Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 09.00-15.00 WIB, Alamat: Jl. Menteng Raya No.31, Sirih, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta; Map: Cek Lokasi

Pergi berlibur memang salah satu hal yang sangat dinanti-nanti. Terlebih jika Anda ingin berlibur ke Kota Jakarta yang memang dikenal memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik dan patut untuk di jadikan referensi. Salah satu yang recommended untuk dikunjungi yaitu Museum Joang’ 45.

Museum tersebut merupakan salah satu bukti sejarah atas perjuangan Negara Indonesia mencapai kemerdekaan di tahun 1945. Jika Anda memutuskan untuk berlibur ke Kota Jakarta, maka jangan lewatkan kesempatan menjejakkan kaki di tempat ini sekalipun hanya sebentar saja.

Di sana nantinya akan muncul dapat belajar sejarah dengan lebih mendalam lagi agar rasa cinta terhadap tanah air semakin tumbuh dan berkembang. Museum tersebut menyajikan beragam keseruan yang pastinya tidak bisa ditemukan di tempat wisata lain. Terlebih jika Anda mengunjungi wisata alam.

Daya Tarik Museum Joang’ 45

Daya Tarik Museum Joang’ 45
Image Credit: Google Maps Anash Achmad

1. Koleksi Para Pahlawan

Daya tarik yang ditawarkan oleh Museum Joang’ 45 memang tak main-main, wisatawan akan disuguhkan oleh beragam koleksi menarik peninggalan para pahlawan pada masa kemerdekaan. Tempat ini menyimpan banyak sekali koleksi sejarah yang pastinya akan membuat pengunjung berdecak kagum oleh perjuangan dari para pahlawan.

Diantara koleksi tersebut sepertinya mobil dinas presiden serta wakilnya pertama kali menjabat sebagai kepala negara. Terdapat pula mobil peristiwa pengeboman di daerah Cikini, lukisan serta dokumentasi yang menceritakan tentang perjuangan bangsa Indonesia pada tahun 45.

Tidak hanya itu saja, wisatawan bisa menyaksikan patung-patung dari para pahlawan yang dulunya mereka dengan gagah berani telah memperjuangkan hak kemerdekaan Indonesia. Patung-patung tersebut dibuat dalam bentuk setengah dada dan menyerupai wajah asli dari para pejuang.

BACA JUGA:  Museum Indonesia - Sejarah, Koleksi, Tiket & Ragam Aktivitas

2. Museum yang Luas

Museum Joang’ 45 merupakan salah satu museum yang memiliki bangunan cukup luas. Ketika masih masa pendudukan Belanda di Indonesia, bangunan yang didirikan pada tahun 1920 tersebut diperuntukkan sebagai bangunan hotel. Kemudian saat Indonesia berada di bawah kekuasaan Jepang, status dari hotel akhirnya diubah menjadi kantor.

Sejak saat itu tempat ini mulai difungsikan sebagai salah satu tempat untuk belajar ilmu politik. Hingga pada akhirnya bangunan yang satu ini jatuh kembali pada Indonesia dan dijadikan sebagai museum. Di tempat inilah nantinya Anda bisa berkeliling sepuasnya dan menghasilkan beragam koleksi yang dipamerkan di sana.

3. Suasana Museum yang Adem

Hal yang tak kalah menarik lagi yaitu ketika memasuki museum Anda akan merasakan suasana yang begitu adem dan nyaman. Sekalipun Anda datang saat cuaca tengah terik sekalipun, di tempat ini pengunjung akan merasa begitu sama seolah tidak ingin segera beranjak pergi.

Suasana yang begitu nyaman pasti akan mendukung aktivitas selama menyaksikan semua koleksi yang ada di sana. Karena itu, wajar jika Anda beserta keluarga bisa sekedar duduk santai untuk menikmati hawa sekitar yang begitu sejuk.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Museum Joang 45
Image Credit: Google Maps Go Ku

Untuk wisatawan yang ingin datang ke tempat tersebut, maka sebaiknya segera meluncur ke Jalan Menteng Raya Nomor 31. Tempat ini berada di daerah Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Jika Anda kebetulan berada di tugu tani, maka Lokasi Museum Joang’ 45 tidak jauh dari sana.

Untuk menemukan lokasi museum memang relatif mudah, karena tempatnya yang cukup strategis serta mudah sekali dijangkau oleh pengunjung. Karena itu, sangat recommended memakai kendaraan pribadi menuju ke tempat ini. Saya tahu Anda pun tidak bisa memanfaatkan transportasi online maupun umum yang banyak tersedia di sana.

Harga Tiket Masuk Museum Joang’ 45

Harga Tiket Masuk Museum Joang’ 45
Image Credit: Google Maps Dwiyan Pratiyo

Harga tiket dari Museum Joang’ 45 terbilang sangat terjangkau, yaitu hanya sebesar Rp 5.000 untuk orang dewasa. Sedangkan baju anak-anak perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 2.000 saja. Bagi mahasiswa, maka besar biaya yaitu Rp 3.000 untuk tiap orang. Museum ini akan mulai beroperasi sejak pukul 09.00 hingga pukul 15.00.

Saat menjelang hari libur tiba, segeralah menuju ke tempat tersebut tanpa perlu ragu-ragu. Di sanalah nantinya Anda beserta rombongan akan memperoleh pengalaman yang seru serta edukasi mengenai sejarah masa lalu.

BACA JUGA:  Museum Kesehatan Surabaya - Sejarah, Koleksi, Lokasi & Ragam Aktivitas

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Menarik Museum Joang 45
Image Credit: Google Maps Bambang Dwi Atmoko

1. Mempelajari Sejarah Kemerdekaan yang Indonesia

Dengan mengunjungi Museum Joang’ 45 Anda akan berkesempatan untuk mempelajari sejarah kemerdekaan dari Negara Indonesia. Kisah tentang sejarah sangat kompleks saat berada di tempat tersebut. Sejarah Indonesia memang memiliki perjalanan yang sangatlah panjang.

Namun, hal yang sangat penting di sini dan perlu untuk Anda ketahui yaitu sejarah mengenai lahirnya Negara Indonesia atau sering juga dikenal dengan kemerdekaan Indonesia. Di mana di dalam sejarah tersebut dikisahkan mengenai cikal bakal terbentuknya negara tercinta ini.

Kemerdekaan Indonesia memang tidak didapat begitu saja, ada banyak sekali kisah sedih dan perjuangan yang harus ditempuh oleh para pejuang pada saat itu. Anda sebagai generasi penerus harus mengetahui mengenai perjuangan yang melelahkan dan menyaksikan peninggalan-peninggalan mereka di museum bersejarah ini.

2. Abadikan Momen Bersama Koleksi Museum

Pastinya akan sangat sayang sekali Jika Anda tidak mengambil foto selama berada ada di Museum Joang. Koleksi-koleksi menarik tempat ini patut untuk dijadikan objek foto yang membuat Anda beserta dengan rombongan memiliki kenang-kenangan indah. Tak hanya itu saja, bagikan hasil foto tersebut di sosial media supaya Instagram Anda jadi lebih menarik.

Aktivitas Menarik di Museum Joang 45
Image Credit: Google Maps Lia Verocha

3. Ragam Aktivitas Reguler dan Temporer

Terdapat beragam aktivitas reguler dan temporer yang bisa dilakukan oleh wisatawan selama mengunjungi museum tersebut. Memang memiliki peranan sebagai fasilitator yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum. Beberapa aktivitas yang sering kali diadakan meliputi antara lain yaitu:

Kegiatan Reguler

  • Diskusi dan pameran
  • Penyuluhan mengenai museum
  • Dan lain-lain.

Kegiatan Temporer

Museum Joang’ 45 juga sangat terbuka untuk masyarakat umum yang mengadakan berbagai macam kompetisi atau lomba. Lomba tersebut seperti contohnya lomba pidato, lomba puisi, lomba mewarnai, lomba sejarah dan budaya serta lomba melukis.

  • Pameran Temporer
  • Napak Tilas Proklamasi
  • Pameran Keliling
  • Dan lain-lain.

Bagi pengunjung yang merasa tertarik dan berminat untuk mengikuti salah satu aktivitas yang telah disebutkan di atas, maka tinggal menghubungi pihak pengelola museum.

4. Refreshing

Melakukan refreshing memang tidak harus pergi ke tempat mewah atau jauh. Anda bisa mengunjungi tempat bersejarah, seperti contohnya Museum Joang’ 45 ini maka Anda pun telah bisa menikmati destinasi terbaik. Bahkan Anda juga dapat memperoleh hal-hal baru di tempat tersebut yang tentunya belum pernah Anda dapatkan di wisata lainnya.

BACA JUGA:  Museum Sonobudoyo - Sejarah, Koleksi, Tiket & Ragam Aktivitas

Setiap Anda tentu akan membutuhkan refreshing atau hiburan untuk menghindari stres oleh karena kepadatan kerja sehari-hari. Dengan berkunjung ke Museum, tentu merupakan hiburan yang sangat mengasyikkan dan terbilang murah.

Pengunjung yang hobi dalam menulis, baik itu cerpen ataupun artikel, maka akan memperoleh bahan yang tepat jika mengunjungi museum. Inspirasi baru akan mengalir begitu saja sehingga akan membuat tulisan Anda makin variatif dan penuh dengan ide.

Jika Anda sudah mengalami jenuh atau disentuh dengan aktivitas yang dilakukan sehari-hari di rumah, maka inilah waktunya bagi Anda segera menyegarkan pikiran dengan mengunjungi Museum Joang.

Mengunjungi tempat tersebut tidak akan membutuhkan uang dan tenaga yang besar. Selain itu, beragam koleksi akan membuat mata dan pikiran Anda merasa dimanjakan. Melewatkan semua kesempatan tersebut dan segeralah persiapan liburan mulai sekarang.

Fasilitas yang Tersedia di Museum Joang’ 45

Fasilitas Museum Joang’ 45
Image Credit: Google Maps Nur Wijayanti Pratiwi

Destinasi wisata ini menawarkan fasilitas yang memadai dan memanjakan para pengunjungnya. Fasilitas itu seperti contohnya Bioskop Joang yang khusus menayangkan film mengenai perjuangan serta dokumenter.

Selain itu, terdapat juga foto studio bagi pengunjung yang ingin berfoto memakai kostum pahlawan. Kantin Joang menyediakan ragam makanan lezat bagi para pengunjung dan pekerja yang ada di sana. Untuk yang suka membaca, maka tak perlu ragu mendatangi area perpustakaan yang menyimpan beragam referensi ilmiah.

Tidak hanya cukup di situ saja, museum juga memfasilitasi pengunjung yang berjalan membawa anak-anak dengan ruangan khusus bagi anak-anak. Dengan adanya ruangan ini tentu kreativitas anak akan semakin ditunjang dengan baik. Bagi yang ingin menjalankan ibadah, tersedia pula masjid yang ada di lokasi museum.

Museum Joang’ 45 merupakan salah satu tempat populer yang sangat recommended untuk dikunjungi Anda beserta dengan keluarga dan buah hati. Liburan tentu akan terasa kurang menyenangkan jika tidak dihabiskan dengan mengunjungi tempat yang bersejarah seperti Museum Joang ini.