Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 06.00–18.00 WIB, Alamat: Jl. Hankam Raya No.8, Ceger, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta; Map: Cek Lokasi

Museum Olahraga Nasional adalah museum yang khusus. Dan diresmikan sekitar pada tahun 1989. Peresmian ini diselenggarakan oleh Presiden RI yang ke-2 Yakni oleh Bapak Soeharto. Pada saat itu bertepatan pula dengan hari Ulang Tahun TMII yang ke-14. Rencana pembangunan diupayakan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX.

Sri Sultan Hamengkubuwono IX saat itu masih menjadi ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia pada tahun 1981. Sayangnya pembangunan ini baru bisa dimulai pada tahun 1987 tanggal 4 Oktober. Dan kemudian rampung dibangun pada tahun 1989.

Pembangunan wisata jakarta hits ini mendapatkan dana dari masyarakat berkat upaya Sri Sultan Hamengkubuwuno IX dalam Yayasan Panji Olahraga. Hal ini di gelar dalam rangka agar masyarakat mau berkontribusi. Bangunan ini kemudian diserahkan oleh Yayasan Panji tersebut pada tahun 1992.

Daya Tarik Wisata Museum Olahraga Nasional

Daya Tarik Museum Olahraga Nasional
Image Credit: Facebook Henrikus Petrus

1. Museum yang Berstandar

Pada tanggal 20 April 1980, Museum yang hits ini telah diresmikan menjadi museum nasional. Sebagai museum yang berstandar nasional, tentunya didalam bangunan tersebut menyimpan banyak sekali koleksi barang-barang yang berkaitan dengan olahraga. Tentunya juga terdapat memorabilia dari para atlet yang berprestasi dari berbagai penjuru.

Bangunan Museum Olahraga Nasional yang terletak dari atas permukaan lahan tanah yang memiliki lebar 1,5 hektar tersebut, benar-benar menawarkan bukti-bukti prestasi para atlet yang telah ditorehkan. Menjadi saksi bisu yang menyimpan berbagai sejarah menarik didalam dunia atlet. Tentu saja hal itu membanggakan Indonesia.

Dan juga peralatan olahraga yang lengkap dapat menjadi edukasi bagi pengunjung. Bahkan hal ini merupakan pembudayaan olahraga bagi masyarakat Indonesia. Karena merupakan bangunan yang sudah tua, maka tentunya pihak pengelola kini melakukan rehabilitasi sebagai upaya pembenahan.

BACA JUGA:  Museum Sumpah Pemuda - Sejarah, Koleksi, Tiket & Ragam Aktivitas

Pembenahan yang dilakukan tidak hanya berupa bangunan saja, tetapi juga pembenahan baik dalam sarana-prasarana sebagai penunjang, dan juga pada sumber daya manusia. Bangunan museum perlu melalui proses standardisasi, jika dilihat dari bangunan yang ada memang museum ini harus melakukan pembenahan.

2. Sumber Manusia yang Mumpuni

SDM atau Sumber Daya Manusia yang mumpuni memang sangat diperlukan untuk mengelola museum. Tidak bisa dipungkiri, bila Sumber Daya Manusia di Museum Olahraga Nasional perlu mengimpor SDM yang berbackground pendidikan dan pengalaman yang pas. Tentunya supaya museum akan lebih baik.

Seperti, dikabarkan bahwa tenaga kuratoe yang saat ini hanya satu orang saja, maka hal ini kurang mumpuni bila untuk melakukan konservasi dan perawatan atas barang-barang koleksi. Yang tentunya jumlah barang-barang di museum hits ini sangatlah banyak.

Dalam kegiatan tur virtual, perapihan pendataan koleksi, catalog daring, dan dokumentasi online, maka perlu adanya SDM yang bermutu di bidang Teknologi dan Informasi, serta Humas. Maka museum ini pun melakukan pembenahan SDM yang mumpuni.

3. Bangunan yang Unik

Museum Olahraga Nasional ini memiliki bangunan yang unik yakni bentuk bangunannya menyerupai sebuah bola raksasa. Yang kemudian memiliki tinggi 17 meter dari pusat bangunannya. Bangunan museum berketinggian gedung yang mencapai 3 lantai, dengan luas lahan 1,5 hektar.

Keberadaan kolam juga menjadi daya tarik tersendiri, hal ini dapat diindikasikan bahwa air merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari aktivitas olahraga. Tentu saja semua sarana dan prasarana yang sudah ada memang sengaja dibuat untuk membuat pengunjung betah.

Di lantai satu terdapat Ruangan Pertunjukan/Pamer Motto Olahraga, yang tidak jarang menampilkan beberapa motto olahraga, baik itu dalam tingkat nasional maupun tingkat internasional. Misalnya sportivitas, persaudaraan, perjuangan, yang dilengkapi dengan berbagai poto deskripsi dari nilai-nilai tersebut.

Tentunya didalam ruang pamer tersebut terdapat gambar poster-poster yang unik, yang berisi sejarah asalmula muncul kegiatan olahraga di Indonesia. Seperti Asean Games, PON I, Pembentukan PSSI, dan masih bayak lagi.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Museum Olahraga Nasional
Image Credit: Google Maps Rio Sakti

Jika Anda tertarik ingin berkunjung ke Museum Olahraga Nasional yang hits ini. Alamat lengkapnya yakni berada di Jakarta Timur, DKI Jakarta disisi selatannya terdapat lapangan Tennis TMII. Atau lebih tepatnya berada di Jalan Raya Taman Mini Indonesia Indah kota Jakarta bagian Timur.

Bila belum begitu paham dengan alamat tersebut tinggal ketikkan saja di google pencarian di handphone android Anda. Maka pastinya Anda akan menemukan rute yang terbaik dari jalur tersebut. Bila sudah berada di lokasi, bukan hanya rekreasi tetapi juga mendapatkan edukasi.

BACA JUGA:  Museum Pancasila Sakti - Sejarah, Koleksi, Lokasi & Ragam Aktivitas

Harga Tiket Masuk Museum Olahraga Nasional

Harga Tiket Museum Olahraga Nasional
Image Credit: Google Maps Nurlaelatul Fitriyah

Memasuki kawasan bangunan Museum Olahraga Nasional bersejarah dan penuh keseruan didalamnya. Maka tentu saja Anda perlu membayar sebuah tiket masuk. Namun, tidak perlu khawatir sebab harga tiket masuk ke museum ini begitu murah dan terjangkau.

Hanya Rp. 5.000 saja per orangnya. Anda sudah dapat melihat-lihat keindahan wahana didalam museum. Dan tentunya sebagai alternatif edukasi. Harga tiket Rp. 5.000 ini merupakan harga tiket orang dewasa. Bila yang berkunjung adalah anak-anak, maka hanya Rp. 3.000 per anak.

Nah, harga tiket tersebut bisa mendapatkan kortingan bila berkunjung bersama rombongan. Harga tarif tiket dewasa yang semula Rp. 5.000 per orangnya, berubah menjadi Rp. 3.000 per orang. Dan untuk anak-anak berubah dari Rp. 3.000 menjadi Rp. 1.000 saja, per orangnya. Namun kortingan ini perlu banyak rombongan minimal sebanyak 20 orang.

Museum ini buka pada jam 09.00 sampai pada jam 16.00 wib. Dan hanya buka pada hari Selasa sampai Minggu. Jika Anda berencana berkunjung maka berkunjunglah di hari-hari yang sudah tertera. Dan pastikan Anda sudah merencanakannya sedari rumah tentang apa-apa saja yang akan Anda lakukan di rumah.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas di Museum Olahraga Nasional
Image Credit: Google Maps Novita Hermayas

1. Menonton Atraksi

Di akhir pekan atau weekend, museum yang hits ini selalu memiliki aktivitas dimulai dari pagi sampai di siang hari. Kegiatan yang biasanya dilakukan di gedung B yakni seperti, membatik, pentas dongeng, tarian tradisional, dan masih banyak lagi. Untuk pentas dongeng ini pihak pengelola bekerja sama dengan ahli Teater Koma.

Menyaksikan kegiatan ini akan menambah wawasan Anda dalam pengalaman berekreasi. Juga menambah edukasi Anda. Apalagi bila berkunjung di Museum Olahraga Nasional mengajak family atau buah hati yang tentunya kian menambah edukasi buat si buah hati.

BACA JUGA:  Art Museum Jakarta - Sejarah, Koleksi, Lokasi & Ragam Aktivitas

2. Penelitian

Museum Olahraga sebagai lokasi yang penuh sejarah, tidak heran bila lokasi ini kerap dijadikan sarana dalam penelitian. Banyak pelajar yang datang dengan motif penelitian. Dan tentunya juga dapat melakukan kegiatan yang sudah menjadi aktivitas yang ada di museum bersejarah ini.

Kegiatan penelitian juga menjadi hal yang unik bila Anda lakukan dilokasi ini. Sebab banyaknya kegiatan seperti, English tour, Tour museum nasional Indonesia, belajar gamelan, kids corner, dan masih banyak lagi.

3. Berkeliling Museum

Kegiatan berkeliling museum menjadi kegiatan yang sering dilakukan pengunjung. Bila Anda sangat menyukai berselfie maka kegiatan berkeliling Museum Olahraga Nasional ini Anda akan menemukan spot-spot yang cantik untuk berselfie. Namun sebenarnya bangunan ini, setiap sudutnya sudah sangat cantik untuk berpoto.

Menikmati pemandangan museum sembari menonton pameran yang ada juga menjadi aktivitas yang seru. Anda dapat merasakan uniknya menjadi pengunjung yang mendapatkan banyak destinasi apik. Bagi Anda yang suka dengan olah raga tentu saja berkunjung ke museum ini merupakan hoby.

Fasilitas di Kawasan Museum Olahraga Nasional

Fasilitas Museum Olahraga Nasional
Image Credit: Google Maps Novita Hermayas

Beberapa fasilitas yang dibangun di Museum Olahraga Nasional merupakan hal yang sengaja dilakukan dalam kelengkapan penunjang aktivitas. Dengan adanya sarana dan prasarana yang memadai maka lokasi museum ini kerap menjadi tujuan olahragawan.

Fasilitas yang ada seperti, Ruang taeter, ruang seminar, ruang pameran, ruang perpustakaan, ruang toilet, mushola, ruang keamanan, dan masih banyak lagi. Ruang-ruangan tersebut dapat Anda kunjungi dan dapat Anda manfaatkan dalam alternatif edukasi. Dan tentunya merupakan kewajiban bersama dalam menjaga fasilitas yang ada.

Adanya kantin, lapangan Tenis, lapangan Senam, ruang aerobic, ruang bilyard, dan ruang kantor lengkap juga menjadi fasilitas yang sudah tersedia. Bagi Anda yang ingin berkunjung, jangan merasa bingung dengan banyaknya ruangan yang tersedia. Sebab setiap ruangan sudah terarah dan tertulis lengkap nama-nama di setiap pintunya.

Museum Olahraga Nasional merupakan bangunan manusia yang menjadi tempat untuk menyimpan barang-barang sejarah yang masih dilestarikan. Benda-benda yang tersimpan yakni khusus benda mengenai olahraga. Banyaknya koleksi barang-barang berharga tersebut menjadi saksi sejarah yang tidak bisa dipungkiri bahwa itu pernah terjadi.