Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 09.00-15.00 WIB, Alamat: Jl. Faridan M Noto No.21, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Berbicara tentang Yogyakarta maka sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kawasan wisata. Mulai dari alam, menantang, hingga untuk edukasi. Salah satu wisata edukasi yang ada di Yogyakarta adalah Museum Sandi. Ada yang sudah tahu tentang museum yang satu ini? jika belum kini saatnya anda menyimak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Sejarah Museum Sandi

Sejarah Museum Sandi
Image Credit: Google Maps Qonita Aulia R

Museum Sandi menjadi satu-satunya tempat yang menyimpan berbagai macam alat-alat untuk mengirim pesan rahasia. Destinasi bersejarah ini juga merekam berbagai macam jenis dan bentuk persandian di Indonesia bahkan hingga mencapai dunia. Sehingga bagi anda yang tertarik memecahkan sandi, tidak ada salahnya mengunjungi museum ini.

Kawasan wisata sandi ini mulai diresmikan sekitar tahun 2008 yang sebelumnya pernah terkena dampak dari gempa bumi. Setelah tiba di bagian lobby, maka Museum Sandi yang keren ini, maka anda bakal disambut dengan hangat oleh pengelola museum, dan berbagai orang-orang yang sangat ramah serta legowo.

Daerah wisata sandi yang keren ini juga dilengkapi dengan layar sentuh yang berguna untuk para pengunjung yang ingin belajar untuk memecahkan sandi. Namun jangan khawatir selama menjelajahi museum, anda bakal bertemu dengan pemandu wisata yang profesional serta akan menemai anda untuk memepelajari sandi serta memberikan banyak informasi terkait seluk beluk museum tersebut.

Koleksi dan Fungsi Museum Sandi

Koleksi Museum Sandi
Image Credit: Google Maps Bambang Edi Prasetyo

Pada masa sekitar tahun 2008, museum fenomenal ini difungsikan untuk mengoleksi berbagai macam jenis benda beserta dengan alat yang dipakai untuk memecahkan sandi. Dalam Museum Sandi tersebut anda bisa memecahkan kode sandi, telegraf, hingga sampai mesin-mesin persandian yang dibuat di Indonesia maupun luar negeri.

Zaman dahulu para pejuang memanfaatkan mesin sandi yang keren ini untuk melancarkan berbagai aksinya guna mempertahankan kemerdekaan negara tercinta Indonesia. Benda-benda yang ada dalam museum tersebut bisa dijadikan saksi bisu dan sangat bersejarah bagi kemajuan Negara Indonesia.

Tidak hanya berbagai mesin sandi yang tersisa di kawasan museum ini, namun masih banyak lagi berbagai benda bersejarah lainnya mulai dari berbagai dokumen sandi, diorama, aneka gambar, hingga yang paling fenomenal sepeda onthel yang biasanya dipakai oleh kurir guna menyampaikan pesan juga masih tersimpan rapi di dalam Museum Sandi ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Museum Sandi
Image Credit: Google Maps Sumantri Ira

Jika anda tertarik untuk mengunjungi kawasan wisata ini, maka untuk lokasi tepatnya ada di kawasan pusat kota Yogyakarta. Letak detailnya berada di jalan Faridan M Noto Nomor 21, Kotabaru, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta, umumnya di Daerah Istimewa Yogyakarta 55224. Untuk jarak yang ditempuh bila dari Kota Yogyakarta yaitu sekitar 2,9 kilometer dalam waktu 9 menit.

Setelah anda mengetahui lokasi tepatnya, maka kini saatnya anda tahu dengan rute perjalanan yang tepat untuk menuju ke kawasan museum edukasi di Jogja tersebut. Rute yang harus ditempuh untuk bisa sampai menuju pada Museum Sandi yang keren ini tidak terlalu jauh. Bila anda berasal dari pusat kota Yogyakarta, maka bisa langsung ke arah Jalan Panembahan Senopati.

Bila anda sudah di jalan Senopati, maka bisa dilanjutkan dengan belok ke kiri menuju jalan Mayor Suryotomo. Lurus saja dan ikuti jalan besar, dan lanjutkan dengan belok sedikit ke arah jalan Mataram. Apabila anda menemukan sebuah bundaran, maka ambil pintu keluar pertama untuk tetap berada di jalan Mataram.

Jika sudah berada di jalan Mataram, lanjutkan dengan belok kiri kearah Abu Bakar Ali. Lanjutkan dengan berjalan lurus saja hingga mentok dan akhirnya ketemu pertigaan belok ke kanan menuju jalan Kleringan. Kemudian lurus, lalu belok kiri di pertigaan hingga akhirnya anda bisa melalui jalan Ahmad Jazuli. Untuk menuju Museum Sandi jalan lurus hingga bertemu jalan Prau.

Fasilitas yang Tersedia di Museum Sandi

Fasilitas Museum Sandi
Image Credit: Google Maps umi lestari

1. Kawasan Parkir yang Luas

Sama dengan berbagai kawasan wisata yang lainnya, pada wisata edukasi museum ini juga memberikan fasilitas tempat parkir. Akses untuk parkir di Museum Persandian ini tergolong mudah, sebab ia memiliki halaman yang sangat lapang. Pengunjung yang datang bisa menggunakan kendaraan pribadi, mobil, dan juga carteran.

Untuk parkir sendiri biasanya hanya dibandrol sekitar 2 ribu an saja untuk kendaraan roda dua. Sedangkan untuk mobil akan di beri harga sekitar 3 hingga 4 ribu rupiah saja. biasanya untuk parkir ini hanya digunakan sebagai biaya jasa menunggu kendaraan anda, sebab untuk masuk di lokasi wisatanya tidak di barol biaya sepeserpun, alias gratis.

2. Adanya Seorang Pemandu Wisata yang Berpengalaman

Meskipun area dari kawasan Museum Sandi ini tidak seluas di bandingkan dengan kawasan yang lainnya, namun bagi wisatawan yang memang tertarik berkunjung atau dengan tujuan edukasi bakal di mudahkan adanya pemandu wisata. Dengan adanya pemandu wisata atau seorang edukator di museum ini bakal siap untuk melayani pengunjung yang membutuhkan bantuan pada saat berkeliling.

Tidak hanya sekedar memberikan penjelasan terkait dengan sejarah dunia persandian yang ada Indonesia, namun dengan adanya para edukator ini juga bakal memberikan petunjuk terkait bagaimana cara kerja dari berbagai alat peraga. Seorang pemandu wisata di museum bersejarah ini biasanya akan memaki berbahasa Indonesia dan juga Inggris sesuai dengan kebutuhan dari kliennya sendiri.

3. Terdapat Papan Informasi yang Beragam

Hampir serupa dengan berbagai kawasan wisata yang lainnya, bagi kawasan Museum Sandi ini juga dilengkapi dengan papan informasi dan juga video yang berisi pengenalan dari Museum aset negara ini. Menariknya, dalam papan informasi ini juga sudah dilengkapi dengan dua bahasa, yaitu Indonesia dan Inggris. Sehingga nantinya bakal memudahkan pengunjung.

Informasi tambahan juga bisa anda peroleh di kawasan wisata ini. tidak hanya dari papan aja, namun anda juga bakal mendapatkan informasi dari alat peraga yang sudah disediakan. Bahkan alat peraga tersebut juga dijadikan sebagai salah satu souvenir yang bisa anda dapatkan dengan Cuma-Cuma. Jenis souvenir yang dimaksud adalah peraga sandi Caesar.

4. Tempat Diskusi yang Luas dan Nyaman

Bagi anda yang pada dasarnya ke Museum sandi untuk tujuan edukasi, maka juga bisa menikmati salah satu fasilitasnya yang keren, yaitu area diskusi. Kawasan ini juga digadang gadang sangat cocok untuk wisata anak-anak. Bukan tanpa alasan, sebab pada kawasan menarik ini juga dilengkapi dengan rea kids corner yang berada di lantai 1. Sehingga jangan ragu agi untuk membawa anak guna berwisata di sini.

5. Perpustakaan dengan Aneka Buku Sandi

Selain memiliki area diskusi, anda yang datang ke tempat wisata ini juga bakal di puaskan dengan adanya area perpustakaan. Buku-buku yang disedikana di area perpustakaan ini berkaitan dengan berbagai sejarah, kriptografi, dan masih banyak yang lainnya. Dan pastinya juga sangat sayang untuk dilewatkan bila di Museum Sandi.

Jangan salah, jika anda berkunjung di kawasan ini juga akan difasilitasi adanya ruang baca yang sangat nyaman. Sehingga bagi anda yang menang datang ke kawasan ini untuk tujuan edukasi sangat cocok untuk menggali berbagi informasi lebih dalam dengan membaca beberapa buku di area ruang baca yang nyaman.

6. Fasilitas Gazebo yang Besar

Fasilitas lain yang akan anda temukan jika berkunjung di kawasan wisata yang satu ini yaitu adanya gazebo. Spot yang satu ini berada di samping perpustakaan museum. Jumlahnya juga tidak sedikit, sehingga bagi pengunjung yang datang bisa dengan leluasa untuk menikmati fasilitas yang diberikan dengan tenang.

Umumnya spot gazebo ini digunakan oleh pengunjung yang datang untuk bercengkrama serta istirahat santai bersama dengan keluarga atau sahabat saat di Museum Sandi. Bagian atapnya juga lebar dan tersusun rapat, sehingga jika musim hujan tiba, pengunjung tidak perlu lagi bingung untuk mencari tempat berteduh.

Disekitar area gazebo juga dilengkapi dengan berbagai pedagang yang menjajakan makanan khas daerah beserta dengan aneka minuman. Mulai dari yang hangat hingga dingin. Sehingga tidak jarang bagi pengunjung yang datang untuk mampir ke gazebo sembari menyantap kuliner khas di daerah tersebut.

7. Koneksi Internet yang Cepat

Fasilitas lain yang bisa dinikmati bagi pengunjung yang datang yaitu adanya koneksi internet yang sangat lancar. Sebagai salah satu kawasan wisata edukasi, maka adanya koneksi internet akan snagat emmuadhaan pengunjung yang hadir, terutama bagi mereka yang datang untuk tujuan pendidikan.

Area yang terpasang koneksi internet ini berada di seluruh ruangan Museum Sandi. Dan bagi anda yang belum bisa terhubung dengan koneksi internet, maka bisa langsung datang di bagian lobby museum. Disana anda bakal bertemu dengan salah satu staff yang akan menunjukkan password internet.

Dari penjelasan diatas, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa Museum Sandi adalah salah satu situs yang menyimpan berbagai macam alat untuk mengirim pesan rahasia, baik dari Indonesia hingga mancanegara. Fasilitas yang diberikan juga beragam, mulai dari tempat parkir, pemandu wisata, papan informasi, perpustakaan, area diskusi, gazebo, hingga koneksi internet.