Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 07.30-16.00 WIB, Alamat: Depok, Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Hadir menjadi sebuah bangunan yang populer dan sebagai laboratorium geospasial di pesisir Parangtritis. Merupakan Museum Gumuk Pasir yang menyimpan berbagai hal yang berkaitan dengan ekosistem pantai. Terdapat banyak jenis batuan, herbarium, pasir dan lengkap dengan ruang audio.

Keindahan gundukan bukit pasir yang begitu menarik perhatian pengunjung. Keunikan yang eksotis dari berbagai objek wisata yang ada di pantai Parangkusumo ini. Berbagai informasi dapat Anda dapatkan, tentang gumuk pasir pantai daerah selatan, bila berkunjung kesini.

Telah diresmikan oleh Gubernur DIY, Kepala BIG, Prof.H.Mohamad Nasir, Ph.D.,Ak, Bupati Bantul, dan Rektor UGM. Peresmian ini diselenggarakan pada tanggal 11 bulan September 2015. Dengan berbagai fasilitas yang terbilang lengkap.

Sejarah Terbentuknya Gumuk Pasir

Sejarah Terbentuknya Gumuk Pasir
Image Credit: Google Maps antonius j. haryono

Ketinggian yang dimiliki destinasi ini yakni mencapai 20 mdpl dari dekat pantai. Keindahan yang bermula dari material Gunung Merapi yang keluar terbawa menuju air laut melewati sebuah Sungai Opak. Kemudian berendap dan mengering.

Sebenarnya jika dilihat sekilas, memang terlihat biasa saja. Namun mendengar dari beberapa situs, menyebutkan bahwa fenomena ini sangat langka. hanya terjadi pada 4 tempat di dunia, dan Indonesia menjadi bagian yang memilikinya.

Keunikan lain yakni iklim tropis basah, harusnya dengan iklim ini gumukan pasir tidak akan terbentuk. Namun, sudah kuasa Tuhan yang menciptakan destinasi ini sangat unik dan berbeda. Juga menjadi tempat bermain sandboarding satu-satunya di Asia.

Daya Tarik Wisata Museum Gumuk Pasir

Daya Tarik Museum Gumuk Pasir
Image Credit: Google Maps Maryah Ulfah

1. Fenomena Langka

Tentu saja keindahan yang unik sudah menjadi daya tarik para wisatawan. Namun dibalik unik, ternyata destinasi ini merupakan objek wisata yang langka. Tercatat fenomena ini hanya terdapat pada empat negara dan Indonesia punya fenomena ini.

Maka jangan menyia-nyiakan kesempatan menjadi yang pernah berkunjung ke Museum Gumuk Pasir langka ini. Apalagi bila hal langka dapat Anda kunjungi merupakan pengalaman yang tiada tara. Tempat cantik ini juga merupakan hal yang worth it dengan berbagai keunikannya.

BACA JUGA:  Museum Soeharto - Sejarah, Koleksi, Tiket & Ragam Aktivitas

Tentunya gelar langka ini, membuat wahana yang tersaji benar-benar tidak dapat Anda temukan di lokasi lain. Juga merupakan bagian dari situs warisan dunia yang pasti populer. Apalagi lokasinya yang berada di daerah istimewa yakni Yogyakarta.

2. View yang Eksotis

Tidak hanya sebagai tempat rekreasi yang menyenangkan, namun view yang ditawarkan merupakan hal yang eksotis. Menjadi kebanggaan penduduk Yogyakarta dan sangat populer. Ketinggian gumukan pasir yang dimiliki juga menjadi view yang worth it.

Beberapa fasilitas tersedia gazebo, ada ayunan pula, dan masih banyak lagi, membuat view yang ada kian menarik. Sudah dipastikan hasil foto yang instagramble mudah Anda dapatkan. Tanpa perlu jauh-jauh dari lokasi Museum Gumuk Pasir unik dan cantik ini. Setiap sudutnya memiliki view yang eksotis.

3. Spot Foto

Bukan tempat yang ramai dikunjungi para wisatawan bila tidak menawarkan spot foto yang unik dan begitu menarik. Nah Museum Gumuk Pasir cantik ini juga merupakan lokasi yang ramai pengunjung. Dan memiliki spot foto yang sungguh indah.

Hasil gambar yang tak bisa dipungkiri keunikan yang tersaji. Beberapa hasil foto akan membuat moment berlibur Anda terabadi dengan eksotis. Berfoto di spot ayunan dengan latar belakang hamparan pasir yang indah, tentu saja hasilnya sangat cantik.

Maka spot foto yang ada di lokasi ini dapat menemani momen foto Anda kian indah. Sensasi yang menakjubkan dalam panorama yang dijanjikan. Akan lebih yakin bila Anda sudah menjadi pengunjung di lokasi yang langka ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Museum Gumuk Pasir
Image Credit: Google Maps Wulan dari

Museum Gumuk Pasir berada di kawasan pinggir laut dengan view yang berbeda dan menarik tentunya. Yakni berlokasi di Pantai Parangkusumo, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Daerah ini terkenal dengan keindahan destinasi yang dibanggakan yaitu gundukan pasir yang cantik ini.

Lokasi yang mudah dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Berjarak 28 km dari pusat kota Yogja dengan waktu tempuh kurang lebih mencapai 1 jam lamanya. Berada di Grogol X yakni Pantai Parangtritis, kecamatan Kretek, juga bagian dari alamat destinasi langka ini.

BACA JUGA:  Museum Dirgantara Jogja - Sejarah, Koleksi, Tiket & Ragam Aktivitas

Rute melalui jalur jalan Parangtritis kemudian terus menuju hingga pada jembatan Kretek. Bila kurang paham dapat Anda telusuri dengan menggunakan google maps. Tinggal ketik alamat lengkapnya, tentunya masih dalam negara Indonesia.

Harga Tiket Masuk Museum Gumuk Pasir

Harga Tiket Masuk Museum Gumuk Pasir
Image Credit: Google Maps Fariz rachmana putra

Jika menjadi pengunjung di Museum Gumuk Pasir, maka tidak perlu membayar tiket yang terlalu merogoh kantong. Untuk tiket masuknya cukup membayar Rp 5.000 per orangnya. Dan harga itu dapat dengan mudah Anda jangkau.

Untuk keamanan parkir dikenakan karcis yakni Rp. 3.000 per Unit motor. Untuk mobil Rp. 5.000 per Unitnya. Harga tiket masuk dengan tambahan biaya parkir ini terbilang royal jika dibandingkan dengan keindahan yang tersaji.

Namun, bila Anda ingin merasakan kegiatan sandboarding, maka perlu menyewa sebuah papan dengan tarif sewa yakni Rp 70.000. kemudian jam operasi buka pada pukul 07.00 sampai pada pukul 18.00 wib.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Menarik Museum Gumuk Pasir
Image Credit: Google Maps Rizal Fir

1. Mengunjungi Museum

Dengan waktu tempuh 10menit dari lokasi cantik ini, Anda dapat mengunjungi museum yang telah tersedia. Berbagai benda-benda berharga tersimpan didalam museum ini. Semacam koleksi yang berkaitan dengan sejarah dan fakta dari gurun Yogja ini.

Maka kegiatan mengunjungi Museum Gumuk Pasir ini sangat seru dan memberi wawasan baru. Jangan sampai melewatkan kegiatan ini bila Anda menjadi pengunjung. Sisa batuan, barang koleksi, tanaman dan masih banyak lagi, merupakan alternative untuk beredukasi.

Kabarnya museum cantik ini sudah didirikan sejak tahun 2000-an. Dengan berkontribusi pada UGM dan BKSPN Yogyakarta. Kegiatan mengunjungi museum ini bukan hanya seru tapi juga dapat menambah ilmu.

2. Hunting Foto

Tentunya kegiatan hunting foto bukan lagi kegiatan yang langka dalam berwisata. Apa lagi berada pada Museum Gumuk Pasir yang benar-benar menyajikan objek-objek yang langka ini. Beberapa keindahan alam yang tersaji mampu memikat hati untuk menetap dan betah.

Kegiatan hunting foto tidak hanya menghasilkan foto yang biasa. Gambar yang dihasilkan begitu worth it, apalagi Anda ahli dalam pengambilan sebuah gambar. Tak jarang pothografer kerap berkeliaran di lokasi cantik ini.

BACA JUGA:  Candi Sari - Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Spot foto yang ditawarkan juga tidak receh. Terlihat begitu wah dan luar biasa dalam background hamparan pasir yang cantik. Dan lokasi ini juga merupakan objek wisata fenomena langka yang kerap menyita perhatian publik.

3. Bermain Sandboarding

Aktivitas Menarik di Museum Gumuk Pasir
Image Credit: Google Maps Abdi Thea

Kawasan pasir yang dengan gundukannya, tentu saja cocok untuk bermain sandboarding. Bermain sandboarding ini kerap menjadi aktivitas yang dipilih oleh pengunjung. Apalagi bagi para pecinta permainan sandbooarding ini.

Tentu saja Anda juga dapat menjajal kegiatan ini di Museum Gumuk Pasir. Sebab di lokasi sudah disediakan papan sewa yang aman digunakan oleh pengunjung. Tidak ada larangan bagi yang ingin menjajal. Namun tetap saja harus yang dapat bermain sandboarding, yang bisa menikmati permainan ini.

4. Menikmati Kuliner

Setelah berkeliling melihat indahnya pesona yang tersaji, maka kegiatan menikmati kuliner ini merupakan kegiatan yang cocok untuk dilakukan. Bersantai sambil meminum segarnya es kelapa muda yang sudah tersedia.

Apalagi cuaca cerah yang panas namun indah dengan pemandangannya kian membuat kegiatan menikmati kuliner ini lebih seru. Harga yang dijajakan juga tidak mahal dan mudah dijangkau. Terdapat pula makanan instan yang juga dapat Anda nikmati, seperti mie instan, pop mie, dll.

Fasilitas di Kawasan Museum Gumuk Pasir

Fasilitas Museum Gumuk Pasir
Image Credit: Google Maps Deni Alfian

Fasilitas di Museum Gumuk Pasirudah terbilang lengkap dan memadai. Seperti terdapat area parkir yang luas, warung makanan dan minuman, mushola, toilet dan masih banyak lagi. Fasilitas dibangun bertujuan agar pengunjung nyaman dan betah.

Beberapa spot foto yang disajikan, juga menjadi sebuah fasilitas yang dapat Anda manfaatkan saat menjadi pengunjung. Tentunya pihak pengelola masih terus melakukan pembenahan agar sarana dan prasarana kian sempurna.

Alih-alih dari sebuah fasilitas tersebut, sebenarnya lokasi cantik ini tetap menjadi tempat indah yang bersejarah dengan alaminya. Tidak bisa dipungkiri semua hal yang tersaji begitu asri dan alami. Maka jangan terlalu berharap pada fasilitas yang ada.

Museum Gumuk Pasir merupakan destinasi wisata bersejarah yang dapat membuat Anda tidak hanya mendapatkan mata yang fresh saja, namun juga dapat memiliki wawasan luas. Berbagai keindahan juga tersaji begitu unik dan langka. tidak heran bila lokasi ini buming dikalangan pemuda yang berburu foto kekinian.