Harga Tiket: Rp 11.000, Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Sultan Agung No.59, Kec. Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Bila berbicara tentang Blitar, kira-kira apa hal pertama yang ada di pikiran anda? apakah makan Ir Soekarno atau mungkin yang lainnya? jangan salah jika anda jalan-jalan ke Blitar, maka akan menemukan tempat bersejarah yang banyak dikunjungi para wisatawan. Tempat wisata yang di maksud disini adalah Istana Gebang yang terlihat nampak unik dengan arsitekturnya dan juga megah.

Jadi yang dinamakan dengan wisata istana ini adalah sebuah banguhan yang di dalamnya terdapat rumah bersejarah bagi presiden Indonesia yang pertama atau Ir. Soekarno. Bangunan yang megah ini menyimpan banyak sekali sejarah Ir Soekarno. Bhakan di dalam banguan tersebut juga memiliki banyak sekali daya tarik. penasaran lebih detail dan lengkapnya? Simak di bawah ini.

Sejarah Singkat Istana Gebang

Sejarah Singkat Istana Gebang
Image Credit: Google Maps Humada Alfian

Sebelum membahas lebih dalam tentang tempat wisata yang bersejarah ini, maka saatnya anda paham terlebih dahulu tentang sejarah yang ada di dalamnya. Jadi yang di namankan dengan banguann bersejarah yang biasa disebut dengan Istana Gebang ini adalah sebuah bangunan rumah peninggalan dari Raden Soekemi Sosrodihardjo dan juga Ida Ayu Nyoman Rai. Mereka adalah orang tua Ir Soekarno.

Pada masa masih kecil, Ir. Soekarno sempat tinggal di rumah yang megah tersebut. Kemudian pada tahun 2012, pemerintah Kota blitar mulai membeli rumah tersebut dan digunakan sebagai tempat wisata yang bersejarah. Mulai saat itu, maka banyak juga juga para wisatawan yang datang ke lokasi untuk melihat kawasan yang bersejarah tersebut.

Asal anda tahu, banguajn rumah yang penuh dengan cerita sejarah tersebut mulai di bangun sekitar tahun 1889 yang mana pada waktu bertepatan langsung dengan pembangunan stasiun yang ada di Kota Blitar. Banguann istana tersebut juga berdidi pada tanah yang sangat luas yaitu sekitar 17 ribu meter persegi. Dan di bagian sekitar Istana Gebang, anda bisa menemukan banyak komplek yang unik.

BACA JUGA:  Gedung Siola - Sejarah, Koleksi, Lokasi & Ragam Aktivitas

Pada bagina smaping, anda bakal dikejutkan dengan adanya rumah induk atau utama yang ada waktu dulu dimanfaatkan oleh Bung Karno untuk tempat tinggal. Ukuran bangunan yang ada di bagian induk tersebut memiliki ukuran sekitar 9 m x 24 m dan mempunyai dua ruangan keluarga di bagian tengah dan juga belakang . berbagai perabotan yang ada di banguan tersebut juga masih terjaga dengan baik.

Daya Tarik Istana Gebang

Daya Tarik Istana Gebang
Image Credit: Google Maps Aulia Wahyu C

1. Bangunan Bekas Kediaman dari Bung Karno

Banyak sekali daya tarik yang akan anda lihat jika datang ke lokasi yang keren ini. Salah satu yang menjadi daya tarik bagi anda yang mengunjungi wisata Istana Gebang ini adalah bangunan bekas kediaman dari Bung Karno. Pada zaman dahulu, saat masih kecil, Bung Karno tinggal hingga tumbuh dewasa di rumah ini. Dimana pada saat sekarang ini sudah dijadikan sebagai lokasi wisata.

2. Gaya Arsitektur Khas Jawa dan Belanda

Kemudian jika dilihat dari sisi arsitekturnya, Istana Gebang ini sangatlah unik. Bagaimana tidak, sebab ia telah memadukan antara desain khas Jawa dan Belanda. Dan karena lokasi rumah ini terbilang sangat luas, maka istana ini terdiri dari beberapa bagian bangunan.

Bagian bangunan yang ada dalam istana tersebut antara lain adalah rumah utama tempat tinggal Bung Karno dan juga balai kesenian. Untuk balai kesenian dulunya dimanfaatkan untuk tempat berkarya para seniman kondang Blitar. Mulai dari seni ragam hias, perkakas, dan masih banyak yang lainnya.

3. Memiliki Berbagai Perabotan Antik

Bila anda berjelajah di kawasan wisata yang keren ini, maka akan menemukan berbagai macam barang dan perabotan antik milik Bung Karno. Berbagai perabotan antik yang dimaksud disini adalah kursi dan meja yang khas di zaman dahulu, berbagai lemari kecil yang ada di sudut ruangan, berbagai lukisan dari Bung Karno, dan masih banyak yang lainnya.

Kerennya lagi, jika anda datang ke lokasi wisata yang identik dengan nuansa sejarah ini juga bakal menemukan mobil sedan lawas merk Mercedes. Dimana mobil antik pada Istana Gebang tersebut pernah digunakan oleh Bung karno pada saat menjabat sebagai presiden pertama. Dimana di bagian depan kendaraan tersebut terdapat bendera merah putih.

BACA JUGA:  Candi Brahu - Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Istana Gebang
Image Credit: Google Maps Muhammad Hasan Bisri

Salah satu hal yang akan dipertanyakan jika ingin datang ke lokasi wisata adalah alamat. Sma hanya jika anda ingin berkunjung ke Istana Gebang. Dimana untuk alamat menuju lokasi wisata ini yaitu berada di Jl. Sultan Agung, Nomor 59 Sananwetan. Tepatnya di Kecamatan Sananwetan Kota Blitar, Jawa Timur.

Lalu bagaimana untuk rute lokasi menuju ke Istana? Karena pada dasarnya lokasi rumah ini berbedatan dengan stasiun Kota Blitar, maka setelh turun dari kereta api anda bisa langsung menggunakan becak. Jika sudah, untuk menuju kawasan istana maka langsung menuju ke jalan besar dan ikuti rute dengan menggunakan GPS pada ponsel anda.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Harga Tiket Masuk Istana Gebang
Image Credit: Google Maps Humada Alfian

Bagian lain yang tidak kalah penting untuk dipikirkan sebelum liburan ke lokasi yang diinginkan adalah harga tiket yang ditawarkan. Jadi untuk harga tiket yang ditawarkan untuk masuk ke istana megah ini terbilang murah, sebab anda hanya perlu merogoh kocek sekitar 11 ribuan an saja.

Sama dengan kawasan wisata yang lainnya, jika anda datang ke lokasi wisata sebaiknya untuk memperhatikan jam operasionalnya terlebih dahulu. Jadi Istana Gebang ini memiliki jam operasional dari pukul 7 pagi hingga 5 sore. Namun biasanya para wisatawan yang kumpul dan memadati lokasi rumah bersejarah ini sekitar jam 9 hingga 12 sore.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Menarik Istana Gebang
Image Credit: Google Maps Ega Agustesa Cahyani

1. Belajar Sejarah Lokasi Istana

Banyak hal yang bisa dilakukan jika datang ke objek wisata ini. Salah satu yang bisa dikerjakan adalah belajar ilmu sejarah. Hal ini lantaran banguan Istana Gebang ini penuh dengan makna sejarah di dalamnya. Misalnya mulai dari kehidupan Bung karno pada masa kecil dan juga sejarah dari banguannya itu sendiri.

Jangan khawatir, pada banguan yang luas tersebut juga terdaoat seorang juru kunci atau pemandu wisata yang bisa dengan mudah menjelaskan semua pertanyaan anda. Perlu anda ketahui juga, bahwasannya pemandu wisata yang ada dalam bangunan bersejarah ini juga sudah sangat terampil dan memiliki wawasan yang luas, sehingga anda tidak perlu khawatir.

2. Menggali Ilmu Arsitek pada Bangunan Istana

Di lokasi wisata Blitar tersebut, anda juga dapat belajar tentang desain bangunannya yang keren. hal ini bukan tanpa alasan, sebab gaya arsitek yang ada dalam bangunan Istana Gebang tersebut telah memadukan antara khas Jawa dan juga Belanda. Sehingga tidak heran jika banyak juga orang yang datang hanya untuk belajar seni arsitektur bangunannya.

BACA JUGA:  Museum Mpu Tantular - Sejarah, Koleksi, Tiket & Ragam Aktivitas

3. Tasyakuran Tahunan

Hal lain yang bisa anda lakukan jika datang kesini adalah tasyakuran. Jadi di area Istana Gebang ini setiap tahunnya bakal diadakan acara tasyakuran. Sehingga bila anda datang di waktu yang tepat bisa ikut dalam kegiatan tasyakuran. Biasanya untuk kegiatannya sendiri akan dilaksanakan tepat tanggal lahir Bung Karno atau 6 Juni.

Pada acara tersebut juga akan di tampilkan berbagai macam kesenian lainnya. tujuannya tidak lain adalah untuk memeriahkan acara acara yang ada. Dan kerennya lagi bagi pengunjung yang datang biasanya diperbolehkan untuk ikut berbaur untuk kegiatan tersebut. Namun jika dalam situasi yang kurang memungkinkan dilakukan secara langsung, maka biasanya akan dikerjakan virtual.

4. Mengabadikan Foto Menarik

Jangan salah, anda yang datang juga bisa mengabadikan foto di kawasan tersebut. sebab banguan yang ada dalam lokasi wisata tersebut snagatlah bagus. Hal ini lantaran desain bangunan dan arsitektur yang ada dalam istana ini sangatlah bagus. Sehingga tidak jarang banyak yang berfoto di Istana Gebang untuk di post pada feed instagram.

Fasilitas yang Tersedia di Istana Gebang

Fasilitas istana Gebang
Image Credit: Google Maps Muhammad Hasan Bisri

Fasilitas yang disediakan jika anda datang dan mengunjungi kawasan wisata yang satu ini antara lain yaitu area parkir yang tergolong luas dan juga teduh. Disan anda juga bisa duduk-duduk santai setelah lama menyusuri lokasi ini. Tidak ketinggalan, pengunjung juga disediakan toilet yang terjaga kebersihannya.

Tidak hanya itu, bila anda merasa lapar, maka bisa langsung berjalan sedikit hingga menemukan banyak sekali deretan warung. Berbagai warung yang ada di sekitar bangunan tersebut menyajikan banyak sekali makanan khas yang lezat, terlebih untuk menu ikan-ikanan Blitar memang juara. Anda yang jauh dari luar kota juga bisa menginap di hotel yang tidak jauh dari lokasi istana.

Dari penjelasan diatas bisa di ambil kesimpulan, bahwasannya Istana Gebang ini dulunya adalah rumah yang pernah ditinggali oleh presiden Ir. Soekarno. Dimana dalam bangunan tersebut memiliki banyak daya tarik, mulai dari tempat kediaman Bung Karno, mempunyai gaya arsitektur khas jawa dan belanda, dan memiliki berbagai perabotan antik.