Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 09.00-15.00 WIB, Alamat: Dayu, Kec. Gondangrejo, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Museum Dayu adalah salah satu destinasi wisata favorit masyarakat Indonesia saat berada di Pulau Jawa. Letaknya sendiri di Desa Dayu, Kabupaten Karanganyar. Museum ini termasuk situs manusia purba Sangiran. Ditemukan banyak fosil jejak kehidupan manusia purba di desa ini serta dijadikan sebagai pusat penelitian dan ilmu kehidupan pra sejarah.

Banyak orang memilih tempat wisata ini di akhir pekan. Di Museum yang penuh dengan sejarah ini, Anda bisa melihat dan mempelajari kehidupan manusia purba mulai dari struktur, lapisan tanah dan banyak lagi yang lain. Para pengunjung juga dapat menemukan informasi lengkap mengenai kehidupan manusia purba yang hidup di Pulau Jawa.

Kebanyakan perkembangan ilmu pengetahuan disumbang oleh Museum Dayu yang berada di Jawa ini seperti arkeologi, antrologi, paleoantrologi, erektus serta megantropus. Menariknya lagi, pengunjung juga akan menemukan jejak peninggalan yang usianya 2 juta tahun silam dan masih bisa ditemukan sampai saat ini.

Daya Tarik Wisata Museum Dayu

Daya Tarik Museum Dayu
Image Credit: Google Maps Veni Jumila Danin

1. Memiliki Pesona yang Luar Biasa

Daya tarik pertama yang akan Anda temukan saat berada di Museum Dayu adalah memiliki pesona yang luar biasa. Di destinasi wisata penuh dengan sejarah ini, Anda akan temukan keindahan yang tiada duanya. Apalagi penduduk di sekitar lokasi wisata juga sangat ramah tamah kepada wisatawan lokal dan asing.

Sebenarnya bukan hanya karena museum ini sebagai wisata bersejarah saja, tapi Karanganyar yang merupakan tempat dimana Museum Dayu ini berada juga memberikan keindahan yang luar biasa. Jadi tak heran jika para pengunjung yang berlibur ke Pulau Jawa tidak akan melewatkan kesempatan untuk pergi ke destinasi ini juga.

BACA JUGA:  Candi Ceto - Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

2. Mempelajari Jejak Kehidupan Manusia

Tidak Cuma itu saja, yang menjadi daya tarik dari tempat ini adalah karena para pengunjung akan diajak untuk mempelajari seperti apa jejak kehidupan manusia yang ada di masa lampau atau istilahnya manusia purba. Ada banyak hal yang bisa ditemukan mulai dari lapisan tanah yang sudah ada berjuta-juta tahun lalu serta strukturnya.

Untuk menemukan informasi lengkap dari manusia purba sangatlah mudah. jadi tak heran jika dilakukan banyak penelitian di Pulau Jawa atau tepatnya di Kabupaten Karanganyar ini. buat pengunjung yang sudah terbiasa wisata pantai atau wisata lain, tidak ada salahnya di akhir pekan ini melakukan kunjungan ke tempat-tempat yang penuh dengan edukasi ini.

3. Berbentuk Taman

Daya Tarik di Museum Dayu
Image Credit: Google Maps 인도네시아 친구Indonesia Chingu

Museum Dayu adalah tempat untuk rekreasi dan menimba ilmu baik bagi orangtua maupun anak-anak. Jika Anda pergi kesini, tentu liburan yang dilakukan nanti akan terasa seru dan menyenangkan. Selain itu, wawasan juga bertambah banyak berkat adanya edukasi yang diberikan dari tempat ini.

Uniknya lagi, museum yang berada di Karanganyar ini berbentuk taman. Anda tentu tidak akan merasa bosan selama berlibur di tempat ini. apalagi dengan pemandangan indah yang mengelilinginya serta banyak peninggalan manusia purba disini membuat orang-orang rela menghabiskan waktu mereka untuk berlibur kesini.

4. Menampilkan Tengkorak Manusia

Jika Anda ingin melihat tengkorak manusia purba bernama homo erektus, Museum Dayu ini tempatnya. Tengkorak di museum nan indah ini disimpan di dalam kotak kaca serta diberi pengawet supaya nanti dapat dipamerkan ke para pengunjung.

Jadi jika penasaran dengan tengkorak manusia dan ingin melihatnya secara langsung, segera luangkan waktu di akhir pekan untuk pergi ke tempat ini. Dengan harga tiket masuk yang sangat terjangkau, ada banyak hal menarik dan seru yang bisa didapatkan saat berada di dalamnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Museum Dayu
Image Credit: Google Maps Vanda Kemala

Museum Dayu memang tidak begitu populer seperti tempat-tempat wisata lainnya. Tapi bila Anda menghabiskan waktu kesini, akan ada banyak hal seru yang bisa ditemukan di dalamnya. bagi wisatawan yang berasal dari kota Karanganyar mungkin tidak bingung lagi bila ingin mendatangi wisata museum purbakala ini, tapi hal sama tidak berlaku untuk wisatawan luar.

BACA JUGA:  Monumen Pers Nasional - Sejarah, Koleksi, Lokasi & Ragam Aktivitas

Biasanya wisatawan dari luar kota Karanganyar tidak begitu mengetahui lokasinya. Jadi jika tidak ingin tersasar nanti, solusinya adalah dengan menggunakan google maps. Sebenarnya lokasi wisata bersejarah tidaklah sulit untuk ditemukan. Apalagi jika Anda sudah berada di Desa Dayu, Jawa Tengah.

Wisata favorit di Karanganyar ini termasuk wisata edukasi dan sejarah yang kerap dikunjungi oleh orang-orang di akhir pekan. Jadi bila berminat untuk mengunjunginya, gunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat. Setelah itu, gunakan bantuan aplikasi google maps atau penunjuk jalan yang biasanya ada di jalan-jalan.

Harga Tiket Masuk Museum Dayu

Harga Tiket Masuk Museum Dayu
Image Credit: Google Maps Ain Mushalin

Museum Dayu adalah museum manusia purba yang sangat bersejarah. Bila ingin masuk ke dalamnya, para pengunjung akan dikenai tarif 5 ribu rupiah. Tentu harganya sangat terjangkau bila dibandingkan dengan keseruan yang ada di dalamnya. bagi yang ingin datang berkunjung, Anda bisa melakukannya setiap hari Selasa hingga Minggu.

Nah untuk Hari Senin destinasi wisata ini tidak buka karena dilakukan pemeliharaan terhadap benda-benda yang ada di dalamnya. untuk jam bukanya sendiri mulai dari 8 pagi sampai 4 sore WIB. Jadi selalu ingat jadwal dan hari buka dari tempat wisata ini sebelum mengajak keluarga untuk berlibur.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Menarik Museum Dayu
Image Credit: Google Maps Bayu

1. Berjalan Santai Mengelilingi Museum

Beragam kegiatan menarik bisa dilakukan saat berada di Museum Dayu mulai dari berjalan santai mengelilingi museum. Para pengunjung bisa menyusuri lapisan tanah di area wisata yang berbentuk yang di dalamnya terdapat lapisan termuda sampai lapisan tanah dengan usia jutaan tahun silam.

Dengan dilengkapi anjungan pameran serta memuat informasi penting mengenai lapisan tanah membuat orang-orang bisa mendapatkan tambahan pengetahuan saat berada disini. Anjungan disusun berurutan dengan anjungan pameran di dalamnya.

2. Melihat Peninggalan Artefak

Selain itu, para pengunjung juga dapat melihat peninggalan-peninggalan artefak tertua yang ada di Indonesia di ruang pamer yang sudah disediakan. Ruang pamer di museum ini terdiri dari ruang diorama dan ruang pamer dengan ukuran yang cukup luas.

Sembari melihat peninggalan yang ada di ruang pamer, pengunjung juga bisa melihat biaya yang ada di hilir sungai, kerbau, kawanan rusa, harimau dan manusia purba beserta kelompoknya yang tengah berburu.

BACA JUGA:  OHD Museum - Sejarah, Koleksi, Lokasi & Ragam Aktivitas

3. Berkomunikasi dengan Media Digital

Aktivitas Menarik di Museum Dayu
Image Credit: Google Maps aris indra

Kegiatan ketiga yang tidak boleh sampai dilewatkan saat berada di Museum Dayu adalah berkomunikasi dengan media digital. Jadi perlu diketahui, terdapat media digital visual yang di dalamnya akan ditayangkan sebuah video dan interactive touchscreen dengan informasi seputar bentang alam dan lain sebagainya.

Jadi tidak ada salahnya untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya setelah berada disini. Karena kebanyakan wisatawan yang berkunjung memang punya keinginan yang sama yaitu mencari banyak informasi dan wawasan baru supaya menambah ilmu pengetahuan yang dimiliki terutama tentang manusia purba.

4. Bersantai di Sekitar Museum Dayu

Setelah puas berkeliling dan melihat-lihat peninggalan manusia purba, ini saatnya Anda harus bersantai. Sudah disediakan banyak tempat bersantai saat berada di lokasi wisata ini. jadi bagi yang sudah merasa puas berkeliling museum, coba beristirahatlah sembari melihat keindahan yang ditawarkan tempat wisata menarik ini.

Anda bisa mengobrol bersama teman-teman yang diajak pergi bersama ke destinasi wisata ini terkait hal-hal yang sudah ditemukan tadi. Biasanya saat mengobrol, ada informasi baru yang bisa didapatkan dari teman Anda nanti.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Museum

Fasilitas Museum Dayu
Image Credit: Google Maps Hey Mey’s Journey

Fasilitas di tempat wisata tentu saja sangat dibutuhkan oleh pengunjung. Karena itu, Museum Dayu menyediakan banyak fasilitas kepada para pengunjung yang datang. Mulai dari toilet yang bersih dan nyaman. jadi jika menggunakan fasilitas toilet di tempat ini sebaiknya jaga kebersihannya supaya pengunjung lain juga nyaman saat berwisata disini.

Selain toilet, Anda juga akan menemukan ruang pameran dengan AC Di dalamnya. jadi para pengunjung yang sedang melihat-lihat barang-barang manusia purba tidak akan gerah apalagi kepanasan sebab ada Ac yang bisa membuat adem.

Fasilitas yang terakhir adalah permainan digital. Permainan ini tidak hanya bagus saja tapi juga memberikan banyak manfaat. Taman bermain ini cocok untuk anak-anak yang tengah berkunjung ke museum. Nah, bagi yang ingin beristirahat sudah dipersiapkan pendopo yang banyak disini.

Museum Dayu merupakan destinasi wisata manusia purba yang penuh dengan sejarah. Banyak wisatawan dari lokal maupun luar negeri yang datang kesini untuk mendapatkan pengetahuan baru terutama tentang artefak atau peninggalan tertua yang ada di Pulau Jawa.