Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Pulau Nusa Kambangan, Tambakreja, Kec. Cilacap Selatan, Kab. Cilacap, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Berbicara tentang keindahaan, Indonesia tidak pernah kekurangan berbagai jenis wisata yang memberikan keindahan alam dengan berbagai bentuk sejarah dan juga kebudayaan. Tak terlewatkan dengan wilayah yang ada di Jawa Tengah Tepatnya Cilacap. Kota ini merupakan yang terluas di wilayah Jawa Tengah dengan pesona alamnya yang indah.

Anda akan dapat menemukan berbagai jenis destinasi wisata unik dengan tema alam, sejarah, dan juga kebudayaan. Salah satu objek wisata yang perlu dikunjungi adalah Benteng Karang Bolong yang menyimpan banyak cerita mistis. Benteng ini merupakan sisa peninggalan berupa ruang penjara dan medis pada masa penjajahan Belanda.

Sejarah Singkat Benteng Karang Bolong

Sejarah Singkat Benteng Karang Bolong
Image Credit: Google Maps Ri Ve

Benteng yang berlokasi di Kabupaten Cilacap tepatnya di Desa Tambakreja merupakan salah satu kekayaan budaya yang dimiliki kota Cilacap dan telah diresmikan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan. Hal tersebut telah diusulkan sejak tanggal 23 Oktober tahun 2014 oleh Dinas Pariwisata dan kebudayaan yang ada di Kabupaten Cilacap.

Sebelum resmi dijadikan warisan kekayaan budaya Indonesia, benteng ini perlu melewati beberapa peninjauan dan telah diselesaikan pada 14 November 2018. Benteng bersejarah ini awalnya dibangun oleh orang india Belanda yang tempatnay berdekatan dengan pulau kabangan di Jawa Tenagh yang dijadikan tempat eksekusi tahanan mati.

Ciri khas dari bangunan Benteng Karang Bolong ini adalah dilengkapi dengan menara Napoleon yang menjadikannya sebagai benteng terkuat di Hindia Belanda. Luas dari benteng di Cilacap ini mencapai 12 hektar dan lokasinya berdekatan dengan beberapa benteng lainnya yang ada di Jawa Tengah. Hal tersebut telah tercatat dalam pembagian administrasi Indonesia.

Jika anda berjalan menuju ke arah barat, maka anda akan dapat menemukan sebuah benteng bernama Benteng Klinger dengan jarak tempuhnya mencapai 1,6 kilometer. Ketika memasuki bangunan benteng bersejarah ini, anda akan menemukan gapura yang terletak di bagian depan benteng, bangunan utama, dan juga sisa reruntuhan rumah Belanda.

BACA JUGA:  4 Museum Batik di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Selain itu, anda juga akan menemukan sebuah benteng kecil yang merupakan buatan dari masa penjajahan Jepang. Bangunan benteng ini diperkirakan berdiri dan menyelesaikan pembangunan pada abad ke 19. Awalnya Benteng Karang Bolong ini difungsikan sebagai lokasi pertahanan yang berada disekitar pantai untuk menjaga keamanan wilayah pelabuhan Cilacap.

Dengan adanya benteng ini maka dapat mengurangi ancaman yang muncul dari wilayah lautan, selain benteng Klinger, anda juga akan menemukan benteng lain yang lokasinya juga berdekatan. Benteng tersebut merupakan benteng Pendem Cilacap. Ketiga benteng ini merupakan wujud dari strategi militer yang dbangun oleh Belanda untuk menguasai Jawa Tengah.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju Lokasi Benteng Karang Bolong
Image Credit: Google Maps aris tjahyanto

Untuk bisa sampai ke destinasi Benteng Karang Bolong pastinya bukan menjadi hal yang sulit bagi anda yang berasal dari kota Cilacap, Jawa Tengah. Namun bagi anda yang berasal dari luar kota atau luar negeri bisa datang mengunjungi lokasi ini dengan menggunakan kendaraan pribadi. Namun bagi anda yang takut kesasar bisa datang berkunjung dengan menggunakan transportasi umum.

Ketika berlibur menggunakan kendaraan unda bisa sangat leluasa dan bisa mengikuti panduan maps yang ada di smartphone dengan arah rute menuju pulau Nusa Kambangan. Namun ketika menggunakan kendaraan umum, anda bisa melakukan perjalanan dengan menggunakan bus atau angkutan yang pergi kearah rute pulau Nusa Kambangan.

Setelah tiba di Pulau Nusa Kambanga, anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek atau kendaraan pribadi untuk bisa sampai ke lokasi wisata bersejarah ini. Selama perjalanan, anda akan melewati hutan dengan tanaman bakau yang memanjakan mata anda disepanjang jalan menuju Benteng Karang Bolong Kota Cilacap.

Harga Tiket dan Fasilitas Benteng Bersejarah

Harga Tiket Benteng Bersejarah
Image Credit: Google Maps HDS Journey

Ketika datang mengunjungi Benteng Karang Bolong yang sarat sejarah ini, anda tidak perlu mengeluarkan biaya tiket apapun alias gratis. Meski begitu, Anda tetap bisa menggunakan fasilitas yang ada disini.

Anda juga menemukan beberapa fasilitas yang disediakan oleh pengelola, diantaranya lahan parkir, tempat untuk beristirahat berupa penginapan, kamar mandi atau toilet serta beberapa fasilitas pendukung lainnya yang berada di sekitar bangunan bersejarah.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Menarik Benteng Karang Bolong
Image Credit: Google Maps aris tjahyanto

1. Sedekah Laut Setiap Kamis Wage

Ketika anda mengunjungi benteng bersejarah ini pada hari kamis wage, maka anda akan berkesempatan untuk menyaksikan tradisi yang dilakukan oleh masyarakat sekitar berupa kegiatan Sedekah Laut. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan yang disampaikan melalui perantara para penguasa lautan.

BACA JUGA:  Candi Ngempon - Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Berdasarkan kepercayaan masyarakat, jika tradisi tersebut tidak dijalankan maka akan menimbulkan suatu musibah atau bencana yang akan melanda seperti datangnya gelombang besar disertai dengan air kencang yang dapat membahayakan masyarakat yang berada di sekitar pesisir pantai dan juga Benteng Karang Bolong peninggalan Belanda ini.

Tradisi yang rutin dilakukan oleh masyarakat ini sudah terjadi secara turun temurun dan sudah melekat bagi masyarakat khususnya yang ada di Cilacap. Rangkaian acara yang dilakukan di setiap wilayah memiliki cara tersendiri sebagai bentuk ungkapan syukur terhadap kenikmatan dari hasil laut yang didapatkan oleh para nelayan.

2. Mengunjungi Pasir Putih

Ketika datang mengunjungi objek wisata bersejarah ini, anda juga dapat menikmati keindahan laut yang dilengkapi dengan pasir putih yang begitu bersih. Anda bisa menenangkan diri sambil menikmati suasana sejuk pesisir pantai di Desa Tambakreja dan menghindari berbagai jenis kebisingan yang ada di daerah perkotaan Cilacap.

Pantai ini juga kerap menjadi wilayah untuk menjalankan tradisi sedekah laut yang dilakukan oleh masyarakat Cilacap sebagai bentuk ungkapan rasa syukur terhadap nikmat yang telah diberikan oleh tuhan. Anda bisa melihat dan mengikuti tradisi ini setiap kamis wage yang dilaksanakan di pesisir pantai sekitaran Benteng Karang Bolong.

3. menikmati Pemandangan dari Ketinggian

Ketika datang menggunjungi benteng yang berdekatan dengan pulau Nusa Kambangan ini, anda akan dapat melihat keindahan pemandangan laut yang sangat mempesona. Karena awalnya benteng ini dibentuk sebagai tempat pertahanan kolonial Belanda, sehingga lokasinya sangat strategis untuk digunakan melihat bentangan laut luas.

Benteng ini dibentuk dengan tujuan untuk mengantisipasi dan mengawasi berbagai jenis serangan yang kemungkinan diluncurkan dari lautan. Selain itu, anda juga dapat melihat wilayah yang dipenuhi dengan tanaman bakau di sekitar kawasan Benteng bersejarah ini. Birunya lautan akan terlihat sangat menakjubkan jika dipadukan dengan tanaman yang ada disekitar.

4. Menelusuri Bangunan Benteng

Aktivitas Menarik di Benteng Karang Bolong
Image Credit: Google Maps Erdy Yunan

Selain menikmati keindahan sisi luar dari benteng, anda juga dapat berkeliling di sekitar benteng dengan menikmati pemandangan dan mengabadikan momen di benteng peninggalan belanda ini. Kawasan objek wisata ni memberikan kesan yang sangat mistis dan sangat cocok dikunjungi oleh anda pecinta wisata yang mengacu adrenalin.

Kesan mistis tersebut didukung dengan suasana bangunan yang tidak begitu terawat meskipun telah diakui sebagai warisan kekayaan budaya Indonesia. namun, anda tetap bisa mengunjungi tempat ini ketika datang mengunjungi kota Cilacap. Selain benteng Karang Bolong, anda juga dapat mengunjungi 2 benteng lainnya yang lokasinya saling berdekatan.

BACA JUGA:  Museum Mandala Bhakti - Sejarah, Koleksi, Lokasi & Ragam Aktivitas

5. Melihat Berbagai Jenis Peninggalan

Ketika memasuki kawasan benteng, anda akan menemukan sebuah bangunan seluas 6000 meter persegi yang terdiri dari 4 lantai. Yang menjadi keunikan dari bangunan ini adalah dimana 2 lantai bangunan berada di atas permukaan tanah, dan 2 bangunan lainnya berada di bawah tanah. Anda juga dapat menemukan berbagai jenis peninggalan di dalamnya.

Di dalam Benteng Karang Bolong, anda bisa menemukan meriam yang mungkin dulunya digunakan sebagai alat perang kolonial Belanda untuk menjaga keamanan sistem laut di sekitar wilayah Cilacap. Selain itu, anda juga dapat menemukan beberapa ruang bersejarah yang digunakan sebagai lokasi penyimpanan persediaan pangan dan ruang penyimpanan senjata.

Selain itu, anda juga dapat menemukan sebuah ruangan yang digunakan oleh para prajurit untuk beristirahat dan juga ruangan yang digunakan untuk melakukan eksekusi atau penyiksaan. Karena itulah banyak masyarakat yang mengatakan bahwa lokasi ini merupakan lokasi yang sangat angker dan menyimpan banyak kejadian yang aneh.

6. Mengunjungi Benteng Pendem Cilacap

Benteng Pendem lokasinya berada di sekitaran pantai Teluk Penyu yang lokasinya tidak berjauhan dengan Benteng Karang. Ketika datang mengunjungi benteng ini, anda akan dapat melihat berbagai jenis peninggalan seperti ruangan yang digunakan untuk rapat oleh para Kolonial belanda, gudang senjata, dan benteng yang berfungsi sebagai tempat pengintai.

Selain itu, anda juga akan dapat menemukan sebuah ruangan yang digunakan untuk ruangan dapur, penyimpanan peluru, Ruang penjara dan juga gudang mesi yang merupakan alat untuk meluncurkan serangan dengan menggunakan meriam. Berbeda dengan Benteng Karang, benteng ini merupakan tarif sebesar Rp 5000 untuk wisatawan.

Benteng ini dulunya juga bagian dari markas pertahanan para penjajah dari Belanda untuk mengawasi berbagai jenis serangan yang diluncurkan dari lautan. Bangunan benteng ini dibangun diatas tanah dengan luas sekitar 6,5 hektar dengan proses pembangunan mencapai 18 tahun atau tepatnya dari tahun 1861 sampai dengan tahun 1879.

Anda dapat menemukan berbagai jenis peninggalan masa penjajahan Belanda berupa alat tempur dan juga bangunana tua. Anda perlu datang mengunjungi Benteng Karang Bolong ketika berkunjung ke Kota Cilacap untuk bisa menyaksikan secara langsung bagaimana bentuk bangunan dan juga peninggalan yang ada di kawasan pulau Nusa Kambangan ini.