Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 09.00-21.00 WIB, Alamat: Jl. Monumen Pancasila Sakti No.1, Lubang Buaya, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta; Map: Cek Lokasi

Museum Pancasila Sakti adalah destinasi wisata edukasi yang berdiri di atas lahan seluas 14,6 hektar. Banyak informasi yang bisa anda terima setelah berkunjung ke sana. Sebelum berdiri sebagai museum, lahan tersebut dulunya merupakan lahan kosong yang dijadikan pusat pelatihan oleh partai komunis indonesia. Di tahun 1965 menjadi tempat pembuangan korban G30S PKI.

Setelah adanya pembaharuan, barulah spot tersebut dijadikan sebagai museum sejarah yang seperti anda kenal. Di dalam museum terdapat Monumen Pancasila Sakti yang menjadi ikon utama. Spot tersebut menjadi tempat dimana wisatawan sering menghabiskan waktu untuk mengambil beberapa foto. Daripada penasaran, langsung saja berkunjung ke destinasi tersebut.

Sejarah Museum Pancasila Sakti

Sejarah Museum Pancasila Sakti
Image Credit: Google Maps Azril Shiva

Tidak lengkap rasanya jika informasi terikat dengan sejarah Museum Pancasila Sakti tidak diculik lebih dalam. Sebelumnya sudah sempat disinggung bahwa museum pancasila adalah tempat penyiksaan dan pembuangan korban G30S PKI. Di sekitar museum tersebut, terdapat sumur legendaris yang dikenal dengan nama lubang buaya.

Museum pancasila dibangun atas perintah dari Presiden ke 2 Indonesia, yaitu Soeharto. Beliau ingin jika perjuangan para pahlawan dalam menegakkan ideologi pancasila tetap abadi. Harapannya kawula muda bisa menghargai dan mengingat kembali betapa sulitnya perjuangan pahlawan di masa lampau. Museum Pancasila diresmikan pada 1 Oktober 1973.

Berdirinya Museum juga tidak lepas dari campur tangan seniman handal. Keberadaan relief para pahlawan adalah karya pematung Almarhum Edhi Sunarso. Beliau dulunya sempat belajar melukis di kamp tawanan Bandung mulai dari tahun 1947 hingga 1949. Nyatanya karya beliau masih terpampang megah di dinding museum.

Koleksi Museum Pancasila Sakti

Koleksi Museum Pancasila Sakti
Image Credit: Google Maps Anthony Rafael

1. Mobil Dinas Jenderal Ahmad Yani

Jendral Ahmad Yani adalah sosok yang banyak memberikan sumbangsih dalam menjaga keamanan Indonesia. Belia sempat menjabat sebagai menteri panglima angkatan darat. Mobil yang digunakan adalah mobil dinas GM Old Mobile 98. Selamat bertugas, mobil tersebut membantu sang jendral menjelajah wilayah Indonesia dan menjalankan misinya.

Ternyata barang tersebut menjadi salah satu koleksi yang ada di Museum Pancasila Sakti . Pada bulan Juni 1966, mobil tersebut dihapus dalam sistem administrasi angkatan darat dan menjadi milik sah keluarga Letjen Ahmad Yani. Namun kemudian di tahun 1989, mobil tersebut ditetapkan sebagai barang koleksi dari Museum.

2. Dodge 500 Truck

Insiden penculikan tidak akan bisa berjalan dengan mulus tanpa adanya kendaraan. Salah satu kendaraan yang dimaksud adalah Dodge 500 Truck. Mobil tersebut berwarna biru telur asin dengan tampilan vintage yang khas. Menurut sejarah, mobil Doge yang dipajang itu sempat dipakai untuk membawa jenazah Brigjen TNI D.I Panjaitan menuju Lubang Buaya Jakarta Timur.

Kisah dibalik keberadaanya sangat penting sebagai pembelajaran masyarakat. tidak heran jika mobil buatan amerika di tahun 1961 itu menjadi item koleksi yang dijaga dengan ketat. Pengunjung tidak boleh duduk di dalam ruang kemudi mobil, maupun menyentuhnya. Namun anda masih diperbolehkan untuk mengambil foto sebagai kenang kenangan di Museum.

3. Mobil Dinas Soeharto

Sebelumnya sudah sempat dibahas jika berdirinya Museum Pancasila Sakti adalah prakarsa dari Presiden Soeharto. Secara tidak langsung, barang peninggalan presiden Soeharto selama menjabat masih berkaitan dengan museum tersebut, sehingga cocok jika menjadi bagian dari barang koleksi. Salah satu barang Bapak Soeharto yang dipajang di sana adalah mobil dinas.

Koleksi di Museum Pancasila Sakti
Image Credit: Google Maps Adhitya Surya

4. Lubang Buaya

Hampir semua pengunjung yang datang ke museum sangat penasaran bagaimana rupa dari sumur lubang buaya. Sumur dengan kedalaman 12 meter dan diameter 75 cm itu menjadi saksi bisu bagaimana para pahlawan yang berjuang mempertahankan ideologi harus meninggal dunia. Spot tersebut tidak pernah sepi, karena menjadi rujukan utama pengunjung yang datang.

5. Ruang Penyiksaan

Selain lubang buaya, di Museum Pancasila Sakti juga terdapat sebuah ruangan yang dulunya dijadikan ruang penyiksaan. Para pahlawan revolusi terlebih dahulu disiksa oleh pemegang ideologi komunis yang berusaha menghapus ideologi pancasila. Anda bisa menjelajah ruangan tersebut, karena tampilannya tidak terlalu seram, karena banyaknya pengunjung yang datang.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Monumen Pancasila
Image Credit: Google Maps Verdian Budianto

Informasi penting selanjutnya yang perlu anda ingat adalah alamat museum pancasila Sakti . Dengan begitu, anda bisa menentukan jalur atau rute tercepat untuk bisa sampai di sana. Lokasi tepat dari museum adalah di Jl. Pancasila Sakti Kelurahan Luabang Buaya Kecamatan Cipayung, Jakarta timur. Bagi anda yang rumahnya di kawasan tersebut pasti sudah tidak asing dengannya.

Agar tidak kesasar, jauh lebih nyaman jika anda menggunakan layanan ojek online. Kendati demikian, perjalanan dengan naik bis akan jauh lebih menantang. Jika memakai bus, anda perlu berhenti di stasiun Monumen Pancasila Sakti 2. Perjalanannya sekitar 14 menit dengan berjalan kaki. Jika berhenti di Pertigaan Al Baidho, maka perjalannya menjadi 27 menit.

Lanta jalur bus apa yang bisa digunakan? Anda boleh memilih jalur ke arah Kampung Rambutan, Lubang Buaya, Pinang Ranti, dan Cililitan. Setiap bus sudah memiliki rute nya masing masing sehingga anda sebagai penumpang hanya perlu menunggu dengan tenang hingga sampai di tujuan. Apabila memakai kendaraan pribadi, maka arahkan kendaraan ke wilayah Kelurahan Lubang Buaya.

Harga Tiket Masuk Museum

Harga Tiket Masuk Museum Pancasila Sakti
Image Credit: Google Maps Budi Hartono

Sebelum masuk di Museum Pancasila Sakti , anda perlu membayar tiket masuk. Kendati demikian, biaya tersebut tidak terlalu mahal, sehingga masih aman harga tiket masuk ke museum adalah sekitar 5.000 rupiah. Infeksi terkait dengan harga bisa saja berubah, tergantung kebijakan pengelola. Namun umunya, perubahan harga itu tidak terlampau jauh.

Dengan biaya 5.000 rupiah, anda sudah bisa menjelajahi setiap bagian museum dengan leluasa. Anda boleh mengambil foto dengan background barang koleksi museum. Anda juga bisa melihat diorama yang menyajikan kisah singkat kejadian G30S PKI yang membuat para pahlawan gugur. Fasilitas penunjang seperti rumah makan, MCK, area parkir, dan hotel siap anda manfaatkan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Museum Pancasila Sakti
Image Credit: Google Maps Fifi Afriani

1. Mengulik Informasi Menarik Dibalik Benda Koleksi

Setiap barang yang di dalam museum adalah benda bersejarah yang memiliki kisah panjang. Mengulik setiap informasi yang ada di dalamnya masuk dalam kegiatan yang menarik untuk dilakukan. Anda bisa membaca pamflet atau tikus kecil yang ada di samping benda koleksi. Aktivitas tersebut pula yang membuat Museum Pancasila Sakti menjadi rujukan karya wisata sekolah.

2. Mengambil Foto Dengan Benda Bersejarah

Tidak lengkap rasanya jika saya berlibur tidak dibarengi dengan agenda berselfie ria. Anda bisa mengambil gambar dengan latar koleksi museum dengan bebas, asalkan tidak menyentuhnya. Perhatikan langkah anda dengan baik, agar tidak menyenggol barang koleksi berharga. Di sisi tembok juga terdapat relief pahlawan indonesia yang terlihat megah dan indah.

3. Napak Tilas Kejadian G30S PKI

Berdirinya museum dilatarbelakangi atas keinginan Soeharto untuk mengenang jasa pahlawan yang mempertahankan ideologi. Mereka bertaruh nyawa untuk tetap mempertahankan pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia. Sampai akhirnya mereka meninggal dan dibuang di luang buaya. Sumur tersebut ada di dalam museum pancasila, sehingga bisa anda lihat secara langsung.

Selain itu, destinasi tersebut juga terdapat beberapa ruangan seperti rumah penyiksaan, pos komando, dapur, ruang teater, museum paseban, dan masih banyak lagi. Anda bisa mengulik lebih dalam bagaimana peristiwa G30S PKI bisa terjadi. Ada kalanya, napak tilas menjadi kegiatan menarik yang menambah wawasan anda terhadap perjuangan bangsa Indonesia tanpa rasa bosan.

Objek Wisata Dekat Museum Pancasila Sakti

Objek Wisata Dekat Museum Pancasila Sakti
Image Credit: Google Maps Tourist Attraction

1. Pulau Cipir

Destinasi pertama yang jaraknya tidak terlalu jauh dengan Museum Pancasila Sakti adalah Pulau Cipir. Pulau tersebut hanya berjarak sekitar 1,1 km dari Museum, dan hal itulah yang membuat pengunjung sering kali mampir ke sana. Pulau Cipir masuk dalam kawasan Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu sehingga tidak pernah sepi dari pengunjung.

2. TMII

Anda yang sudah lama menetap di Jawa Barat, terutama Jakarta pasti tidak asing dengan Taman Mini Indonesia Indah atau yang lebih akrab dikenal dengan sebutan TMII. Spot tersebut cocok bagi anda yang membawa anak anak, karena banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Adapun jarak antara museum dengan TMII adalah sekitar 2,3 km sehingga perlu waktu tempuh sekitar 7 menit.

3. Snow Bay Waterpark

Liburan bersama dengan keluarga bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu spot paling terkenal dalam TMII adala Snowbay Waterpark. Anda bisa bermain air dan berenang bersama dengan anak anak. Meskipun sederhana, namun aktivitas semacam itu bisa mempererat hubungan anda dan keluarga. Memanfaatkan momen libur panjang agar anda bisa bermain dengan puas.

4. Purna Bhakti Pertiwi Indonesia

Destinasi lain yang bisa melengkapi perjalanan anda adalah Purna Bhakti Pertiwi Indonesia. Museum tersebut menyimpan koleksi barang barang mantan ibu negara yaitu ibu Tien Soeharto. Spot wisata semacam itu cocok bagi anda yang memiliki rasa penasaran yang tinggi. Namun sebaliknya, Purna Bhakti Pertiwi Indonesia kurang menarik untuk anak anak.

Demikianlah sekilas informasi terkait dengan Museum Pancasila Sakti yang perlu anda ketahui. tidak ada salahnya jika anda datang bersama dengan keluarga. Dengan begitu, perjalanan wisata akan terasa lebih hidup dan menyenangkan. Apabila masih ada waktu, jauh lebih baik jika anda memanfaatkannya untuk datang ke destinasi lain yang berada di sekitar museum.