Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Argoyuwono, Kec. Ampelgading, Kab. Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Siapa sangka jika candi tidak hanya ditemukan di Jawa Tengah saja, sebab Jawa Timur juga memiliki banyak peninggalan sejarah. Tepatnya di Kabupaten Malang, maka anda akan menemukan banyak prasasti yang begitu ikonik dari masa kerajaan dahulu kala, yaitu Candi Jawar Ombo. Bahkan keberadaannya masih begitu asli dan terawat dengan baik.

Candi bersejarah ini memiliki arsitektur yang begitu indah dan menonjol jika dibandingkan dengan candi candi lainnya. Namun, keberadaannya masih menjadi misteri dan juga keunikan tersendiri. Seperti apa daya tarik dan kisah sejarah dari Candi Jawar? Baca terus informasi berikut.

Sejarah Singkat Candi Jawar Ombo

Sejarah Singkat Candi Jawar Ombo
Image Credit: Google Maps Rahmad Wijaya

Candi ini memiliki kisah yang cukup misterius untuk sejarahnya. Candi ini ditemukan sekitar tahun 1982 sampai dengan 1983 dengan kondisi yang terkubur dengan tanah yang cukup dalam. Meskipun begitu, struktur candi ini tetap kokoh dan memiliki arsitektur unik untuk jenis candi yang ada di Jawa Timur.

Struktur candi ini memiliki lantai dengan bentuk bujur sangkar berukuran 6 x 6 meter persegi. Ketinggiannya juga cukup signifikan yaitu 60 cm di bagian atur atau alas. Ketika pertama kali ditemukan, tentu kondisinya cukup terbengkalai dan tidak terurus. Pada saat bersamaan, penemuan tersebut juga diikuti dengan peninggalan lainnya, seperti uang kuno, patung dan guci.

Meskipun begitu, saat ini barang barang yang ditemukan bersamaan dengan candi sudah berpindah tangan. Sebenarnya, keberadaan Candi Jawar Ombo sudah dimanfaatkan sekitar 74 keluarga hindu di kecamatan Ampel Gading. Sementara itu, untuk pembangunan dari kompleks bangunan ini sudah mulai direnovasi secara besar besaran di tanggal 9 September 2014.

Fungsi utama dari candi ini dimanfaatkan sebagai pura atau beribadah oleh umat Hindu. Beberapa ritual ritual khusus biasa dilakukan oleh kepercayaan Hindu pada malam Suro maupun malam Jumat legi. Mereka meyakini jika lokasi ini merupakan tempat sakral untuk melakukan ibadah tersebut.

BACA JUGA:  Tugu Pahlawan - Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Belum ada cerita yang pasti mengenai Candi Jawar yang berada di kaki Gunung Semeru. Namun, ada panil relief yang tertera dalam candi ini dengan kisah Singa Candapinggala dan Lembu Danaka. Selain itu, masih ada juga relief yang mengajarkan pesan dan ajaran kesusilaan. Meskipun begitu, kisahnya penuh dengan misteri karena belum ada kajian sejarah yang jelas.

Daya Tarik yang Dimiliki Candi Jawar

Daya Tarik Candi Jawar
Image Credit: Google Maps Mohammad Efendi

1. Menghadap Langsung ke Gunung Semeru

Salah satu keunikan yang bisa dilihat adalah bangunannya. Candi yang berada di kaki gunung Semeru menghadap langsung ke arah gunung. Hal ini menambah pertanyaan kenapa bisa begitu. Masih belum diketahui pasti, tetapi hal misterius inilah yang memberikan daya tarik di lokasi wisata sejarah ini.

2. Memiliki Bangunan Candi yang Estetik

Selain mengarah ke Gunung Semeru, Candi Jawar Ombo memiliki karakteristik lainnya yang begitu unik. Ini bsia dilihat dari banguann yang berbentuk bujurt sangkar layaknya sebuah pura. Alhasil, candi ini berguna sebagai pendopo dan tempat ibadah bagi umat Hindu yang berada di sekitar candi tersebut.

3. Banyak Relief dan Peninggalan yang Unik

Hal menariknya lainnya yang disuguhkan adalah bagian tengahnya yang diisi oleh relief relief menarik dari cerita binatang. Ada banyak pesan moral yang bisa diketahui dari adanya relief yang terukir di bagian dalam Candi Jawar. Jadi, tidak hanya menikmati keindahan banguannnya saja, tetapi juga bisa mendapatkan pelajaran dari relief tersebut.

Sementara itu, di sisi lain candi terdapat dua jenis umpak batu yang masih masing memiliki ciri khas lubang. Umpak batu ini berada di sekitar bangunan candi dengan lubang pada bagian tengahnya. Sekitar 12 buah batu tampak mengelilingi sekitar candi. Tidak hanya itu saja, ternyata masih ada juga delapan umpak batu yang terkesan masih terpendam.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Candi Jawar Ombo
Image Credit: Google Maps Ariyani Harpa

Candi Jawar berada di daerah Ampel Gading yang termasuk dalam kawasan Kabupaten Malang. Situs bersejarah ini merupakan Candi tunggal yang berada tepat di Desa Mulyosari Pedukuhan Kaliputih. Jika ditempuh dari pusat kota Malang, Jawa Timur. maka akan menempuh jarak sekitar 32 kilometer saja. Jarak yang satu ini terbilang cukup dekat dan tidak memakan banyak waktu.

Apalagi lokasinya juga sudah diakses dengan berbagai kendaraan. Jadi, pengunjung tidak perlu lagi khawatir untuk bisa menemukan candu tunggal ini. Meskipun berada di kaki gunung semeru, tetapi akses menggunakan kendaraan pribadi sudah cukup bagus. Dalam hal ini, anda bisa memanfaatkan peta digital untuk menemukan lokasi jauh lebih mudah.

BACA JUGA:  Museum Satwa - Sejarah, Koleksi, Tiket & Ragam Aktivitas

Harga Tiket dan Jam Operasional

Harga Tiket Masuk Candi Jawar Ombo
Image Credit: Google Maps Archangela Gerlani

Candi Jawar Ombo bisa anda temukan dengan mudah di dekat kaki Gunung Semeru. Untuk dapat menikmati keindahan Candi ini, pengunjung bisa merogoh kocek sebesar 10 ribuan saja. Namun perlu diingat, harga tersebut bisa berubah sewaktu waktu, tergantung dengan ketetapan dan tarif yang sudah ditentukan.

Untuk jam operasionalnya, Candi ini dibuka setiap hari untuk umum. Ada banyak kesempatan untuk melihat candi tunggal yang indah tersebut. Pasalnya, jam buka dari candi ini dimulai pada pagi hari dan berakhir di sore hari. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk berkunjung hingga petang untuk menikmati sunset menawan di kaki Gunung Semeru.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Menarik Candi Jawar Ombo
Image Credit: Google Maps Safitri Nurdamayanti

1. Melihat Keindahan Candi Jawar

Salah satu hal yang bisa anda lakukan ketika mengunjungi candi satu ini adalah dengan menikmati keeksotisan dari bangunannya. Candi dengan nilai sejarah yang panjang ini memiliki karakteristik yang begitu unik. Meskipun masih belum banyak kajian sejarah yang menjelaskan keberadaan candi ini, tetapi bangunannya cukup unik untuk dilihat.

Menjadi sebuah peninggalan purbakala, bangunan ini memiliki estetika yang begitu bernilai. Apalagi dengan kemegahan bangunanya, tentu membuat siap asaja yang berkunjung tidak mengalihkan perhatian sekali pun. Berdiri kokoh secara tunggal menghadap gunung semeru, maka memberikan pemandangan yang begitu memukau.

2. Mengabadikan Momen Berharga di Sekitar Candi

Seperti yang sudah diketahui, Candi Jawar Ombo memiliki keindahan yang begitu menawan. Tidak jarang, para pengunjung berbondong bondong untuk mengabadikan momen terbaiknya ketika berada di kawasan candi ini. Berkat pemandangan alam sekitarnya yang masih asli dan juga candi yang megah, maka foto dengan latar belakang candi menjadi pilihan yang terbaik.

Semakin lengkap, deretan pepohonan yang cukup rindang mengelilingi candi ini. Jadi, foto yang dihasilkan dari lokasi wisata sejarah ini akan menampilkan yang terbaik. Alhasil, anda bisa mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan ketika berada di sekitar Candi Jawar. Apalagi saat cuaca sedang cerah, maka pemandangan gunung dan candi tampak serasi,

Selain itu, bagi pengunjung yang gemar dengan swafoto bisa memanfaatkan lokasi ini sebagai spot luar ruangan terbaik. Padang rumput yang luas juga memberikan kesempatan pengunjung untuk mengambil angle yang keren. Hal lain yang menarik adalah lokasinya yang jauh dari pusat keramaian, sehingga sangat tenang.

BACA JUGA:  Museum Kesehatan Surabaya - Sejarah, Koleksi, Lokasi & Ragam Aktivitas

3. Piknik Santai

Jika ingin mencari suasana baru untuk merefresh pikiran, tidak ada salahnya piknik di sekitaran candi yang satu ini. Anda bisa dengan mudah menggelar tikar yang anda bawa dari rumah. Di saat yang bersamaan, adna bsia mengeluarkan perbekalan anda untuk disantap di dekat Candi Jawar. Sambil menikmati keindahan alam, anda bisa memanjakan perut dengan bekal bawaan.

Aktivitas Menarik di Candi Jawar Ombo
Image Credit: Google Maps Fachrul Chandra

4. Menikmati Pemandangan Sekitar Candi

Karena berada di kaki Gunung Semeru, maka untuk urusan pemandangan tidak perlu diragukan lagi. Ada banyak keindahan menawan yang bisa anda lihat , seperti view gunung dari kejauhan, pepohonan rindang, sampai dengan awan yang begitu cerah. Tidak hanya itu saja, udara di sekitar kawasan Candi ini juga masih asri karena jauh dari pusat kota yang padat dan penuh polusi.

5. Fotografi

Bagi anda yang memiliki hobi fotografi, maka jangan sampai melewatkan kesempatan untuk memotret candi dan sekitarnya. Keindahan bangunan dari candi ini bisa diabadikan melalui jepretan kamera maupun smartphone canggih. Selain itu, di sekitaran candi ini juga terdapat pemandangan yang indah untuk bahan jepretan menawan.

6. Camping

Suasananya yang begitu tenang dan indah juga menjadi alasan kenapa harus datang ke lokasi ini. Tidak jarang, ada beberapa pengunjung yang memanfaatkan lokasi ini untuk camping. Dengan membawa peralatan tenda dari rumah, maka anda bisa mendapatkan pengalaman menyatu dengan alam lebih mudah. Apalagi suasana di dekatnya sangat indah dan eksotis.

Fasilitas yang Tersedia di Candi Jawar Ombo

Fasilitas Candi Jawar Ombo
Image Credit: Google Maps rijaalfa

Candi unik ini tidak seperti candi candi yang ada di Malang lainnya yang sudah menjadi kawasan wisata. Lokasi candi ini masih jarang ditemui oleh pengunjung, sehingga fasilitas yang tersedia juga kurang memadai.

Bahkan saat berada di sekitar candi, anda hanya akan melihat hamparan padang rumput luas dan pemandangan alam yang menawan.

Meskipun demikian, Candi Jawar Ombo ini memiliki potensi yang begitu besar untuk wisata sejarah ke depannya. Selain merepresentasikan peninggalan sejarah, candi di Malang ini juga memiliki pemandangan yang begitu menawan. Semakin lengkap, udara di sekitar candi tunggal ini sejuk karena berada di kaki gunung Semeru yang indah.