Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 07.00-18.00 WIB, Alamat: Blambangan, Jogotirto, Kec. Berbah, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Yogyakarta tidak hanya dikenal sebagai kota pelajar saja, tapi di kota ini juga ada banyak sekali objek wisata yang menarik sehingga sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah Candi Abang yang cukup dikenal di kota ini. Keunikan yang dimiliki oleh candi ini membuat banyak orang tertarik untuk mengunjunginya.

Sebenarnya Yogyakarta memiliki candi peninggalan agama Buddha dan Hindu yang banyak jumlahnya. Ukurannya pun beragam mulai dari kecil hingga besar di dunia. Jadi bila Anda memiliki banyak waktu libur, tidak ada salahnya datang ke kota yang penuh dengan kawasan wisata ini. Ada banyak objek menarik yang membuat liburan Anda terasa menyenangkan.

Salah satu destinasi wisata favorit Sleman adalah Candi Abang. Candi yang unik ini kerap didatangi orang-orang saat di akhir pekan. Lokasinya berada di ketinggian karena itu terlihat lebih menarik. Menurut kepercayaan agama Hindu, lokasi yang tinggi adalah tempat yang suci. Karena tempat yang tinggi adalah tempat para dewa bersemayam.

Daya Tarik Wisata Candi Abang

Daya Tarik Candi Abang
Image Credit: Google Maps azam jauhari

1. Diberi Nama Abang

Tidak hanya unik karena lokasinya yang berada di daerah perbukitan, tapi candi yang hits ini juga memiliki keunikan yang lain salah satunya nama “abang”. Nama ini berasal dari bahasa Jawa yang artinya “merah”. Ada banyak orang yang beranggapan jika candi ini memiliki warna merah tapi sebenarnya hal tersebut tidaklah benar.

Candi yang banyak dikunjungi orang-orang ini sudah menjadi reruntuhan dan tidak bisa dipugar sama seperti candi lain yang ada di Indonesia. karena itu reruntuhan tersebut kini menjadi gundukan. Gundukan tersebut menumpuk dan akhirnya bentuknya terlihat seperti bukit yang kecil dan juga unik.

BACA JUGA:  Candi Kalasan - Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

2. Pemandangan yang Masih Sangat Alami

Selain itu, daya tarik kedua yang akan Anda temukan saat berada di Candi Abang adalah pemandangannya yang masih sangat alami. Jadi pengunjung yang datang bisa menuju puncak terlebih dahulu dan menikmati keindahan yang ada di sekeliling candi.

Karena di sekitar candi ada banyak sekali persawahan yang mendominasi. Bila Anda beruntung, maka Anda bisa saksikan indahnya Gunung Merapi dari atas candi ini. Tentu pemandangan yang akan didapatkan begitu menakjubkan. Tak heran jika orang-orang datang kesini hanya untuk merelaksasikan diri dari hiruk pikuk perkotaan.

3. Batu Berwarna Merah

Daya Tarik Wisata Candi Abang
Image Credit: Google Maps Anwar Rofiq

Sama seperti namanya, Candi Abang memiliki batu berwarna merah. Ini yang membuatnya terlihat unik sebab candi yang populer ini adalah satu-satunya candi yang menggunakan batu bata pada saat pembangunannya. Biasanya batu bata digunakan untuk membangun bagian luarnya saja.

Jadi jika Anda ingin melihat langsung keunikan yang terjadi, tidak ada salahnya sempatkan diri dengan mengunjungi objek wisata ini. Anda tidak hanya akan mendapatkan tempat wisata yang seru saja tapi ada banyak pengetahuan baru yang bisa didapatkan dari tempat ini.

4. Mitos yang Beredar

Selain itu, banyak mitos yang beredar dan dipercayai oleh warga setempat. Jadi mitos tersebut mengatakan jika candi ini memiliki penunggu yang sangat setia sehingga tidak selalu aman dan tidak pernah terkenal bencana atau ancaman.

Nama dari sang penunggunya sendiri adalah Kyai Jagal dengan ukuran tubuh besar serta memiliki rambut yang panjang. Beberapa saksi mengatakan jika ada sebongkah emas di reruntuhan candi yang ukurannya seperti anak kerbau. Tapi hingga saat ini belum ada yang berani untuk membuktikan kebenarannya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Candi Abang
Image Credit: Google Maps Yusantia Aprian 

Lokasi wisata Candi Abang berada di Timur Kota Jogja dan letaknya di area perbukitan. Karena itu pemandangan alam yang indah akan menemani liburan anda saat berada disini. Berbeda dengan kawasan candi lain yang berada di dataran rendah, candi ini justru berada di atas bukit yang menjulang.

Alamat lokasi wisata yang sedang hangat diperbincangkan orang-orang ini adalah di Desa Sentonorejo, Yogyakarta. Rute menuju lokasi bisa diambil dari pusat Kota Jogja. Akses menuju lokasi sangat mudah sebab jalannya sendiri memang sudah bagus. Tapi pada saat menuju ke bukit, anda akan menemukan jalanan yang menanjak dan tidak begitu luas ukurannya.

Rute menuju lokasi candi ini ini bila ditempuh dari pusat Jogja bisa langsung ke Wonosari hingga bertemu pertigaan baru belok ke kiri. Kemudian, Anda akan menemukan jalan Prambanan-Piyungan serta menemukan papan bertuliskan Candi Abang di persimpangan berbah. Ambil ke kiri kemudian ikuti jalannya sampai menemukan bukit kecil.

BACA JUGA:  Candi Barong - Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Harga Tiket Masuk Candi Abang

Harga Tiket Masuk Candi Abang
Image Credit: Google Maps Ifandri Dwi Aryono

Bila Anda sudah mengetahui rute menuju Candi Abang, maka ini saatnya ketahui harga tiket masuk untuk menikmati sajian wisata yang ada di Kota Jogja ini. jadi para pengunjung yang datang hanya perlu membayar biaya sebesar 5 ribu rupiah saja per orang.

Selain itu, ada biaya tambahan untuk retribusi parkir pada saat berkunjung dengan menggunakan kendaraan pribadi. Biaya parkir untuk motor sebesar Rp 3000 dan mobil sebesar Rp 5000.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Candi Abang

Aktivitas Candi Abang
Image Credit: Google Maps Jeremiah Kurniawan

1. Belajar Sejarah

Beragam aktivitas seru dan edukatif bisa didapatkan pengunjung wisata. Mulai dari belajar sejarah tentang berdirinya Candi Abang. Jadi meski sudah ada papan informasi yang bisa digunakan oleh pengunjung wisata, tapi jangan cepat puas. Mungkin saja jika informasi yang didapatkan kurang begitu lengkap.

Terlebih lagi bentuknya yang unik dan bahan pembuatannya yang tidak lazim untuk candi di Yogyakarta. Bila memungkinkan, Anda bisa temui salah satu warga yang tinggalnya tidak jauh dari lokasi wisata. Tanyakan siapa penemu candi ini, asal usul dan hal-hal menarik lainnya.

2. Menikmati Pemandangan

Kegiatan seru yang kedua adalah menikmati pemandangan. Ini adalah salah satu aktivitas yang kerap dilakukan oleh pengunjung wisata saat berada di objek wisata yang tengah naik daun ini. pemandangan yang ditawarkan sangatlah indah. Tentu hal ini sayang untuk dilewatkan.

Melihat pemandangan dari atas perbukitan dengan pemandangan persawahan berwarna hijau pasti akan membuat pengunjung tidak ingin pulang. Apalagi ditambah dengan suasana yang sejuk akan menambah keseruan saat berada di objek wisata ini. Semua keindahan benar-benar memanjakan mata dan membuat segala penat hilang seketika.

3. Berfoto di Candi Abang

Aktivitas Menarik Candi Abang
Image Credit: Google Maps dede varamotto

Kegiatan lainnya yang tidak boleh dilupakan saat berada di Candi Abang adalah befoto. Bila Anda sudah berada di puncak perbukitan, maka abadikan moment Anda bersama keluarga atau teman yang ikut berlibur nanti. Candi ini memang terlihat seperti bukit biasa. Meskipun begitu, Anda tetap akan menemukan keunikan di dalamnya.

BACA JUGA:  10 Candi di Malang yang Paling Cantik & Wajib Dikunjungi

Abadikan moment tersebut dalam jepretan kamera. Tidak Cuma itu saja, ada banyak lagi spot-spot terbaik di tempat wisata ini yang instagramable. Bila sudah ada hasilnya nanti, jangan lupa untuk upload ke sosial media Anda karena pasti akan banyak komentar datang dari teman-teman Anda.

4. Mengunjungi Destinasi Wisata Lain

Ternyata tidak jauh dari candi hits ini, pengunjung juga bisa menemukan tempat-tempat bersejarah lain seperti Goa Sentono dan Goa Jogotirto. Jadi sempatkan waktu Anda supaya bisa semakin mengenal sejarah-sejarah yang ada di kawasan Yogyakarta.

Goa Jepang Jogotirto konon kabarnya dibangun pada masa pemerintahan Jepang sedangkan Goa Sentono pada saat pendudukan Mataram Kuno. Goa Sentono punya tiga ceruk dimana lubang pertama serta kedua terdapat lingga di dalamnya sedangkan di lubang ketiga digunakan untuk lubang pembakaran.

Fasilitas di Sekitar Candi Abang

Fasilitas Candi Abang
Image Credit: Google Maps Ramdhany Putri

Jika Anda ingin menghabiskan waktu di akhir pekan dengan pergi ke tempat wisata di Jogja ini, maka beberapa fasilitas akan didapatkan di dalamnya. mulai dari parkir wisata yang cukup luas. Jadi bila Anda membawa kendaraan roda dua maupun roda empat sudah tidak perlu pusing lagi dengan tempat untuk parkir.

Kemudian, terdapat papan informasi yang akan membantu perjalanan wisata Anda nanti. jadi bila Anda baru pertama kali pergi ke Candi Abang, tentu papan yang berisikan informasi tentang candi sangatlah berguna. Karena itu, sudah disediakan fasilitasnya di sekitar lokasi wisata jadi bisa langsung digunakan saja.

Fasilitas yang tak kalah pentingnya adalah toilet. Anda tidak perlu khawatir jika nanti ingin buang air besar atau kecil karena sudah tersedia toilet yang bisa digunakan. Jangan lupa untuk selalu jaga kebersihan setiap kali menggunakannya.

Candi Abang adalah salah satu destinasi wisata di Yogyakarta yang baru-baru belakangan ini hits. Karena ada banyak keunikan di dalamnya yang membuat orang-orang penasaran untuk melihatnya secara langsung. Apalagi dengan mitosnya yang banyak beredar membuat destinasi wisata ini kian populer.