Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 07.30-15.30 WIB, Alamat: Jl. Soekarno Hatta Perumahan Griya Samta, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Berbicara tentang Malang pasti tidak akan ada habisnya, nyatanya karena disini banyak ditemukan berbagai macam kawasan wisata yang wajib untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam seperti pantai, gunung, susur sungai dan masih banyak yang lainnya. Selain itu anda juga bisa menikmati kawasan wisata bersejarah di masa lampau yang disebut dengan Museum Mpu Purwa.

Aasl anda tahu, Museum peninggalan pada zaman dahulu ini adalah salah satu kawasan yang berguna untuk menyimpan barang-barang purbakala yang ada di Indonesia, khususnya Pulau Jawa. Wisata keren ini juga menyimpan banyak sekali peninggalan bersejarah yang mana itu menjadi salah satu daya tarik tersendiri saat anda mengunjunginya. Penasaran lebih lengkapnya? Berikut penjelasanya.

Sejarah Singkat Museum Mpu Purwa

Sejarah Singkat Museum Mpu Purwa
Image Credit: Google Maps Nur Aini Fitri

Jika anda ingin mengulik lebih dalam lagi masalah kawasan wisata museum yang purbakala di Malang, maka peristiwa tersebut di mulai pada tahun 2003. Dimana pada tahun tersebut pemerintah Kota Malang melalui lembaga Dinas Pendidikan telah berinisiatif untuk mengumpulkan benda purbakala yang tersebar di Malang dan sekitarnya pada suatu tempat cikal bakal Museum Mpu Purwa.

Awal mulanya berbagai artefak yang ditemukan ini bakal disimpan di dalam perpustakaan umum. Akan tetapi karena beberapa pertimbangan yang matang akhirnya di tahun 2001 pemerintah dan jajarannya memanfaatkan gedung Sekolah Dasar Negeri Mojolangu 2 sebagai kawasan penampung benda bersejarah tersebut.

Dalam berjalannya waktu, amka banguann Sekolah Dasar Negeri Mojolang 2 tersebut telah dipugar yang berguna untuk menyimpan berbagai tempat benda-benda peninggalan sejarah tersebut. proses pembangunan gedung tersebut memakan waktu yang bisa dikatakan cukup lama, yaitu kurang lebih sekitar 3 tahun.

Hingga pada akhirnya pada tanggal 2 Mei tahun 2004, gedung yang berdiri kokoh tersebut telah diresmikan oleh pihak Walikota Malang yang mana saat itu d jabat oleh Peni Suprapto. Nama resmi Museum Mpu Purwa yang megah tersebut adalah Balai Penyelamatan Benda Purbakala Mpu Purwa.

BACA JUGA:  Candi Pari - Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Koleksi Museum Mpu Purwa

Koleksi Museum Mpu Purwa
Image Credit: Google Maps Cahyadi Permana Al-Hijad

1. Makara

Jika berbicara tenga koleksi, maka jangan diragukan lagi, sebab total secara keseluruhan bisa mencapai sekitar 132 benda bersejarah. Namun disana da sekitar 58 benda bersejarah yang bisa anda lihat bersama di pameran museum, sedangkan untuk sisanya di letakkan di area penyimpanan khusus.

Perlu diketahui, bahwa salah satu benda yang bisa anda nikmati pada saat berkunjung ke lokasi wisata ini adalah makara. Disini anda bisa menyaksikan makara yang memiliki motif berupa gajah dan juga ikan. Makara yang keren tersebut telah menghadap ke arah gerbang utama pintu masuk Museum Mpu Purwa. Dalam sebuah studi menyatakan, bahwa makara bersejarah ini di temukan di Dukuh Nyojo.

2. Prasasti Muncang

Saat anda mulai melangkahkan kaki ke dalam Museum Mpu Purwa, maka akan dibuat takjub dengan adanya sebuah prasasti yang sangat indah. Dulunya, prasasti keren yang diberi nama Muncang ini telah di temukan di kawasan Desa Blandit, Wonorejo, wilayah Singosari.

Prasasti yang memiliki gaya yang indah ini memiliki kondisi yang masih utuh. Bagian dalam dari Prasasti Muncang berisi terkait pembebasan Desa Muncang pada waktu itu dari berbagai macam pajak kerajaan. Hal ini bisa terjadi karena pada waktu itu, di Desa Muncang digunakan sebagai salah satu kawasan pemujaan terhadap Hyang Brahma sebelum adanya museum ini.

Koleksi di Museum Mpu Purwa
Image Credit: Google Maps sisca LA

3. Benda Bersejarah di Malang

Berdasarkan informasi yang ada, bahwa anda bisa menemukan banyak sekali berbagai benda sejarah yang pada dasarnya mengandung nilai budaya, khususnya bagi pertumbuhan Kota Malang yang sudah ada sejak zaman abad VIII M hingga 1950 an. Selain peninggalan prasejarah, anda juga bakal dikejutkan dengan benda yang era kaitannya zaman Hindu, Budha dari kerajaan Majapahit dan Singosari.

4. Berbagai Arca

Saat memasuki kawasan wisata yang bernilai edukasi dan sejarah ini, anda juga bakal menemukan berbagai macam arca. Total arca yang ada dalam bangunan museum ini kurang lebih sekitar 136. Beberapa arca yang paling fenomenal adalah Dewa Siwa, Resi Guru, Ganesha Tikus dan masih banyak yang lainnya di Museum Mpu Purwa.

Dari berbagai arca yang disebutkan tadi, nyatanya untuk ganesha Tikus menjadi peninggalan yang paling istimewa museum ini. Mengapa hal itu bisa terjadi? Sebab dalam sebuah cerita bahwa arca Ganesha Tikus menjadi satu-satunya penggalan di Indonesia dan tidak dimiliki oleh museum lainnya.

BACA JUGA:  Museum Kesehatan Surabaya - Sejarah, Koleksi, Lokasi & Ragam Aktivitas

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Museum Mpu Purwa
Image Credit: Google Maps Susanti Herafafia

Sudah menjadi rahasia umum jika ingin mengunjungi kawasan wisata pasir salah satu hal yang akan dicari pertama kali adalah alamat. Sama halnya jika wisatawan ingin mengunjungi Museum Mpu Purwa. Destinasi wisata bersejarah ini tepatnya berada di Jalan Soekarno Hatta Nomor 210. Lebih lengkapnya pada komplek Perumahan Griyashanta, Jawa Timur.

Karena letaknya berada di kawasan perumahan yang sangat strategis, maka wisatawan bisa datang ke museum menggunakan kendaraan roda dua ataupun empat. Sebelum masuk di perumahan tersebut, amka disana sudah diberikan semacam papan yang menunjukkan wisata tersebut. Namun bagi anda yang masih bingung, bisa langsung menggunakan google maps pada gawai anda.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Harga Tiket Masuk Museum Mpu Purwa
Image Credit: Google Maps Mern

Bagian yang tidak boleh ditinggalkan adalah informasi mengenai harga tiket masuk. Wisatawan yang ingin mengunjungi kawasan sejarah ini, maka tidak akan dipungut biaya sepeserpun atau dengan kata lain gratis. Sehingga tidak jarang dalam satu waktu kunjungi, wisatawan yang datang bisa sampai memenuhi bangunan museum dari pagi hingga sore tiba.

Lalu yang jadi pertanyaan bagaimana dengan jam operasional dari banguan Museum Mpu Purwa? Jangan salah, meskipun untuk masuk ke wisata ini gratis, namun kawasan ini masih memiliki jam operasional. Dimana waktu kunjung pada museum yang di beri nama Mpu Purwa ini mulai dibuka pukul 8 pagi dan ditutup jam 4 sore. Museum ini beroperasi mulai hari Senin hingga Sabtu.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Menarik Museum Mpu Purwa
Image Credit: Google Maps Nandya Putri Pratama

1. Belajar Sejarah dari Berdirinya Museum

Ada banyak aktifitas yang bisa anda lakukan jika berkunjung ke kawasan wisata ini, salah satunya yaitu belajar tentag sejarah berdirinya banguna tersebut. Jangan khawatir, disana anda bakal menjumpai orang yang bakal memberikan keterangan lengkap kepada anda. sehingga tidak jarang banyak yang datang untuk tujuan edukasi di kawasan Museum Mpu Purwa.

Selain belajar tentang sejarah berdirinya, anda juga menggali ilmu terkait berbagai koleksi dan barang peninggalan di museum bersejarah ini. mulai dari arca, makara, prasasti, dan juga berbagai peninggalan lainnya. Biasanya jika pengunjung yang datang untuk tujuan pendidikan, maka mereka bakal datang berkelompok dan bagi tugas. Ada yang mewawancarai petugas, divisi foto, notulen dan lainnya.

2. Melihat Aneka Koleksi Museum Mpu Purwa

Jauh-jauh mendatangi wisata yang keren ini rasanya kurang afdol jika belum melihat berbagai macam koleksi yang ada pada bangunan tersebut. Sesampainya di kawasan wisata di bagian depan anda sudah disambut dengan berbagai benda-benda peninggalan sejarah zaman dahulu kala.

BACA JUGA:  Candi Jawar Ombo - Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Setelah memasuki kawasan Museum Mpu Purwa, anda bakal dibuat kaget dengan banyaknya berbagai koleksi yang sangat menarik, bahkan serasa di kerajaan. Seperti yang sudah di sebutkan di atas, jadi untuk koleksi benda peninggalan prasejarah disini bisa mencapai kurang lebih 132, namun yang musa anda lihat di museum sekitar 58. Sedangkan sisa peninggalan tersebut sudah di simpan pada area khusus.

3. Mengabadikan Foto di dalam dan Lingkungan Museum

Pasi banyak yang bertanya, apakah di sana bisa mengabadikan foto? Jawabannya adalah boleh, sebab kawasan wisata ini dibuka untuk umum. Selain itu dengan mengabadikan momen menarik di sekitar bangunan tersebut, maka anda bisa turut andil dalam mengenalkan wisata bersejarah di Malang Raya ini.

Para pengunjung yang datang ke lokasi Museum Mpu Purwa biasanya bakal mengabadikan momen di area seperti depan bangunan. Bahkan ada juga yang memotret bagian luar bangunan, sebba di area tersebut juga masih terdapat peninggalan bersejarah. Tidak kalah menarik, wisatawan juga ada yang sengaja mengabadikan foto berbagai peninggalan bersejarah tersebut untuk dijadikan sebuah penelitian.

Fasilitas yang Tersedia di Museum Mpu Purwa

Fasilitas Museum Mpu Purwa
Image Credit: Google Maps Norma Yurisa

Apa saja fasilitas bisa dinikmati saat berkunjung ke wisata ini? karena letaknya di perumahan, maka anda bakal di sediakan tempat untuk memarkirkan kendaraan dengan ukuran yang tergolong luas. bahkan tidak jauh dari lokasi, anda juga bisa menjumpai deretan street food yang beraneka ragam.

Fasilitas lain yang bakal anda nikmatin adalah area tempat duduk untuk istirahat. Jangan khawatir, bagi anda yang datang jauh dari lokasi, maka bisa juga untuk menginap. Sebab di sekitar bangunan museum terdapat penginapan dan juga hotel yang ditawarkan dengan harga yang terjangkau sesuai fasilitas yang diinginkan.

Kesimpulan yang bisa diambil dari paparan di atas adalah bahwasanya jika berwisata ke Malang, maka jangan lupa untuk mampir ke Museum Mpu Purwa. Sebab tempat wisata keren yang satu ini menawarkan banyak sekali koleksi menarik dan bahkan bisa membawa kita ke zaman masa lampu. Koleksi yang dimaksud diantaranya yaitu makara, Prasasti Mucang, hingga prasasti.