribu meter persegi. Museum yang telah berdiri sejak tahun 1983 ini awalnya bernama Mon Décor Gallery. Mon Décor Gallery banyak tersebar di berbagai wilayah Jakarta. Kemudian pada tahun 2011, Mon Décor Gallery berubah menjadi institusi seni dan menjadi museum seni swasta.

Museum ini didirikan pertama kali di tahun 1983 oleh Martha Gunawan. Museum ini mempunyai bangunan dengan 3 lantai yang berdesain menarik. Selain itu, museum ini memiliki ruang seni dan institusi seni di dalamya. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Art: 1 New Museum selain pameran lukisan, seperti seminar, diskusi, lokakarya hingga apresiasi seni.

Art: 1 New Museum mempunyai banyak penghargaan bergengsi. Salah satunya asalah Best Gallery of the Year yang diterima pada tahun 2010. Tak hanya itu, museum ini juga sempat memenangkan penghargaan Favorite Art Gallery in Amica Indonesia Award dan juga penghargaan Purwakalaghra Museum Award for Best Facility.

Koleksi Art Museum Jakarta

Koleksi Art Museum Jakarta
Image Credit: Google Maps Lina Hong

Koleksi yang dipajang di Art Museum Jakarta adalah hasil karya pada seniman Indonesia. Seniman bergaya modern, kontemporer hingga banyak seniman ahli banyak memajang karyanya disini. Uniknya, karya yang sebagian besar berupa lukisan ini akan dipajang pada dinding yang berwarna putih.

Bangunan museum sebagian besar berlatar warna putih di dindingnya. Koleksi lukisan yang dipamerkan di musuem ini tercatat lebih dari 2000 koleksi. Lukisan ini diperoleh dari berbagai seniman dalam beberapa dekade. Museum ini juga disebut dengan one-stop art destination yang juga memberikan jasa konsultasi bagi seniman muda.

Banyaknya koleksi lukisan seni yang dipajang disini akan membuat anda betah mengunjungi Art: 1 New Museum. Tak hanya lukiannya yang indah dan penuh makna, namun penataan letak dekorasi interiornya juga bisa menjadi daya tarik tersendiri. Anda akan bisa menikmati paket lengkap seni yang akan membuat pengalam baru liburan anda.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Art Museum Jakarta
Image Credit: Google Maps nobu naga

Lokasi Art: 1 New Museum tepatnya berada di Jalan Rajawali Selatan Raya daerah Sahari Utara Kecamatan Sawah Besar Kota Jakarta Pusat. Lokasi museum ini cukup mudah dijangkau. Warga Jakarta pasti sudah tidak asing daerah letak museum tersebut. Bila menempuh perjalanan dengan kendaraan pribadi, anda bisa menggunakan Google Maps.

Lokasi Art: 1 New Museum dari Bandar Udara Halim Perdanakusuma adalah sekitar 26,9 km. Sedangkan lokasi museun dari Stasiun Sawah Besar bisa ditempuh lebih dekat yaitu 3,2 km, tapi bila dari Stasiun Rajawali jaraknya hanya 750 meter. Bila anda dari Stasiun Kemayoran jaraknya hanya 4,4 km dan bila dari Terminal Senen jaraknya sekitar 5,7 km.

Namun bila anda memilih untuk menggunakan kendaraan umum menuju Art Museum Jakarta, anda bisa memulainya dari terminal bus kota Jakarta Pusat. Dari terminal, anda bisa memilih menggunakan ojek menuju ke arah Jalan Rajawali Selatan Raya hingga sampai ke lokasi Art: 1 New Museum.

Harga Tiket Masuk Museum

Harga Tiket Masuk Art Museum Jakarta
Image Credit: Google Maps Musi Mustain

Art: 1 New Museum Jakarta Pusat buka hampir setiap hari kecuali hari senin. Art: 1 New Museum dibuka dari hari selasa hingga minggu. Untuk jam operasionalnya adalah pada jam 10 pagi hingga 6 sore. Namun jam buka museum ini akan tergantung kebijakan dan event yang diselenggarakan pihak pengelola.

Sedangkan untuk tiket masuk ke Art: 1 New Museum adalah sekitar Rp 75 ribu hingga Rp 125 ribu. Harga tiket untuk weekday dan weekend akan berbeda. Sehingga anda bisa menyipakan dana lebih bila ingin berkunjung. Harga tiket ini juga relatif dan dapat bisa berubah sewaktu waktu sesuai kebijakan pengelola.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Menarik Art Museum Jakarta
Image Credit: Google Maps Art:1 New Museum

1. Menikmati Seni dan Berkonsultasi

Art Museum Jakarta memamerkan hasil lukisan lebih dari 2000 koleksi. Koleksi lukisan ini didapat dari berbagai seniman Indonesia. Selain menikmati berbagai jenis lukisan, museum ini juga membuka jasa konsultasi seni bagi seniman muda Indonesia. Selain itu, museum ini juga menyediakan jasa restorasi lukisan.

2. Desain Bangunan Eksterior dan Interior yang Menarik

Salah satu daya tarik Art: 1 New Museum selain koleksi lukisannya adalah bentuk bangunannya. Bangunan berestetika ini tampak indah dari luar dna juga dari dalam. Dinding museum ini sebagain besar di dominasi oleh warna putih. Selain itu, desain interior dalam gedung 3 lantai ini juga tak kalah menarik untuk dinikmati.

Objek Wisata Terdekat dari Art Museum Jakarta

Objek Wisata Terdekat dari Art Museum Jakarta
Image Credit: Instagram Dikky Andhika Ramadhani, S.T.

1. Monumen Nasional atau Monas

Bila berkunjung ke Jakarta tentu tak akan lengkap tanpa mengunjungi Monas. Tugu yang berada di dekat Art Museum Jakarta ini adalah ikon Jakarta yang terkenal. Tugu yang menjulang tinggi ini memiliki ruangan didalamnya. Ruangan ini bisa anda masuki untuk melihat tugu monas yang bersejarah dari dekat.

Akses menuju lokasi ini sangat mudah. Anda bisa memilih menggunakan kendaraan pribadi ataupun menggunakan transportasi umum. Anda bisa melihat suasana Jakarta dari atas ketinggian monas. Tugu ini terbuka untuk umum setiap harinya. Lokasi tepatnya tugu ini berada adalah di Daerah Gambir Kota Jakarta Pusat.

2. Taman Mini Indonesia Indah

Salah satu ikon Jakarta lainnya yang wajib anda kunjungi adalah Taman Mini Indonesia Indah. Lokasi wisata ini tak hanya menyenangkan untuk dikunjungi namun juga mempunyai banyak pengetahuan tentang kebudayaan Indonesia yang bisa dipelajari. Beberapa diantaranya adalah museum, wahana permainan hingga berbagai macam pertunjukan.

Lokasi wisata Taman Mini Indonesia Indah dibangung alam komplak laham yang cukup besar, Sehingga anda akan puas bermain di dalam kompleks tersebut. Anak anak akan gembira dengan berbagai wahana permainan yang bisa dicoba. Lokais wisata ini tepatnya di daerah Ceger Kecamatan Cipayung Jakarta Timur.

3. Pecenongan

Setelah puas mengunjungi ikon Jakarta yang terkenal, anda bisa bersantai sejenak dan beristirahat sambil makan. Banyak makanan lezat khas Jakarta yang bisa anda kunjungi di daerah Pecenongan. Lokasi kuliner Pecenongan ini sudah berdiri sejak tahun 1970. Daerah ini sudah sangat terkenal baik warga Jakarta maupun luar kota.

Makanan kaki lima hingga makanan restoran bintang lima ada disini. Kuliner khas Jakarta yang sudah jarang ditemukan ditempat lain bisa anda temukan disini. Bila anda ingin mengunjungi wisata kuliner dekat Art Museum Jakarta ini, anda bisa berkendara menuju ke arah Jalan Pecenongan Daerah Kebon Kelapa Kecamatan Gambir Jakarta Pusat.

4. Taman Kota

Jakarta mempunyai taman kota yang tertata rapi dan nyaman untuk dikunjungi. Beberapa taman kota yang wajib masuk list perjalanan anda adalah Taman Merdeka, Taman Ismail Marzuki, Taman Suropati, dan Taman Menteng. Beberapa taman kota tersebut berada di wilayah Jakarta Pusat.

Taman kota tersebut dibangun tak hanya dengan tata taman yang cantik dan estetik namun juga penuh makna. Seperti Taman Ismail Marzuki yang dibangun dengan tujuan untuk mengenang senima terkenal Indonesia. Anda juga tidak perlu membayar tiket masuk bila ingin memasuki taman kota ini.

5. Museum Kota

Di wilayah Jakarta Pusat terdapat beberapa museum yang bisa anda kunjungi. Museum tersebut antara lain adalah Museum Nasional, Museum Taman Prasasti, dan Museum Sumpah Pemuda. Museum Nasional disebut juga dengan nama Museum Gajah. Hal ini karena museum ini terdapat patung ganesha yang diletakkan di depan bangunan.

Museum Taman Prasasti memang jarang terdengar namun museum satu ini menyimpan banyak koleksi sejarah yang menarik. Beberapa koleksinya antara lain seperti nisan, tugu hingga batu prasasti. Lokasi museum ini berada di Jalan Tanah Abang Daerah Petojo Selatan Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat.

Museum di Jakarta Pusat selain Art Museum ada juga tujuan lainnya seperti Museum Sumpah Pemuda. Banyak peninggalan sejarah yang bisa anda nikmati disini. Sejarah ini akan berkaitan dengan peristiwa Sumpah pemuda tahun 1928 yang masih dikenang hingga saat ini. Lokasi museum ini terletak di Jalan Kramat Raya Kecamatan Senen Jakarta Pusat.

Koleksi seni yang dipanjang di museum ini cukup banyak dan beragam. Selain mengunjungi museum untuk mengenalkan sejarah pada anak, anda juga bisa mengunjungi museum untuk mengenalkan seni sejak dini kepada anak. Dengan cara mengajak buah hati liburan, belajar akan terasa lebih menyenangkan.