Harga Tiket: Rp 7.500, Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: lereng lawu, Anggrasmanis, Gumeng, Kec. Jenawi, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Pengunjung yang sangat gemar sekali berlibur ke tempat wisata budaya dan sejarah, maka sangat recommended untuk datang ke wisata candi. Salah satu candi yang bisa dijadikan pilihan untuk tempat berlibur ada di Kabupaten Karanganyar, yaitu Candi Kethek. Candi tersebut memiliki keunikan jika dibandingkan dengan candi-candi lainnya.

Tempat wisata berupa candi ini menawarkan spot foto yang amat indah. Candi menyuguhkan keindahan bangunan kuno sisa peninggalan zaman dahulu yang hingga saat ini masih berdiri begitu kokoh dan juga gagah. Anda sangat disarankan untuk datang ke tempat ini bersama dengan buah hati.

Dengan begitu buah hati Anda pun juga bisa mengetahui sejarah tentang tempat tersebut. Sekalipun tidak sebesar Candi yang terdapat di Semarang ataupun Jogja, tapi Candi Kethek yang berada di Kabupaten Karanganyar juga tidak kalah untuk dinikmati oleh Anda beserta dengan keluarga.

Daya Tarik Wisata Candi Kethek

Daya Tarik Wisata Candi Kethek
Image Credit: Google Maps Ari Wibowo

1. Banyak Spot Foto

Beragam daya tarik ditawarkan oleh Candi Kethek, salah satunya yaitu terdapat banyak sekali spot foto instagramable di sana. Bentuk bangunan dari candi yang terbilang unik serta beberapa relief dan arcanya membuat tempat ini tampak begitu artistik. Di tiap-tiap sudut dari Candi, pengunjung akan menemukan spot foto yang sangatlah menarik.

Hal itu tentu saja patut untuk dibagikan di berbagai sosial media. Anda nantinya dapat sekaligus memperoleh pengetahuan mengenai sejarah dibangunnya candi, dikarenakan banyak relief serta arca peninggalan tempo dulu.

Lokasi candi ini memang berada di area dataran tinggi, sehingga hal itu menjadikan nuansa di sekitar candi memiliki hawa yang begitu segar dan juga sejuk. Pastinya suasana ini dimanfaatkan oleh pengunjung untuk bersantai.

Tidak sedikit pengunjung datang untuk mencari ketenangan. Candi berada di lokasi yang terpisah dari Candi Cetho. Di candi tersebut hingga saat ini masih ada beberapa kegiatan ritual yang dilakukan, baik oleh masyarakat sekitar ataupun masyarakat luar kota.

2. Wisata Sejarah

Keberadaan candi sudah diketahui sejak abad ke 18. Namun untuk upaya penggaliannya baru saja dilakukan tahun 2005 lalu oleh Badan Peninggalan Purbakala. Yang pada saat bekerjasama dengan jurusan arkeologi dari UGM serta Pemerintah Daerah Kabupaten Karanganyar.

Melalui proses penggalian itulah bisa ditarik sebuah kesimpulan bahwasanya Candi Kethek merupakan candi peninggalan Agama Hindu. Ditemukan arca kura-kura yang menurut ajaran agama Hindu merupakan jelmaan dewa, yaitu Dewa Wisnu.

Letak dari arca tersebut berada di undakan paling bawah pada teras pertama. Dengan ditemukannya arca ini pulalah akhirnya bisa di perkirakan fungsi dari candi tersebut yaitu sebagai salah satu tempat untuk menebus dosa atau penyembuhan yang dilakukan masyarakat Hindu pada zaman dahulu.

3. Arsitektur Candi Kethek

Daya tarik selanjutnya yaitu arsitektur candi yang begitu menarik dan unik. Candi yang satu ini memang mempunyai bentuk bangunan yang cenderung mirip dengan Candi Sukuh dan Candi Cetho, kemiripan berupa punden berundak. Hal itu pada akhirnya menjadikan tempat tersebut memiliki ciri khas peninggalan budaya Megalit di Nusantara.

Candi yang satu ini juga didirikan di waktu yang sama dengan kedua candi, itu diperkirakan terjadi ketika abad ke 16 Masehi dan abad dari 15 Masehi. Candi Kethek mempunyai empat teras bertingkat dan semua teras mengarah ke arah barat. Tiap-tiap dari teras dihubungkan menggunakan tangga yang terbuat dari batu serta sudah tertata rapi.

Terdapat sebuah bentuk bangunan yang terletak di sisi timur laut di bagian teras pertama. Sedangkan untuk teras kedua dan juga teras ke tiga, Anda akan menemukan bentuk bangunan di bagian sisi Selatan dan Utara.

Sementara di bagian teras yang berada di bagian atas, saat ini telah dibangun istana kecil menggunakan sebuah mahkota berwarna emas di bagian atasnya. Selain itu juga bagian tersebut dibalut menggunakan kain poleng yang merupakan kain khas pulau Bali.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Candi Kethek
Image Credit: Google Maps Raynardthan Pontoh

Candi Kethek memang telah menjadi lokasi piknik di Kota Karanganyar, Jawa Tengah dengan beragam pesonanya yang begitu memukau. Candi ini memiliki pesona yang tampak begitu artistik. Destinasi wisata di Kabupaten Karanganyar ini selalu mampu untuk dijadikan pilihan wisatawan dalam menghabiskan waktu liburan mereka.

Untuk lokasi tepatnya dari Candi Kethek yaitu berada di Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa tengah. Harganya sendiri tidak jauh dari Candi Cetho yang juga cukup terkenal di wilayah Lereng Gunung Lawu. Saat Anda berencana untuk berlibur mengunjungi Candi tersebut, maka jaraknya kurang lebih sejauh 30 km.

Berangkat dari pusat Kota Karanganyar, Anda akan membutuhkan waktu kurang lebih 40 menit perjalanan hingga akhirnya tiba di Candi tersebut. Akses jalan untuk menuju ke tempat ini memang terbilang cukup mudah. Sehingga Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun empat untuk meluncur ke sana.

Jika masih bingung mengenai masalah rute, pengunjung dapat menggunakan bantuan Google Maps. Dengan begitu nantinya Anda bisa memilih mana kira-kira rute terbaik yang harus ditempuh.

Harga Tiket Masuk Candi Kethek

Harga Tiket Masuk Candi Kethek
Image Credit: Google Maps Andi Z Mabbiritta

Perjalanan untuk pergi berlibur memang terasa begitu menyenangkan, terlebih jika disini Anda berlibur bersama dengan sanak famili maupun pasangan Anda. Tidak hanya dengan spot foto instagramable ataupun keindahan alamnya yang menarik saja, tapi harga tiket tempat wisata salah satu hal yang juga menjadi daya tarik bagi pengunjung.

Beragam tempat wisata menarik di Kabupaten Karanganyar memang sangat disarankan untuk Anda jelajahi dan explore menggunakan biaya yang terbilang murah. Begitu juga dengan objek wisata berupa Candi Kethek, Kabupaten Karanganyar ini. Untuk tiket masuknya sendiri Anda hanya akan memerlukan biaya sebesar Rp 7.500 saja pada hari aktif.

Sedangkan jika Anda datang ke tempat wisata ini ketika hari libur, maka biaya tiket masuk akan menjadi Rp 10.000. Perlu diketahui, candi di Kabupaten Karanganyar memberlakukan jam operasional, yaitu pukul 7 pagi dan akan ditutup saat menjelang pukul 5 sore.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Candi Kethek
Image Credit: Google Maps Jogja Towing Service

1. Mengabadikan Moment

Seperti halnya mayoritas candi lain, di Candi Kethek nantinya Anda pun akan mendapatkan sebuah arca dan relief yang merupakan ciri khas. Bentuk dari arsitektur bangunan tempat tersebut memang begitu unik. Hal itu dikarenakan banyak peninggalan dari kerajaan pada masa lalu yang bisa Anda temukan di sana.

Oleh karena itulah, salah satu aktivitas yang tidak boleh untuk Anda lewatkan yaitu mengabadikannya. Abadikan momen di tempat ini pasti akan membuat Anda memperoleh gambar-gambar menarik dan juga Instagramable. Pastikan juga Anda tidak lupa membagikan semua hasil foto di sosial media.

2. Explorasi Area Candi

Jika pengunjung mengamati dengan seksama akan didapati bahwa candi bersejarah ini mempunyai struktur ruang yang serupa seperti candi Sukuh maupun candi Cetho. Kesamaan tersebut bisa dilihat dari punden berundak serta kawasan candi yang berada di satu area.

Hal itu menunjukkan candi ini memang memiliki ciri yaitu berupa bangunan warisan megalit dari tanah air. Candi memiliki reruntuhan yang tersusun 4 teras bertingkat serta menghadap ke bagian barat. Masing-masing dari teras ini dihubungkan menggunakan undakan batu.

Untuk bagian teras pertama Candi Kethek, Anda akan menyaksikan struktur bangunan di bagian timur laut. Sedangkan bagian teras kedua dan bagian teras ketiga, masing-masing tersusun atas dua struktur bangunan di bagian utara dan bagian selatan. Sedangkan untuk bagian teras keempat atau bagian yang paling atas, merupakan salah satu tempat induk candi.

3. Bersantai Menikmati Hawa Sejuk

Area sekitaran Candi memang memiliki hawa yang begitu nyaman dan sejuk untuk dinikmati. Setelah Anda lelah mengeksplor area wisata ini, maka aktivitas selanjutnya yang juga sangat disarankan yaitu duduk bersantai. Hawa sejuk dengan udaranya yang dingin akan membuat siapapun merasa betah berada di sana.

Fasilitas yang Tersedia di Candi Kethek

Fasilitas Candi Kethek
Image Credit: Google Maps aryandi supriyanto

Candi Kethek menjadi salah satu tempat wisata yang bagus dan populer di Kabupaten Karanganyar. Tempat ini sudah diberdayakan dengan sangat baik, sehingga tidak susah untuk menemukan fasilitas yang tersedia di sana. Beberapa fasilitas yang bisa Anda temukan seperti adanya pusat Informasi untuk pengunjung yang ingin bertanya.

Selain itu, fasilitas umum lain seperti toilet maupun area parkir kendaraan juga sudah tersedia. Bagi Anda yang ingin duduk bersantai sambil menikmati keindahan alam, maka bisa duduk di Gazebo yang bisa dinikmati secara gratis.

Untuk yang merasa lapar ataupun haus, bisa sejenak mampir di warung. Beragam menu lezat dan murah sudah disediakan di tempat tersebut. Dengan berbagai macam fasilitas yang sudah tersedia, pastinya Anda sebagai pengunjung akan merasa sangat betah berada di sana.

Menikmati keindahan Candi Kethek bersama dengan buah hati, sanak famili ataupun pasangan merupakan aktivitas yang sangat direkomendasikan. Di tempat inilah nantinya Anda akan menemukan wisata budaya dan sejarah yang pastinya akan menambah wawasan Anda tentang khazanah Nusantara.