Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 08.00-15.00 WIB, Alamat: Jl. Bintaran Wetan No.3, Gunungketur, Kec. Pakualaman, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Apa yang ada di pikiran anda pada saat pertama kali mendengar yang namanya Yogyakarta? Apakah gamelan? Kerajaan? Atau yang lainnya? selain terkenal dengan sistem kerajaan nya yang masih sangat kental karena bangunan keraton, nyatanya Yogyakarta juga menyimpan banyak sekali kawasan wisata. Baik wisata alam, budaya, hingga sejarah salah satunya yaitu Museum Jendral Sudirman.

Museum yang letaknya berada di Yogyakarta ini juga disebut dengan sasmitaloka yang di dalamnya berisi berbagai macam koleksi dari panglima besar Jenderal Sudirman. Bila di deskripsikan sasmita sendiri memiliki makna pengingat, sedangkan untuk loka berarti tempat. Kawasan museum ini memiliki banyak koleksi dan ruangan yang begitu banyak. berikut penjelasan lengkapnya.

Sejarah Singkat Museum Jendral Sudirman

Sejarah Singkat Museum Jendral Sudirman
Image Credit: Google Maps SBP Bagus Painting

Dalam setiap tempat wisata pasti ada banyak cerita tersendiri yang dikemas dalam sejarah. Jadi pada masa pemerintahan Hindia belanda, gedung yang megah ini dimanfaatkan untuk rumah dinas Mr. Weinschenk. Lalu di masa pendudukan Jepang, maka area ini mulai dikosongkan lalu berbagai peralatannya juga disita sebelum dijadikan Museum Jendral Sudirman.

Saat Negara Indonesia merdeka, amka banguan ini di gunakan untuk markas dari Bataliyon. Namun seiring dengan berjalannya waktu, maka bangunan yang kini menjadi museum tersebut digunakan untuk tempat tinggal resmi tokoh Jendral Sudirman. Mulai penempatan banguan ini oleh Jendral Sudirman tatkala dirinya mulai dilantik menjadi panglima besar Tentara Keamanan bagi Rakyat.

Sosok Jendral Sudirman masuk dalam kategori orang yang gigih dalam berjuang menjaga keamanan Negara Indonesia. Bahkan pada saat perang Agresi Militer Belanda ke II, ia menunjukkan taktik berlawanan kepada musuh dengan cara yang sangat baik. Bentuk kegigihan lain dari jendral ini juga nampak adanya perang gerilya, yang akhirnya membuat indonesia bangkit kembali.

Berkat kegigihannya tersebut, maka kawasan Museum Jendral Sudirman Yogyakarta bisa direbut kembali oleh pihak Indonesia. Dan dari perjuangan jendral ini dalam melawan penjajah Belanda, maka beliau diangkat menjadi pahlawan nasional. Selain itu, bangunan yang dulunya dijadikan rumah, kini dimanfaatkan untuk menjadi museum yang dikenal dengan nama Jendral Sudirman.

Koleksi Museum Jendral Sudirman

Koleksi Museum Jendral Sudirman
Image Credit: Google Maps retna dewi

1. Meja dan Kursi yang diLengkapi Lampu Gantung

Jika berbicara tentang koleksi, maka hampir setiap museum pasti bakal memilikinya dengan teman yang berbeda-beda. Sama hanya dengan Museum Jendral Sudirman ini, di dalamnya menyimpan banyak sekali koleksi salah satunya adalah mejam kursi dan lampu gantung.

Koleksi kuno tersebut bisa anda jumpai jika masuk maseum dan menuju di area ruang tamu. Desain dar perangkat meja dan kursi tersebut memiliki bentuk muton dan beralaskan babut, sehingga masih terjaga keawetannya hingga sekarang. Sedangkan untuk lampu gantung tersebut terlihat sangat klasik, namun masih bisa di pakai hingga sekarang.

2. Pakaian Pangsar Jenderal Sudirman

Dalam bangunan museum ini juga memiliki koleksi unggulan. Salah satu koleksi unggulan yang dimaksud adalah pakaian pangsar milik Sudirman. Mungkin bagi yang belum tahu, pakaian ini terlihat sangat bias, namun nyatanya menyimpan banyak sekali saksi sejarah dalam perang gerilya di kawasan perbukitan Jawa. Pakaian pangsar ini terdiri dari jaket piyama, sepatu, tongkat, dan lainnya.

3. Senjata Mesin Mitraliur

Benda yang masuk dalam koleksi unggulan di Museum Jendral Sudirman lainnya datang dari senjata mesin mitraliur. Senjata yang satu ini adalah hasil dari rampasan pertempuran Ambarawa yang terjadi sekitar tanggal 12 hingga 15 Desember di tahun 1945. Tidak jarang juga banyak orang yang datang ke lokasi ini hanya untuk melihat penggalan senjata mesin ringan ini.

4. Piagam Penghargaan

Bagian yang tidak kalah menarik dari koleksi yang ada di bangunan ini yaitu danaya piagam penghargaan tanda jasa anugerah yang diterima oleh pemerintah RI waktu itu. Koleksi yang satu ini bisa anda temukan di area ruang kerja bersamaan dengan benda lainnya. seperti pedang katana, replika keris, pesawat telepon, senjata LE, dan masih banyak yang lainnya di Museum Jendral Sudirman.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Museum Jendral Sudirman
Image Credit: Google Maps Wiwin Oktavianti

Museum yang megah dan kenta dengan momen sejarah ini bisa anda temukan dengan mudah, sebab ia berada di lokasi yang sangat strategis. Dimana lebih tepatnya ia berada di Jalan Bintaran Wetan, kawasan Yogyakarta, Daerah Istimewah Yogyakarta. Museum yang sangat fenomenal ini juga berdekatan dengan berbagai wisata lainnya, sehingga hampir setiap hari tidak pernah sepi dikunjungi oleh para wisatawan.

Bagi anda yang ingin datang ke lokasi ini, maka bisa mengakses dengan sangat mudah. Untuk menuju ke lokasi, anda bisa langsung menggunakan kendaraan roda dua ataupun empat. Karena berada di area yang sangat strategis, maka anda bisa langsung memanfaatkan google maps dari ponsel anda pada saat ingin mengunjungi Museum Jendral Sudirman.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Harga Tiket Masuk Museum Jendral Sudirman
Image Credit: Google Maps kame kuro

Salah satu hal yang paling sering dipertanyakan saat ingin mengunjungi lokasi wisata adalah harga tiket. Sama halnya dengan museum bersejarah di Yogyakarta ini. Harga yang ditawarkan untuk tiket masuk ke lingkungan museum ini hanya sekitar Rp 15.000. harga tersebut belum termasuk dengan biaya parkir. Biasanya ongkos yang dikeluarkan untuk parkir sekitar Rp 2.000 rupiah saja.

Lalu bagaimana dengan jam operasionalnya? Sama dengan kawasan wisata lainnya, jika anda datang ke lokasi wisata ini, maka akan diatur masalah jam operasional. Untuk kawasan wisata ini buka setiap hari, dengan jam operasional dibuka sekitar pukul 8 pagi hingga 4 sore, sehingga Museum Jendral Sudirman selalu dipadati pengunjung di jam tersebut.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Menarik Museum Jendral Sudirman
Image Credit: Google Maps Adwi Nur Riyansyah

1. Belajar Berbagai Sejarah pada Lingkup Museum

Banyak hal yang bisa anda lakukan jika datang ke salah satu wisata sejarah Yogyakarta ini. kegiatan yang dapat dikerjakan salah satunya adalah belajar tentang sejarah pada lingkup museum tersebut. tidak hanya dikunjungi oleh remaja atau orang tua yang sekedar ingin mengabadikan momen saja, namun nyatanya juga para siswa dan mahasiswa.

Biasanya siswa maupun mahasiswa datang ke lokasi untuk tujuan edukasi. Sehingga bagi anda yang ingin mengemban ilmu sejarah dari Museum Jendral Sudirman bisa langsung datang ke lokasi. Jangan khawatir, disana anda juga bisa di bantu oleh para staf guna memberikan informasi mengenai museum ini secara lengkap.

2. Melihat Berbagai Macam Peninggalan Sejarah

Anda yang datang ke kawasan wisata ini juga bisa menyaksikan berbagai macam peninggalan bersejarah. Barang-barang sejarah yang ada dalam bangunn ini masih terawat dengan baik dan pastinya juga sangat beragam. Mulai dari aneka macam perabotan rumah tangga, senjata militer, pakaian Jendral Sudirman, dan pastinya juga piagam penghargaan.

Aktivitas Menarik di Museum Jendral Sudirman
Image Credit: Google Maps Ridho Hakim Family

3. Menyaksikan Berbagai Ruang pada Museum

Banyak yang beranggapan bahwa museum pasti hanya memiliki banguna yang kotak saja, namun siapa sangka nyatanya wisata yang satu ini memiliki beberapa ruangan yang menarik untuk ditelusuri lebih dalam lagi. Misalnya di ruang tamu, disana anda bakal diperlihatkan benda meja, kursi, dan juga lampu gantungnya yang sangat fenomenal pada Museum Jendral Sudirman.

Berlanjut ke bagia ruang santai, disana dulunya di manfaatkan oleh jendral sudirman dalam membina keluarganya. Bahkan tidak jarang juga, di area ini tokoh Jendral Sudirman membincangkan tentang perjuangan Indonesia. pada ruangan ini juga di hiasan beberapa benda yang sangat estetik, mulai dari lukisan, radio kuno, dan masih banyak lainnya.

Bagin yang paling penting di museum bersejarah ini adalah ruang kerja. Jika anda mengunjungi kawasan ini, maka akan diperlihatkan ruangan yang sering digunakan untuk mengobarkan perjuangannya dalam membela Indonesia. Pada area ini juga di pamerkan pedang katana yang di dapatkannya saat menjadi daidancho PETA, telepon, senjata enfield, dan juga piagam penghargaannya.

4. Berfoto di Lingkungan Sekitar Museum

Pengunjung yang datang ke Museum Jendral Sudirman juga ada memang sengaja untuk mengabadikan momen. Karena bangunan dalam museum tersebut terlihat sangat unik, sehingga tak khayal banyak juga orang yang datang ke lokasi dengan tujuan mengabadikan foto. Hal ini tidak dilarang, sebab jika di post dalam feed instagram justru bakal meningkatkan rasa ketertarikan pengunjung lain untuk datang ke lokasi.

Fasilitas yang Tersedia di Museum Jendral Sudirman

Fasilitas Museum Jendral Sudirman
Image Credit: Google Maps retna dewi

Banyak fasilitas yang bakal anda dapatkan jika datang ke lokasi wisata ini, salah satu yang paling umum adalah area parkir yang sangat luas. Sehingga anda yang datang bersama rombongan tidak kesusahan memarkirkan kendaraan. Disana juga disediakan tempat untuk duduk untuk melepas lelah.

Setelah menyusuri area Museum Jendral Sudirman yang sangat keren tersebut, maka anda bisa lanjutkan perjalan di sekitarnya. Disana anda bakal menjumpai orang yang menjual makanan dengan rasa yang sangat lezat. Setelah kenyang, jangan lupa untuk mencari penginapan untuk melanjutkan trip anda di kemudian hari. Harga penginapan yang ditawarkan tergantung kebutuhan anda.

Dari penjelasan diatas maka bisa ditarik kesimpulan, bahwa museum di Yogyakarta ini berisi aneka macam barang peninggalan Jenderal Sudirman. Benteng peninggalan yang dimaksud antara lain adalah meja dan kursi yang dilengkapi lampu gantung, pakaian pangsar jenderal sudirman, senjata mesin mitraliur, piagam penghargaan da masih banyak yang lainnya.