Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Jl. Candi Brahu No.73, Siti Inggil, Bejijong, Kec. Trowulan, Kab. Mojokerto, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Candi Brahu merupakan aset kekayaan Indonesia, yang terletak di Kabupaten Mojokerto, provinsi Jawa Timur. Candi cantik ini merupakan peninggalan sejarah kuno bahkan diperkirakan telah dibangun sebelum Kerajaan Majapahit. Memiliki tinggi bangunan yang mencapai 25,7 meter dengan lebar mencapai 20,7 meter.

Candi cantik ini juga merupakan peninggalan sejarah Budha yang digunakan sebagai tempat untuk bersembahyang penganutnya. Konon pada masa pemerintahan Kerajaan Mataram Kuno, candi ini didirikan oleh Empu Sendok. Yang mana adalah raja Kerajaan Mataram Kuno. Maka diperkirakan candi ini juga peninggalan sejarah tersebut.

Di sebelah Candi Brahu terdapat prasasti kuno yang diperkirakan dibuat pada tahun 939M. Lokasinya yang strategis kemudian candi ini berdiri menghadap ke arah Barat. Dengan perkiraan candi berdiri sejak abad ke 15 M. Layaknya bangunan sejarah yang lain di Trowulan, maka candi ini juga dibangun dari bahan bata merah.

Daya Tarik Candi Brahu

Daya Tarik Candi Brahu
Image Credit: Google Maps Lucky Fernanda Setiawan

1. Arsitektur Bangunan

Pada awalnya bangunan candi ini berukuran sekitar 17×17 meter, kemudian di bagian kakinya diperluas. Dengan struktur dasar bangunan yaitu kaki candi, tubuh dan atap candi. Bangunan candi mempunyai relief yang sangat unik dan menarik. Beberapa diantaranya akan membuat pengunjung dapat berpoto kece.

Keunikan arsitektur bangunannya seperti, terdapat relief yang menggambarkan wayang-wayang namun tidak terlalu timbul, atas atapnya berbentuk kubus, bangunan candi berbentuk ramping, atapnya berbentuk tingkatan-tingkatan, terdapat ukiran di relung dan di pintu candi, dan masih banyak lagi. Keunikan arsitektur ini memiliki daya tarik tersendiri.

2. Bagian Bangunan

Bagian bangunan Candi Brahu ini yaitu, bagian dasar yakni kaki candi, tubuh dan atap candi. Untuk bangunan kaki candi ini mempunyai bingkai bawah dan bingkai atas sebagai tempat tubuh candi untuk berdiri. Bangunan bingkai memiliki pelipit rata dan sisi genta yang berbentuk setengah lingkaran. Dengan bangunan kaki candi yang terdiri dari dua tingkat.

BACA JUGA:  Museum Probolinggo - Sejarah, Koleksi, Lokasi & Ragam Aktivitas

Untuk bagian tubuh candi, berbentuk tumpul dan bertekuk, juga memiliki sudut yang banyak. Bagian tengah tubuh terlihat sedikit ramping atau kecil. Hal ini seperti memberi kesan bahwa candi cantik ini memiliki sebuah pinggang.

Bagian tubuhnya memiliki ukuran 10×10.5m dengan memiliki tinggi sekitar 9.6m. pada bagian dalamnya terdapat ruang yang berkuasa 4x4m.

Tak hanya bagian itu, untuk bagian atapnya yang menarik karena datar, beda dengan candi pada umumnya yang berbentuk prisma. Atap candi pun memiliki ketinggian yang mencapai 6 m. Dengan hiasan di atapnya yakni sisa-sisa stupa hal ini dapat dilihat dari sudut tenggara. Selain enak dipandang, candi sangat cocok untuk background poto.

3. Penemuan Sekitar Candi

Penemuan di sekitar Candi Brahu juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Seperti adanya prasasti Tembaga Alasantan, yang sudah ditemukan sejak tahun 9 September 939 M. Bangunan relief juga menggambarkan hubungan antara Agama Budha dan Agama Hindu.

Penemuan bukan hanya sekedar prasasti saja, di sekitar lokasi terdapat candi-candi yang menarik pula. Seperti Candi Tengah, Candi Gedong, dan Candi Gentong. Untuk letak Candi Gentong berada 360 meter dari lokasi candi cantik ini. Di sekitar candi-candi itu terdapat penemuan beberapa benda-benda yang diduga peninggalan kerajaan Majapahit.

Seperti terdapat, arca bercorak Hindu yang berjumlah 6 buah, lempeng bangunan prasasti berjumlah 4 buah, piring dengan bahan dari perak dan bertuliskan kuno, serta terdapat perhiasan bahannya perak dan emas. Penemuan ini dapat dijadikan sebagai bukti sejarah yang etis. Maka pengunjung dapat menikmati pemandangan juga beredukasi.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Candi Brahu
Image Credit: Google Maps Fizky Pramuditya

Candi Brahu berlokasi di tempat yang strategis dan tentunya mudah dijangkau. Tepatnya di desa Bajijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, provinsi Jawa Timur, Indonesia. Berjarak sekitar kurang lebih 14 kilometer dan dapat ditempuh dengan waktu 20 menit dari pusat kota Mojokerto. Dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

BACA JUGA:  Candi Simping - Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Atau alamat lengkap yang bisa Anda kunjungi yaitu, berada di Jalan Candi Brahu nomor 73, Siti Inggil, Bajijong, Triwulan, Mojokerto. Jika Anda belum pernah berkunjung dan belum hapal rutenya, sebaiknya ketik alamat lengkapnya di google maps. Kemudian mengikuti rute yang sudah di tampilkan dilayar handphone android Anda.

Harga Tiket Masuk Candi Brahu

Harga Tiket Masuk Candi Brahu
Image Credit: Google Maps INoz DM

Harga tiket masuk menuju objek wisata Candi Brahu tidak begitu mahal dan dapat dijangkau oleh siapa saja. Dengan tarif masuk hanya Rp. 3.000 saja tentunya tidak akan merogoh kocek terlalu dalam. Harga ini sudah terbilang cukup ramah kantong. Berkunjung ke lokasi ini akan membuat Anda merasa senang.

Jam operasional lokasi ini sudah tersedia, dibuka pada pukul 08.00 pagi dan ditutup pada pukul 16.00 sore hari. Tentunya buka tutup disesuaikan pula dengan cuaca. Bila tidak bersahabat kadang akan tutup lebih awal. Pemandangan sunrise dapat Anda nikmati pada pukul 08.00, akan terlihat indah.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Menarik Candi Brahu
Image Credit: Google Maps Agus Bakrie

1. Melakukan Penelitian

Candi Brahu ini bukan sekedar objek wisata saja. Menjadi tempat berekreasi juga tempat edukasi. Tak jarang motif pengunjung datang untuk melakukan penelitian. Relief dan benda-benda temuan yang menjadi pemicunya. Bahkan sejarahnya yang panjang menjadi pilihan bagi para peneliti.

Adanya tempat ini juga merupakan sebuah kesempatan untuk belajar sejarah lebih mendalam. Sebagai bukti dalam peninggalan sejarah kuno dan sejarah kerajaan-kerajaan besar lainnya. Maka menjadikan tempat ini sebagai opsi penelitian adalah kegiatan menarik.

2. Menikmati Sunrise dan Sunset

Pemandangan sunrise di Candi Brahu ini tak jarang menjadi buruan para pengunjung. Berteman baik dengan hati melalui tafakur atas ciptaan Tuhan yaitu sunrise dan sunset. Keindahan sunrise dapat Anda kunjungi lokasi pada jam 08.00 dini hari. Menikmati keindahan sunrise memberi sensasi tersendiri.

Namun jika ingin menikmati sunrise lebih indah yaitu pada sebelum jam 08.00 atau pada waktu fajar. Pengambilan gambar sunrise ini akan lebih bagus diambil dari balik pagar candi. Sebaiknya meminta izin terlebih dahulu kepada pengelola jika ingin mengambil gambar tersebut. Supaya diberi akses yang mudah.

Panorama sunrise ini benar-benar membuat pengunjung berdecak kagum. Indahnya warna rona matahari di pagi hari akan membuat Anda merasa senang. Warna cerah cuning keemasan yang menyinari area belakang candi akan terlihat berbentuk silueg yang cantik. Cocok sekali bagi pecinta senja dan pagi.

BACA JUGA:  Museum Surabaya - Sejarah, Koleksi, Tiket & Ragam Aktivitas

3. Piknik di Candi Brahu

Jangan salah untuk berpiknik di lokasi ini. Sebab candi cantik ini juga dapat Anda jadikan sebagai tempat berpiknik. Mengajak keluarga tercinta berlibur disini akan lebih beredukasi. Hari libur Anda akan menyenangkan, apalagi jika hanya untuk menghilangkan penat.

Berpiknik di tempat ini juga akan mempengaruhi proses wawasan Anda lebih tentang sejarah. Atau Anda dapat melihat bagaimana bentuk benda-benda yang sudah menjadi peninggalan sejarah. Seperti prasasti dan benda lainnya. Apalagi jika mengajak anak-anak, tentunya akan sangat membantu mengenalkan kepada mereka.

Jika Anda ingin berkunjung membawa bekal, maka tidak ada larangan. Hanya saja sebagai pengunjung yang dapat diandalkan, yakni tidak membuang-buang sampah sembarangan. Bila membawa bekal dengan bungkus plastik, sebaiknya benar-benar dibuang ke tong sampah. Agar tidak merusak keindahan dan dalam rangka menjaga kebersihan.

Fasilitas yang Tersedia di Candi Brahu

Fasilitas Candi Brahu
Image Credit: Google Maps Riza Yunan

Fasilitas yang tersedia di Candi Brahu sudah cukup memadai. Seperti adanya area parkir yang lumayan luas, tempat beristirahat, taman yang luas, kamar mandi / MCK, dan masih banyak lagi. Dengan fasilitas ini tentunya sudah tidak membuat pengunjung merasa susah.

Terlepas dari sebuah fasilitas, tempat ini juga masih sangat menarik. Adanya sejarah dan kisah menjadi pemicu pengunjung berdatangan. Lagipula fasilitas yang tersedia merupakan upaya pembenahan yang terus berjalan. Sebaiknya gunakan fasilitas yang tersedia dengan sebaik mungkin.

Sejarah adalah peristiwa yang telah terjadi dan tidak dapat terulang lagi. Maka sejarah memiliki bukti-bukti dari benda-benda yang ditinggalkannya. Maka candi cantik ini merupakan peninggalan sejarah tersebut. Yang dapat Anda kunjungi saat berlibur bersama keluarga maupun bersama teman.

Candi Brahu yakni sarana edukasi untuk mengenalkan sejarah kepada pelajar. Namun tidak jaminan harus pelajar yang bisa berkunjung. Semua bisa berkunjung kapan saja selama masih jam operasi. Mengetahui tentang ini, berupaya tidak melewatkan datang dan berkunjung ke lokasi tentunya akan menyenangkan.