Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Karangsari, Dieng Kulon, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Candi Puntadewa diperkirakan sudah ada sejak abad ke 9. Situs sejarah ini memang termasuk Candi hindu yang dapat dibuktikan dari beberapa ukiran. Disana sudah ada Candi dengan klasifikasi atau kelompok yang berbeda. Candi masih ada yang mempunyai bentuk bangunan lama serta terdapat pula yang mengalami pamugaran.

Berkunjung ke Candi Puntadewa dijamin tidak akan kecewa. Apalagi kawasan sudah mempunyai peninggalan sejarah dengan huruf kuno yang begitu unik. Wisatawan sering pula bertanya tentang sejarah dari destinasi yang ada di Banjarnegara ini kepada petugas penjaga.

Traveller juga dapat menikmati angin yang sejuk dengan suasana nyaman karena tempat masih melestarikan tumbuhan. Tempat ini memang cocok sebagai sarana edukasi sekaligus bersantai. Anda bisa pula menjadikan wisatawan cantik itu sebagai spot mencari beberapa obyek foto.

Daya Tarik Wisata Candi Puntadewa

Daya Tarik Candi Puntadewa
Image Credit: Google Maps Kawi Boedisetio

1. Struktur Bangunan

Candi Puntadewa mempunyai struktur bangunan yang menjorok ke bagian luar. Seni arsitektur ini menunjukkan bahwa Candi termasuk bangunan lokal. Atap memiliki bentuk palang serta dilengkapi beberapa ornamen Candi. Pondasi pun tampak tinggi yang membuat struktur dari wisata terlihat kokoh meskipun sudah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu.

Para tamu bisa mengunjungi setiap sudut Candi untuk melihat arsitektur. Bangunan ini banyak yang disusun dari batu andesit serta jenis batu lain. Selain itu seni bangunan juga masih menggunakan budaya khas dari India. Keunikan destinasi memang menarik mata karena perpaduan beberapa budaya yang menghasilkan arsitektur estetik dan cantik.

2. Kelompok Candi

Berkunjung ke wisata sejarah tentu membuat setiap orang merasa gembira. Puntadewa tidak hanya memiliki satu Candi yang berdiri. Tetapi di area terlihat kelompok Candi yang begitu banyak berdasarkan nama dan keunikan masing-masing. Traveller bisa melihat kelompok candi arjuna, gatutkaca, bima, serta dwarawati yang sudah berjejer di kawasan.

BACA JUGA:  Candi Penataran - Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Setiap kelompok tentu mempunyai ukuran dan bentuk berbeda. Namun kelompok Candi itu tetap memiliki arca serta ukiran yang membuat pengunjung selalu terkesima. Anda dapat belajar banyak hal saat datang karena kawasan wisata memberikan Candi yang begitu unik. Bahkan wisatawan juga boleh berjelajah ke Candi mana pun yang sudah tersedia.

3. Lahan yang Luas

Candi Puntadewa berdiri di atas lahan 2000 meter yang tergolong luas. Traveller tentu bisa sesuka hati keliling ke mana saja karena setiap sudut menawarkan arsitektur berbeda. Hampir setiap hari area wisata cantik ini tidak pernah sepi. Apalagi ketika akhir pekan maka pengunjung dapat melihat lahan Candi yang sudah dipenuhi rombongan keluarga.

Disana Anda bisa menemukan prasasti yang masih ada hingga saat ini. Prasasti itu masih memakai tulisan jawa kuno dan huruf sansekerta. Lalu pelancong juga dapat melihat arca syiwa yang dijaga dengan baik sebagai peninggalan sejarah. Setiap liburan ke situs bersejarah ini para tamu selalu jalan santai sambil menjepret obyek mulai dari Candi, arca, hingga prasasti.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Alamat Candi Puntadewa
Image Credit: Google Maps Aryadi Darwanto

Candi Puntadewa tepat berada di Desa Karangsari, Dieng, Jawa Tengah. Peninggalan sejarah yang sudah disimpan cukup baik di dalam destinasi ini selalu menjadi sorotan. Sudah banyak wisatawan yang mengetahui lokasi Candi karena tidak begitu jauh dari Banjarnegara. Bahkan para tamu sering melewati rute dari area itu karena memang mudah dijangkau.

Pengunjung setempat dan luar daerah dapat berkendara dari Jalan Ajibarang Secang. Lalu Anda akan bertemu Jalan Raya Timur Wanadadi, lurus saja sampai Jalan Raya Banjarmangu. Tidak jauh dari sana lurus ke arah Jalan Raya Karangkobar. Setelah itu traveller bisa langsung menuju Jalan Pejawaran dan mulai masuk ke Jalan Raya Wanayasa yang termasuk Dieng.

Candi sudah terpampang dengan tulisan yang cukup besar di bagian depan. Tak hanya itu, papan petunjuk yang menunjukkan arah ke wisata sejarah itu pun sudah cukup banyak. Anda hanya perlu mengikuti setiap rute agar tidak tersasar. Jika perlu tanya saja ke warga jika sudah masuk ke kawasan desa untuk mengetahui lebih rinci mengenai destinasi ini.

Harga Tiket Masuk ke Candi Puntadewa

Harga Tiket Masuk Candi Puntadewa
Image Credit: Google Maps Kawi Boedisetio

Candi Puntadewa menyediakan harga masuk yang tidak begitu mahal. Pelancong butuh biaya Rp 10.000 saja untuk menikmati semua bangunan di dalam destinasi. Pada area itu memang cukup banyak Candi yang berdiri kokoh. Jika pengunjung ingin melihat setiap kelompok Candi maka tidak perlu menambah budget lagi karena sudah termasuk biaya itu.

BACA JUGA:  Benteng Karang Bolong - Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Sedangkan harga parkir untuk kendaraan bermotor masih sama seperti obyek rekreasi lain. Anda yang membawa mobil dapat menyiapkan uang parkir Rp 5.000. Tetapi jika para tamu mengendarai sepeda motor maka cukup membayar parkir Rp 2.000 saja. Wisatawan pasti tidak merasa berat dengan harga yang telah ditentukan oleh pengelola dari Candi hits ini.

Destinasi menawan tersebut juga buka setiap hari sesuai jam kunjungan dari pagi hingga sore. Rumah makan tentu tidak terlalu jauh karena bisa dikunjungi dengan jalan kaki saat berada di Candi. Pelancong yang ingin memanjakan perut maka dapat menyiapkan budget mulai Rp 5.000. Pilihan makanan pasti membuat Anda semakin betah ketika berkunjung.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Menarik Candi Puntadewa
Image Credit: Google Maps Lara Pamungkas

1. Edukasi Sejarah

Candi Puntadewa sudah tergolong sebagai tempat rekreasi yang mempunyai sejarah tersendiri. Edukasi di dalam Candi menambah ilmu pengetahuan setiap orang. Traveller dapat membaca beberapa tulisan yang memakai jawa kuno. Namun tenang saja disana ada pula petugas yang akan menjelaskan arti dari tulisan di area Candi tersebut.

2. Berkeliling

Pengunjung sudah banyak yang tahu bahwa lahan di dalam Candi begitu luas. Berjalan santai untuk mengelilingi kawasan wisata memang menguras tenaga karena tempat yang tidak sempit. Apalagi setiap bagian sudut Candi sudah menyiapkan arsitektur bangunan berbeda. Sehingga Anda yang berkeliling tidak akan terasa lelah saat melihat Candi.

3. Melepas Penat

Aktivitas Menarik di Candi Puntadewa
Image Credit: Google Maps Lara Pamungkas

Candi Puntadewa masih mempunyai tempat yang asri di sekitar. Hal itu dapat dilihat dari rumput liar dan pohon yang berdiri di setiap area. Traveller pasti senang saat melepas penat di beberapa kursi yang dekat dengan tanaman tersebut. Apalagi kursi yang disediakan pengelola tampak menghadap Candi, sehingga melepas penat disana sangat pas dicoba.

BACA JUGA:  Museum Keris Nusantara - Sejarah, Koleksi, Lokasi & Ragam Aktivitas

4. Bersepeda

Bagi pengunjung yang suka bersepeda bisa datang ke Candi Puntadewa dengan membawa sepeda ontel. Kawasan luar Candi masih begitu luas dan sepi sehingga cocok untuk bersepeda. Suasana alam pun dapat dirasakan karena masih ada tanaman hijau di sepanjang Candi. Jadi pelancong tidak akan jenuh jika ingin bermain sepeda dengan orang terdekat.

5. Menjepret Foto

Wisata memang menyuguhkan kelompok Candi berdasarkan nama dan ukuran. Wisatawan dapat menjepret foto jika menelusuri setiap kelompok tersebut. Ukiran, arca, hingga prasasti yang melengkapi keindahan di dalam destinasi pun menjadi obyek yang tidak boleh dilewatkan. Maka dari itu jangan lupa berpose dengan background dari bangunan Candi itu.

Fasilitas yang Tersedia di Candi Puntadewa

Fasilitas Candi Puntadewa
Image Credit: Google Maps Aryadi Darwanto

Kawasan candi telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang terlihat memadai. Mushola dapat Anda temukan di dekat Candi Puntadewa, biasanya pelancong sering mencari fasilitas ini ketika liburan. Spot foto dengan beragam background tersedia di area. Spot membeli buah tangan untuk kerabat terlihat berjejer di depan, jadi tamu bisa membeli secara mudah.

Toilet yang gratis serta luas melengkapi fasilitas di dalam wisata. Bahkan sudah tampak warung nasi yang ada di sepanjang kawasan. Wisatawan yang tidak ingin membawa bekal bisa langsung mampir ke rumah makan tersebut. Kursi terlihat cukup banyak untuk tempat duduk traveller ketika menghabiskan waktu di kawasan destinasi hits ini.

Fasilitas lain di Candi Puntadewa dapat dilihat dari area tempat parkir kendaraan umum. Lahan wisata memang termasuk luas, sehingga parkir kendaraan apapun tentu mudah. Spot menambah wawasan disana juga tersedia karena Candi sudah memiliki tulisan huruf jawa. Pusat informasi pun menjadi fasilitas penunjang yang disiapkan oleh pengelola.

Candi Puntadewa menjadi tempat wisata yang selalu memikat para pelancong. Bangunan yang masih dilestarikan membuat destinasi menjadi incaran dari beberapa kalangan. Apalagi sekarang sudah banyak pamugaran yang dilakukan untuk memperbaiki wisata. Jadi berkunjung ke Candi bersama kerabat tentu tidak akan membuat Anda merasa jenuh.