Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 08.00-14.00 WIB, Alamat: Kec. Karangnongko, Kab. Klaten, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Kabupaten Klaten termasuk salah satu wilayah dengan jejak peninggalan kejayaan masa lampau terbanyak di Indonesia. Contohnya seperti Candi Merak, sebuah sisa bangunan yang telah mengalami pemugaran dalam jangka waktu lama setelah pertama kali ditemukan pada tahun 1925.

Keberadaannya sendiri tidak bisa diprediksi secara pasti karena belum ada catatan yang menunjukkannya. Namun, para arkeolog memperkirakan bahwa candi eksotis tersebut didirikan antara abad 8 sampai 9 Masehi bertepatan dengan kejayaan Kerajaan Mataram Kuno. Hal ini juga didukung oleh corak candi di mana bernuansa keyakinan Hindu dan Budha.

Bangunan bekas peribadatan itu sejatinya terdiri dari satu buah saja dengan tinggi mencapai 12 meter. Adapun lebar dan panjang Candi Merak masing-masing pada kisaran angka 13,5 meter serta 8,86 meter. Selebihnya, ada reruntuhan ornamen yang tersebar di halaman candi, juga pohon-pohon turut membuat lingkungannya tampak lebih asri.

Daya Tarik yang Dimiliki Candi Merak

Daya Tarik Candi Merak
Image Credit: Google Maps Eres

1. Konstruksi Candi

Candi Merak menggabungkan 1 bangunan induk dan beberapa reruntuhan pendukung. Bangunan induk dikenal dengan denah berbentuk bujur sangkar di mana pintu masuknya menghadap ke bagian timur. Sementara itu, reruntuhan pendukung atau disebut pula sebagai perwara dibangun menghadap ke sisi barat.

Di sudut lain, Anda akan menemukan tangga tua yang dilengkapi ornamen kalamakara dan terhubung di sisi timur candi eksotis ini. Kemudian, ada relung sejumlah 5 buah yang turut memeriahkan tubuh bangunan warisan budaya tersebut dan satu di antaranya memuat arca.

2. Motif Bangunan

Selain itu, Candi Merak juga dipercantik oleh aneka motif berbentuk geometri yang mengelilingi badan bangunan tua tersebut. Ada pula motif lain berupa tanaman hias dengan berbagai bentuk tersebar pada sudut-sudut reliefnya.

BACA JUGA:  Candi Kethek - Sejarah Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Bunga utama yang ditemukan di candi cantik ini adalah lukisan teratai, di mana menyimbolkan keberuntungan sekaligus kebahagiaan. Tampaknya situs tersebut merupakan tempat peribadatan di masa lampau mengingat ukurannya juga relatif kecil.

3. Suasana Tenang

Udara di Kabupaten Klaten yang berada di antara pegunungan membuat suasana di sekitar sini cenderung tenang. Apalagi, lokasinya masuk ke dalam pemukiman warga dan diberi pagar pembatas sebagai bentuk perlindungan.

Pohon rimbun tubuh subur di sekelilingnya sehingga menghadirkan udara segar saat Anda menarik napas. Pada waktu bersamaan, para pengunjung juga otomatis akan lebih tenang saat berada di sini sebagai uapya penghargaan terhadap warisan budaya dan kepercayaan generasi terdahulu.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Candi Merak
Image Credit: Google Maps Didik Setiawan

Datanglah ke Desa Karangnongko saat ingin menyaksikan cagar budaya bercorak agama Hindu dan Budha. Anda dapat mengemudi kendaraan pribadi atau memilih stasiun terdekat dari lokasi penginapan untuk kemudian mengambil rute ke arah Kecamatan Karangnongko. Jika melewati rute yang tepat, siapa pun dapat melihat-lihat betapa megahnya Candi Merak.

Itu merupakan sebuah cagar budaya yang ditemukan sejak beberapa puluh tahun silam, tetapi baru mengalami pemugaran setelah memasuki era 2011. Sebenarnya mudah saja untuk datang ke sini sebab letaknya cukup strategis di tanah Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Anda dapat memanfaatkan aplikasi peta online guna meminimalkan kebingungan selama mengendara. Disarankan untuk mengajak teman saat hendak melakukan perjalanan agar suasananya jadi lebih seru dan mengasyikkan. Apalagi, kondisi jalan menuju objek bersejarah tersebut sudah cukup bagus sehingga tidak akan terlalu menyulitkan wisatawan.

Harga Tiket Masuk Candi Merak

Harga Tiket Masuk Candi Merak
Image Credit: Google Maps Elyandra Widharta

Pihak pengelola Candi Merak tidak memberlakukan biaya sepeser pun bagi pengunjung agar dapat bermain di area situs budaya ini. Anda dapat mampir kapan saja, sesering dan sebanyak yang diinginkan.

Tentunya Anda tetap harus menyediakan anggaran terpisah untuk membeli makanan atau membayar penginapan. Letaknya yang berada di pemukiman warga memudahkan para wisatawan mencari berbagai referensi dalam memenuhi kebutuhan dasar selama liburan.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Ragam Aktivitas Menarik Candi Merak
Image Credit: Google Maps binawan satriya

1. Piknik dan Bermain Game

Piknik bisa menjadi pilihan terbaik bila Anda berkunjung ke Candi Merak karena tempat ini didesain seperti sebuah taman. Bangunan utamanya memang dibatasi oleh pagar sehingga terpisah dari pemukiman warga. Meskipun begitu, pihak pengelola tetap memberikan kesempatan besar bagi masyarakat luas untuk datang pada waktu-waktu operasional.

BACA JUGA:  Candi Gatotkaca - Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Anda dapat menggelar tikar di pelataran candi atau di luar pagar pembatas, persis di bawah aneka pohon yang tumbuh subur di sekitar sini. Ajak teman atau keluarga untuk menghabiskan waktu bersama sembari melihat-lihat situs bersejarah. Barangkali ini juga dapat menjadi momen paling tepat untuk mengenalkan situs budaya kepada anak-anak.

Pada dasarnya, kegiatan piknik bisa dibuat lebih seru dengan mengadakan permainan tertentu. Libatkan seluruh anggota rombongan, dan yang paling penting, jauhkan sejenak hp dari genggaman setiap orang. Lakukan permainan di mana berlaku hukuman dan hadiah sehingga potensial untuk membangkitkan semangat keterlibatan di dalamnya.

Misalnya, Anda dapat menyuruh pihak yang kalah untuk melakukan hal-hal konyol atau mewujudkan keinginan para pemenang. Terapkan apa pun yang sekiranya mampu membuat setiap orang merasa bersemangat dalam mengikuti permainan tersebut.

2. Belajar Budaya

Candi Merak boleh jadi tidak menyajikan informasi yang lengkap tentang apa-apa yang ada di dalamnya, seperti kapan tepatnya situs itu ditemukan. Namun, bukan berarti Anda tidak punya cara untuk mengetahuinya sama sekali.

Bagaimanapun, lokasinya yang berdiri megah di tengah pemukiman warga dapat menjadi kesempatan emas tersendiri. Khususnya bagi Anda pecinta budaya, tidak ada salahnya untuk mencoba bertanya kepada penduduk sekitar tentang situs eksotis ini.

Misalnya, mengonfirmasi alasan mengapa candi tersebut diberi nama Merak dan bukan burung atau hewan lainnya. Kemudian, mencari tahu bagaimana persisnya itu dapat ditemukan setelah terkubur beberapa ratus tahun, dan masih banyak lagi.

Bahkan jika Anda datang bersama si kecil, ini bisa jadi kesempatan bagus dalam rangka membangun keberaniannya. Anda dapat mengajaknya berkeliling, belajar langsung di lapangan, dan mengkonstruksi pengetahuan secara mandiri.

Ragam Aktivitas Menarik di Candi Merak
Image Credit: Google Maps ayu nur aini

3. Berfoto di Candi Merak

Harus diakui bahwa manusia di masa ini tidak bisa melepaskan diri dari aktivitas berfoto saat bepergian ke berbagai tempat. Termasuk saat mendatangi Candi Merak, Anda dapat pula menjadikannya sebagai rujukan aktivitas guna menghabiskan waktu luang.

BACA JUGA:  Candi Asu Sengi - Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Tentunya kegiatan berfoto akan lebih seru jika dilaksanakan setelah puas melihat-lihat seluruh sudut candi. Pilihan lainnya itu juga dapat dijalankan secara bersamaan di mana Anda berkeliling sembari mengabadikan beragam momen menarik.

Hanya saja, jangan sampai sekadar asyik memotret tanpa ada usaha untuk menambah pengetahuan tentang budaya dan sejarah. Akan sangat disayangkan jika datang ke situs sejarah, tetapi tidak sedikit pun merasakan penambahan wawasan tentang candi-candi yang ada di Indonesia, khususnya wilayah Jawa Tengah.

4. Menjelajah

Tidak ingin sebatas melihat-lihat candi yang telah melewati pemugaran? Ada baiknya Anda mencoba berkeliling di kompleks bangunan eksotis ini. Kunjungi setiap sudut yang mungkin menyimpan keunikan dan informasi penting agar waktu Anda berlalu dengan menyenangkan.

Dari jalan-jalan yang dilewati warga, pelataran candi, tangga-tangga tua, semuanya dapat Anda jelajahi. Kegiatan semacam ini bagus bila dirangkaikan dengan pembuatan video rekaman, barangkali untuk tujuan edukasi atau yang semisalnya.

Fasilitas yang Tersedia di Candi Merak

Fasilitas Candi Merak
Image Credit: Google Maps Ellyta Agnes

Walaupun Candi Merak belum mampu menyamai dua candi terpopuler di Jawa Tengah, yakni Prambanan dan Borobudur, tetapi keberadaannya cukup diperhitungkan. Tidak heran bila pihak pengelola menyediakan aneka fasilitas guna memanjakan pengunjung sehingga mau menghabiskan waktu liburan mereka di sini.

Ini merupakan destinasi berbasis sejarah dan budaya yang menghadirkan fasilitas dasar seperti kamar mandi, area parkiran memadai, hingga musala. Bahkan, jika ingin menginap di sekitarnya, itu juga mungkin untuk dilakukan dengan bermodalkan biaya terjangkau. Demikian pula jika Anda ingin mencari makanan saat siang hari atau sekadar ingin menyemil.

Potensi wisata di kawasan cantik ini seolah semakin lengkap dengan adanya tempat duduk untuk beristirahat. Di sisi lain, tentu saja Anda punya kesempatan melakukan penjelajahan di induk candi atau melihat-lihat relung dan arca sebagai pelengkapnya. Pada dasarnya, tempat ini didesain seperti taman budaya di mana candi adalah ikon yang sengaja ditonjolkan.

Candi Merak tampaknya perlu mendapat perhatian lebih banyak dari masyarakat dan pemerintah lokal agar mampu bersaing dengan objek budaya lainnya di Jawa Tengah. Pasalnya, provinsi bersejarah ini mempunyai begitu banyak candi yang tersebar di atas wilayahnya.