Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Candi Tikus No.9, Pelem, Temon, Kec. Trowulan, Kab. Mojokerto, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki tempat wisata menarik berupa candi dan patut untuk dikunjungi yaitu Kota Mojokerto. Candi yang dimaksud di sini adalah Candi Bajang Ratu. Bangunan dari candi yang sudah berusia sangat tua ini merupakan salah satu peninggalan dari Kerajaan Majapahit kuno.

Bangunan tersebut bisa Anda nikmati dan tentunya liburan akan terasa sangat seru jika Anda beserta dengan keluarga mengeksplorasi area wisata tersebut. Pengunjung nantinya tidak perlu merasa bingung saat ingin mencari lokasi bangunan bersejarah ini, karena tempat ini memang sangat mudah untuk ditemukan.

Bagi yang sangat suka dengan wisata budaya dan sejarah, maka tak perlu ragu untuk segera meluncur ke Kota Mojokerto. Pengalaman berlibur yang seru, unik dan berbeda akan ditemukan di tempat yang satu ini. Candi Bajang Ratu menawarkan beragam keindahan, keseruan yang benar-benar dibutuhkan oleh wisatawan saat hari libur tiba.

Daya Tarik Candi Bajang Ratu

Daya Tarik Candi Bajang Ratu
Image Credit: Google Maps Achmad

1. Arsitektur Bangunan yang Begitu Cantik

Arsitektur bangunan dari Candi Bajang Ratu berdiri di tengah-tengah sebuah area taman. Tinggi dari candi tersebut kurang lebih yaitu 16 meter dan hampir semua bagian dibuat dari bahan berupa bata merah. Untuk bagian dalamnya sendiri terbuat dari sebuah lorong yang membentang dari arah barat ke arah timur.

Untuk dapat menuju ke area lorong tersebut nantinya Anda akan melihat adanya rangkaian anak tangga dari sebuah batu. Gapura tersebut adalah jenis gapura yang memiliki atap. Atap dari gapura memiliki bentuk gunung yang bersusun-susun. Pengunjung nantinya akan menemukan sebuah struktur sayap di bagian sisi kiri dan juga kanannya.

Tak hanya itu saja, tiap bagian gapura telah berhias relief yang berbeda-beda antara satu sama lain. Relief Sri Tanjung menghias bagian dinding kaki yang berada di dekat tangga dan mengapit tangga tersebut. Sedangkan untuk bagian kiri dan kanan pintu, pengunjung nantinya juga bisa menemukan adanya relief potongan cerita dari Ramayana.

BACA JUGA:  Candi Jawar Ombo - Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Tidak hanya itu saja, hiasan relief lain seperti naga dan juga matahari bisa dilihat dari atas sebuah pintu. Relief tersebut sangat dipercaya sebagai salah satu penolak marabahaya yang bisa saja datang kapan pun tanpa disadari.

2. Peninggalan Kerajaan Majapahit

Penting untuk diketahui Candi Bajang Ratu ini merupakan salah satu situs peninggalan dari Kerajaan Majapahit yang begitu terkenal di masa lalu. Dan candi tersebut hanyalah potongan kecil dari banyaknya peninggalan-peninggalan kerajaan di Trowulan. Wajar saja jika Trowulan ini memegang peranan penting sebagai salah satu pusat pemerintahan.

Situs yang sangat bersejarah lain tersebar di area sekitar lokasi candi. Banyak sekali situs-situs yang merupakan bangunan candi seperti contohnya Candi Brahu, Candi Tikus dan Candi Wringin Lawang. Candi-candi yang ada di sana memang saling berdekatan dan dapat dikunjungi hanya dalam waktu yang cukup singkat.

3. Tempat Wisata yang Sangat Sejuk

Jika dilihat dari segi ukuran, Candi Bajang Ratu memang tak semegah jika dibandingkan dengan Candi Prambanan ataupun Candi Borobudur. Tapi untuk segi penataan, kompleks candi ini dibuat dengan begitu elok serta cantik. Bangunan tersebut berkeliling taman yang begitu terawat dan juga Asri.

Sejumlah tanaman hias dan kolam kecil terdapat di bagian-bagian sekitarnya. Hamparan rumput yang tidak panjang dan pendek menghiasi area di sekitar. Untuk beberapa bagian sudut, tanaman semak juga ikut menghiasi tempat wisata tersebut. Tanaman indah yang ada di sana terhampar dan menciptakan suasana yang sangatlah elok.

Karena itulah, tempat wisata sejarah ini sangat tepat untuk dijadikan area taman rekreasi, terlebih ketika liburan tiba. Pengunjung yang datang ke tempat ini rata-rata akan melakukan aktivitas berkeliling ke area wisata.

Selain itu, pengunjung akan menemukan sebuah papan yang memuat informasi sejarah terkait mengenai candi tersebut. Petugas situs pun telah siap menjadi pemandu yang nantinya mereka akan menjelaskan mengenai hal terkait dari Candi Bajang Ratu. Tidak heran jika candi tersebut populer sebagai salah satu tempat untuk dilakukan studi wisata.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju Lokasi Candi Bajang
Image Credit: Google Maps Tantri Dani

Menghabiskan hari libur ketika akhir pekan di Candi Bajang Ratu merupakan ide yang benar-benar tepat untuk dilakukan. Akses jalan untuk menuju ke tempat ini bisa Anda lalui dengan sangat mudah. Lokasi parkir yang sangat luas menjadi salah satu hal yang mendukung wisatawan saat membawa kendaraan berupa bus, mobil ataupun motor.

BACA JUGA:  Gedung Siola - Sejarah, Koleksi, Lokasi & Ragam Aktivitas

Lokasi dari candi ini berada di Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur. Jika berangkat dari pusat Mojokerto, setidaknya traveller akan membutuhkan waktu kurang selama 30 menit. Untuk jaraknya sendiri sejauh 16 km dari Kota Mojokerto.

Tidak perlu khawatir mengenai masalah rute untuk menuju kawasan candi, karena di pinggiran jalan sudah tersedia papan penunjuk yang akan memudahkan pengunjung menemukan lokasinya. Atau di sini Anda dapat mengandalkan navigasi dari Google Maps yang sudah terpasang di perangkat smartphone.

Harga Tiket Masuk Candi Bajang Ratu

Harga Tiket Masuk Candi Bajang Ratu
Image Credit: Google Maps Achmad

Ketika Anda berserta dengan teman ataupun keluarga merencanakan libur akhir pekan, maka tak perlu ragu untuk segera datang ke Kabupaten Mojokerto. Candi Bajang Ratu yang ada di sana akan mampu membuat liburan jadi terasa begitu seru, menarik dan berbeda. Candi tersebut termasuk salah satu alternatif wisata murah di provinsi Jawa Timur.

Bagaimana tidak, nantinya pengunjung hanya perlu membayar uang tiket masuk sebesar Rp 3.000 saja untuk tiap orang. Mengenai jam kunjung, wisatawan bisa datang ketika pukul 08.00 dan tempat tersebut akan ditutup pada pukul 17.00.

Candi yang berada Kota Mojokerto ini tidak memberlakukan hari libur, sehingga wisatawan dapat mengunjungi candi tersebut kapanpun mereka mau. Jika ingin suasana yang sedikit ramai, maka pengunjung bisa memilih hari ketika hari libur.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Menarik Candi Bajang
Image Credit: Google Maps Kukuh Ari Pambudi

1. Mempelajari Wisata Sejarah

Ragam aktivitas seru dan menarik pastinya bisa dilakukan selama berada di Candi Bajang Ratu Kota Mojokerto. Untuk Anda yang sangat gemar dengan wisata sejarah, maka kawasan candi merupakan salah satu tempat wisata yang patut untuk dijadikan referensi ketika hari libur tiba.

Di sanalah nantinya pengunjung bisa mempelajari mengenai peninggalan dari Kerajaan Majapahit yang sudah tersohor sejak dulu kala. Area wisata tersebut mampu menyuguhkan pengalaman berlibur yang berbeda jika dibandingkan dengan tempat wisata lain. Keindahan situs peninggalan kerajaan yang hingga saat ini berdiri kokoh dapat dinikmati.

Ajak serta putra-putri Anda untuk bisa mengenal lebih dekat lagi dengan peninggalan-peninggalan zaman dahulu yang tentunya memiliki nilai luhur dan budaya kental asli Indonesia.

BACA JUGA:  10 Objek Wisata Candi di Jawa Timur yang Populer

2. Menikmati Alam yang Teduh

Tidak hanya daya tarik berupa candi serta peninggalan-peninggalan lain dari Kerajaan Majapahit saja, melainkan di tempat tersebut Anda pun akan bisa menikmati alam yang begitu teduh. Alam yang sangat elok, tenang dan menyejukkan tersebut akan membuat pikiran Anda jadi fresh dan lupa dengan penat aktivitas sehari-hari.

Maka dari itulah, untuk siapapun yang tengah mencari tempat yang sejuk serta nyaman, maka tak perlu ragu datang ke area Candi Bajang Ratu. Keindahan alam dan kesejukan udaranya akan menanti dan menyambut Anda beserta dengan rombongan.

3. Jelajah Wisata

Akan sangat sayang sekali Jika mengunjungi Candi Bajang Ratu tanpa menjelajah area wisata tersebut. Tak perlu ragu untuk mengeksplorasi tiap sudut yang ada di tempat ini. Karena tentu hal tersebut begitu menyenangkan untuk dilakukan. Candi bersejarah ini termasuk salah satu tempat wisata yang tidak menarik harga tiket terlalu mahal.

Maka dari itu, wajar jika saat liburan tiba tempat ini cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai tempat. Jika Anda menginginkan suasana yang sedikit sepi, datanglah ke tempat ini ketika hari-hari selain hari libur.

Fasilitas yang Tersedia di Candi Bajang Ratu

Fasilitas Candi Bajang Ratu
Image Credit: Google Maps Achmad

Tempat wisata berupa Candi Bajang Ratu di Provinsi Jawa Timur, Kota Mojokerto ini memiliki pesona yang tak mampu ditawarkan oleh tempat-tempat lain. Meski tidak sepopuler Candi Borobudur ataupun Prambanan, fasilitas yang ada di sana sudah tergolong sangat lengkap.

Wisatawan tak akan kesulitan untuk menemukan area pusat informasi mengenai sejarah dari candi. Begitu pula bagi pengunjung yang ingin menjalankan ibadah, karena di sekitar kawasan candi sudah disediakan mushola. Liburan tentu akan kurang menyenangkan tanpa membawa cenderamata dan oleh-oleh, karena itu di sana juga telah berdiri toko oleh-oleh.

Fasilitas umum lain yang bisa ditemukan di area Candi antara lain yaitu toilet, area parkir, gazebo, warung wisata bagi siapapun yang merasa haus dan kelaparan, serta beragam spot-spot menarik yang tentunya tidak boleh dilewatkan.

Itulah tadi penjelasan mengenai Candi Bajang Ratu yang terdapat di Kota Mojokerto. Sebagai salah satu tempat wisata yang populer dan dikenal di Kota Mojokerto Anda sebagai traveller jangan menyia-nyiakan kesempatan untuk tidak singgah ke tempat ini ketika berada di Provinsi Jawa Timur.