Harga Tiket: Rp 30.000, Jam Operasional: 10.00-15.00 WIB, Alamat: Jl. Veteran, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

De Mata Trick Eye Museum adalah salah satu bangunan museum lukisan 3D paling banyak di dunia. Jumlah lukisan maksimal 120 dan ada konsep realistik menggunakan background untuk pose. Ukuran gambar bervariasi dari ukuran normal hingga 5 meter. Lukisan datang dalam berbagai kategori, termasuk ornamen, lanskap, olahraga, dan karakter terkenal

Konsepnya real, jadi pengunjung tidak perlu heran jika foto tiba-tiba terlihat keluar dari bingkai. Museum ini juga memiliki konsep tata ruang yang bagus seperti labirin panjang. Koleksi lukisan mempesona yang terus diperbarui membuat pengunjung tidak bosan. Karena itu, pengunjung tidak akan rugi jika berencana berkunjung lebih dari satu kali

Aktivitas Menarik di De Mata Trick Eye Museum

Aktivitas Menarik De Mata Trick Eye Museum
Image Credit: Google Maps Icha Ajie

1. Horror Room

Anda akan dapat menemukan banyak sekali wahana yang ada di museum satu ini. Salah satu yang bisa ditemukan yaitu wahana Horror Room. Wahana ini merupakan bagian dari museum d’walik yang ada di De Mata Trick Eye. Di Dalamnya, anda akan melihat berbagai ornamen darah yang sangat emnakutkan disebuah baguanan rumah sakit jiwa kosong.

Jika anda memasuki ruangan ini, jangan lupa untuk mengabadikan gambar untuk mendapatkan pengalaman fotografi yang unik dan tidak terlupakan. Selain itu, anda juga dapat menemukan benda pendukung untuk aksesoris foto seperti tengkorak darah dan juga rayap yang memberikan kesan berbeda. Jika suka wisata horor, wajib dikunjungi wahana ini.

2. Mengunjungi Ruang Ilusi D’Walik

Tempat ini merupakan sebuah ruang ilusi dengan berbagai konsep yang berbeda. Anda bisa menemukan ruangan dengan tema kamar bayi, studio musik, bengkel, angkringan, rumah sakit jiwa dan sebagainya. Anda bisa memasuki semua ruangan yang ada dan rasakan perbedaan suasana yang ada di setiap ruangan yang telah ada.

Dengan melihat wahana ini, anda bisa mengambil foto dengan berbagai pose mulai dari interaktif, ekspresif sampai dengan yang menghibur. Semua fitur yang ada ditempat ini diletakkan dengan posisi yang terbalik yang akan memberikan kesan bahwa anda sedang berdiri di atap atau dinding ruangan. Sehingga efek fotonya akan tampak seperti di ruangan terbalik.

BACA JUGA:  Museum Dirgantara Jogja - Sejarah, Koleksi, Tiket & Ragam Aktivitas

3. Berfoto Bersama Karakter Film

Bagi anda yang suka dengan berbagai jenis film aksi fantasi dan juga fiksi ilmiah pastinya sudah tidak asing dengan tokoh avatar dan juga Wolverine. Di wahana De Arca ini anda bisa berfoto bersama para karakter fiksi yang menjadi impian bagi semua pecinta film. Jangan pernah lewatkan kesempatan unik ini ketika mengunjungi De Mata Trick Eye Museum.

Replika dari karakter tokoh tersebut bisa anda temukan dengan ukuran yang cukup tinggi yaitu sekitar 3 meter. selain itu, anda juga dapat menemukan beberapa darth vader’s yang siap untuk dijadikan sebagai teman berfoto anda. Selanjutnya, anda juga bisa mengoleksi foto dengan replika Wolverine dengan tangan pisau uniknya.

4. Anti Gravity

Berikutnya, anda dapat menemukan sebuah ruangan yang tidak kalah unik dari lainnya yang ada di D’walik Museum . Wahana ini bernama anti gravity yang memiliki ruangan pangkas rambut dengan sudut 90 derajat, ruang angkringan dan juga ruang disko. Ruangan ini didekorasi sedemikian rupa agar memberikan kesan pengalaman yang berbeda.

Seperti contohnya sebuah ruangan tata rambut, yang menuntut anda untuk berpikir kreatif agar menciptakan suasana foto yang ekspresif dan juga unik. Ruangan ini bisa difungsikan sebagai tempat untuk mengekspresikan diri bagi para pengunjung. Anda bisa menunjukkan berbagai jenis ekspresi dan juga pose sesuai dengan keinginan.

Aktivitas Menarik di De Mata Trick Eye Museum
Image Credit: Google Maps Djo Closet

5. Magic Corner

Wahana berikutnya adalah sebuah tempat Magic Corner yang ditujukan bagi anda pecinta dunia ilusi dan juga magic. Sebagai contoh, anda akan dapat merasakan sensasi seperti tertusuk oleh ratusan pisau yang membuat tubuh anda terasa hancur. Terdengar sangat mengerikan, namun anda akan mendapatkan hasil tangkapan gambar yang memukau.

Gambar foto yang dihasilkan akan sangat meyakinkan meskipun hanya sekedar rangkaian gambar ilusi. Sudut ajaib ini terletak di lobi tiket dan menarik banyak pengunjung yang ingin menikmati sensasinya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk datang ke sini untuk mencoba pengalaman fotografi yang berbeda ini di setiap sudut bagiannya.

6. D’Walik Green Screen Technology

Studio satu ini merupakan wahana baru yang dimunculkan oleh De Mata Trick Eye Museum sebagai bentuk pengembanagn tekonoli yang ada di D’Walik. Teknologi ini didesain berbeda dengan yang ditawarkan oleh wahana De Mata 2. Wahana ini menampilkan tema yang benar-benar anti mainstream dengan menghadirkan spot foto yang lebih menarik dan memukau.

BACA JUGA:  Museum Wayang Kekayon - Sejarah, Koleksi, Tiket & Ragam Aktivitas

Anda akan merasakan sensasi yang berbeda dari wahana yang sebelumnya. Di Lokasi ini, anda akan dapat mengambil gambar dengan latar yang menarik dan seperti diambil oleh tenaga ahli fotografi profesional. Anda wajib mengunjungi wahana satu ini untuk menambah koleksi foto dan melengkapi postingan di akun media sosial terutama instagram.

7. AR De Arca

Di wahana ini anda akan melihat berbagai patung tokoh terkenal dari berbagai profesi pada zamannya. di AR De Arca anda dapat menikmati sensai bagaimana berfoto dengan sultan Kosen yang dinobatkan sebagai manusia tertinggi di Dunia. Selain itu, anda juga dapat berfoto dengan Chandra Dangi yang digadang sebagai manusia terpendek di Dunia.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Museum De Mata Trick Eye Museum
Image Credit: Google Maps Moosavi Ardabili

Lokasi dari museum De Mata Trick Eye ini berada di basement Gedung Umar Kayam yang ada di Pasar Seni, XT square. Atau secara lengkapnya, museum 3 dimensi ini berada di Jalan Veteran rt. 16/ rw. 5 Pandeyan, Umbulharjo di Yogyakarta. Bangunan XT Squre ini merupakan bagunan bekas terminal Yogyakarta yang saat ini digunakan sebagai kawasan kuliner dan kerajinan tangan.

Salah satu cara yang dapat anda gunakan untuk bisa sampai di museum De Mata adalah dengan menggunakan bus trans Jogja. Ketika menggunakan kendaraan ini, anda bisa berhenti di halte depan Rumah Sakit Islam Hidayatullah yang cukup dekat dengan lokasi museum. Jarak yang perlu ditempuh dari rumah sakit ke museum adalah sekitar 0,1 kilometer.

Bus yang berhenti di halte ini melalui rute 2A yaitu melewati daerah malioboro, kemudian ke Terminal Jombor. Setelah itu dilanjutkan lagi menuju Kotagede, UGM, Kridosono dan terakhir di Terminal Condongcatur. Jadi anda bisa mengunjungi tempat wisata Museum ini setelah berkunjung ke Malioboro. Anda juga bisa langsung mengunjungi wisata XT Square.

Selain rute tersebut, anda juga dapat menemukan bus dengan rute 4V yang melalui jalur Terminal Giwangan, tempat Wisata XT Square, dan Balai Kota. Setelah itu dilanjutkan menuju Balai Yasa dan Kridosono. Anda bisa memilih untuk menggunakan bus dengan rute yang mana saja sesuai dengan jalur lokasi wisata yang akan anda tuju.

BACA JUGA:  Candi Sari - Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Jadwal Operasional dan Harga Tiket

Jadwal Operasional De Mata Trick Eye Museum
Image Credit: Google Maps Jogja Baguus

Seperti tempat wisata lainnya, museum De Mata Trick Eye ini juga menerapkan jam kunjungan yang perlu diketahui oleh seluruh wisatawan. Museum De Mata bisa anda kunjungi pada pukul 10 pagi hingga 6 sore dan dibuka setiap hari. Disarankan bagi anda untuk mengunjungi museum ini di waktu pagi hari karena pengunjungnya yang masih sepi dan tidak terlalu padat.

Harga tiket masuk museum ini tergantung dengan wahana yang anda kunjungi. Penetapan harga sesuai dengan wahana, aturan jam dan juga hari anda berkunjung. Untuk tiket masuk De Mata 1, De Mata 2, De Arca,dan D’Walik masing-masing dibandrol dengan harga Rp 30.000 jika berkunjung pada pukul 10.00 sampai 15.00. sedangkan jika berkunjung pada pukul 15.00 sampai 18.00 akan dikenakan biaya sebesar Rp. 40.000.

Kemudian jika anda mengunjungi De mata Trick Eye Museum pada waktu liburan dan juga weekend, anda akn dikenakan biaya Rp 50.000 untuk setiap wahana yang dituju. Selain itu, anda juga dapat menikmati semua wahana dengan menggunakan tiket terusan seharga Rp 100.000 saat pukul 10.00 – 15.00, Rp 120.000 pukul 15.00 – 18.00 dan Rp 140.000 saat hari libur.

Fasilitas yang Tersedia di De Mata Trick Eye Museum

Fasilitas De Mata Trick Eye Museum
Image Credit: Google Maps Papa Yuna

Museum De Mata ini menawarkan berbagai fasilitas yang dapat menunjang kegiatan fotografi ada saat berkunjung. Beberapa fasilitas yang dapat ditemukan yaitu bangku kecil dan juga tangga yang dapat digunakan untuk meningkatkan efek 3 dimensi yang dihasilkan saat mengambil gambar dengan pose yang unik, kreatif dan ekspresif.

Selain mengambil foto, anda juga dapat beristirahat dengan mengunjungi kantin museum. Di kantin ini anda dapat menemukan berbagai jenis makan dan minuman yang sangat enak dan cukup lengkap. Selain itu, sebagai pengunjung atau wisatawan, anda dapat menggunakan fasilitas wifi gratis yang tersebar di beberapa titik yang ada di museum.

Informasi lengkap tersebut bisa anda jadikan sebagai bahan perbandingan untuk mencari destinasi wisata yang unik dan menarik di Yogyakarta. Bagi anda pecinta fotografi, sangat wajib untuk bisa mengunjungi lokasi ini. Anda akan mendapatkan pengalaman yang unik menarik ketika berkunjung ke museum De Mata Trick Eye ini.