Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Dieng No.37, Karangsari, Dieng Kulon, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Sebentar lagi sudah masuk musim liburan, salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan membuat wishlist kawasan wisata tujuan. Tidak perlu jalan-jalan ke luar negeri, nyatanya di indonesia sendiri banyak menyimpan destinasi wisata yang menarik. Salah satu kawasan yang banyak menyimpan banyak lokasi wisata menarik adalah Banjarnegara.

Bila berkunjung ke Jawa Tengah pasti yang ada di benak anda adalah kumpulan candi bukan? seian prambanan dan borobudur, kini ada kawasan yang tidak kalah menarik untuk di kunjungi yaitu Candi Bima. Kawasan wisata ini banyak menyimpan keunikan dan berbeda dengan berbagai candi pada umumnya. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, simak ulasan lengkap di bawah ini.

Sejarah Singkat Candi Bima

Sejarah Singkat Candi Bima
Image Credit: Google Maps Jumadi Siswanta

Sebelum akhirnya menjelajahi lebih dalam lagi, maka kini ada kalanya untuk paham dengan sejarh singkat bangunan candi yang bernama Bima ini. jadi bisa dikatakan candi ini tergolong bangunan yang sangat unik dan berbeda dengan yang lainnya. Namun karena keindahan yang ditawarkan ini, maka di zaman dahulu mulai banyak orang yang melakukan pencurian di kawasan wisata tersebut.

Berbagai barang yang dicuri pada kawasan wisata tersebut antara lain adalah arca kudu. Dimana padahal untuk arca ini menjadi hal yang sangat penting dan pastuna ciri khas peninggalan bersejarah. Selain karena adanya pencurian, nyatakan Candi Bima ini dulunya juga pernah terkena dampak solfatara dari kawah Sikidang.

Karena berbagai kerusakan yang diakibatkan oleh kawah Sikidang tersebut, maka sekitar tahun 2-12, candi yang megah ini mulai diadakan pemugaran yang dilakukan oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala area Jawa Tengah. Alasan lain diadakannya pemugaran ini karena terdapat susunan bebatuan candi yang sudah mulai lapuk.

Alasan lain yang membuat kawasan wisata ini dilakukan pemugaran oleh oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala area Jawa Tengah adalah karena bangunan sudah masuk dalam waktu renovasi. Bahkan karena sering terdapat getaran gempa bumi dan lainnya, maka di beberapa rongga terkikis dan menyebabkan ambles.

Daya Tarik Candi Bima

Daya Tarik Candi Bima
Image Credit: Google Maps Ramelan Surbakti

1. Memiliki Banyak Arca Kudu di Bagian Candi

Pada dasarnya ada banyak sekali daya tarik n jika datang ke Candi Bima. Salah satu daya tarik yang ditunjukkan adalah memiliki banyak arca kudu yang ada di sekeliling bangunannya. Arca ini menjadi salah satu ciri khas yang bisa anda temukan jika berkunjung candi yang bernama bima ini.

Jangan salah arca yang ada dalam bangunan ini dulunya sangat banyak, sekitar 24 buah. Namun karena banyak menarik perhatian, maka banyak orang yang tidak bertanggung jawab untuk mengambil aractersebut untuk kebutuhan pribadinya. Sehingga jika di gabungkan, total arca kuud yang masih tersisa hanya 13 buah saja.

Meskipun bitu, masih banyak orang yang tertarik untuk datang ke lokasi wisata ini guna menyaksikan peninggalan yang masih tersisa, salah satunya arca kudu. Agar bangunan Candi Bima tetap berdiri dan menjadi daya tarik bgi anak cucu kita, maka alangkah baiknya jika turut andil merawat. Salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan membuang sampah di tempatnya dan tidak mencuri.

2. Desain Arsitekturnya

Bagian lain yang tidak kalah menarik perhatian dari para pelancong satang satang ke kawasan wista aini adalah dengan melihat desain arsitektur yang yang sangat keren. dimana pada bagian atap bangunan ini mempunyai bentuk kerucut menyerupai piramida. Kemduian di bagian keempat sisinya juga terdapat luabang kecil yang di perkirakan pijakan dalam penyusunan batuan di atasnya.

Daya Tarik di Candi Bima
Image Credit: Google Maps Simon Boyke Sinaga

3. Terdapat Sekumpulan Bunga Hortensia

Wisata candi yang satu ini juga tergolong memiliki keindahan dalam hal tata luar banguannya. Dimana berbeda dengan candi pada umumnya, bagian luar lokasi wisata Bima ini akan ditumbuhi dengan berbagai aneka macam Bunga Hortensia. Dimana jika anda beruntung di Candi Bima, maka bisa menyaksikan keindahan yang tiada tara ini.

4. Spot Foto Menarik

Karena candi yang bernama bima ini memiliki keindahan alam, struktur bangunannya, dan juga tata taman Bunga hortensia, maka tidak kayak jika banyak pengunjung yang mengabadikan momen di kawasan ini. Biasanya banyak orang yang tertarik berfoto dengan latar belakang candi atau dengan hiasan Bunga Hortensia.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Candi Bima
Image Credit: Google Maps Andy Priyantoko

Setelah mengetahui berbagai daya tarik yang diberikan oleh kawasan wisata yang satu ini, maka kini saatnya paham dengan alam dan juga rute lokasinya. Dimana kawasan wisata bersejarah ini berada di area Dieng, Banjarnegara, kawasan Jawa tengah. Lebih spesifiknya ia berada di sebelah Dieng Timur, Kabupaten Batur.

Lalu bagaimana untuk rute agar bisa sampai di lokasi wisata Candi Bima ini? rute yang harus dilalui yaitu ikuti berdasarkan tulisan yang ada di jalan. namun jika masih bingung, anda bisa mengetik lokasi kawasan wisata Bima Dieng Banjarnegara Jawa Tengah pada aplikasi google maps anda. bengi langkah tersebut, anda bakal tiba di lokasi dengan tepat dan selamat.

Harga Tiket Masuk Candi Bima

Harga Tiket Masuk Candi Bima
Image Credit: Google Maps Tatat Permana

Bagian yang tidak kalah penting sebelum mengunjungi kawasan wisata yang satu ini adalah mencari tahu terkait harga tiket dan juga jam operasional. Dimana untuk kawasan wisata yang satu ini. Namun jika ditelisik lebih dalam lagi, kawasan wisata yang satu ini belum memiliki jam operasional khusus. Namun umumnya banyak pengunjung yang datang ke Candi Bima pada waktu siang hingga sore.

Lalu apakah tidak ada yang datang ke lokasi pada waktu malam hari? Jangan salah banyak juga pengunjung yang datang di malam hari. Biasanya mereka datang pada jam tersebut dalam waktu tertentu. Misalnya saat terjadi ritual atau upacara keagamaan dan masih banyak yang lainnya. Sehingga pengunjung lebih bebas datang pada waktu kapan saja.

Lalu bagaimana dengan harga tiketnya? Sama dengan kawasan wisata pada umumnya, jika berkunjung ke lokasi wisata bersejarah Bima, makan kan di kenakan biaya tiket masuk. Biasanya tiket masuk yang ditawarkan adalah sekitar 15 ribu per orang. Harga tersebut belum termasuk parkir dan makanan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Menarik Candi Bima
Image Credit: Google Maps Bayu evo

1. Mengabadikan Foto

Setelah paham dengan harga tiket dan jam operasional Candi Bima, maka kini juga ada berbagai macam aktivitas menarik untuk dilakukan. Berbagai aktivitas menarik yang dimaksud disini antara lain adalah mengabadikan foto. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwasannya wisata ini menyimpan banyak keindahan alam dan juga arsitekturnya, sehingga banyak orang yang mengabadikan momen.

Banyak orang yang tertaik untuk mengabadikan foto bersama dengan keluarga atau orang tersayang menggunakan latar belakang candi. Terlebih jika menunjukkan bagian atas bangun yang menyerupai piramida. Tidak hanya itu, pengunjung yang datang juga dapat berfoto di area taman Bunga Hortensia.

2. Menimba Ilmu Gaya Arsitektur yang Ada Pada Bangunan Candi

Pengunjung yang datang ke lokasi wisata ini juga bisa mengemban ilmu terkait arsitektur di kawasan Candi Bima. Hal ini karena bangunan yang ada dalam bangunan megah ini memiliki desain arsitektur berbeda dengan lainnya. dimana untuk beberapa bagian identik dengan candi di india. Bagian atasnya juga menyerupai shikara dan berbentuk seperti mangkuk yang di tengkurapkan.

Bila dilihat dan di cermati, maka di bagian atas candi terdapat bangunan piramida yang sangat bagus, bahkan di area atapnya juga memiliki relung dengan relief bentuk kepala yang disebut dengan nama kudu. Hal unik lain yang bisa anda temui jika ada di kawasan ini adalah terdapat tembok pagar yang mengelilingi bangunan. Sehingga akan memberi kesan bangunan yang tampak sakral.

3. Upacara Adat Pradaksina

Kegiatan lain yang bisa dilakukan jika datang ke Candi Bima ini adalah melihat atau mengikuti upacara adat pradaksina. Dimana upacara yang satu ini umum dilakukan oleh penduduk sekitar dengan cara memutari candi searah jarum jam, dan dilakukan sebanyak 3 kali. Biasanya upacara ini akan dikerjakan saat mendekati hari raya Waisak. Dan akan dibuka untuk umum yang ingin bergabung.

Dalam prosesi kegiatan upacara pradaksina ini biasanya akan diikuti dengan kegiatan menyalakan lilin. Setekeh mehyaayakan lilin dan melantunkan berbagai do’a, aka kegiatan dilanjutkan oleh biksu dan diikuti umat Budha dalam dua garis mengitari candi seperti yang dijelaskan di atas. Selama mengitari, mereka semua bakal menghayati ajaran yang di berikan oleh sang Buddha pada destinasi ini.

Fasilitas yang Tersedia di Candi Bima

Fasilitas Candi Bima
Image Credit: Google Maps Yhonas Oktavian

Sama dengan destinasi lainnya, jika berkunjung ke Bima maka akan menjumpai banyak fasilitas menarik. Salah satu fasilitas yang ditawarkan adalah adanya kamar mandi dan mushola yang bersih. Lokasi parkir yang sangat luas. Bahkan wisata ini juga menyediakan banyak penginapan dengan harga bersahabat. Namun harga tersebut disesuaikan berdasarkan fasilitas yang diberikan.

Jangan salah, lokasi wisata ini juga menyediakan jasa penyewaan mobil yang di gunakan untuk jalan-jalan di area sekitarnya. Banyak tidak jarang juga pengunjung yang menyewa mobil untuk bahan foto di sekitar lokasi. Selain mobil, disana juga banyak ditemukan penjual makanan, sehingga pengunjung yang datang ke lokasi wisata Candi Bima tidak perlu repot membawa bekal dari rumah.

Kesimpulannya bahwa kawasan wisata candi bernama bima ini banyak menyita perhatian pengunjung. Hal ini bukan tanpa alasan, karena pada lokasi itu memiliki banyak daya tarik. Berbagai daya tarik yang diberikan antara lain memiliki banyak arca kudu di bagian candi, terdapat sekumpulan bunga hortensia, desain arsitekturnya yang keren, hingga spot foto menarik.