Harga Tiket: Rp 2.000, Jam Operasional: 07.30-16.00 WIB, Alamat: Jl. Kolonel Sugiyono No.24, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Berwisata ke Jogjakarta memang tak pernah ada habisnya. Masih banyak lokasi wisata yang bisa di eksplorasi dan menyimpan daya tariknya sendiri. Salah satu yang menarik dari Jogjakarta adalah cerita sejarahnya. Mengunjungi Museum sejarah seperti Museum Perjuangan bisa menjadi pilihan liburan anda dan keluarga. Berikut Informasi singkatnya.

Sejarah Museum Perjuangan

Sejarah Museum Perjuangan
Image Credit: Google Maps Dewi Lira

Museum yang terletak di Jogjakarta ini menyimpan banyak benda peninggalan sejarah jaman kolonial. Arsitektur bangunan yang digunakan sengaja menggunakan perpaduan budaya Romawi Kuno dan bangunan Candi di Indonesia sehingga menghasilkan bangunan yang artistik yang menarik untuk dikunjungi.

Lokasi museum yang diresmikan pada 29 Juni 1961 oleh Sri Paku Alam ke 8 ini selesai dibangun dan dibuka untuk umum tahun 1963. Banyak hal menarik di dalam museum ini tak hanya dari segi arsitekturnya saja yang unik, namun juga dari berbagai koleksi yang dipajang didalamnya. Berikut ulasan singkatnya.

Koleksi Dalam Museum Perjuangan

Koleksi Dalam Museum Perjuangan
Image Credit: Google Maps Rani Rani

Koleksi dalam Museum Perjuangan Jogjakarta juga terbilang unik karena punya cerita sejarahnya sendiri. Koleksi yang dipamerkan tak bisa anda temui di museum lainnya. Benda benda yang dipamerkan juga mencerminkan tentang perjuangan pada saat Jaman Belanda dahulu di Jogjakarta.

Beberapa koleksi tersebut antara lain adalah Meriam V.O.C. yang ditemukan pertama kali di benteng Vredeburg, Miniatur kapal Armada Laut Belanda, Meja dan kursi tamu yang dipajang merupakan kapten Widodo saat di Bantul kemudian ada Repilka senjata serdadu V.O.C. yang digunakan saat jaman kolonial.

Tak hanya itu, peninggalan lainnya yang tak kalah bersejarah adalah adanya Buku ilmu kedokteran dari Stovia yag dijaga dengan baik, Tas kulit milik Drs. Muh. Hatta yang masih disimpan dan banyak peninggalan sejarah lainnya yang pasti akan membuat anda tertarik untuk mengulik cerita dibaliknya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Museum Perjuangan
Image Credit: Google Maps Tedjomurti Tedi

Alamat tepat Museum Perjuangan Jogjakarta adalah di Jalan Kolonel Sugiono No.24 Mergangsan. Rute perjalanan menuju lokasi museum juga tergolong mudah untuk diakses. Bila anda berada di pusat kota Jogjakarta, maka anda bisa mengambil arah timur menuju ke Jalan Pangurakan. Setelah sampai di daerah pertigaan maka anda bisa mengambil arah selatan.

BACA JUGA:  Candi Sambisari - Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Rute arah selatan ini kemudian akan menuju Jalan Brigjend Katamso. Anda bisa melanjutan perjalanan ke arah timur terus ke arah Jalan Kolonel Sugiyono. Setelah sampai pada perempatan anda bisa memilih arah selatan ke Jalan I Reda. Kemudian anda bisa terus lurus hingga menemukan Museum tersebut yang tak jauh dari lokasi tersebut.

Lokasi wisata sejarah ini juga bisa dengan mudah anda temukan di aplikasi Google Maps bila anda berkendara dengan kendaraan pribadi. Bila anda menempuh perjalanan dari daerah Purawisata maka anda hanya perlu waktu sekitar 5 menit saja untuk sampai ke lokasi. Lokasi museum terletak di belakang halte bus transjogja Sugiono 2.

Harga Tiket Masuk Museum

Harga Tiket Masuk Museum Perjuangan
Image Credit: Google Maps Zulfa Rifa

Liburan ke Museum Perjuangan akan menjadi liburan yang menyenangkan dan edukatif untuk keluarga anda. Harga tiket masuk ke lokasi wisata bersejarah ini juga tidak mahal dan bisa dijangkau berbagai macam kalangan. Untuk estimasi harga tiketnya adalah sekitar Rp 2 ribu namun untuk anak anak hanya dikenakan Seribu rupiah saja.

Harga tiket masuk tersebut belum termasuk harga parkir kendaraan yang dikenakan cukup terjangkau. Bila anda membawa motor pribadi maka biaya parkir yang dikenakan sekitar Rp 2 ribu saja, namun bila anda membawa mobil maka tarif parkir yang dikenakan adalah sekitar Rp 10 ribu saja.

Anda bisa berkunjung ke lokasi Museum Perjuangan ini dengan jam operasional antara pukul 08.00 – 16.00 WIB. Namun museum ini hanya akan buka pada weekday saja yaitu hari senin hingga jumat. Untuk hari sabtu dan minggu museum ini akan ditutup kecuali adalah acara khusus yang diselenggarakan oleh pihak pengelola.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Menarik Museum Perjuangan
Image Credit: Google Maps Sobat Sebat Nglintinger

Salah satu yang menarik untuk diketahui tentang Museum Perjuangan adalah bagian arstekturnya. Berbagai macam relief dibangun di sekitar bangunan ini yang terbentuk speerti patung wajah pahlawan nasional Indonesia. Mengunjungi museum ini anda akan mengetahui sejarah berdirinya Budi Utomo hingga terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Banyak simbol yang digunakan museum ini untuk merepresentasikan Indonesia. Salah satunya adalah jumlah anak tangga menuju museum yang berjumlah tujuh belas anak tangga, pintu utama yang mempunyai delapan belas daun pintu kemudian dilengkapi juga dengan jendela yang mengelilingi dinding bejumlah empat puluh lima.

BACA JUGA:  Candi Donotirto - Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Fasilitas yang Tersedia di Museum

Fasilitas di Museum Perjuangan
Image Credit: Google Maps agung sutrisno

Bila anda berkunjung ke lokasi Museum ini akan banyak fasilitas yang memadai bisa membantu kenyamanan anda. Fasilitas yang diberikan cukup lengkap antara lain seperti Ruang pameran indoor dan juga outdoor, Taman bermain yang nyaman, Tempat parkir yang luas, Toilet yang selalu dijaga kebersihannya hingga Hotspot area.

Bila anda wisatawan dari luar kota dan ingin bermalam di lokasi sekitar Museum, maka banyak penginapan yang bisa anda pilih. Beberapa diantaranya adalah Oke Baik Hostel Yogyakarta yang berada di Jalan Prawirotaman No.566 Brontokusuman Kecamatan Mergangsan dengan harga sewa per malam sekitar Rp 100 ribu.

Objek Wisata Terdekat dari Museum Perjuangan

Objek Wisata Terdekat dari Museum Perjuangan
Image Credit: Google Maps aji kurniawan

1. Candi Ratu Boko

Lokasi wisata dekat museum ini ada Candi Ratu Boko. Situs sejarah ini mengalami peningkatan pengunjung sejak digunakan sebagai lokasi syuting Ada Apa Dengan Cinta 2 yang lalu. Lokasi wisata sejarah ini menyimpan banyak cerita sejarah yang menarik untuk diulik. Banyak yang percaya bahwa peninggalan sejarah ini dulunya adalah istana Roro Jonggrang.

Ada juga yang menyebutkan bahwa Candi Ratu Boko merupakan peninggalan tempat peristirahatan Rakai Panangkaran dariMataram Kuno. Luas Candi Ratu Boko sekitar 2,5 hektar dan terletak dekat dengan Candi Prambanan. Harga tiket masuk ke lokasi wisata ini adalah sekitar Rp 35 ribu hingga Rp 100 ribu tergantung dengan jenis tiket dan jenis paket.

2. Pantai Siung

Pantai Siung adalah lokasi wisata alam yang belum banyak dikunjungi wisatawan. Pantai Siung terletak dengan jarak sekitar 77 km dari pusat kota. Bila menggunakan kendaraan pribadi, anda bisa menuju lokasi pantai dengan estimasi waktu 2 jam perjalanan. Pantai Siung menampilkan keindahan alam dengan batu karang dengan ukuran raksasa.

Batu karang berukuran sangat besar ini akan menjadi latar foto yang indah dan estetik. Nama Siung dipilih oleh warga sekitar karena bentuk landscape pantai ini menyerupai Siung Wanara atau gigi kera. Selain menikmati keindahan pantai, keunggulan Pantai Siung lainnya adalah olahraga panjat tebing. Tebing di pantai ini sangat terkenal di Jogjakarta.

BACA JUGA:  Museum Dirgantara Jogja - Sejarah, Koleksi, Tiket & Ragam Aktivitas

3. Merapi Park

Wisata alam Merapi Park berada di wilayah utara Jogjakarta tepatnya di Kabupaten Sleman. Bila anda menempuh perjalanan dari pusat kota Jogja, estimasi waktu yang diperlukan adalah sekitar 1 jam. Lokasi wisata ini buka setiap hari dari pukul 09.00 – 17.00 WIB. Merapi Park banyak dikunjungi dan menjadi tempat yang populer saat ini.

Dengan harga tiket masuk sekitar Rp 20 ribu anda akan bisa mengunjungi tempat lokasi wisata dekat Museum Perjuangan yang menarik ini. Banyak landmark terkenal dari seluruh penjuru dunia. Beberapa diantaranya adalah seperti Menara Eiffel, Menara Pisa dan Big Ben London. Foto berlatar landmark terkenal ini pasti menjadikan koleksi foto anda lebih estetik.

4. Agrowisata Bhumi Merapi

Lokasi wisata unik satu ini berada di lereng gunung Merapi. Lokasi tepatnya berada di Jalan Kaliurang Kilometer 20. Walaupun berada di lereng gunung Merapi, namun lokasi wisata ini menghadirkan konsep edukasi dan menghibur. Sehingga Agrowisata Bhumi Merapi akan menjadi wisata yang menarik bari keluarga khususnya anak anak.

Wisata edukasi yang bertemakan perkebunan dan peternakan ini berada pada lahan seluas 5,2 hektar. Anda bisa melihat dari dekat proses pembuatan kopi luwak, proses perah susu kambing hingga mengolahnya menjadi yoghurt dan es krim. Untuk harga tiket masuknya adalah sekitar Rp 30 ribu per orangnya dengan jam operasional antara pukul 08.30 sampai 17.00 WIB.

5. Goa Jomblang

Jogjakarta tak hanya menyuguhkan wisata sejarah yang menarik untuk diulik kisahnya namun juga berbagai wisata bertema alam yang mempesona. Salah satunya adalah Goa Jomblang yang tak bolah anda lewatkan. Goa yang masuk dalam kawasan Gunungkidul ini menjadi populer karena adanya sinkhole yang unik.

Sinkhole atau sumur alami ini terbentuk dari hasil geologi selama ratusan tahun. Lokasi wisata dekat dengan Museum Perjuangan ini pernah menjadi lokasi pengambilan gambar pada acara Amazing Race Amerika pada tahun 2011. Keindahan alam di Goa Jomblang ini akan membuat suasana hati anda lebuh tentram.

Yogjakarta selalu memikat para wisatawan untuk berkunjung. Itulah informasi tentang Museum Perjuangan di Yogyakarta dan berbagai wisata lain di dekatnya. Ayo buat list perjalanan liburan anda dan siapkan peralatannya. Selalu menjaga kebersihan alam dan Jangan lupa untuk terus jaga protokol kesehatan ya. Selamat Berlibur!