Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 10.00-13.00 WIB, Alamat: Jl. Ronggowarsito No.83, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Istana Mangkunegaran dengan nama lain Pura Mangkunegaran ialah Istana resmi dari Kadipaten Praja Mangkunegaran. Selain itu Pura Mangkunegaran ini juga merupakan kediaman para penguasa Istana dan juga termasuk pusat kebudayaan dan seni yang ada di Kota Solo.

Istana ini menyimpan berbagai macam koleksi benda-benda bersejarah pada jaman Kerajaan Majapahit dan Mataram. Tak hanya benda bersejarah saja, ada juga berbagai benda antik dan klasik. Istana ini juga memiliki daya tarik yang membuat banyak wisatawan berkunjung kesana, seperti adanya pertunjukan wayang dan tari serta masih banyak lagi.

Tak hanya koleksinya saja yang lengkap, pemandangan di Istana juga sangat indah, jadi cocok bila dijadikan tempat wisata bersama keluarga. Di sana, anda juga tak cuma bisa liburan saja, anda juga bisa belajar banyak tentang sejarah Indonesia lewat Istana ini. Selain itu lokasi Istana ini juga dekat dengan pusat kota, jadi cukup strategis.

Sejarah Istana Mangkunegaran

Sejarah di Istana Mangkunegaran
Image Credit: Instagram MauTéri ▪︎ Leather Bags

Pada tahun 1757 Istana Mangkunegaran mulai dibangun oleh Mangkunegara 1 melalui proses sejarah yang panjang. Bentuk dari Istana ini mengikuti bentuk keratin dan masih dipertahankan sampai saat ini, dan juga Istana ini dibangun bukan karena tanpa alasan, ada alasan jelas dibalik dibangunnya Istana ini.

Istana ini memang menyimpan berbagai macam istilah salah satunya Perjanjian Salatiga yang dulu ditandatangani oleh Sunan Pakubuwana III, Pangeran Mangkubumi serta VOC di tahun 1757. Perjanjian itulah yang menyebabkan dibuatnya Istana ini.

Bagi masyarakat sekitar, adanya Istana ini dianggap sebuah berkah. Karena adanya Istana ini menjadikan tempat mereka dikenal masyarakat luas dan jadi bukti daerah mereka memiliki sejarah yang penting bagi Indonesia.

Daya Tarik Istana Mangkunegaran

Daya Tarik Istana Mangkunegaran
Image Credit: Google Maps FRITZ EMERSON

Bila anda berkunjung ke Kota Surakarta, rugi rasanya bila tak mampir ke Istana Mangkunegaran. Bagaimana tidak, Istana itu mempunyai daya tarik yang tidak akan bisa anda dapatkan di tempat lain, jadi sayang bila anda tak menyempatkan waktu untuk mengunjungi Istana itu. Daya tarik itu antara lain:

1. Bentuk Bangunan Serta Benda-Benda yang Unik

Salah satu daya tarik dari Istana ini hingga membuat banyak wisatawan datang kesana adalah bentuk bangunan Istana yang unik. Istana ini memiliki bentuk bangunan yang mirip dengan keraton jaman dahulu. Setelah anda melewati gerbang pintu masuk, anda akan langsung melihat pendopo besar yang bergaya Jawa Eropa.

Bangunan pendopo didominasi dengan warna Pari Anom hijau dan kuning. Pada bagian plafon pendopo diberi hiasan berupa astrologi Jawa Hindu dan diberi gantungan beberapa lampu antik.

Di dalam Istana juga terdapat beranda dalam, di dalamnya diberi hiasan lilin serta perabotan yang bergaya Eropa dan kaca yang dibingkai emas yang dipasang di sepanjang dinding.

2. Taman yang Indah

Daya tarik selanjutnya dari Istana ini ialah adanya taman yang indah dan pasti taman itu juga berbeda dari taman lainnya. Taman itu terletak di dalam Istana dan merupakan cagar alam. Ditumbuhi beberapa pepohonan berbunga serta semak hias. Di sana ada juga beberapa buah sangkar burung dan air mancur serta beberapa patung klasik bergaya khas Eropa.

3. Koleksi Barang Antik dan Benda Bersejarah

Di dalam Istana Mangkunegaran terdapat juga beberapa benda antik dan bersejarah yang menjadi daya tarik Istana ini. Antara lain seperti pakaian milik penari-penari Bedhaya Ketawang, perhiasan antik, uang kertas dan logam kuno, senjata.

Tak hanya itu saja ada juga peralatan minum dan makan dari Kristal atau perak, aneka keris serta beberapa pernak pernik yang terbuat dari emas dan perak.

Daya Tarik di Istana Mangkunegaran
Image Credit: Google Maps Ria Febrian

4. Terdapat Rekso Pustoko

Rekso Pustoko merupakan perpustakaan di Istana yang menyimpan berbagai benda bersejarah berupa tulisan. Antara lain seperti buku kuno dengan berbagai macam bahasa khususnya Jawa, data keraton serta koleksi foto bersejarah. Perpustakaan Rekso Pustoko ini dibangun tahun 1867 oleh Mangkunegara IV.

5. Mangkunegaran Royal Dinner

Yang menjadi daya tarik utama dan favorit pengunjung di sana ialah Mangkunegaran Royal Dinner. Merasakan sensasi makan malam di Istana dengan gaya ala kerajaan Istana siapa yang tidak tertarik.

Hampir semua pengunjung di sana tertarik untuk mencobanya terutama turis asing dan wisatawan luar kota. Jadi jika anda berkunjung kesana, tak ada salahnya untuk mencoba.

6. Pertunjukan Wayang dan Tari

Daya tarik terakhir dari Istana Mangkunegaran ialah adanya pertunjukan wayang dan tari yang diiringi dengan lantunan gamelan Kyai Knyut Mesem. Pertunjukan wayang dan tari ini diadakan di pendopo Istana. Ada 2 jenis gamelan yang dimiliki Istana ini seperti gamelan Lipur Sari dan Kyai Seton, tetapi kedua gamelan ini cuma dimainkan pada upacara tertentu.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Istana Mangkunegaran
Image Credit: Google Maps Diah Ekawati

Istana ini berada di Kota Surakarta tepatnya di Jalan Ronggowarsito nomor 83. Letak istana yang dekat dengan pusat kota membuat anda mudah untuk menemukannya. Anda bisa kesana menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.

Dari Kota Surakarta, anda bisa ke selatan menuju Jalan Hordenasan I, lalu belok kanan menuju Jalan Wirengan, belok kanan lagi ke Jalan Reksoniten. Setelah itu anda bisa langsung belok kiri menuju Jalan Dr. Radjiman, bila anda melihat Montana Toko, anda bisa langsung belok kanan.

Terakhir, anda cukup lurus terus ke Jalan Diponegoro, barulah anda ikuti petunjuk yang ada di jalan sampai bertemu Pure atau Istana Mangkunegaran.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Istana Mangkunegaran
Image Credit: Google Maps Nirmana Adhelia

1. Melihat Koleksi

Kegiatan menarik yang bisa anda lakukan di sana ialah melihat koleksi yang di miliki Istana. Melihat koleksi berbagai macam benda bersejarah seperti uang kertas dan logam kuno, senjata kuno, pakaian milik penari-penari Bedhaya Ketawang dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu saja, anda juga bisa melihat berbagai benda antik dalam Istana Mangkunegaran seperti perhiasan antik, beberapa patung klasik dan masih banyak lagi.

2. Mengambil Gambar

Rugi rasanya bila anda kesana tetapi hanya melihat-lihat saja tanpa mengabadikannya lewat kamera. Sebab megahnya Istana serta berbagai macam koleksi di dalamnya cocok untuk dijadikan spot foto dan objek foto. Anda juga bisa berfoto selfi di sana bersama keluarga dan kerabat. Dijamin anda akan mendapatkan hasil foto yang bagus dan astetik.

3. Berkeliling Istana

Kegiatan menarik selanjutnya yang bisa anda lakukan jika berkunjung kesana ialah berkeliling Istana. Area Istana yang luas, pemandangan Istana yang indah serta udara yang sejuk, sangat cocok bila anda berkeliling di sana sekaligus berolahraga, dijamin rasa lelah tak akan terasa.

Aktivitas Menarik di Istana Mangkunegaran
Image Credit: Google Maps Mahmud Alhushori

4. Menonton Pertunjukan Wayang dan Tari

Kegiatan menarik yang tidak boleh anda lewatkan jika kesana ialah menonton pertunjukan wayang dan tari. Pertunjukan itu rutin di lakukan oleh pengelolah Istana sebagai hiburan untuk para wisatawan yang berkunjung kesana. Pertunjukan itu diadakan di pendopo Istana, diiringi dengan gamelan Kyai Kanyut Mesem.

5. Mangkunegaran Royal Dinner

Kegiatan menarik selanjutnya yang wajib anda lakukan jika di sana selain menonton pertunjukan wayang dan tari adalah Mangkunegaran Royal Dinner. Saking menariknya, acara makan malam ini sampai terkenal hingga para turis asing banyak yang datang. Kapan lagi anda bisa merasakan sensasi makan malam ala kerajaan selain di sini.

Objek Wisata Terdekat dari Istana Mangkunegaran

Objek Wisata Terdekat dari Istana Mangkunegaran
Image Credit: Google Maps silvester anton

1. Pasar Triwundi

Objek wisata terdekat dengan Istana Mangkunegaran yang pertama adalah Pasar Triwundi. Pasar ini menyediakan berbagai macam barang antik, barang tiruan asli dan onderdil khusus. Jadi bagi anda yang suka dengan barang-barang antik atau pengoleksi barang antik, pasar ini bisa menjadi pilihan objek wisata yang wajib anda kunjungi.

2. Ria Batik

Objek wisata selanjutnya yang dekat dengan Istana adalah Ria Batik. Ria batik ini menjual berbagai macam batik, mulai dari baju batik modern, tradisional, ada juga berbagai macam aksesoris dan souvenir.

Tak heran bila banyak wisatawan yang berkunjung kesini untuk mencari buah tangan. Jadi, bila anda mencari buah tangan untuk dibawa pulang, Ria Batik ini bisa menjadi solusi.

3. Taman Sriwedari

Taman sriwedari letaknya tak terlalu jauh dari Istana. Banyak wisatawan berkunjung kesana untuk sekedar melapas lelah, atau berolahraga. Selain itu di taman ini juga merupakan tempat diadakannya Malam Selikuran, sebuah tradisi yang ada di Surakarta. Maka tak heran banyak wisatawan yang berkunjung kesana, salah satunya untuk melihat tradisi ini.

4. Toko Roti Orion

Objek wisata terakhir yang letaknya dekat dengan Istana ialah Toko Roti Orion. Dari namanya saja anda pasti sudah tahu bahwa toko ini menjual berbagai macam roti. Mulai dari roti dengan harga yang cukup murah hingga yang sangat mahal, tergantung rasa dan ukuran.

Setelah membaca ringkasan tentang Istana Mangkunegaran tadi, pasti anda paham kenapa objek wisata ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Jadi, sangat disayangkan bila anda tidak menyempatkan diri untuk berkunjung kesana saat akhir pekan tiba.