Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Jayagiri, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Benteng Pasir Ipis adalah salah satu daya tarik yang ada di daerah Lembang. Anda akan dapat menemukan banyak sekali destinasi wisata yang ada di kota Lembang. Namun, salah satu destinasi wisata yang tidak boleh terlewatkan adalah mengunjungi Benteng bersejarah ini. Lokasi wisata ini berdekatan dengan objek wisata lainnya yang bernama Jayagiri.

Dengan begitu anda bisa mengunjungi 2 tempat yang berbeda dengan rentang jarak yang tidak berjauhan. Dengan mengunjungi benteng ini, anda akan bisa mengetahui tentang peninggalan sejarah, berjalan-jalan serta bersantai sambil berjelajah wisata alam. Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini kapanpun termasuk hari libur dan akhir pekan.

Sejarah Benteng Pasir Ipis

Sejarah Benteng Pasir Ipis
Image Credit: Twitter Kiw

Jejak zaman penjajahan Belanda dapat ditemukan di Nusantara di berbagai daerah termasuk peninggalan bangunan-bangunan tua bekas tempat tinggal dan kantor pemerintah kolonial Belanda. Peninggalan kolonial Belanda berbentuk benteng yang membentang hampir satu kilometer. Benteng ini dibangun antara tahun 1891 dan 1930.

Benteng Pasir Ipis adalah tembok besar yang terbentang dan bentuknya tidak seperti yang Anda bayangkan. Benteng pasir ini sebagian tertutup tanah, kayu dan lumut. Keberadaan tempat ini diketahui dari mulut ke mulut, namun entah kenapa bangunan kolonial ini tidak masuk dalam cagar budaya dan dibiarkan begitu saja tanpa ada perawatan dari pemerintah.

Pihak yang berwenang harus menyelidiki lebih lanjut tentang keberadaan benteng ini dan menemukan misteri di sekitarnya. Seperti bangunan kolonial Belanda lainnya, arsitektur benteng ini sangat unik dan eksotis. Sangat sulit dan juga menantang bagi para pecinta foto untuk mengabadikan pemandangan visual benteng dengan lensa kamera.

Di lokasi ini, wisatawan bisa berfoto selfie dengan latar belakang bangunan Benteng Pasir Ipis. Kesan misterius kawasan benteng pasir masih begitu terasa. Hal tersebut didukung dengan suasana alam yang ada disekitarnya yang begitu rimbun sehingga terkesan sangat menyeramkan. Namun anda tetap bisa mengunjungi destinasi wisata ini dengan aman.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju Lokasi Benteng Pasir Ipis
Image Credit: Twitter Kiw

Alamat Benteng Pasir Ipis sendiri berada di Desa Wisata Pasir Ipis Desa Jayagiri tepatnya di Kabupaten Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat. Untuk mencapai objek wisata ini, Anda harus menuju ke Terminal Lembang. Jika Anda datang dari kota Bandung, Anda perlu berkendara menuju Lembang. Pergi saja ke Jayagiri, dan Anda akan melewati pusat oleh-oleh terkenal.

Pusat oleh-oleh tersebut bernama Tahu Susu Lembang. Selain itu anda juga akan menemukan pasar dan terminal. Ada Alfamart dan Indomaret di pasar ini dan Anda bisa belok kiri di sebelah Indomaret. Di pertigaan banyak tukang ojek yang akan mengantar anda menuju ke tempat destinasi wisata yang ada di Desa Wisata Pasir Ipis.

Rute selanjutnya ada di sebelah kiri dan harus lurus terus sampai melewati hutan pinus yang lebat. Jika menemukan stan yang melewati banyak hutan pinus, Anda bisa mampir. Jika Anda membawa mobil sendiri maka dapat memarkirnya di toko. Lokasi benteng hanya berjarak 1 km dari warung makan. Jalannya sedikit menyeramkan jadi berhati-hatilah.

Harga Tiket Masuk Wisata

Harga Tiket Masuk Benteng Pasir Ipis
Image Credit: Twitter Kiw

Benteng bersejarah ini sebenarnya merupakan objek wisata yang tidak dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Benteng ini dibangun oleh Belanda sebagai tempat pertahanan terhadap musuh dan tempat untuk memata-matai musuh. Bagi penyuka wisata sejarah, Wahana wisata Benteng Pasir Ipis sepertinya menjadi tempat yang tepat untuk dijelajahi.

Tidak ada biaya masuk untuk menjelajahi objek wisata ini. Jadi anda bisa mengunjunginya tanpa mengeluarkan biaya apapun termasuk dengan biaya parkir. Selain itu, tidak ada aturan jam kerja sehingga Anda bebas memasuki objek wisata ini kapan saja. Benteng ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin menyukai tempat bersejarah.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Menarik Benteng Pasir Ipis
Image Credit: Instagram Aldi Rinaldi

1. Mengamati Sejarah Bangunan

Aktivitas pertama yang dapat dilakukan yaitu dengan mengamati sejarah bangunan. Anda bisa mengamati sisa-sisa dari puing bangunan yang masih bisa dilihat dan dirasakan sekitar benteng. Dengan begitu, anda akan bisa tahu bagaimana bentuk dari benteng Belanda yang dijadikan sebagai tempat persembunyian dan melakukan aktivitas mata-mata.

2. Hunting Foto di Benteng Pasir Ipis

Dengan panorama alam yang dikelilingi dengan hutan pinus ini, anda bisa melakukan aktivitas fotografi. Dengan begitu, anda akan memiliki momen menarik dengan berada di area benteng. Anda juga bisa membagikan hasil foto pada media sosial. Banyak spot foto yang instagramable yang bisa ditemukan dan pastinya memberikan kesan ketenangan.

3. Mengunjungi Desa Wisata Pasir Ipis

Jika sudah pernah ke berkunjung ke benteng bersejarah tapi belum pernah ke Desa Wisata Pasir Ipis rasanya belum lengkap. Tempat wisata Pasir Ipis merupakan tempat yang digunakan untuk berkemah. Objek wisata alam di Bandung ini dikunjungi oleh orang dengan berbagai alasan antara lain fotografi, kegiatan outbond, dan camping.

Tempat wisata Pasir memiliki banyak fasilitas untuk menampung wisatawan yaitu berupa pendopo, ruang makan dan toilet. Tentunya setiap orang terutama anak-anak memiliki wahana yang menyenangkan. Anda akan menemukan banyak hal unik dan pengalaman menarik ketika mengunjungi lokasi wisata yang ada di Bandung satu ini.

Selain Benteng Pasir Ipis, anda akan menemukan kebun strawberry seluas 7,5 hektar. Sejauh mata memandang, pengunjung bisa menikmati kebun strawberry yang luas. Sejujurnya, sulit untuk bangun begitu cepat di waktu yang begitu dingin. Namun saat Anda datang pagi-pagi, Anda bisa melihat para pekerja mulai melakukan panen dengan memetik stroberi.

Tentunya jika melihat koleksi buah strawberry merah akan terasa kesegaran pagi hari di Desa Wisata Pasir Ipis Lembang. Pengunjung juga bisa membeli buah-buahan segar dari pertanian organik dan juga bisa membeli buah segar atau mengolahnya menjadi jus. Selain itu anda juga bisa mengunjungi kebun mawar yang ada di Desa Wisata Pasir Ipis ini.

Anda dapat menikmati aroma mawar berwarna-warni. Sebuah pemandangan yang sangat langka yang bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Selain bunga mawar merah putih, keindahan bunga mawar kuning, ungu dan pink juga bisa kamu nikmati di Pasir Ipis Rose Garden. Pengunjung dapat melihat aktivitas petani bunga yang memilih dan memetik bunga terbaik untuk dijual.

Aktivitas Menarik di Benteng Pasir Ipis
Image Credit: Google Maps Riyanto Nolatu

4. Menikmati Keindahan Alam

Ketika mengunjungi lokasi ini, anda perlu berjalan sekitar 45 menit dari pemukiman warga. Jadi sangat perlu bagi anda menyiapkan tenaga yang cukup untuk bisa mengunjungi destinasi wisata bersejarah yang ada di lembang ini. Selama perjalanan, anda akan dikelilingi dengan hutan pinus dan pohon rindang lainnya yang memberi kesan ketenangan.

Melakukan perjalanan hampir satu jam tidak akan membuat anda lelah karena ditemani dengan panorama keindahan alamnya. Dengan berwisata ke Benteng Pasir Ipis yang gratis ini anda akan melihat keindahan alam dari atas ketinggian. Selain itu anda juga akan melihat hutan rimbun yang hijau. Waktu yang tepat untuk mengunjunginya adalah di pagi hari.

5. Mengunjungi Wana Wisata

Ketika anda memasuki kawasan desa Pasir Ipis ini, anda akan menemukan sebuah kawasan wana Wisata. Kawasan ini awalnya merupakan tempat yang digunakan untuk camping seperti hanya yang ada di Ranca Upas Kabupaten Bandung. Namun, pengunjungnya tidak begitu ramai sehingga oleh para pemuda karang taruna, lokasi ini diubah menjadi destinasi dengan konsep yang baru.

6. Camping

Karena lokasi Desa Pasir Ipis ini dikelilingi dengan hutan pinus yang sangat rimbun, maka akan sangat mengasyikkan jika digunakan untuk tempat berkemah bersama teman. Anda juga akan dapat menikmati keindahan alam meskipun tak seperti ketika berada diatas pegunungan. Tentu saja hal ini akan sangat cocok sekali bagi anda yang pecinta alam.

Dengan rindangnya hutan pinus, pastinya anda dapat menikmati suasana yang sangat sejuk dan juga teduh tanpa khawatir kepanasan. Mata anda akan dibuat tertuju dengan pepohonan yang menjulang tinggi dan hamparan pesona yang sangat hijau. Hal ini pastinya akan membuat anda merasakan ketenangan dan terhindar dari bisingnya perkotaan.

Fasilitas yang Tersedia di Benteng Pasir Ipis

Fasilitas Benteng Pasir Ipis
Image Credit: Google Maps Suhendar Ade

Nuansa dari benteng bersejarah ini dikelilingi oleh ribuan pohon pinus dan jenis pohon peneduh lainnya. Tak perlu dikatakan bahwa banyak spesies tanaman tumbuh di Benteng Pasir Ipis. Pada wisata bersejarah ini, pengunjung akan merasakan ketenangan dan ketentraman saat tiba di lokasi. Jangan berharap terlalu banyak dari fasilitas karena destinasi wisata ini tidak dikontrol oleh pemerintah setempat.

Dapat dikatakan tidak banyak fasilitas pendukung seperti kamar mandi dan mushola di benteng ini. Jika Anda ingin makan atau minum sesuatu, Anda harus kembali ke titik awal trekking sebelum memasuki destinasi wisata ini. Fasilitas benteng ini kurang memadai, namun jika anda tertarik dengan sejarah, silahkan kunjungi objek wisata ini.

Bangunan bersejarah Benteng Pasir Ipis bisa anda kunjungi kapanpun tanpa perlu mengeluarkan biaya. Selain itu, anda juga bisa menikmati berbagai wisata yang ada disekitarnya atau tepatnya di Desa Pasir Ipis. Terdapat berbagai jenis aktivitas yang bisa dilakukan seperti berfoto, menikmati keindahan alam, mengunjungi kebun stroberi dan kebun mawar.