Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Jl. Raya Trowulan, Jatirejo, Temon, Kec. Trowulan, Kab. Mojokerto, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Jika pengunjung tengah mencari tempat wisata murah di Kota Mojokerto yang saat ini sedang populer dengan beragam spot instagenicnya, maka sangat disarankan untuk datang ke Candi Tikus. Bangunan yang sangat artistik tersebut adalah peninggalan dari kerajaan di masa lalu. Tentunya Anda akan menyaksikan salah satu situs bersejarah yang berusia ratusan tahun.

Sekalipun telah dimakan usia, tapi nyatanya bangunan candi yang terdapat di Kota Mojokerto ini masih tampak utuh dan menarik untuk disaksikan. Sangat cocok untuk Anda kunjungi bersama pasangan, kerabat ataupun teman saat hari libur. Jangan lewatkan kesempatan untuk menyaksikan spot-spot terbaik yang disuguhkan oleh tempat ini.

Berkunjung ke wisata alam tentunya merupakan salah satu kegiatan yang sudah mainstream. Karena itu, tak ada salahnya menjajal suasana lain untuk berada di candi Mojokerto tersebut. Saat libur tiba, maka jangan ragu untuk segera berangkat ke Kota Mojokerto dan menjejakkan kaki di wisata candi yang satu ini.

Daya Tarik Wisata Candi Tikus

Daya Tarik Candi Tikus
Image Credit: Google Maps tony_

1. Arsitektur Bangunan yang Indah

Candi Tikus awal kali ditemukan yaitu pada tahun 1914 oleh masyarakat sekitar secara tidak sengaja. Saat itu kondisi candi masih berada di bawah tanah mencapai kedalaman 3,5 m. Struktur candi ini terdiri atas bagian tubuh, atap serta kaki candi. Untuk bagian kakinya memiliki ukuran tinggi 1,5 meter serta panjang 7,5 meter.

Candi yang berada di Kota Mojokerto tersebut memiliki bentuk persegi. Di bagian utara dan timur Anda akan menemukan sebuah menara semu yang jumlahnya 5 buah. Bagian atas dari bangunan candi terdapat menara juga yang memiliki jumlah 4 buah di tiap sudutnya. Menara paling besar bisa Anda temukan di bagian tengah yang tingginya hampir 3 meter.

Untuk bagian kakinya terdapat sebuah saluran air yang tertutup. Saluran air tersebut memiliki lebar 17 cm serta kedalamannya mencapai 54 cm dan mengelilingi kaki candi. Saluran air tersebut dipakai untuk memasukkan air ke dalam pancuran sepanjang dari bangunan candi tersebut.

BACA JUGA:  10 Objek Wisata Candi di Jawa Tengah yang Populer

Secara keseluruhan jika Anda menyaksikan bangunan candi ini akan tampak begitu menarik. Inilah yang menjadi daya tarik mengapa banyak wisatawan datang untuk menyaksikannya langsung.

2. Tempat Mandi Putri Kerajaan

Oleh karena bentuk dari Candi Tikus berbeda jika dibandingkan dengan candi-candi lain pada umumnya sempat terjadi perdebatan antara para pakar sejarah mengenai fungsi dari candi. Beberapa berpendapat bahwasanya candi tersebut adalah tempat yang digunakan sebagai penampungan air serta kolam dengan beberapa struktur bangunan yang terdapat di dalam.

Oleh karena bentuknya yang menyerupai taman serta tidak bisa dimasuki untuk acara besar maupun aktivitas tertentu. Tapi tidak sedikit pakar sejarah yang menganggap bahwa Candi ini dulunya adalah salah satu tempat yang digunakan sebagai area pemandian bagi putri Kerajaan Majapahit pada zaman dahulu.

Terlepas dari manakah perkiraan yang benar mengenai fungsi Candi Tikus, namun yang pasti Candi ini merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit yang sudah berusia ratusan tahun. Dan Anda akan memiliki kesempatan untuk memegang bangunan yang usianya bahkan jauh melebihi usia kakek dan nenek Anda.

3. Spot Instagenik

Candi Kota Mojokerto ini sekalipun berukuran tidak besar namun memang cukup unik. Seperti halnya tempat wisata yang mampu menyajikan sejarah lainnya, daya tarik yang dimiliki oleh tempat tersebut yaitu spot foto yang mengagumkan. Wisatawan bisa menjadikan tiap sudut dari Candi sebagai spot foto indah dan unik.

Nantinya Anda dapat menjadikan Candi utama sebagai latar belakang foto atau pengunjung bisa menggunakan anak tangga serta membelakangi area candi. Bahkan ketika Anda datang ke tempat tersebut saat kolam tengah surut, Anda berkesempatan untuk turun ke bagian lorong bawah.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Candi Tikus
Image Credit: Google Maps hilda zumrona

Sebagai salah satu tempat wisata yang terkenal dan populer di Kota Mojokerto, Jawa Timur, Candi Tikus untuk dikunjungi oleh Anda yang berasal dari luar kota ataupun luar pulau. Akses jalan menuju candi sudah sangat baik, sehingga perjalanan pun akan terasa nyaman.

Lokasi tepatnya Candi yaitu berada di Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur. Nikmati keseruan holiday bersama dengan kerabat Anda. Pengalaman berlibur ke tempat ini tentu tak bisa didapatkan di tempat lain. Untuk jaraknya sendiri jika Anda berangkat dari pusat Kota Mojokerto, maka akan dibutuhkan waktu kurang lebih 30 menit.

BACA JUGA:  Candi Jawar Ombo - Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Sebaiknya gunakan motor atau mobil pribadi supaya perjalanan jadi lebih leluasa. Selain itu, Anda bisa mengunjungi tempat wisata lain yang disuguhkan oleh Kota Mojokerto bagi pengunjung. Google Maps nantinya akan membantu Anda untuk memperoleh rute terbaik menuju ke tempat ini.

Harga Tiket Masuk Candi Tikus

Harga Tiket Masuk Candi Tikus
Image Credit: Google Maps Syifa Rahma

Tempat wisata berupa Candi Tikus Mojokerto memang terkenal sangat ramah di kantong. Bagaimana tidak, karena untuk bisa memasuki area tempat wisata pengunjung hanya akan dikenakan biaya Rp 3.000 saja. Itulah akhirnya yang menyebabkan pengunjung tidak ragu untuk segera meluncur ke tempat ini.

Jangan sia-siakan kesempatan untuk mengeksplorasi setiap sudut wilayah tempat tersebut agar Anda merasa puas telah datang ke tempat ini. Tempat wisata tersebut dibuka setiap hari dan tidak memberlakukan waktu libur sekalipun tanggal merah. Untuk jam operasionalnya Anda dapat datang pada pukul 08.00 dan tempat ini akan ditutup pada pukul 16. 00.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Menarik Candi Tikus
Image Credit: Google Maps Pak Puh

1. Keindahan Alam Sekitar

Menyaksikan keindahan alam sekitar bisa dilakukan wisatawan ketika berada di Candi Tikus. Lingkungan yang terdapat di Candi memang begitu Asri. Rumput Hijau tumbuh dengan begitu subur di area sekeliling candi. Nantinya Anda pun bisa bersantai sambil duduk di atas rumputan.

2. Menyaksikan Keunikan Candi Tikus

Saat berkunjung ke tempat tersebut, wisatawan mungkin akan merasa terheran-heran karena bangunan candi ini cenderung berbeda dari candi lainnya. Jika candi pada umumnya berukuran tinggi besar, maka Candi tersebut memiliki ukuran yang kecil. Bahkan letaknya lebih rendah dari area permukaan tanah yang ada di sekitarnya.

Karena itu, wisatawan harus menuruni tangga dan turun ke bawah untuk bisa menyaksikan Candi dari dekat. Bangunan hanya terdiri satu rumpun saja dan menancap gagah di tengah-tengah kolam yang dulunya digunakan sebagai area pemandian putri raja.

Di sekelilingnya terdapat bangunan dari batu bata yang sangat kuat serta memiliki bentuk persegi. Ketika musim penghujan kolam dari Candi akan terisi penuh, sedangkan saat musim kemarau tiba kolam tersebut akan kering. Wisatawan bebas untuk turun ke kolam yang berbentuk lorong-lorong tersebut.

Untuk arsitektur bangunannya tempat ini memiliki bentuk yang mengadaptasi dari bangunan khas kerajaan Hindu. Hal itu wajar saja, karena Candi tersebut merupakan peninggalan dari kerajaan yang sempat jaya di nusantara, yaitu Kerajaan Majapahit. Untuk bagian dinding dibuat dari bahan berupa batu bata dan warna merahnya masih jelas terlihat hingga sekarang.

BACA JUGA:  Tugu Pahlawan - Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Candi bersudut lancip dengan bentuk yang ramping. Sekalipun tempat tersebut dinamakan sebagai Candi Tikus, bukan berarti nantinya Anda akan menemukan candi yang memiliki bentuk menyerupai tikus. Atau Jangan berharap Anda akan melihat arca dengan bentuk hewan berupa tikus karena memang itu tidak ada di sana.

3. Tangkap Momen Indah

Menghabiskan hari libur ketika akhir pekan di tempat wisata yang ada di Kota Mojokerto tersebut, maka Anda akan disuguhkan banyak sekali spot foto yang instagenic dan mengundang decak kagum siapa saja yang melihat.

Selain berkeliling dengan menikmati bangunan yang begitu indah serta nuansa yang damai dari Candi, Anda jangan pernah melewatkan kegiatan terbaik di sana, yaitu menangkap momen indah menggunakan jepretan foto.

Hunting foto untuk Instagram memang sangat disarankan, bahkan tak sedikit pengunjung yang menjadikan area tersebut sebagai lokasi untuk foto prewed. Karena itulah, pastikan smartphone Anda telah terisi penuh dengan baterai agar puas berfoto di tempat ini.

Fasilitas yang Tersedia di Candi Tikus

Fasilitas Candi Tikus
Image Credit: Google Maps Bagus Fery Yanto

Candi Tikus Mojokerto akan mampu memanjakan pengunjung yang datang dengan beragam daya tarik serta fasilitas yang disediakan di sana. Fasilitas terbilang cukup lengkap, seperti area parkir kendaraan yang luas dan juga aman di sekitar candi.

Terdapat pula pusat Informasi di loket masuk untuk memasuki wilayah wisata candi. Tidak perlu bingung saat ingin menjalankan ibadah, karena di sekitar tempat wisata telah disediakan tempat ibadah.

Begitu pula bagi Anda yang merasa lapar, maka bisa segera meluncur ke rumah makan yang ada di sana. Untuk masalah oleh-oleh, maka pusat cenderamata akan memberikan banyak pilihan oleh-oleh yang dapat Anda berikan pada kerabat di rumah.

Candi Tikus termasuk destinasi wisata yang murah dan sangat cocok untuk dikunjungi bersama pasangan dan keluarga. Terlebih jika Anda membawa buah hati, maka Anda bisa sekalian memberikan pengetahuan mengenai sejarah masa lalu pada mereka. Oleh karena itu, rencanakan segera liburan Anda menuju ke Kota Mojokerto sekarang juga.