Harga Tiket: Rp 35.000, Jam Operasional: 10.00–17.00 WIB, Alamat: Jl. Slamet Riyadi No.261, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Museum Batik Danar Hadi adalah situs bersejarah yang menyimpan beragam batik di dalamnya. Tujuan didirikannya untuk melestarikan adat dan budaya Solo serta batik yang menjadi salah satu kekayaan Indonesia. Lahannya begitu luas dan memiliki beberapa ruangan yang dapat Anda kunjungi sehingga sejauh mata memandang akan dimanjakan dengan koleksi yang unik.

Ada ruangan yang di desain dengan gambar batik dan ada pula ruang workshop yang dijaga oleh petugas. Bangunan utama yang ada di museum dinamakan Ndalem Wuryaningratan yang tampak berdiri megah dan kokoh. Saat para pelancong berada di kawasannya akan dibuat takjub dengan arsitektur bangunan yang dipenuhi dengan motif batik dari berbagai daerah.

Pada awal pembangunan museum masih memiliki fasilitas yang masih sangat minim, hal ini dikarenakan dahulu gedungnya sempat terbengkalai. Kemudian lambat laun direnovasi oleh pengelola setempat dengan menambahkan beragam fasilitas gratis. Kebersihan areanya pun selalu terjaga dan tamu yang datang diharapkan tidak mengotorinya serta mematuhi peraturan yang ada.

Sejarah Museum Batik Danar Hadi

Sejarah Museum Batik Danar Hadi
Image Credit: Google Maps Tri Adinugroho

Situs bersejarah Museum Batik Danar Hadi didirikan sejak tahun 1967. Ide pendiriannya bermula dari keinginan H. Santosa Doellah yang berkeinginan untuk melestarikan batik di kota Solo. Dahulu bangunan ini merupakan kediaman Kasunanan Surakarta Sri Susuhunan Pakubuwono IX. Kemudian dijadikan sebagai museum oleh perusahaan PT Batik Danar Hadi untuk mengembangkan batik.

Pada tempo dulu gedungnya sempat terbengkalai, kemudian direnovasi oleh PT Danar Hadi sehingga menjadi museum. Bangunannya dibentuk dengan kombinasi gaya arsitektur Jawa Eropa yang melebur menjadi satu. Hal ini memikat hati para wisatawan yang datang karena terlihat klasik dan modern dengan corak warna cokelat yang terbuat dari kayu.

Museum batik ini pertama kali diresmikan oleh Megawati Soekarno Putri pada tahun 2002. Selain itu juga diakui oleh Muri sebagai museum dengan koleksi batik terbanyak di Indonesia. Maka dari itu turis dari mancanegara pun tertarik untuk berkunjung ke museum.

Koleksi Museum Batik Danar Hadi

Koleksi Museum Batik Danar Hadi
Image Credit: Twitter Gaya Travel Magazine

1. Beragam Batik

Seperti namanya Museum Batik Danar Hadi memiliki koleksi beragam batik di dalamnya. Semua batik disini mempunyai kualitas yang sangat bagus. Mulai dari kain hingga pakaian jadi terpampang di tiap sudut museum menambah keunikan tempat ini. Perlu diketahui bahwa koleksi batik ini tidak hanya dari lokal saja, tetapi juga ada yang berasal dari luar negeri sehingga sangat lengkap.

Setiap batik mempunyai motif yang berbeda-beda dan tentunya mengandung makna. Koleksinya mencapai 100 helai batik yang diakui oleh MURI. Pengunjung tidak hanya bisa melihat koleksinya saja, tetapi juga bisa belajar cara membuat motif batik di ruangan yang telah tersedia. Pada hari tertentu di ruang workshop terdapat penjelasan mengenai batik yang dapat Anda pelajari.

2. Benda Pribadi Milik H. Santosa Doellah

Santosa Doellah adalah orang yang mempunyai perusahaan PT Batik Danar Hadi yang menghidupkan kembali museum. Maka dari itu pada sisi lain terpampang koleksi benda pribadi milik Santosa Doellah. Mulai dari pakaian, aksesoris, hingga patung yang menyerupainya untuk menghargai jasa-jasanya.

Semuanya ditata rapi di dalam rak kaca dengan diberi penjelasan. Traveller yang ada di areanya hanya boleh melihatnya saja tanpa menyentuh koleksi tersebut agar tidak kotor dan rusak. Petugas pun selalu memberikan perawatan khusus agar setiap bendanya selalu terjaga dengan baik. Biasanya para tamu banyak yang menjadikan koleksi ini untuk spot mengabadikan momen.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Museum Batik Danar Hadi
Image Credit: Facebook Wisata Alam Indonesia

Alamat Museum Batik Danar Hadi tepat berada di Jalan Slamet Riyadi No 261, Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta. Tempatnya berada di tengah kota sehingga mudah untuk dijangkau. Anda yang berlibur bisa membawa kendaraan pribadi baik mobil ataupun sepeda motor. Di daerah Kota Surakarta juga ada tempat penyewaan travel jika pengunjung tidak membawa kendaraan.

Letak museum berdekatan dengan bandara, stasiun, maupun halte. Lokasinya yang strategis membuat wisatanya dilalui berbagai kendaraan umum mulai dari angkutan, bus, taksi, dan ojek. Jika traveller berangkat dari bandara internasional Adi Soemarmo dapat lurus menuju ke arah Jalan Adi Sucipto. Kemudian ikuti jalur yang ada sampai menemukan kawasan Jalan Doktor Moewardi.

Jika wisatawan sudah masuk area museum, akan nampak gapura dengan tulisan selamat datang untuk menyambut para tamu. Anda yang baru pertama kali datang tidak perlu takut tersasar karena sepanjang jalan raya terpampang papan penunjuk jalan. Selain itu juga bisa mengaksesnya melalui google maps atau bertanya langsung kepada penduduk setempat mengenai lokasi wisata museum.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Museum Batik Danar Hadi
Image Credit: Google Maps Ceye Chen

Seperti di tempat wisata lainnya, jika Anda berkunjung ke Museum Batik Danar Hadi akan ada tiket masuk yang dijual di lobby. Harganya dijamin sangat ramah di kantong, yaitu Rp 35.000 untuk umum dan Rp 15.000 untuk pelajar. Khusus bagi pelajar harus menunjukkan kartu pelajar terlebih dahulu sebelum masuk. Biasanya turis dari mancanegara juga akan dikenai tarif tiket yang berbeda.

Pada bagian depan pintu masuk, tampak lahan tempat parkir yang begitu luas untuk menampung kendaraan pribadi para pelancong. Petugas pun akan mengenai tarif Rp 5.000 untuk parkir sepeda dan Rp 10.000 untuk kendaraan empat. Saat hari libur terlihat lahannya dipadati kendaraan para wisatawan. Semua biaya tersebut digunakan pengelola untuk merawat koleksi di dalam museum.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Museum Batik Danar Hadi
Image Credit: Google Maps Rista Ayu

1. Berkeliling

Lahannya yang luas banyak dimanfaatkan traveller untuk melihat tiap sudut museum dari dekat. Mulai dari pengunjung lokal sampai mancanegara banyak yang melakukan aktivitas tersebut bersama keluarga. Anda akan terkesima saat melihat bangunan dan koleksi di Museum Batik Danar Hadi ini. Di setiap ruangannya pun telah dilengkapi AC jadi sangat nyaman saat berada di areanya.

2. Memotret Foto

Destinasi situs bersejarah ini mempunyai beragam spot unik yang bagus untuk dijadikan background foto. Bangunan dengan desain klasik berwarna cokelat akan menambah ke estetikan foto. Wisatawan bisa pula memotret koleksi yang ada di museum dengan penjelasan yang sudah tertulis lengkap. Lakukan aktivitas ini bersama kerabat atau keluarga agar terasa semakin menyenangkan.

3. Melihat Koleksi Batik

Banyaknya koleksi di Museum Batik Danar Hadi menjadi pemikat traveller yang datang. Pada setiap sudutnya pun menyuguhkan koleksi batik yang berbeda-beda. Tak hanya itu, para pengunjung bisa mempelajari nama, tanggal dibentuk, dan makna motif dari koleksi tersebut melalui tulisan yang telah tersedia. Memang tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai wisata liburan sekaligus edukasi.

4. Belajar Sejarah

Tidak lengkap rasanya jika pergi ke museum tetapi tidak mempelajari setiap sejarah yang ada. Apalagi di situs bersejarah ini menyimpan cerita unik dan budaya yang bisa dipelajari. Anda yang datang dapat membaca informasi sejarah yang disediakan di tiap sisi museum. Petugas juga bersedia menjelaskan jika wisatawan ingin tahu lebih rinci mengenai informasinya.

Objek Wisata Dekat Museum Batik Danar Hadi

Wisata Dekat Museum Batik Danar Hadi
Image Credit: Google Maps Herupit

1. Keraton Surakarta

Wisata keraton Surakarta letaknya lumayan dekat dengan Museum Batik Danar Hadi hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit saja. Bangunan ini didirikan sekitar tahun 1744 oleh Susuhunan Pakubuwana II. Tujuannya adalah untuk melestarikan adat dan budaya Solo agar dapat dipelajari oleh semua orang. Sampai sekarang keraton ini dijadikan tempat wisata yang dihuni oleh Sri Sunan.

2. Taman Balekambang

Taman balekambang menyuguhkan berbagai pemandangan alami berupa tanaman hijau dan ada beberapa hewan yang dilindungi. Diketahui luasnya mencapai 10 hektar yang dibangun sejak tahun 1921. Destinasi ini mempunyai 2 kompleks yaitu partinah bosch untuk tempat hidup hewan. Lalu di sudut lain ada taman air partini yang berupa kolam dan dilengkapi dengan perahu warna-warni.

3. Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan sewu tawangmangu merupakan wisata air terjun yang banyak diincar oleh para pelancong. Di dalamnya tampak air yang mengalir dari ketinggian 80 meter ke arah kolam penampungan serta dikelilingi oleh bukit hijau. Suasananya sangat cocok digunakan untuk sekedar melepas penat. Maka dari itu jangan lupa mampir ke grojogan tawangmangu usai berlibur dari Museum Batik.

4. Pandawa Water World

Bisa dibilang pandawa water world adalah destinasi air yang berada di pusat kota. Disana traveller dapat mencoba wahana air yang telah disediakan. Ada kolam renang dengan kedalaman berbeda-beda, seluncuran, dan wahana ombak buatan yang menjadi spot favorit para pengunjung. Temanya sendiri mengambil konsep Mahabarata, hal ini bisa dilihat dari bangunan patung di dekat kolam.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai Museum Batik Danar Hadi yang dapat dikunjungi saat berada di kota Surakarta. Harganya yang murah dan tempatnya yang unik menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Jangan lupa siapkan budget dan kendaraan yang akan digunakan untuk berlibur. Ajak pula keluarga dan teman dekat agar liburan terasa semakin mengesankan.