Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Trisula, Bakung Utara, Kec. Bakung, Kab. Blitar, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Apa yang ada di pikiran anda pertama kali pada saat mendengar kata Blitar? Pasti yang terlintas adalah makam Bung Karno bukan? namun jangan salah, nayatnya jika anda datang ke lokasi ini maka akan menemukan banyak sekali tempat wisata. Mulai dari wisata alam, pendidikan, hingga bersejarah. Salah satu kawasan wisata bersejarah yang ada di kawasan Blitar adalah Monumen Trisula.

Monumen yang snagat fenomenal ini di abngaun sebgai salah memperingati pembantaian PKi di kawasan Blitar. Di kawasan tersebut dulunya menyimpan banyak sejarah yang sangat membekas hingga sekarang. Bahwasannya pada zaman dahulu brigade infanteri lintas udara 18 telah melaksanakan pembantaian PKI di area tersebut. Penjelasan lengkapnya simak di bawah ini.

Sejarah Singkat Monumen Trisula

Sejarah Singkat Monumen Trisula
Image Credit: Google Maps Mang Kelin

Sejarah berdirinya bangunan yang sangat fenomenal di kawasan blitar ini di mulai dari tahun 1968, dimana pada waktu itu terjadi aksi pembantaian sisa-sisa dari PKI yang telah melarikan diri ke area Blitar Selatan. Pada waktu itu akhirnya pasukan dari brigif linud 18 atau trisula yang masa itu dipimpin oleh Witarmin dan rakyat datang ke Monumen Trisula untuk menumpas PKI.

Sebagai salah satu tanda untuk memperingati penumpasan tersebut, maka di kawasan Bakung, area kabupaten Blitar Selatan dijadikan sebagai salah satu markas komando operasi. Dimana pada zaman sekarang ini didirikan salah satu monumen yang disebut dengan nama trisula. Kawasan ini sangat bernilai sejarah tinggi.

Adanya monumen yang megah tersebut sebagai ajang untuk menunjukkan bahwa betapa gagah dan juga gigihnya trisula atau prajurit patriot bangsa dalam berjuang mempertahankan dasar negara Indonesia atau pancasila. Bangunan yang gagah tersebut akhirnya mulai di resmikan sekitar tanggal 18 Bulan Desember 1972 oleh seorang tokoh M. Yasi atau Letnan Jenderal TNI AD.

BACA JUGA:  Kelenteng Sam Poo Kong - Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Kawasan megah Monumen Trisula ini hingga sekarang juga di gunakan sebagai salah satu kawasan penting bagi TNI. Karena di hari-hari tertentu para pasukan TNI bakal melakukan napak tilas bersama dengan warga sekitar guna mengenang jasa para pahlawan. Sebab di banguann yang gagah tersebut juga gterukir beberapa nama korban baik itu tentara ataupun sipil dalam pemberantasan PKI.

Daya Tarik Monumen Trisula

Daya Tarik Monumen Trisula
Image Credit: Google Maps pintu ajaib

1. Terdapat Patung di Area Monumen

Salah satu daya tarik yang bisa anda lihat jika mengunjungi objek wisata di Blitar ini adalah patung monumen yang banyak makna. Dimana patung yang ada dalam bangunan tersebut adalah rakyat dan juga pasukan bersenjata, dimana untuk salah satu tokoh pada Monumen Trisula tersebut menunjuk ke depan dengan mengisyaratkan bahwa di zaman dahulu terjadi pemberontakan dari PKI.

Golongan rakyat dan pasukan tersebut bergotong rotong dan mendukung penumpasan pemberontok PKI. Jumlah orang yang ada dalam patung tersebut adalah dua orang rakyat biasa, sedangkan untuk total anggota bersenjata adalah tiga. Pada area ini banyak menjadi sotoran utama. Bahkan tidak jarang banyak orang yang mengabadikan momen menggunakan latar bangunan tersebut.

2. Desain Bangunan

Desain bangunan yang ada dalam monumen ini juga sangat menarik. Bagaimana tidak? sebab pada bagian monumen utamanya telah di kelilingi oleh jalan dengan bentuk melingkar. Jalan yang melingkar tersebut hampir menyerupai angka delapan pada Monumen Trisula dan sebelah tepinya dibatasi oleh pagar pembatas.

3. Makna Pilar Pada Bangunannya

Daya Tarik di Monumen Trisula
Image Credit: Google Maps Ryo Achmadin

Kerennya lagi saat anda melihat bagian pilar pada banguan tersebut. Dimana untuk monumen ini memiliki 17 pilar penyangga. Lokasi dari pilar tersebut adalah di area jalan melingkar di sekitar bangunan bersejarah yang sangat bersejarah tersebut.

Tidak ketinggalan, disana anda juga bisa menjumpai yang namanya 45 buah trap yang memiliki sebuah makna tanggal kemerdekaan Negara Indonesia. Dimana 17 pilar melambangkan tanggal 17, angka delapan bermakna Bulan Agustus, dan 45 buah trap artinya tahun kemerdekaan. Jumlah anak tangga di Monumen Trisula ini juga diartikan dengan batalyon yang tergabung dalam operasi.

4. Lingkungan yang Asri

Jika berkunjung ke wisata fenomenal di kawasan Blitar, anda juga bakal dibuat kagum dengan lingkungannya yang asri. Bahkan nad juga bisa melihat pemandangan gunung dan pepohonan jika dari lintasan jalan atas. Di sekitar banguan tersebut banyak di temukan pohon kelapa yang berjajar, sehingga membuat udara di sekitarnya menjadi segar.

BACA JUGA:  Candi Singosari - Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Monumen Trisula
Image Credit: Google Maps Kabib Kaji

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwasannya kawasan wisata yang penuh dengan nilai sejarah ini berdiri dengan kokoh pada tanah sekitar 5.600 meter persegi. Banguan yang mulai di resmikan pada tanggal 18 Desember 1972 atau umumnya disebut dengan lokasi Monumen Trisula. Lebih detailnya sendiri ada di Desa Bakung, Kecamatan Bakung, area Kabupaten Blitar Selatan, Provinsi Jawa Timur.

Bagi anda yang ingin datang ke lokasi bersejarah ini bisa menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Bahkan anda juga dapat datang dengan memakai bus jika rombongan. Karena letak dari destinasi ini hanya sekitar 25 km dari Kota Blitar, amka laju kendaraan bisa di mulai dengan mengarahkan ke Selatan di jalan Kawi menuju pada jembatan kademangan.

Bila sudah di area jembatan kademangan, maka lanjutkan perjalanan lurus sampai memasuki area pegunungan dan menemukan perempatan gawang. Jika sudah di wilayah tersebut, maka lanjutkan perjalanan anda untuk menuju Monumen Trisula ke arah kanan sampai Jalan Trisula. Jika masih bingung, maka anda bisa langsung menggunakan bantuan google map yang ada dalam ponsel.

Perlu untuk di garis bawahi, bahwasannya bangunan bersejarah ini telah berada di area pegunungan. Walaupun jalanan yang ditempuh untuk bisa sampai ke lokasi ini sepenuhnya sudah beraspal, namun di tengah jalan anda bakal menjumpai banyak tikungan tajam dan curam. Sehingga perlu kehati-hatian saat berkendara.

Harga Tiket Masuk Monumen Trisula

Harga Tiket Masuk Monumen Trisula
Image Credit: Google Maps Mang Kelin

Pasti salah satu poin yang selalu dipertanyakan saat ingin mengunjungi kawasan wisata adalah harga tiket. Sama halnya jika anda ingin berwisata ke kawasan wisata yang sangat keren dan megah Monumen Trisula ini. jangan khawatir, untuk harga tiket yang ditawarkan ke kawasan ini adalah tidak dipungut biaya sepeserpun. Namun menjaga kendaraan, anda maka akan ditarik sekitar 2 hingga 5 ribu.

Untuk operasionalnya sendiri bebas atau 24 jam, dan kawasan wisata ini buka setiap hari. Bahkan berdasarkan informasi yang didapatkan, untuk hari libur kawasan wisata ini juga masih buka dengan jam operasional yang masih sma. Justri menurut kabar yang beredar, bahwa di hari libur justru pengunjung yang datang ke lokasi wisata ini bakal lebih banyak.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Menarik Monumen Trisula
Image Credit: Google Maps Birgitta Sarrah

1. Belajar Ilmu Sejarah Secara Lengkap

Banyak hal yang bisa dilakukan jika anda mengunjungi kawasan wisata yang keren ini. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan belajar ilmu sejarah secara lengkap. Karena pada dasarnya, anda bisa belajar tentang sejara berdirinya dan kaitannya dengan penumpasan PKI.

BACA JUGA:  Museum Majapahit - Sejarah, Koleksi, Lokasi & Ragam Aktivitas

2. Menyaksikan Bangunan Bersejarah

Anda juga bisa menyaksikan banguann bersejarak ini, mulai dari coraknya, desain, warna yang di padukan, dan berbagai makna yang terkandung di dalamnya. Sebab setiap detail bagian yang ada dalam bangunan ini mempunyai sisi historisnya. Salah satu bangin yang paling fenomenal adalah area atas monumen yang dipenuhi dengan patung manusia.

Patung yang ada dalam bangunan tersebut terdiri dari golongan rakyat biasa dan juga TNi. Di mana patung tersebut memlambangkan perjuangan masysrakat dan juga TNI yang pada masa itu telah memberontak pada partai komunis di sekitar Monumen Trisula. Kedua golongan ini saling bergotong royong untuk menggulingkan Komunis di area Blitar tersebut.

3. Mengabadikan Momen Menarik

Jangan salah, anda dan rombongan juga bisa berfoto dengan berbagai angel yang menarik pada banguna tersebut. biasanya banyak pengunjung yang hadir lebih tertarik untuk mengabadikan foto dengan latar belakang monumen ini secara penuh. Tidak hanya itu, anda juga bisa foto di jalan yang membentuk angka delapan dengan pemandangan pegunungan di sekitarnya.

Fasilitas yang Tersedia di Monumen Trisula

Fasilitas Monumen Trisula
Image Credit: Google Maps MAF. Rozy

Jika anda bertanya fasilitas yang ada di lokasi tersebut, maka kawasan ini menyiapkan beberapa keunggulan. Dimana fasilitasnya natra lain seperti toilet umum yang bersih, dan juga kuliner yang memiliki cita rasa lezat. Namun biasanya pengunjung yang datang lebih tertarik untuk mencicipi seduh kopinya.

Bila datang ke tempat ini juga jangan khawatir masalah parkir, seba area untuk memarkirkan kendaraan bisa dikatakan cukup luas untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Jika anda pengunjung dari luar daerah, makan disini juga direkomendasikan hotel terdekat dengan harga terjangkau. Hotel yang di maksud adalah Airy Dimoro Batanghari di Blitar.

Kesimpulan yang bisa diambil dari paparan panjang diatas adalah bahwa jika jalan ke Kota Blitar ada baiknya untuk datang mengunjungi yang Monumen Trisula. Monumen di bangun karena untuk memperingati aksi pembantaian sisa-sisa dari PKI yang telah melarikan diri ke area Blitar Selatan. Disana juga memiliki daya tarik, mulai dari banguan hingga linglungan sekitar.