Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 08.00-15.30 WIB, Alamat: Kec. Sumber, Kab. Cirebon, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Museum Pangeran Cakrabuana merupakan sebuah destinasi wisata dimana Anda dapat mengenal kisah sejarah dan melihat benda peninggalan kebudayaan dari Kota Cirebon pada zaman dahulu. Bahkan, kini museum ini sudah dijadikan sebagai museum representatif oleh Disbudparpora Kabupaten Cirebon.

Museum yang baru diresmikan pada 2 April ini mempunyai tujuan untuk menambah wawasan, mengenalkan kembali dan melestarikan budaya serta seni yang ada di Kota Cirebon kepada generasi sekarang.

Daya Tarik Museum Pangeran Cakrabuana

Daya Tarik Museum Pangeran Cakrabuana
Image Credit: Google Maps alvy fajri

Berkunjung ke museum ini, Anda akan disuguhkan dengan berbagai berbagai hal menarik yang membuat kunjungan Anda lebih mengesankan, seperti

1. Akulturasi Budaya dan Agama

Seperti yang kita ketahui bahwa bangunan ini kental dengan perpaduan budaya Jawa, Eropa, dan China sementara untuk agama adalah perpaduan dari Agama Islam, Hindu, dan Budha.

2. Tatanan Jalan Masuk

Sebelum Anda mengunjungi Museum Pangeran Cakrabuana, Anda akan lebih dulu melewati sebuah jembatan yang berada diatas sungai kecil. Setelah melewati jembatan Anda akan tiba di sebuah area yang terdapat sebuah taman kecil serta pagar yang mengelilingi taman tersebut dan disini Anda akan melihat unsur perpaduan budaya Hindu, Budha, dan China yang sangat kental dari sebuah gapura dengan gaya perpaduan hindu dan bunda dan interior yang ditempeli keramik gaya khas China.

3. Spot Foto

Memiliki gaya atau arsitektur bangunan yang sangat unik yaitu dengan memadukan perpaduan budaya antara Jawa, Eropa, dan China serta Agama seperti Agama Islam, Hindu, dan Budha membuat bangunan museum ini terlihat sangat indah dan menawan. Ada banyak spot foto yang bisa Anda gunakan untuk melakukan sesi berfoto sebagai kenang-kenangan dengan menggunakan latar bangunan yang unik atau spot menarik lainnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Museum Pangeran Cakrabuana
Image Credit: Google Maps sri riyanawati

Anda tidak perlu khawatir ketika ingin berkunjung ke salah satu tempat wisata Kota Cirebon yang begitu populer ini, karena lokasi dan rute perjalanan yang akan dituju tidak susah untuk di temukan. Selain itu, rute menuju tempat ini memiliki kondisi jalan yang mudah dilalui oleh kendaraan sehingga jika Anda datang menggunakan kendaraan pribadi, Anda tidak perlu khawatir.

Lokasi atau alamat tepatnya dari Museum Pangeran Cakrabuana adalah museum ini berada di Jl. Kasepuhan No. 43, Kampung Mandalangan, Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat. Untuk pergi ke lokasi ini sangat mudah sekali, bahkan kawasan museum ini juga hanya berjarak sekitar 4 km dari Terminal Harjamukti yang merupakan terminal induk terbesar yang ada di Kota Cirebon. Jarak dari Museum Pangeran dari Cakrabuana hanya memiliki jarak 3,5 km saja sehingga para wisatawan dapat memilih jenis transportasi apa yang akan digunakan untuk bisa sampai ke Museum populer yang ada di Kota Cirebon ini.

Harga Tiket Masuk Museum

Harga Tiket Masuk Museum Pangeran Cakrabuana
Image Credit: Google Maps Dudi Ardiansah

Untuk biaya masuk ke dalam museum, para wisatawan dikenakan tarif masuk, tarif yang diberikan tidaklah mahal dan Anda sudah dapat bisa melihat berbagai peninggalan sejarah yang ada di dalam museum.

Museum Pangeran Cakrabuana terletak di dalam area Keraton Kasapuhan, untuk tiket masuk ke dalam keraton dikenakan tarif tiket masuk sebesar Rp 10.000 untuk para pelajar dan Rp 15.000 untuk para wisatawan reguler. Bagi para turis yang datang dari mancanegara akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 20.000.

Untuk masuk ke dalam area bangunan bersejarah ini anda akan dikenakan tarif tiket masuk sebesar Rp 20.000. Biaya ini termasuk ekonomis karena harga ini termasuk sepadan dengan kita bisa mengenal, melihat, dan mempelajari wisata sejarah yang masih sangat terawat ini.

Aktivitas Menarik yang Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Menarik Museum Pangeran Cakrabuana
Image Credit: Google Maps Anton Hendriana

Tentu ketika Anda melakukan kunjungan ke tempat wisata sejarah pasti ada banyak hal menarik yang dapat Anda lakukan. Salah satunya adalah ketika Anda datang berkunjung ke salah satu wisata populer yang ada di Kota Cirebon yaitu Museum Pangeran Cakrabuana.

Walaupun, tempat ini dikenal sebagai suatu tempat yang berisi oleh banyak benda atau cerita sejarah Cirebon, tetapi tempat ini tidak pernah sepi dikunjungi oleh para wisatawan, baik wisatawan yang memang datang dari Kota Cirebon sampai yang datang dari luar Kota Cirebon, bahkan turis mancanegara pun mengunjungi wisata hits satu ini. Tentu saja, mengenal dan mempelajari sejarah merupakan sesuatu hal yang menarik, Anda dapat mengetahui hal apa yang pernah terjadi di masa lalu yang belum pernah Anda ketahui sebelumnya.

Dengan berkunjung ke museum ini, Anda bisa mendapatkan dua hal sekaligus yaitu berwisata sembari mengenal sejarah di masa lalu, tentu perjalanan berwisata Anda akan menjadi sangat produktif dan menjadi pengalaman yang sangat berkesan untuk Anda. Jika Anda tertarik untuk datang ke salah satu wisata populer yang ada di Kota Cirebon ini, hal yang menarik yang bisa Anda lakukan, antara lain:

1. Melihat Peninggalan Sejarah Kota Cirebon

Tentu, ketika Anda berkunjung ke sebuah museum peninggalan sejarah pasti Anda akan dapat melihat peninggalan apa saja yang ditinggalkan atau yang masih bisa diselamatkan untuk menjadi sebuah bukti. Begitu juga ketika Anda datang ke Museum Pangeran Cakrabuana, Anda akan dapat melihat peninggalan sejarah Kota Cirebon yang ditunjukan disini.

Peninggalan sejarah yang diperlihatkan pun masih di rawat dengan sangat baik oleh para pihak pengelola museum, bisa dilihat dari baik nya peninggalkan yang ditampilan yang masih terlihat sangat terawat walaupun sudah berumur berpuluh-puluh tahun. Peninggalan sejarah Kota Cirebon yang dapat Anda lihat disini antara lain sebuah kain batik, senjata, dan lain sebagainya.

2. Mengunjungi Bangsal Keraton Kasepuhan

Selain itu, ketika Anda berkunjung kesini Anda juga harus mengunjungi Bangsal Keraton Kasepuhan. Di bangsal ini Anda dapat melihat ornamen bangsal yang memiliki sebuah ukiran dengan warna hijau dan sebuah lampu kristal yang berada ditengah. Hal menarik lain yang dapat Anda temukan disini adalah Anda bisa melihat keramik Belanda dan China yang juga menempel pada dinding ruangan bangsal.

Seperti yang Anda ketahui bahwa bangunan ini merupakan sebuah bangunan peninggalan China, Belanda, dan Islam sehingga Anda masih akan melihat ornamen asli gabungan dari ketiga budaya ini dalam bangun ini. Design dari gabungan budaya ini terlihat sangat unik sehingga juga cocok jika Anda ingin melakukan spot foto disini.

3. Melihat Peninggalan Benda Kuno

Melihat sebuah peninggalan benda kuno yang dipakai pada masa lalu pasti adalah hal yang menarik untuk dilihat. Dalam Museum Pangeran Cakrabuana, Anda akan melihat benda kuno seperti peninggalan dari kesultanan Sultan Sepuh XI yaitu tempat abu rokok, sebuah peti dari China, Meriam dari Portugis yang dulu juga sempat menjajah negara Indonesia, hingga peninggalan gelas yang dipakai pada zaman VOC dulu bisa Anda lihat disini. Tentu bukan hanya itu saja karena masih banyak benda kuno lainnya yang masih dapat Anda lihat disini.

Aktivitas Menarik di Museum Pangeran Cakrabuana
Image Credit: Twitter smartfren

4. Kereta Kesultanan Cirebon

Jika Anda penasaran bagaimana transportasi yang gunakan pada zaman dahulu terutama yang dipakai oleh para Sultan Cirebon, maka disini Anda akan diperlihatkan sebuah Kereta Kesultanan Cirebon yang digunakan mulai dari abad ke 15 dan terakhir digunakan pada tahun 1950. Sebuah kereta yang sangat antik ini dibuat dengan memakai sebuah filosofi persahabatan yang terjalin antara Cirebon dengan Negara Timur Tengah, India, dan China.

5. Sumur Agung Kasepuhan Cirebon

Berkunjung ke tempat wisata populer ini maka Anda jangan melewatkan untuk berkunjung ke Sumur Agung Kasepuhan. Banyak sekali wisatawan dari dalam maupun luar Kota Cirebon yang menyempatkan diri untuk mengunjungi sumur agung ini karena air dari sumur ini dulunya digunakan oleh para wali untuk mandi dan berwudhu. Sedangkan untuk tradisi keraton, air sumur ini digunakan untuk proses siraman 7 bulanan, midodareni, dan lain sebagainya.

Fasilitas Wisata di Museum Pangeran Cakrabuana

Fasilitas Wisata di Museum Pangeran Cakrabuana
Image Credit: Google Maps alvy fajri

Fasilitas yang terdapat di sekitar museum sudah cukup memadai dan menunjang kenyamanan para wisatawan. Terdapat saranan umum seperti toilet dan tempat parkir. Selain itu, fasilitas lain yang terdapat di Museum Pangeran Cakrabuana yang bisa Anda gunakan, yaitu:

1. Toko Souvenir

Setelah Anda mengamati, mengenal, dan mempelajari kisah sejarah dan benda peninggalan kuno yang ada di museum, pihak pengelola juga menyediakan sebuah tempat untuk Anda dapat membeli sebuah cenderamata khas yang nantinya Anda dapat berikan kepada keluarga Anda atau sebagai kenang-kenangan untuk Anda sendiri sebagai tanda pernah berwisata ke museum ini.

2. Jasa Pemandu Wisata

Seperti yang Anda ketahui jika wisata hits yang ada di Kota Cirebon ini begitu populer tidak hanya untuk masyarakat lokal tetapi wisatawan dari mancanegara pun juga mengunjungi museum ini. Pihak pengelola menyediakan Jasa Pemandu Wisata kepada turis asing agar mereka dapat lebih memahami dan mengenal peninggalan kebudayaan Kota Cirebon. Tetapi, jasa ini tidak hanya untuk turis mancanegara karena Anda pun dapat menggunakan jasa ini.

3. Tempat Ibadah

Keberadaan tempat ibadah menjadi hal yang sangat penting terutama untuk wisatawan yang beragama Islam. Namun, Anda tidak perlu khawatir ketika Anda sedang mengunjungi dan mempelajari peninggalan budaya Kota Cirebon lalu masuk waktu sholat, Anda bisa melaksanakan ibadah disini karena pihak pengelola menyediakan tempat ibadah untuk Anda.

Itulah beberapa hal menarik yang bisa ditemukan saat berkunjung ke Museum Pangeran Cakrabuana. Bangunan bersejarah yang akan memberi Anda pengetahuan seputar keraton dan Kota Cirebon.