Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 09.00-15.00 WIB, Alamat: Jl. Trunojoyo No.3, Selong, Kec. Kebanyoran Baru, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta; Map: Cek Lokasi

Museum Polri telah diresmikan sebagai wisata sejarah karena menyimpan cerita perkembangan institusi kepolisian Indonesia. Berlibur kesana sambil belajar sejarah menjadi aktivitas utama yang dapat dilakukan. Traveller dari kota mana pun sudah cukup banyak yang menyisihkan waktu ke Museum. Bahkan pengunjung tertarik untuk memotret foto.

Ruang Museum telah dilengkapi koleksi unik yang mudah dilihat. Beberapa koleksi ada yang dimasukkan ke dalam rak kaca supaya tetap bersih. Patung berupa pahlawan dan polri mudah dijumpai, Anda dapat membaca gambaran dari patung itu lewat teks.

Pada bagian lain terdapat miniatur kendaraan dan senjata perang. Para tamu tidak akan bosan selama melihat koleksi karena Museum ini menyediakan secara lengkap. Museum hits itu memang menarik dipakai sebagai spot liburan serta edukasi untuk keluarga.

Daya Tarik Museum Polri

Daya Tarik Museum Polri
Image Credit: Google Maps Museum Polri

1. Cerita Sejarah

Museum Polri digunakan sebagai tempat yang mengabadikan cerita sejarah polri mulai dari zaman prakolonial hingga reformasi. Pada era perkembangan tersebut Kepolisian Indonesia mengalami beberapa perubahan dalam mengayomi masyarakat. Melalui bangunan Museum ini pelancong dapat melihat sejarah perkembangan kepolisian yang terpampang lengkap.

Cerita yang dimiliki Museum bisa dipelajari oleh pengunjung karena mengandung sejarah unik. Disana sudah ada koleksi dokumen, koleksi benda, dan foto yang menarik. Terdapat petugas yang akan menjelaskan sejarah Museum secara detail. Anda akan mendapat wawasan lebih luas jika datang kesana mulai dari pagi sampai malam bersama keluarga.

2. Beberapa Ruang Pameran

Setiap spot Museum Polri memiliki ruang khusus yang dipakai sebagai pameran benda sejarah. Ruang penegakan hukum ada disana dengan koleksi gambaran kejahatan terorisme, ekonomi, sosial yang pernah ditangani. Narasi pahlawan Polri serta replika patung polisi ada di ruang kepahlawanan. Lalu cerita sejarah polri dapat dilihat di bagian ruang sejarah.

BACA JUGA:  Museum Seni Rupa dan Keramik - Sejarah, Koleksi, Tiket & Ragam Aktivitas

Pada ruang koleksi dan peristiwa ada koleksi motor dan peralatan lain yang memberi gambaran tentang perubahan teknologi. Sudut lain menyediakan ruang densus 88 yang mempunyai koleksi barang bukti kejahatan berupa foto. Terdapat pula ruang simbol dan kesatuan, labfor, hall of fame, dan masih banyak lagi yang boleh dikunjungi para tamu.

3. Tempat yang Nyaman

Museum Polri tersedia begitu luas dan bersih karena mendapat perhatian penuh dari petugas. Setiap ruang sudah diberi lampu penerang serta dicat dengan corak beda. Traveller yang berjalan santai melewati setiap ruang akan merasa nyaman. Bahkan koleksi yang ada di Museum juga dijaga dengan baik karena dilindungi pada rak kaca supaya tidak rusak.

Pengunjung bisa pula membaca teks untuk mengetahui informasi tentang Museum. Tempat yang nyaman serta luas ini memang menarik dikunjungi untuk sekedar bersantai. Anda boleh duduk pada kursi mana pun yang disuka jika merasa lelah. Ruang juga sudah dilengkapi AC sehingga tidak panas meskipun sedang ramai dikunjungi oleh pelancong.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Museum Polri
Image Credit: Google Maps fadilah akbar

Museum Polri berlokasi di Jalan Trunojoyo, Selong, Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Tempat sejarah itu masih dalam lingkup pusat kota karena tergolong strategis. Kendaraan umum yang melintasi Museum sudah cukup banyak, para tamu akan lebih mudah selama liburan. Museum diketahui cukup dekat dengan jalan raya dan bangunan yang berdiri tampak sangat megah.

Berkendara dari Jakarta Selatan menjadi pilihan sebagian orang yang datang dari beberapa kota. Dari sana Anda bisa lurus ke Jalan Cemp III sambil melihat kepadatan kota. Belok ke Jalan Pangeran Antasari dan tetap lurus pada poros jalan itu. Lanjutkan menuju Jalan Iskandarsyah Raya yang butuh waktu kurang lebih 5 menit untuk menuju Museum itu.

Setiap kendaraan yang melaju ke wisata akan menemukan papan arah. Museum memang menjadi incaran traveller karena tempat yang memiliki aspal mulus tidak menyulitkan perjalanan. Jika sudah sampai disana Anda akan disuguhi patung besar Ir Soekarno. Jadi selama mencari titik lokasi Museum dijamin mudah dan jangan takut tersasar.

BACA JUGA:  Museum Basoeki Abdullah - Sejarah, Koleksi, Lokasi & Ragam Aktivitas

Harga Tiket Masuk Museum Polri

Harga Tiket Masuk Museum Polri
Image Credit: Google Maps fadilah akbar

Museum Polri menjadi wisata sejarah yang tidak mempunyai tiket masuk. Wisatawan boleh berjalan ke tiap ruang tanpa mengeluarkan budget karena semua gratis. Anda bisa belajar sejarah secara lengkap dengan uang yang aman di dompet. Wisata yang menyimpan banyak koleksi juga cocok dikunjungi ramai-ramai karena saat hari libur Museum tetap gratis.

Parkir kendaraan dapat ditaruh pada lahan yang ada di samping Museum. Biaya diperkirakan Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 per mobil. Melakukan kunjungan kesana memang hanya perlu biaya parkir supaya kendaraan lebih aman. Harga itu juga tidak dihitung berdasarkan lama kunjungan karena biaya tetap sama dari jam buka hingga tutup.

Jika ingin membeli camilan Anda bisa beranjak ke luar Museum karena di dalam tidak ada kantin. Siapkan budget yang cukup untuk membeli kuliner yang diminati. Para tamu bisa pula naik kendaraan umum dengan biaya mulai Rp 15.000. Harga murah yang telah tersedia cocok bagi kantong pelajar hingga dewasa, sehingga sangat menarik dijadikan spot liburan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Menarik Museum Polri
Image Credit: Google Maps Museum Polri

1. Berkeliling di Museum Polri

Lahan luas yang telah menjadi pusat Museum selalu digunakan berkeliling. Traveller tidak pernah bosan saat berkeliling karena tempat begitu indah. Mulai dari awal masuk Anda akan disuguhi bangunan serta patung yang menjulang tinggi. Jika lelah usai keliling pelancong dapat duduk di kursi yang telah ada pada setiap ruang untuk melepas penat sejenak disana.

2. Menelusuri Ruangan

Museum Polri diketahui memiliki ruangan cukup banyak dengan koleksi berbeda. Setiap ruang telah menyediakan cerita sejarah yang mudah dipelajari. Terdapat pula miniatur, teks, hingga pakaian yang mencerminkan seragam dari polri. Wisatawan dapat melihat ke tiap sudut untuk mendapat gambaran perjuangan melalui koleksi yang sudah dirawat petugas.

3. Bersantai

Tempat duduk yang tersebar membuat traveller merasa senang karena bisa bersantai. Duduk sambil melihat sudut kanan dan kiri Museum membuat pengunjung tidak pernah jenuh. Apalagi ruangan yang ada di area memiliki AC dan tempat bersih. Bersantai pada kawasan wisata hits ini memang cocok dilakukan bagi Anda yang lelah berkeliling.

BACA JUGA:  Museum Sejarah Jakarta - Sejarah, Koleksi, Tiket & Ragam Aktivitas
Aktivitas Menarik di Museum Polri
Image Credit: Google Maps fadilah akbar

4. Memotret Foto

Museum Polri sudah memberikan koleksi unik serta penataan yang rapi. Hal itu membuat setiap orang tertarik untuk memotret foto setiap koleksi. Berbagai replika, patung, hingga teks sejarah boleh dipotret asalkan tidak disentuh agar tidak rusak. Traveller harus mencoba hunting di dalam ruangan yang berbeda dengan memakai koleksi itu sebagai latar yang unik.

5. Belajar Sejarah

Cerita sejarah yang tersimpan di dalam Museum memang memberi informasi terkait polri yang cukup lengkap. Perjuangan yang telah dilalui polri sejak zaman dahulu menarik dipelajari. Sepanjang bangunan ini sudah ada tulisan mengenai penjelasan dari koleksi. Anda akan diberi gambaran perjuangan yang bisa menambah wawasan selama berada disana.

Fasilitas yang Tersedia di Museum Polri

Fasilitas Museum Polri
Image Credit: Google Maps Jhon Afri Cryman

Museum ini menyediakan fasilitas yang tergolong lengkap karena pengelola ingin menjaga kenyamanan setiap pelancong. Mulai dari pintu masuk Anda akan terkesima dengan patung salah satu pahlawan dan tulisan Museum. Tempat duduk yang estetik sudah ada di sebagian sudut. Pelancong boleh saja duduk disana asalkan tetap menjaga sikap jangan merusak.

Parkir kendaraan dapat dijumpai di samping wisata dengan sekat mobil serta motor. Kuliner tidak tersedia karena belum tampak kantin atau warung di dalam area. Tetapi para tamu dapat mencoba kuliner yang dijual oleh penjual pada bagian depan. Toilet dapat dipakai saat berkunjung, hal yang terpenting jangan mengotori kamar mandi dan tetap jaga fasilitas itu.

Museum Polri juga mempunyai sejumlah ruangan yang memberi informasi terkait perjuangan polri. Koleksi pun sudah lengkap dan ditata sangat rapi dengan diberi teks. Rak kaca yang berjejer membuat koleksi tidak kotor serta rusak. Kemudian ada pula ruang kids korner yang khusus disediakan untuk anak-anak yang ingin bermain dan belajar sejarah.

Nah itulah penjelasan Museum Polri yang tergolong sebagai destinasi sejarah. Sebelum datang kesana Anda diharap memakai pakaian yang rapi dan sopan. Patuhi ketentuan kunjungan untuk turut serta menjaga koleksi dari Museum itu. Pelajari setiap informasi serta potret koleksi karena banyak sekali spot foto yang bisa memanjakan mata Anda.