Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Krembangan Selatan, Kec. Krembangan, Kota Surabaya, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Apa yang ada di pikiran anda pada saat mendengar kata Surabaya? Apakah segala macam cerita sejarahnya? Kawasan wisata industrinya? Atau bahkan keindahan dalam menata kotanya? Ketiga hal tersebut memang mencerminkan dari Surabaya, Namun asal anda tahu, pada dasarnya kota ini juga terkenal dengan destinasi religinya. Salah satu yang banyak di kunjungi adalah Masjid Kemayoran Surabaya.

Jadi masjid yang terletak di Surabaya ini juga tidak luput dengan sejarahnya yang menggelegar hingga mancanegara. Sebab dalam pembangunan Masjid Kemayoran yang samping nilai sejarah, juga tidak luput dengan berbagai daya tarik. lebih lengkapnya, simak penjelasan di bawah ini.

Sejarah Masjid Kemayoran Surabaya

Sejarah Masjid Kemayoran Surabaya
Image Credit: Instagram Fachrul ulum

Jika ditilik dari sejarahnya, maka Masjid Kemayoran adalah salah satu bangunan hasil relokasi dari tempat sebelumnya yaitu area Suprapringgo. Dimana kawasan yang satu ini sekarang digunakan sebagai Tugu Pahlawan. Pada zaman dahulu, masjid ini berada di seberang kantor pemerintahan dari Hindia Belanda, dan dimanfaatkan sebagai kantor Gubernur Jawa Timur.

Karena masjid ini sering mengadakan pengajian dan juga sholawatan, maka membuat orang-orang Hindia Belanda merasa gatal. Terlebih pada saat itu Masjid Kemayoran Surabaya ini berada di wilayah yang strategis, sehingga bisa dimanfaatkan untuk pembangunan gedung pengadilan. Maka dari itu, dalam proses pembongkaran masjid saat itu ditentang keras oleh orang Muslim di sana.

Salah satu tokoh yang berada di barisan paling depan dalam menentang pembongkaran masjid tersebut adalah KH. Badrun yang mempunyai gelar Kyai Seda Masjid. gelar yang diberikan pada KH. Badrun tersebut memiliki arti seorang kyai yang meninggal karena mempertahankan eksistensi dari masjid. untuk lokasi makamnya sendiri berada di seberang area Selatan Tugu Pahlawan.

Dari adanya perlawanan yang dilakukan oleh Kh. Badrun dan juga umat muslim lainnya akhirnya membuahkan hasil yang bagus. Diman pada akhirnya pemerintah Hindia Belanda memberikan penawaran ganti rugi sebidang tanah yang ada di lokasi Masjid Kemayoran Surabaya ini. Tanah yang digunakan untuk ganti rugi tersebut adalah bekas rumah dinas hingga di bangun menjadi masjid megah.

Daya Tarik Masjid Kemayoran Surabaya

Daya Tarik Masjid Kemayoran Surabaya
Image Credit: Instagram Anton

1. Mengandung Nilai Sejarah yang Tinggi

Banyak daya tarik yang akan anda temukan jika dang berwisata ke lokasi religi ini, salah satunya adalah bangunan yang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Dikatakan mengandung nilai sejarah yang tinggi karena dalam proses pembangunannya penuh dengan campur tangan dengan pihak Hindia Belanda. Mulai dari awalnya dibongkar dan diganti sebidang tanah hingga berdiri masjid megah ini.

2. Memiliki Gaya Arsitektur yang Indah

Jangan salah, keindahan lain yang anda peroleh jika mengunjungi bangunan yang megah Masjid Kemayoran Surabaya ini adalah terkait gaya arsitekturnya. Dimana untuk gaya arsitektur yang ada dalam bangunan masjid ini merupakan perpaduan antara akses Arab dan juga Jawa. Untuk bagian bangunan utamanya memiliki bentuk segi delapan yang berbeda dengan masjid lainnya.

Pada saat awal berdiri pada lokais yang baru, bangunan Masjid Kemayoran ini masih mempertahankan bangunan utama berbentuk segi delapannya. Namu beberapa bulan kemudian akhirnya di susul dengan berdirinya dua runagan menanjang sebelah kanan dan kiri lengkap dengan menaranya.

Lalu dimana letak nilai Arabnya? Jadi untuk aksen arab bisa anda temukan dengan mudah di bagian mihrab yang melengkung menyerupai kubah masjid, ventilasi pintu, dan juga bagian menaranya. Kemudian di bagian atap bangunan masjid, juga memiliki bangun menyerupai segitiga yang akhirnya di bagian atas menjadi bentuk kubah setengah bola dengan bahan baja.

Daya Tarik di Masjid Kemayoran Surabaya
Image Credit: Instagram Anton

3. Taman di Area Depan Masjid

Salah satu area yang unik jika anda datang ke Masjid Kemayoran Surabaya ini adalah bagian taman. Dimana-mana area taman akan dijumpai pada bagian depan masjid atau bangunan. Namun untuk tempat ibadah yang megah ini memiliki konsep bangunan taman tepat berada di tengah teras. Lingkungan di sekitar taman tersebut menjadi sejuk berkat adanya tanaman yang hijau dan asri.

4. Terdapat Kompleks Sekolah yang Luas

Jangan salah, banguna masjid ini juga mempunyai kompleks sekolah yang nyaman dan nbisa untuk semua jenjang. Mulai dari taman kanak-kanak, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, hingga sekolah menengah akhir di Masjid Kemayoran Surabaya. Kompleks pendidikan tersebut tepat berada di sebelah Timur masjid.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Masjid Kemayoran
Image Credit: Instagram Fahrizal

Jika ingin mengunjungi suatu tempat untuk berwisata atau tujuan pendidikan, pasti hal pertama untuk dicari adalah alamat. Sama halnya jika anda ingin datang ke tempat wisata Masjid Kemayoran Surabaya. Dimana untuk alamat destinasi religi ini berada di Jalan Indrapura, Nomor 2, wilayah Kota Surabaya, Jawa Timur.

Agar bisa sampai di lokasi wisata ini, maka anda bisa menggunakan kendaraan roda dua hingga enam atau carteran bus. Hal ini bisa dilakukan dengan kendaraan besar karena area Masjid Kemayoran ini berada di wilayah yang strategis. Rute yang bisa ditempuh agar bisa sampai dengan mudah ke kawasan masjid yaitu bisa memakai google maps atau plang yang ada di pinggir jalan.

Bagian lain yang tidak kalah penting jika ingin datang ke kawasan wisata adalah urusan tiket masuk. Harga tiket masuk untuk datang ke Masjid Kemayoran ini adalah tidak dipungut biaya alias gratis. Hal ini karena kawasan masjid memiliki fungsi utama untuk tempat ibadah.

Lalu bagaimana dengan jam operasionalnya? Jangan khawatir, bahwa jam operasional dari kawasan wisata ini bisa dikatakan 24 jam. Hal ini karena digunakan sebagai tempat ibadah dari sholat subuh hingga isya. Sehingga mulai pagi wilayah ini sudah dibuka untuk umum yang ingin destinasi religi di Surabaya atau ibadah.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Masjid Kemayoran
Image Credit: Instagram Lia Hadis Sholikha

1. Belajar Ilmu Sejarah

Banyak aktivitas yang bisa anda lakukan jika datang ke Masjid Kemayoran. Salah satu hal yang bisa anda lakukan adalah dengan belajar ilmu sejarah. Hal ini lantaran untuk pembangunan kawasan wisata religi ini sangat erat kaitannya dengan pemerintahan Hindia Belanda. Sehingga tidak ada salahnya jika anda akhirnya belajar lebih dalam tentang sejarah yang melatar belakangi bangunan ini.

2. Menambah Ilmu Tentang Desain Arsitektur Bangunan

Tidak ketinggalan, selain bisa belajar tentang sejarah, anda juga bisa menimba ilmu arsitektur bangunan Masjid Kemayoran. Sudah menjadi rahasia umum, jika bangunan masjid ini memang terkenal dengan desainnya yang indah. Dimana untuk bangunan Masjid telah memadukan antara desain Jawa dan Juga Arab.

Hal yang membedakan bangunan keagamaan ini dengan yang lainnya di Surabaya adalah tentang model bangunannya. Dimana kebanyakan bangunan yang ada dalam masjid Jawa Timur didominasi bentuk persegi, sedangkan untuk tempat ibadah umat Islam Kemayoran ini berbentuk segi delapan. Namun seiring berjalannya waktu mulai ditambah area luas sebelah kanan dan kiri.

3. Ibadah

Karena pada dasarnya Masjid Kemayoran adalah tempat ibadah bagi umat Islam, sehingga jangan kaget jika banyak pengunjung yang datang ke lokasi ini hanya untuk sholat. Namun tidak jarang juga pengunjung atau rombongan yang datang juga ikut serta menjalankan ibadah disini, seperti membaca Al-Qur’an hingga mendengarkan pengajian.

4. Mengabadikan Momen Berharga

Selain memiliki desain arsitektur yang bagus, di satu sisi masjid ini juga mempunyai area favorit untuk mengabadikan foto. Biasanya banyak para pengunjung yang datang ke lokasi wisata ini untuk mengabadikan momen berharga di sekitar pintu dan juga bangin luarnya. Hal ini karena terlihat sangat bagus dan bisa dijadikan kenang-kenangan.

Tidak jarang juga banyak pengunjung yang datang ke lokasi wisata ini untuk mengabadikan momen berharga di sekitar taman. Sebab meskipun taman yang ada dalam Masjid Kemayoran memiliki ukuran yang kecil, namun ia sangat unik karena berada di tengah-tengah bangunan. Bahkan tanaman yang ada di kawasan masjid tersebut juga hijau, sehingga memberikan kesan asri.

Fasilitas yang Tersedia di Masjid Kemayoran

Fasilitas Masjid Kemayoran
Image Credit: Instagram Aries Jatmiko

Bagian yang menjadi pelengkap pada saat datang ke tempat wisata adalah fasilitas. Dimana untuk kawasan wisata religi ini juga menyediakan banyak fasilitas pendukung, salah satunya area parkir. Pada Masjid Kemayoran Surabaya ini telah menyediakan area parkir yang luas. Jangan khawatir, untuk area parkir ini juga di jaga oleh petugas agar terjamin keamanannya.

Fasilitas lain yang akan anda dapatkan jika datang adalah tempat ibadah yang nyaman untuk sholat, mengaji dan mendengarkan ceramah. Di sana juga ada serambi yang biasa untuk istirahat pengunjung yang datang. Tidak ketinggalan, pada tempat ini juga ada toilet dan tempat wudhu yang bersih. Sehingga anda bisa membersihkan diri setelah perjalanan.

Dari paparan lengkap di atas bisa ditarik kesimpulan. Bahwasannya pembangunan Masjid Kemayoran Surabaya sangat erat kaitannya dengan penduduk Hindia Belanda. Mulai dari dirobohkan hingga akhirnya diberi tanah dan di banguan masjid megah ini. kawasan ini juga memiliki daya tarik seperti mengandung nilai sejarah yang tinggi, hingga terdapat kompleks sekolah yang luas.