Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Merdeka No.56, Kampung Parung Jambu, Ciwaringin, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Museum Perjuangan Bogor dijadikan sebagai tempat wisata yang sangat disarankan untuk Anda kunjungi. Lakukanlah berbagai kegiatan seru di museum tersebut untuk mengisi waktu libur Anda. Museum tersebut dibangun guna mewariskan semangat serta jiwa juang ataupun nilai-nilai perjuangan untuk generasi muda.

Selain itu, melalui beragam koleksi yang disimpan dan dipajang dengan baik di museum ini bertujuan pula untuk mengenang perjuangan yang telah dilakukan oleh para pejuang dalam meraih kemerdekaan Indonesia. Tentu saja banyak sekali ilmu pengetahuan yang bisa wisatawan peroleh, terutama mengenai ilmu sejarah.

Tidak mengherankan apabila Museum Perjuangan Bogor menjadi tempat wisata sejarah unggulan di Bogor. Setiap harinya selalu ada saja wisatawan yang mengunjungi tempat tersebut untuk mengisi waktu luangnya. Museum tersebut kerap membuat banyak orang penasaran, sehingga Anda patut sekali untuk membaca penjelasan lengkap di bawah ini.

Daya Tarik Museum Perjuangan Bogor

Daya Tarik Museum Perjuangan Bogor
Image Credit: Google Maps Amalia Widianingrum

1. Menyimpan Beragam Koleksi Bersejarah

Museum Perjuangan Bogor menyimpan koleksi beragam benda yang bersejarah dan juga cerita perjuangan para pahlawan Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan bangsa ini. Koleksi yang terdapat di dalam museum tersebut terdiri atas beragam jenis senapan yang di masanya dahulu dipakai oleh pejuang Indonesia.

Selain itu, di museum yang berlokasikan di Bogor itu pun ada beragam senapan hasil curian dari Inggris dan Jepang. Terdapat juga mata uang di zaman VOC yang cukup menarik serta langka.

Koleksi lainnya yang akan wisatawan temui adalah beragam diorama-diorama yang mana menggambarkan pertempuran cukup sengit di Indonesia, terutama di area Bogor dan juga sekitarnya. Bukan hanya itu saja, ada pula berbagai koleksi baju para pahlawan yang tersimpan dengan rapi.

BACA JUGA:  Benteng Pasir Ipis - Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Sebagian dari baju itu pun masih memiliki sisa noda darah asli dan juga ada daftar nama-nama para pahlawan yang gugur di medan perang. Ada banyak barang pendukung yang dahulunya digunakan pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan pun turut diperlihatkan. Bahkan, mesin ketik tua dan juga alat stensil yang dipakai untuk buat surat bagi para pahlawan juga ada.

2. Memberlakukan Ritual Unik

Terdapat hal yang sangat menarik serta agak berbeda ketika akan memasuki Museum Perjuangan Bogor. Wisatawan diharuskan untuk terlebih dahulu melakukan ritual. Sesuatu yang disebut ritual ini maksudnya adalah bernyanyi lagu kebangsaan berjudul Indonesia Raya secara khidmat. Kemudian, melakukan bacaan doa pembuka yakni Al-Fatihah.

Setelah itu, ritual yang terakhir yaitu pembacaan Surat Yasin yang nantinya dipimpin oleh Mahruf. Sejumlah ritual tersebut dilakukan guna menghormati jasa para pahlawan yang sudah wafat di medan perang. Selain itu, juga untuk membangkitkan rasa nasionalisme untuk seluruh wisatawan yang datang ke museum ini.

3. Bangunannya yang Megah

Apabila Anda melihat dari kejauhan, maka bangunan yang dimiliki oleh museum tersebut tampak megah dan unik diantara hilir mudinya banyak kendaraan serta masyarakat yang lalu lalang. Jika Anda mendekati bangunannya, maka dari luar akan terlihat relief-relief indah di dinding depan museum yang menggambarkan tentang perjuangan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Museum Perjuangan
Image Credit: Google Maps Daniel Juddah

Museum Perjuangan Bogor Berada di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat dan tepatnya lagi di Jalan Merdeka Nomor 56, Kelurahan Cibogor, Kecamatan Bogor Tengah. Mengenai akses yang akan dilalui oleh Anda yang hendak datang ke museum tersebut tergolong mudah.

Jika wisatawan memulai perjalanannya dari Stasiun Kereta Bogor, maka bisa langsung menuju lokasi museum dengan jalan kaki saja. Hal itu karena letak dari museum yang unik tersebut cukup berdekatan dengan stasiun kereta api. Bila dihitung-hitung hanya memiliki jarak tempuh kurang lebih 100 m.

Namun, apabila Anda memulai perjalanan wisata ini dari terminal Baranagsiang, maka harus naik angkot berwarna merah dengan nomor 3. Setelah itu, turun di persimpangan jembatan merah. Lalu dari situ nanti Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju lokasi Museum Perjuangan Bogor dengan jalan kaki.

BACA JUGA:  Goa Belanda Bandung - Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Jika Anda ingin mengendarai kendaraan yang dimiliki sendiri, maka bisa cari saja akses jalanan yang terbilang lebih mudah. Misalnya saja dengan melewati Jalan Merdeka ataupun dapat pula melewat Jalan Kapten Muslihat.

Tidak sedikit wisatawan yang bingung mengenai rute untuk menuju ke museum tersebut. Apabila Anda nanti bingung di tengah perjalanan, maka segera bertanya kepada warga sekitar yang dijumpai. Selain itu, juga bisa langsung menemukan rute tercepatnya dengan membuka Google Maps.

Harga Tiket Masuk Museum Perjuangan Bogor

Harga Tiket Masuk Museum Perjuangan Bogor
Image Credit: Google Maps Fajar Rivai Pobozny

Harga tiket masuk yang ditawarkan oleh Museum Perjuangan Bogor tentunya akan membuat banyak wisatawan merasa senang. Hal itu dikarenakan harga tiket masuknya termasuk murah, sehingga bisa dijangkau oleh berbagai kalangan. Harga tiket masuknya pun dibedakan menjadi 2 macam.

Bagi wisatawan umum atau yang sudah dewasa, maka akan dikenai tiket masuk seharga 10 ribu rupiah. Sementara itu, bagi wisatawan yang masih menjadi pelajar akan dikenai tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah. Dengan biaya yang tergolong murah sekali ini wisatawan sudah dapat memperoleh banyak pengetahuan tentang sejarah Bangsa Indonesia.

Untuk jam operasional wisatanya sendiri, museum tersebut dibuka setiap hari. Namun bukan 24 jam, melainkan mulai pukul 8 pagi dan akan ditutup pada pukul 4 sore. Bila Anda ingin bisa menikmati liburan di museum ini dengan puas, maka waktu yang disarankan untuk berkunjung ke sana adalah sejak pagi hari, yakni jam 8 pagi.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Menarik Museum Perjuangan
Image Credit: Google Maps Zzaakkyy

1. Melakukan Tur di Dalam Museum

Setiap wisatawan yang mengunjungi Museum Perjuangan Bogor tentu saja ingin melakukan kegiatan tur. Kegiatan tur ini akan membuat wisatawan dapat melihat dan menikmati secara langsung berbagai koleksi benda yang ada di sana. Tidak perlu bingung karena kegiatan tur wisatawan akan didampingi oleh seorang pemandu.

Setiap koleksi di sana sudah diberi keterangannya masing-masing. Sehingga, Anda tidak akan bingung dengan asal-usul koleksi di museum tersebut. Apabila merasa kurang jelas, maka wisatawan diperbolehkan untuk bertanya kepada pemandu tur. Anda bisa menikmati koleksi di sana sedekat mungkin, asalkan tidak melanggar garis batas.

BACA JUGA:  Museum Nike Ardilla - Sejarah, Koleksi & Ragam Aktivitas

2. Memotret

Untuk mengabadikan berbagai koleksi yang Anda jumpai dalam museum tersebut, maka kegiatan yang bisa wisatawan lakukan yaitu memotret. Anda bisa melakukan kegiatan memotret ini dengan kamera maupun smartphone. Nantinya, hasil foto yang Anda lakukan di museum bersejarah ini dapat dijadikan sebagai kenang-kenangan wisata.

Selain memotret koleksi benda di Museum Perjuangan Bogor, Anda pun bisa melakukan foto selfie. Berbagai koleksi tersebut akan menjadi sebuah latar belakang foto selfie yang cukup instagramable. Sebaiknya tidak menyalakan lampu flash kamera supaya tak mengganggu kegiatan tur wisatawan yang lainnya.

3. Melihat Film Bersejarah

Selain benda-benda bersejarah, museum ini juga menyuguhkan film bersejarah mengenai perjuangan yang dilakukan oleh para pahlawan. Wisatawan bisa menonton film tersebut agar tidak merasa bosan.

Fasilitas yang Tersedia di Museum Perjuangan Bogor

Fasilitas Museum Perjuangan Bogor
Image Credit: Google Maps jazeela mousthofa

Tidak heran bila sebagai salah satu tempat wisata bersejarah di Bogor, maka Museum Perjuangan Bogor menyediakan fasilitas yang terbilang cukup baik. Museum ini sudah menyiapkan area parkir untuk menampung kendaraan wisatawan. Walaupun ukuran lahan parkirnya cukup sempit, namun tetap muat menampung kendaraan Anda dengan baik.

Selain area parkir kendaraan, di museum yang menjadi kebanggaan masyarakat Bogor ini juga telah disediakan fasilitas toilet. Fasilitas ini memang sudah sepatutnya selalu ada di setiap tempat wisata, termasuk museum tersebut. Dengan begitu, wisatawan tidak akan bingung bila sewaktu-waktu ingin buang air.

Apabila Anda menanyakan mengenai fasilitas kuliner yang ada di sana, maka sudah ada banyak warung makan di sekitaran lokasi museum. Beberapa makanan dan minuman khas Bogor pun bisa Anda beli. Oleh sebab itu, wisatawan jarang ada yang membawa bekal makanannya sendiri sebab lebih memilih untuk berburu kuliner lezat di sekitar sana.

Nah, sekian penjelasan yang lengkap tentang Museum Perjuangan Bogor. Jangan lupa untuk menggunakan pakaian serta alas kaki yang nyaman agar tidak mengganggu kegiatan berwisata. Wisatawan juga dilarang buang sampah sembarangan ketika ada di museum. Selain itu, wajib bagi seluruh wisatawan untuk mengikuti peraturan yang diberlakukan oleh pihak museum.