Harga Tiket: Rp 40.000, Jam Operasional: 08.00-17.15 WIB, Alamat: Jl. Candi Sewu, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Candi Brahma Prambanan atau Candi Prambanan merupakan salah satu candi Hindu yang paling besar di Negara Indonesia. Candi tersebut berada di kecamatan Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi yang satu ini termasuk salah satu bagian dari warisan bersejarah yang ada di Negara Indonesia.

Dibangun sebagai bentuk untuk menghormati trimurti yang sangat dipercaya di dalam Agama Hindu. Tidak ketinggalan juga terdapat kisah dari pemuda yang mencintai Roro Jonggrang pada candi yang berada di Kota Yogyakarta tersebut. Inilah yang akhirnya membuat candi dikenal juga dengan nama candi seribu.

Tidak hanya sebatas relief saja, keunikan yang ditawarkan oleh Candi Brahma. Melainkan ada banyak sekali hal-hal lain yang tak kalah seru untuk bisa Anda saksikan di sana. Keindahan tersebut akan membuat siapapun terpesona dan tentunya pengunjung merasa betah berada di sana. Karena itu, tak ada salahnya untuk Anda merencanakan pergi berlibur ke tempat bersejarah ini.

Daya Tarik Wisata Candi Brahma

Daya Tarik Candi Brahma
Image Credit: Google Maps Holger Bauer

1. Arsitektur Candi yang Unik

Candi Brahma merupakan salah satu bangunan bersejarah yang dibangun oleh seorang raja bernama Sanjaya. Candi tersebut mempunyai arsitektur yang begitu unik. Hal tersebut dapat dilihat dari awal pintu masuk yang terdapat di area gerbang timur. Selain itu, kemewahan dari bangunan tersebut tampak dari 3 candi utama yang terdapat di halaman utama.

Fakta yang tak kalah menarik yaitu candi-candi yang ada di sana menghadap ke arah timur. Bangunan candi tersebut menjulang tinggi sehingga menyerupai gunung Suci Mahameru yang begitu dipercaya sebagai salah satu lokasi bersemayamnya para dewa. Hal itu jadi bagian dari keindahan yang bisa disaksikan ketika mengunjungi candi ini.

2. Terdapat Kebun Binatang

Daya tarik selanjutnya yang ditawarkan oleh tempat ini yaitu di sana pengunjung akan menemukan sebuah kebun binatang. Setelah puas Anda belajar mengenai berbagai macam sejarah terkait Candi Brahma, maka Anda harus sempatkan waktu untuk pergi mengunjungi kebun binatang yang terdapat di bagian belakang kompleks candi tersebut.

BACA JUGA:  Candi Sambisari - Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Jika Anda membawa putra-putri tentunya mereka akan merasa senang sekali bercengkrama dengan rusa yang terdapat di kebun binatang ini. Di sana Andapun juga bisa menghabiskan waktu bersama dengan teman dan keluarga, karena memang lingkungannya yang sangat bersih, terjaga dan juga nyaman.

3. Candi yang Elok

Tiap candi memang memiliki karakter masing-masing dan keseluruhan mempunyai cerita yang perlu untuk disimak dan diketahui oleh masyarakat. Sedangkan mengenai keindahan dan keelokan dari Candi Prambanan sendiri memang tak perlu diragukan lagi, menjadi salah satu yang paling elok dan cantik di kawasan Asia Tenggara.

Tak heran hal tersebut akhirnya membuat banyak pengunjung terus berdatangan ke tempat ini. Termasuk sebagai salah satu peninggalan Hindu yang perlu untuk selalu dijaga dengan baik keeksotisannya. Keelokan dari tempat ini dapat pengunjung saksikan dari berbagai macam segi.

Mulai dari arsitekturnya yang tampak begitu unik, hingga cerita yang disuguhkan di bangunan tersebut. Jika di sini Anda masih merasa belum cukup, maka sangat disarankan bagi para pengunjung untuk datang ketika sore hari. Pada saat itulah maka pemandangan dari candi akan tampak semakin memukau dan indah, yang pastinya itu tak boleh Anda sia-siakan.

Candi Brahma ini mempunyai cerita Ramayana yang begitu indah dan tercetak di dalam tiap reliefnya. Semua kisah-kisah tersebut hingga saat ini masih terjaga dan dapat dijelaskan oleh para pemandu wisata yang Anda pakai ketika mengunjungi candi. Hal yang menjadikan lebih menarik lagi yaitu semua arsitektur dari candi tercatat di dalam kitab suci.

Kondisi tersebut pastinya bukan mengada-ngada atau kebetulan saja. Catatan tersebut selaras dengan berbagai macam kisah yang nantinya bisa ditemui. Tak ada salahnya untuk mempelajari mengenai masa sejarah, karena orang zaman dahulu mempunyai cara sendiri saat ingin berbagi pengalaman mereka.

Oleh karena begitu banyak pengalaman yang diperoleh, maka sebaiknya wisatawan menyimpan alat perekam untuk mengabadikan suara dari para pemandu wisata agar pembelajaran yang didapatkan tidak begitu saja hilang.

BACA JUGA:  Museum dan Tanah Liat - Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Alamat Candi Brahma
Image Credit: Google Maps Yo ChernMa Tak

Bagi Anda yang penasaran dan ingin mengunjungi Candi Brahma, maka tak perlu ragu untuk segera meluncur ke Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Akses untuk menuju tempat ini sudah sangat baik dan pengunjung bisa menggunakan kendaraan, baik itu roda dua maupun roda empat.

Sedangkan rutenya sendiri pengunjung bisa menggunakan bantuan navigasi dari Google Maps yang sudah terpasang di perangkat smartphone masing-masing. Ada banyak rute yang bisa dipakai dan di sini pengunjung bisa mencari rute terbaik melalui smartphone tersebut.

Supaya perjalanan berlibur jadi makin seru dan leluasa, maka sangat disarankan di sini pengunjung menggunakan kendaraan pribadi.

Harga Tiket Masuk ke Candi Brahma

Harga Tiket Masuk Candi Brahma
Image Credit: Google Maps Holger Bauer

Berniat mengunjungi Candi Brahma maka sangat disarankan untuk datang ketika sore hari. Hal itu dikarenakan kecantikan dari matahari ketika waktu tersebut akan mudah untuk disaksikan. Bangunan eksotis dari candi memang begitu luar biasa. Cahaya merah dari sinarnya tampak sangatlah menawan.

Candi ini memberlakukan jam operasional. Di mana candi akan dibuka pada pukul jam 6 pagi dan akan mulai ditutup saat menjelang pukul 5 sore. Sedangkan mengenai harga tiketnya sendiri untuk semua pesona yang akan diperoleh tersebut, pengunjung hanya perlu membayar uang tiket yaitu sebesar Rp 40.000.

Candi Prambanan memang mempunyai aura yang begitu cantik serta mampu membuat semua orang terpesona. Siapapun yang menyaksikan akan merasa begitu bangga bisa mengunjungi candi tersebut. Karena itulah, tak ada salahnya Anda untuk segera mengagendakan kegiatan berlibur ke Candi bersama dengan keluarga ataupun sahabat.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Menarik Candi Brahma
Image Credit: Google Maps Carles Garcia

1. Menyaksikan Sendratari Ramayana

Beragam aktivitas seru sudah menanti wisatawan yang hendak mengunjungi Candi Brahma. Salah satunya yaitu menyaksikan Sendratari Ramayana. Tak jauh berbeda dengan Pulau Dewata, di sini pengunjung pun juga akan mempunyai kesempatan untuk menyaksikan pementasan tradisional yang dilengkapi dan diiringi oleh gamelan tersebut.

Terasa sangat mengasyikkan penuh dengan kebudayaan Indonesia dan juga tradisi. Pementasan itu sendiri diselenggarakan di area belakang kompleks. Mengenai harga tiketnya sendiri memang cenderung bervariasi. Sedangkan untuk waktu pementasan akan dimulai ketika pukul 07.30 malam dan acara tersebut akan berlangsung hingga selesai.

BACA JUGA:  De Mata Trick Eye Museum - Lokasi, Tiket & Ragam Aktivitas

2. Bersantai Taman

Selain juga menyediakan area berupa kebun binatang yang terdapat di belakang area kompleks Candi Brahma, di jalan yang sama juga telah tersedia area taman yang begitu luas. Hal itu sangat memungkinkan bagi para wisatawan untuk datang beristirahat serta menghabiskan waktu luang mereka bersama teman maupun keluarga untuk sekedar bersantai.ca

3. Mengabadikan Potret Indah

Candi Brahma mempunyai spot foto yang begitu cantik dan juga eksklusif. Kondisi tersebut didukung dengan area kompleks candi yang dibuat begitu mendetail sedemikian rupa, sehingga wisatawan bebas untuk bisa menangkap gambar. Fasilitas tersebut pastinya akan begitu membantu Anda yang gemar dengan kegiatan hunting foto.

Karena itu, pastikan sebelum Anda berangkat ke area wisata tersebut Anda sudah membawa perlengkapan berupa kamera ataupun smartphone. Sehingga dengan begitu segala keindahan di sana bisa terabadikan dengan baik.

Fasilitas yang Tersedia di Candi Brahma

Fasilitas Candi Brahma
Image Credit: Google Maps Holger Bauer

Berbagai macam fasilitas sudah disediakan di Candi Brahma tersebut guna mendukung kenyamanan. Salah satunya yaitu di tempat ini sudah didirikan mushola, sehingga Anda tidak perlu merasa bingung ketika ingin mendirikan shalat. Untuk perlengkapannya sendiri seperti sajadah dan mukena sudah disediakan.

Tidak hanya itu saja, air yang melimpah membuat wisatawan tak perlu takut saat ingin mengambil wudhu. Kemudahan dalam mengakses petugas akan selalu siap siaga membantu. Tidak hanya mushola saja, di tempat ini juga telah disediakan toilet umum yang banyak dan bersih. Sehingga dengan begitu Anda pun tak perlu merasa khawatir antri.

Fasilitas lain yang tersaji di tempat tersebut yaitu area parkir yang luas dan juga aman untuk semua jenis kendaraan. Tidak hanya itu saja, petugas akan selalu siap siaga untuk mengatur kendaraan yang keluar dan masuk. Karena itu, nantinya Anda tidak akan berdesak-desakan dengan motor atau mobil pengendara lain.

Demikianlah uraian lengkap mengenai Candi Brahma yang terdapat di Provinsi Yogyakarta. Untuk Anda yang merasa tertarik, maka tak perlu ragu untuk segera meluncur ke Yogyakarta. Di tempat ini nantinya Anda tak hanya disuguhkan keindahan bangunan candi saja, melainkan juga keagungan cerita sejarah masa lalu.