Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 07.00-14.00 WIB, Alamat: Jl. Mahameru VE 7 Tidar No.10, Doro, Karangwidoro, Kec. Dau, Kota Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Sudah menjadi rahasia umum jika Kota Malang menjadi salah satu tujuan para wisatawan untuk menghabiskan liburan. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab Malang menyimpan banyak kawasan wisata yang wajib untuk di eksplorasi. Mulai dari wisata alam, buatan, kuliner, budaya, sejarah, hingga pendidikan semuanya tersedia dengan lengkap di Malang.

Salah satu kawasan wisata yang memiliki nuansa pendidikan di Kota Malang adalah Museum Zoologi Frater Vianney yang terletak di Desa Karangbesuki. Museum yang satu ini menyimpan berbagai biota laut yang sudah diawetkan atau tinggal kerangka. Sejarah museum in tidak lepas juga dengan kaitannya laut. Penasaran dengan detailnya? Berikut penjelasan lengkapnya untuk anda.

Sejarah Singkat Museum Zoologi Frater Vianney

Sejarah Singkat Museum Zoologi Frater Vianney
Image Credit: Google Maps Cansabalas Adventure

Dalam kawasan wisata dimanapun berada pasti tidak akan lepas dari yang namanya sejarah. Tidak terkecuali dengan kawasan wisata Museum Zoologi Frater Vianney. Berdirinya museum yang erat kaitannya dengan biota laut ini bermulai dari seorang guru yang mengoleksi berbagai benda dan melakukan berbagai eksperimen tentang biota laut.

Dimana guru yang di maksud disini bernama Frater M. Vianney. Selain guru dan kepala sekolah di SGA Flores, sebelum membuka museum ini, ia adalah seorang misionaris yang berkebangsaan Belanda dan datang ke Indonesia sekitar tahun 1960 an. Pada saat menjadi guru dan kepala sekolah tersebut, akhirnya ia mulai menemukan untuk mengoleksi berbagai hewan dan benda laut.

Selain mengoleksi, ia juga mulai mengklasifikasikan spesimen-spesimen yang saat ini tengah tersimpan dan dipamerkan dalam museum populer di area Kota Malang. Selain berbagai biota laut, bahayanya jika nada masuk bakal menjumpai koleksi lainnya dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam wilayah Jawa Timur.

Hewan yang masuk dalam koleksi Balai Konservasi Sumber Daya Alam ini diantaranya adalah macan, kumbang, musang, kupu-kupu, biawak, penyu hijau, dan berbagai macam fosil lainnya. Spesimen yang ada dalam Museum Zoologi ini, pada dasarnya hanyalah sebagian dari semua koleksi dari Frater M. Vianney, sedangkan sisanya diberikan untuk bahan ajar.

BACA JUGA:  Museum Satria Mandala - Sejarah, Koleksi, Tiket & Ragam Aktivitas

Koleksi Museum Zoologi Frater Vianney

Koleksi Museum Zoologi Frater Vianney
Image Credit: Google Maps Sanny Octavia Kusnadi

1. Cangkang Kerang atau Konkologi

Ada banyak sekali koleksi yang disediakan dalam museum keren ini. Salah satu kolekis yang ada dalam museum keren ini adalah teknologi atau ilmu kerang yang berada di darat dan laut. Semua benda tersebut diklasifikasikan dengan sangat rapi dan juga lengkap, sehingga sangat bagus jika datang untuk tujuan edukasi dan menambah wawasan.

Perlu untuk anda ketahui, bahwasannya sebagian besar dari kulit kerang yang ada dalam museum tersebut diambil langsung dari berbagai pantai yang tersebar di seluruh Indonesia. Kerennya lagi dalam Museum Zoologi Frater Vianney ini sebagian besar didominasi oleh berbagai koleksi cangkang kerang, terlebih di area utama. Disana anda juga bisa menyaksikan cangkang raksasa yang di letakkan di bagian atas meja.

Jumlah untuk koleksi orangnya sendiri berdasarkan data mencapai sekitar 12 ribu. Baik dari cangkang siput, moluska, dan juga kerang. Karena mempunyai jenis yang beraneka ragam, maka semuanya diletakkan sesuai kelompoknya dan diberi nama serta asal penemuan.

2. Reptil yang di Awetkan

Jangan salah, di museum yang unik ini, anda juga bakal menjumpai reptil yang sudah diawetkan. Reptil ini menjadi salah satu benda koleksi dari Vianney dan diwariskan untuk dipajang dalam Museum Zoologi Frater Vianney. Disini anda juga bisa menjumpai ular berbisa yang disebut dengan Vipera Russeli yang hanya bisa ditemukan di Pulau Flores.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menyaksikan ular weling, ular cincin mas, dan juga ular cincin emas. Selain ular, anda juga bakal dikejutkan dengan adanya koleksi iguana yang berasal dari Amerikan Selatan di kawasan museum.

3. Hewan Musang dan Hewan Lain yang Diawetkan

Koleksi di Museum Zoologi Frater Vianney
Image Credit: Google Maps Muhammad Nuraga Lazuardy Ramadhan

Bagi anda yang ingin menikmati hewan yang tidak hidup di laut seperti musang, kupu, macam dan masih banyak lainnya juga dapat berkunjung ke lokasi ini. Hewan tersebut di awetkan dan di pajang di area Museum Zoologi Frater Vianney. Hewan tersebut adalah bagian dari koleksi Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur.

4. Adanya Koleksi Gigi Hewan yang Panjang

Bukan sekedar reptil, cangkang kerang, dan hewan kupu serta musang saja, namuna di sini anda juga bisa melihat koleksi gigi hewan yang sangat panjang. Gigi- gigi tersebut dipamerkan di atas kaca transparan sehingga bisa dilihat dengan mudah oleh pengunjung. Berbagai gigi yang dipamerkan disini antara lain taring babi, biaya, duyung, dan masih banyak yang lainnya.

BACA JUGA:  Museum Moja Jakarta - Sejarah, Koleksi, Tiket & Ragam Aktivitas

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Museum Zoologi Frater Vianney
Image Credit: Google Maps Sanny Octavia Kusnadi

Lalu dimana sebenarnya letak dari Museum yang sangat mengagumkan ini? ia lebih tepatnya berada di jarak sekitar 15 km ke bagian Barat Kota Malang, Jawa Timur. Sedangkan jika sampai pertigaan Dau, jarak yang akan di tempuh ke lokasi Museum Zoologi Frater Vianney kurang lebih sekitar 10 km yang tidak jauh dari lokasi Candi Badut. Lokasi kawasan ini tepat berada di tepi Jalan Raya Karang Widoro, Dau.

Rute untuk bisa ke lokasi ini jika berada di Jalan Ijen, maka langsung saja mengarahkan kendaraan menuju puncak tidar. Namun anda harus berhati-hati saat mengunjungi kawasan ini, sebab rutenya memiliki struktur medan menanjak dan berkelok-kelok. Jika anda masih bingung ke lokasi tersebut, maka sebaiknya untuk menggunakan aplikasi google map.

Harga Tiket dan Jam Operasional Museum

Harga Tiket Masuk Museum Zoologi Frater Vianney
Image Credit: Google Maps Wahyu Nurramadan

Sama dengan kawasan wisata pada umumnya, jika anda datang ke lokasi museum koleksi Vianney ini, maka bakal ada aturan harga tiket dan jam operasional. Meskipun kawasan wisata Museum Zoologi Frater Vianney ini memiliki isi yang sangat lengkap, mulai dari hewan laut hingga darat, namuan harga tiket masuknya tidak ada alias gratis.

Namun beda cerita jika anda datang ke lokasi wisata museum bersama rombongan. Biasanya untuk pengunjung dalam bentuk rombongan ini bakal dikenakan tarif tiket sesuai dengan jenjang pendidikannya, misalnya untuk sekolah dasar 10 ribu, SMP 12 ribu 5 ratus rupiah, SMA 15 ribu, dan kuliah 20 ribu saja.

Lalu bagaimana dengan jam operasionalnya? Kawasan wisata ini mempunyai jam operasional mulai dari Hari Senin hingga Sabtu. Untuk jam bukanya di mulai pukul 7 pagi hingga 2 siang. Namun biasanya banyak pengunjung yang datang ke Museum Zoologi Frater Vianney sekitar jam 10 saat kondisi jalan tidak terlalu ramai lalu lalang.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Menarik Museum Zoologi Frater Vianney
Image Credit: Google Maps M.Taufik Akbar

1. Belajar Spesies yang Ada dalam Museum

Ada banyak hal yang bisa anda lakukan jika mengunjungi kawasan wisata museum di Malang ini. Salah satu yang bisa dilakukan yaitu dengan belajar berbagai spesies hewan yang ada di dalamnya. Jangan salah, disana ada seorang pemandu yang bakal membimbing anda. terlebih jika ada rombongan pelajar, di harapkan tidak datang mendadak agar di sedikan materi yang bagus untuk pendidikan.

BACA JUGA:  Museum Sepuluh Nopember - Sejarah, Koleksi, Lokasi & Ragam Aktivitas

2. Petik Jeruk

Meskipun terlihat sangat aneh, namun nyatanya di sekitar kawasan Museum Zoologi Frater Vianney tersebut anda juga dapat melakukan petik Jeruk Pontianak. Untuk rasa nya jangan diragukan lagi, sebab ia memiliki cita rasa yang sangat manis dan segar. Hasil dari petik jeruk tersebut juga bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Harga yang ditawarkan juga terjangkau, sekitar 11 ribuan saja per kilonya.

3. Menyaksikan Hiasan Dinding yang Menakjubkan

Dan yang datang ke lokasi juga bisa melihat berbagai macam hiasan dinding yang dipagari dengan koleksi. Salah satu daya tarik pada koleksi tersebut adalah adanya kepala banteng yang diletakkan di bagian atas pintu utama. Sedangkan di bagian dinding lainnya, anda juga bisa menyaksikan kepala rusa.

4. Mengabadikan Momen

Tidak ketinggalan, anda juga bisa mengabadikan momen berharga saat berkunjung di Museum Zoologi. Dimana anda dapat berfoto dengan berbagai benda peninggalan bersejarah di museum. Disana anda juga bisa mengabadikan foto pada benda serta berbagai macam jenis hewan.

Fasilitas yang Tersedia di Museum Zoologi Frater Vianney

Fasilitas Museum Zoologi Frater Vianney
Image Credit: Google Maps Ari Rita

Banyak fasilitas yang disediakan oleh kawasan wisata di area Malang ini. Salah satu fasilitas yang penting adalah lahan parkir yang luas. Meskipun berada di daerah yang tidak jauh dari area pusat Kota Malang, namun area ini masih memperhatikan area parkir. Bahkan di sekitaran museum juga ada tempat duduk untuk istirahat setelah perjalanan.

Dengan mengunjungi koleksi Balai Konservasi Sumber Daya Alam pada museum, dijamin tidak akan menyesal. Hal ini lantaran selain melihat dan belajar berbagai spesies hewan, pengunjung juga bakal di suguhkan wisata kuliner di sekitar bagunan Museum Zoologi. Bahkan pengunjung luar kota, tidak jauh dari lokasi juga bakal menemukan penginapan yang nyaman.

Kesimpulan yang bisa diambil dari penjelasan diatas adalah Museum Zoologi Frater Vianney yang terletak di Desa Karang Besuki Malang ini telah menyimpan banyak sekali koleksi. Berbagai koleksi yang bisa anda lihat saat di museum tersebut antara lain cangkang kerang atau konkologi, reptil, musang dan hewan lain yang diawetkan, dan koleksi gigi hewan panjang.