Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Jl. Asia Afrika No.65, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Bagi anda yang menyukai wisata bersejarah, mengunjungi Gedung Merdeka Bandung adalah hal wajib yang perlu dilakukan. Tempat wisata ini bahkan sangat direkomendasikan untuk dikunjungi pertama kali ketika tiba di Bandung. Apalagi gedung megah ini menjadi salah satu saksi peristiwa penting yang terjadi di Kota Bandung.

Tentu saja, tempat wisata sejarah ini bukanlah gedung biasa sebagaimana gedung besar lainnya. Apalagi tempat ini banyak mengenyam berbagai peristiwa penting hingga akhirnya mendapatkan nama ‘Merdeka’ hingga saat ini. Yuk intip informasi penting terkait Gedung Merdeka Bandung hingga cocok dijadikan tempat wisata sebagai berikut.

Sejarah Gedung Merdeka Bandung

Sejarah Gedung Merdeka Bandung
Image Credit: Google Maps Itmam Ardiana

Siapa sangka bangunan megah yang penuh sejarah ini dulunya adalah warung kopi? Meski demikian, gedung ini bukan berasal dari warung kopi biasa sebagaimana yang biasa ditemui di pinggir jalan. Lebih dari itu, Gedung Merdeka Bandung berasal dari sebuah warung kopi istimewa yang awalnya hanya digunakan sebagai tempat berkumpulnya saudagar dari Negeri Kincir Angin Belanda.

Awal mula pembangunan diduga dilakukan pada tahun 1895. Namun bangunan ini akhirnya mulai direnovasi selama 8 tahun dari 1920 hingga 1928. Hingga akhirnya dikenal dengan nama ’Gedung Concordia’ sebagai tempat khusus untuk hiburan dan sosialisasi. Hal ini bahkan menarik perhatian masyarakat hingga ramai dikunjungi setiap sore dan akhir pekan.

Menariknya, inovasi warung kopi yang diubah menjadi Gedung Concordia menjadi tempat khusus yang banyak dikunjungi oleh pemilik kebun. Misalnya saja pemilik perkebunan karet, teh dan pohon kina yang tersebar di sekitar Jawa Barat. Khususnya wilayah Bandung yang menjadi tempat berdirinya kota tersebut.

Ketertarikan pengunjung ke tempat ini pada dasarnya tidak hanya disebabkan oleh acara khusus yang sengaja disajikan. Namun, nuansa megah dan mewah dari Gedung Concordia dengan arsitektur bergaya Eropa yang dibangun oleh Van Galen Last dan Wolff Schoemaker inilah yang menjadi daya tariknya. Gedung megah ini bahkan menjadi bangunan paling terkenal pada masa itu.

Jika anda menelisik dengan teliti hasil arsitektur yang disajikan, keindahan akan tampak dari bagian eksterior hingga interior. Hal ini dibuktikan dari keberadaan ruang dansa dan ruang umum yang sengaja disuguhkan dari marmer italia. Bahkan, anda bisa mengamati penggunaan kayu berkualitas tinggi (eikenhout) pada bagian lantai di ruang bar.

Sayangnya, Gedung Concordia sebagai tempat hiburan dan bersosialisasi ini tak berlangsung lama. Bangunan megah yang sudah dibangun akhirnya berganti nama menjadi ‘Dai Toa Kaikan’ pada tahun 1942 hingga 1945 ketika Belanda kalah dari Jepang. Pemerintahan Jepang bahkan mengalihkan kegunaan bangunan indah ini sebagai tempat pertemuan.

Masa pemerintahan Jepang di Indonesia pun tidak berlangsung lama. Peperangan yang terus terjadi akhirnya membuat Jepang kalah dari sekutu. Bahkan, terdapat peristiwa Bandung Lautan Api yang terjadi pada tahun 1946 untuk memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia. Hingga akhirnya, Dai Toa Kaikan kembali menjadi Gedung Concordia untuk pertunjukan seni dan hiburan.

Meski demikian, Presiden Soekarno akhirnya mengambil alih gedung ini pada tahun 1954. Gedung Concordia bahkan diganti nama menjadi Gedung Merdeka Bandung dan digunakan sebagai tempat digelarnya KAA (Konferensi Asia Afrika). Gedung tersebut bahkan terus dipelihara hingga saat ini dan digunakan sebagai tempat wisata sejarah untuk mengenang jasa para pahlawan.

Tidak berhenti setelah peralihan gedung sebagai tempat penyelenggaraan KAA, pembenahan gedung ini juga dilakukan pada tahun 1968-1970. Pasalnya, tempat ini memiliki fungsi lain sebagai perhelatan nasional dan internasional. Hingga akhirnya, Presiden Soeharto pada tahun 1980 meresmikan seluruh kompleks gedung ini sebagai Museum Konferensi Asia Afrika (KAA).

Daya Tarik Gedung Merdeka Bandung

Daya Tarik Gedung Merdeka Bandung
Image Credit: Google Maps Irfan Irawan

1. Bangunan Bersejarah

Sebagaimana ulasan sebelumnya, Gedung Merdeka Bandung memiliki sejarah panjang yang dapat membuat pengunjung tempat ini mengetahui sejarah penting yang tersimpan di dalamnya. Apalagi tempat ini memiliki nilai penting karena menjadi bukti dari salah satu perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Lebih dari itu, sejarah ini bahkan sudah tertuang dalam beberapa buku yang dituliskan oleh beberapa penulis yang berbeda. Terdapat buku berjudul ‘Braga: Jantung Parijs Van Java (2008) oleh Ridwan H. dan Taufanny N., ‘Panduan Museum Konferensi Asia Afrika (2004) oleh Edi S. Ekadjati, dan ‘The Bandung Connection: Konferensi Asia Afrika di Bandung tahun 1955 (2011) oleh Roeslan A.

2. Benda Cagar Alam

Benda cagar alam juga menjadi daya tarik bagi para pengunjung karena memiliki nilai historis yang tak kalah penting. Lazimnya, benda cagar ini dapat terdiri dari benda-benda penting dan foto yang ada kaitannya langsung dengan Konferensi Asia Afrika. Misalnya saja bola dunia dan peta negara peserta KAA, mesin tik, koleksi perangko, dasa sila 29 bahasa, panel, koleksi buku dan lainnya.

Jika dijabarkan, perwujudan museum ini pada awalnya dilakukan oleh Joop Ave sebagai Ketua Harian Peringatan KAA yang bekerjasama dengan Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler Departemen Luar Negeri RI. Tentu saja, pendirian museum ini sudah dipertimbangkan dengan baik dengan mengusung Museum KAA sebagai museum bertaraf internasional.

Daya Tarik di Gedung Merdeka Bandung
Image Credit: Google Maps Irfan Irawan

3. Pameran Tetap

Selanjutnya, pameran tetap bisa anda nikmati di Gedung Merdeka Bandung karena digunakan sebagai museum internasional. Terdapat sejumlah pameran tetap yang disuguhkan dalam benda tiga dimensi dan diorama terkait peristiwa Konferensi Asia Afrika secara langsung. Dengan demikian, anda bisa menikmati wisata sejarah hingga puas.

4. Fasilitas Pengembangan Wisata

Gedung bersejarah yang dimanfaatkan sebagai Museum Konferensi Asia Afrika juga mendukung fasilitas penting. Terlebih lagi pengembangan ini dititikberatkan pada pemenuhan 3 syarat destinasi wisata, seperti something to see, something to do dan something to buy. Tak ayal jika ruang audio visual, perpustakaan hingga souvenir bisa anda temukan disini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Gedung Merdeka Bandung
Image Credit: Google Maps Baby Oline

Lokasi Gedung Merdeka di Bandung pada dasarnya sangat mudah dijangkau. Apalagi tempat ini menjadi salah satu landmark utama Kota Bandung dengan bentuk arsitektur lama yang masih terjaga. Jika dijabarkan, bangunan ini memiliki panjang 72,50 m dengan lebar 53,50 m dan memiliki tinggi 3 ukuran yang berbeda.

Bangunan ini terletak di Jalan Asia Afrika Nomor 65, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat. Menariknya, lokasi gedung yang berada di pusat kota sangat memudahkan wisatawan untuk mengunjungi tempat ini. Anda bahkan bisa menggunakan bus, kereta api, pesawat terbang maupun kendaraan pribadi ketika mengunjungi bangunan bersejarah yang satu ini.

Gedung Mereda Bandung berjarak sekitar 3 km dari Bandara Husein Sastranegara, 2 km dari Terminal Bus Leuwi Panjang dan 1,5 km dari Stasiun Kereta Api Kota Bandung. Meski demikian, anda bisa menggunakan kendaraan umum berupa Bus Damri ketika mengunjungi tempat ini seorang ini karena melewati jalur yang melintas langsung di depan Gedung Merdeka Bandung.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Harga Tiket Gedung Merdeka
Image Credit: Google Maps Dawai Naluri Prasti

Bagi anda yang tertarik untuk mengunjungi bangunan bersejarah yang satu ini, jangan takut apabila hanya memiliki ketersediaan uang yang terbatas. Menikmati berbagai fasilitas dan keindahan yang ditawarkan bisa dilakukan gratis tanpa biaya sepeserpun. Meski demikian, pengunjung Gedung Merdeka Bandung wajib melakukan reservasi terlebih dahulu melalui email [email protected]

Karena harga tiket yang disuguhkan gratis, bukan berarti anda bisa mengunjungi tempat ini sembarangan. Pengelolaan bangunan bersejarah yang dilengkapi dengan ruangan penting hingga museum ini disajikan dengan taraf internasional. Dengan demikian, anda perlu mengetahui jam operasional dan sesuaikan dengan jadwal reservasi yang diberikan para pengelola.

Gedung Merdeka Bandung tutup pada hari Senin dan Hari Libur Nasional. Selanjutnya, kunjungan ke gedung ini dapat dilakukan pada hari Selasa hingga Kamis mulai dari pukul 08.00 – 16.00 WIB. Pada hari Jumat, jam operasional disetting lebih pendek mulai dari pukul 14.00 – 16.00 WIB. Sedangkan jam operasional pada hari Sabtu hingga Minggu yaitu pukul 09.00 – 16.00 WIB.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Gedung Merdeka

Aktivitas Menarik Gedung Merdeka
Image Credit: Google Maps Irfan Irawan

1. Menikmati Peristiwa Sejarah

Sejarah panjang yang tertanam dalam Gedung Merdeka memang sudah selayaknya dipahami dengan baik. Lazimnya, anda bisa mendapatkan berbagai informasi melalui edukator yang memandu kunjungan hingga mengamati informasi dari setiap benda cagar alam. Anda bahkan bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap dengan menonton film di ruangan Museum KAA.

2. Berburu Foto

Keindahan gedung bersejarah di Bandung ini dapat dilihat langsung dari sajian desain bangunan hingga penataan ruang. Hal ini tentu dapat memberikan kesan yang paling apik sehingga cocok digunakan untuk berfoto. Memilih sudut dengan ornamen indah khas kolonial juga menjadi pilihan terbaik jika ingin mendapatkan gambar paling berkesan.

3. Wisata Belanja

Selain itu, Gedung Merdeka juga menyajikan ruangan souvenir yang bisa anda kunjungi jika ingin membeli oleh-oleh. Ruangan souvenir ini bahkan sengaja dibuat untuk menyajikan benda unik khas dengan tema tertentu. Dengan demikian, tempat ini dapat dijadikan sebagai wisata belanja barang antik yang tidak bisa anda dapatkan di tempat lain.

Objek Wisata Terdekat dari Gedung Merdeka Bandung

Objek Wisata Terdekat dari Gedung Merdeka Bandung
Image Credit: Instagram Ahmad Firdaus

1. Alun-Alun Kota Bandung

Berada di sebelah barat Gedung Merdeka, Alun-Alun Kota Bandung terletak di jalan Asia Afrika. Lazimnya, wisata alun-alun di Bandung juga memiliki sejarah panjang karena telah dibangun sejak tahun 1811. Tempat indah ini bahkan sangat cocok digunakan untuk bersantai melepas penat hingga nongkrong.

2. Taman Braga

Taman Braga berada di sebelah timur laut Gedung Merdeka Bandung. Taman Braga juga memiliki keindahan yang tidak ada duanya karena disajikan dengan perpaduan taman bunga, bangunan dan fasilitas lengkap yang cukup memadai. Anda bahkan hanya perlu menempuh jarak 280 m dari kawasan gedung bersejarah untuk tiba di tempat indah ini.

Tentu saja, Taman Braga menjadi solusi menarik untuk menikmati keindahan Kota Bandung mulai dari sudut terkecil. Perpaduan taman indah ini bahkan sangat cocok digunakan sebagai tempat bersantai untuk nongkrong guna melahirkan momen tertentu. Apakah anda tertarik untuk mengunjungi Taman Braga?

3. Gedung Gas Negara

Selain itu, anda bisa mengunjungi Gedung Gas Negara untuk melihat sejarah panjang penggunaan gas di Indonesia. Gedung Gas Negara bahkan menampakkan bangunan klasik yang sangat istimewa sehingga sangat cocok jika digunakan untuk berburu foto. Apalagi gedung klasik ini berada di Jalan Braga dan berjarak sekitar 400 m.

Dengan menelisik Gedung Merdeka Bandung, anda bisa mendapatkan pengalaman menarik sekaligus menikmati keindahan yang disuguhkan. Tempat megah yang disertai dengan fasilitas lengkap ini dijamin membuat pengunjung merasa betah karena pelayanannya yang bertaraf internasional. Terlebih lagi anda juga bisa mengunjungi tempat wisata lain di Bandung yang ada di sekitarnya.