Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 07.00-20.00 WIB, Alamat: Lodadi, Umbulmartani, Kec. Ngemplak, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Candi Kimpulan adalah salah satu destinasi wisata yang ada di Yogyakarta. Ada banyak hal menarik dari objek wisata ini sehingga membuat banyak orang tertarik untuk mengunjunginya. Menariknya lagi, candi ini ditemukan secara tidak sengaja di UII atau Universitas Islam Indonesia. Beritanya pun banyak muncul di media.

Di Indonesia sebenarnya ada banyak sekali bangunan bersejarah yang bisa ditemukan baik secara tidak sengaja oleh pemilik lahan atau petani. Tapi ada pula yang benar-benar ingin mencari situs yang memiliki catatan kuno didalamnya. Misalnya saja candi Kampung Pulo yang ada di Garut. Jawa Barat.

Candi Kimpulan ditemukan secara tidak sengaja di UII sehingga menimbulkan banyak tanda Tanya. Muncul banyak pertanyaan apakah pihak universitas nanti mau ekskavasi di lahan miliknya? Jika iya pastinya luas lahan dari universitas ini semakin berkurang. Apalagi tempat-tempat bersejarah akan selalu menjadi asset Negara.

Daya Tarik Wisata Candi Kimpulan

Daya Tarik Candi Kimpulan
Image Credit: Google Maps Trisno Ary Budi

1. Memiliki Dua Bangunan

Ada banyak sekali daya tarik atau keunikan yang bisa Anda temukan saat berada di Candi Kimpulan. Yang pertama adalah dua bangunan yang ada di dalam situs bersejarah ini. Anda akan menemukan candi yang terdiri dari dua bangunan di dalamnya yaitu candi induk dan perwarna.

Candi induk bentuknya bujur sangkar. Anda akan menemukan lingga, arca ganesha dan yoni di dalamnya. Ini adalah temuan yang sangat unik sebab sangat jarang ada ketiganya yang bisa ditemukan dalam waktu bersamaan. Sedangkan candi perwara atau pendamping ukurannya jauh lebih kecil dan bentuknya persegi panjang.

2. Tidak Memiliki Tangga Batu

Kemudian, Anda juga akan menemukan sebuah candi yang sangat tinggi tapi tidak ada tangga batunya. Banyak yang beranggapan jika dulu orang-orang akan menaiki tangga dengan menggunakan kayu atau bambu. Sedangkan di atap Candi Kimpulan atau dinding diperkirakan terbuat dari bahan organik tanpa ada bekasnya lagi.

BACA JUGA:  15 Candi di Jogja yang Paling Cantik & Wajib Dikunjungi

Ukuran candi ini sangat minimalis dan polos. Tidak terlihat ukuran, bentuk serta tempat pemujaan seperti candi yang lain. Apalagi dengan lokasinya yang berada di dalam kawasan kampus membuat objek wisata ini semakin menarik untuk dikunjungi. Bila melihat situs bersejarah ini, Anda akan melihat keharmonisan antar umat beragama.

3. Disangga Oleh Batu Kali

Daya Tarik di Candi Kimpulan
Image Credit: Google Maps Halfish Story

Yang menariknya lagi, di Candi Kimpulan ini tubuhnya disangga batu kali atau batu bolder dan juga tanah liat. Sedangkan tubuh candi terbuat dari lapisan tanah liat yang bercampur dengan pasir. Dan selebihnya hingga kedalaman fondasi diisi dengan batu kali yang ukurannya berbeda-beda ada yang ukurannya sampai 1 meter.

Menurut penelitian, setiap 1 cm persegi candi ini bisa menahan beban kurang lebih 250 kg. Bisa dibayangkan seperti apa sistem pemikiran nenek moyang kita yang sudah benar-benar memperhitungkan dunia bangunan. Karena kekuatan ini juga candi ini juga saat ditemukan masih dalam keadaan utuh.

4. Memiliki Koleksi yang Lengkap

Bisa dikatakan jika Candi Kimpulan adalah candi yang paling lengkap sebab di dalamnya bisa ditemukan tempat peribadahan seperti perhiasan hingga manik-manik. Selain itu Anda juga akan menemukan benda purbakala seperti lempeng emas berukuran kecil dengan bentuk bulat dan memiliki lambang Padma.

Selain itu, koleksi lain yang bisa ditemukan dengan mudah saat berada di situs ini adalah perak, perunggu bahkan mata uang perak dengan tulisan huruf jawa kuno. Jadi banyak sekali koleksi yang dimiliki oleh candi ini sehingga membuat orang-orang tertarik untuk melihatnya langsung.

5. Candi yang Sederhana

Dan terakhir adalah pengunjung dapat melihat kesederhanaan dari Candi Kimpulan. Pengunjung bisa melihat tidak adanya ornament di dalam candi. Jadi ornament hanya ada di sudut bangunan saja. Tapi anehnya arca ganesha yang ada di candi utama dan mendampingi lingga yoni memiliki ornament yang sangat detail sekali.

Jadi Anda akan melihat arca ganesha yang begitu mengagumkan saat tiba ke lokasi wisata. Bahkan hingga rambut ganeshanya pun terlihat sangat detail pahatannya. Maka dari itu di waktu luang nanti cobalah sesekali melihat langsung salah satu wisata bersejarah di Yogyakarta ini.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Alamat Candi Kimpulan
Image Credit: Google Maps Arman

Lokasi candi berada di kawasan kampus UII atau tepatnya di dusun Kimpulan, Yogyakarta. UII pun menjadi satu-satunya universitas dengan candi di dalamnya. Bila Anda berada di perpustakaan Universitas Islam Indonesia, posisi candi ada di kiri depan kampus. Jika dilihat dari jalan memang hanya perpustakaan saja.

BACA JUGA:  Candi Bangkal - Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

lalu dimana candinya berada? Meski tidak terlihat langsung saat berada di jalan, tapi ketika Anda sudah berada di perpustakaan maka di balik kaca sudah bisa terlihat candi ini. Letaknya sendiri berada di bawah.

Pada saat ditemukannya candi ini terkubur kurang lebih lima meter. Objek wisata ini tertimbun debu vulkanik dan lahar merapi yang meletus sudah sejak ribuan tahun yang lalu. Jadi dibandingkan dengan situs bersejarah lainnya, candi yang ada di areal kampus ini sangat unik sekali. Selain karena lokasinya, bentuknya juga sangat menarik.

Harga Tiket Masuk ke Candi Kimpulan

Harga Tiket Masuk Candi Kimpulan
Image Credit: Google Maps Danang Koko

Harga masuk ke dalam Candi Kimpulan tidak ada alias gratis. Jadi jika nanti ingin melihat langsung objek wisata ini, Anda harus lapor dulu ke petugas keamanannya. Kemudian, isi dulu buku tamu supaya bisa masuk ke dalamnya. Pak satpam akan mengajak Anda melihat museum UII yang ada di lantai satu dulu.

Perlu diketahui, UII termasuk kampus tertua di Indonesia karena sudah ada sejak tahun 1945. Ada banyak sekali peralatan kampus yang teknologinya masih mengusung teknologi lama seperti mesin ketik, mesin stensil dan yang uniknya lagi adalah skripsi dengan tulisan tangan di dalamnya. Jadi selain dapat melihat candi, jangan lupa untuk kunjungi museum di UII.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Menarik Candi Kimpulan
Image Credit: Google Maps Yudhi Sutopo

1. Menikmati Keindahan Candi

Beragam kegiatan seru bisa Anda lakukan saat berada di Candi Kimpulan. Yang pertama adalah menikmati keindahan candi. Jadi bila Anda berwisata ke tempat ini, keindahan candi sudah pasti menjadi aktivitas pertama yang akan didapatkan.

Meski hanya berupa bangunan persegi saja, tapi keunikan dari bangunan yang ada di situs bersejarah ini membuatnya terlihat mempesona. Jadi jika ingin menyaksikan keindahan ini, silahkan langsung saja datang ke UII karena candi hits ini berada di dalamnya.

BACA JUGA:  Candi Puntadewa - Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

2. Belajar Sejarah

Selain itu, para pengunjung juga dapat memanfaatkan tempat-tempat seperti ini jika ingin mengetahui lebih dekat dengan sejarah dan budaya. Karena bila Anda suka dengan hal-hal yang berbau sejarah, wisata ke situs-situs bersejarah seperti ini menjadi pilihan yang tepat.

Apalagi Candi Kimpulan yang ada di Yogyakarta ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Jadi pastinya bila mengunjungi tempat ini, akan ada banyak sekali hal menarik di dalamnya yang bisa Anda temukan. Bukan Cuma itu saja, tampilan dan ukiran yang mempesona membuat para pengunjung takjub dan betah melihatnya.

3. Mengunjungi Museum UII

Tidak ada salahnya menyelam sambil minum air. Jadi bagi yang mengunjungi destinasi wisata ini, Anda juga bisa kunjungi museum UII dan melihat koleksi-koleksi yang ada di dalamnya. Karena lokasi Candi Kimpulan sendiri ada di dalam kawasan UII sehingga tidak masalah jika Anda ingin melihat museum di dalam universitas ini.

Ada banyak sekali koleksi di museum UII yang bisa dilihat oleh pengunjung wisata. Tapi kebanyakan koleksinya adalah koleksi yang usianya sangat lama mengingat universitas ini memang sudah ada sejak tahun 1945 silam.

Fasilitas yang Tersedia di Candi Kimpulan

Fasilitas Candi Kimpulan
Image Credit: Google Maps LheLur

Fasilitas yang ada di Candi Kimpulan sangat lengkap. Pasalnya lokasi dari objek wisata ini berada di dalam kampus UII. Jadi Anda akan menemukan fasilitas seperti mushola dan kamar mandi. Jika ingin menggunakan kedua fasilitas ini, jangan lupa untuk menjaga kebersihan selalu.

Bukan hanya itu saja, di dalam kampus juga sudah ada warung makan. Jadi Anda bisa temukan tempat makan yang enak saat berwisata ke situs bersejarah ini. Jika sudah mulai lapar, carilah tempat makan dengan menu-menu yang enak dan menggugah selera.

Dan terakhir adalah fasilitas area parkir. Jadi bila datang dengan membawa kendaraan pribadi, tidak perlu khawatir karena sudah ada tempat parkir yang bisa Anda gunakan untuk memarkir kendaraan.

Candi Kimpulan adalah salah satu situs bersejarah di Yogyakarta yang sayang sekali untuk dilewatkan. Apalagi Anda akan menemukan banyak sekali pengetahuan baru tentang sejarah saat mengunjungi tempat wisata yang hits ini. Jadi di waktu luang nanti tidak masalah jika memanfaatkannya dengan mengunjungi candi ini dan objek bersejarah lainnya.