Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Kasuari No.5, Krembangan Selatan, Kec. Krembangan, Kota Surabaya, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Bangunan penjara bekas Kalisosok berada di Kota Surabaya. Bangunan yang terkenal angker di kalangan masyarakat sekitar ini digadang gadang akan disulap menjadi objek wisata yang menarik. Lokasi bangunan bekas penjara ini juga mempunyai kisah menarik dibaliknya yang berkaitan dengan sejarah Indonesia.

Maraknya terjadi pengrusakan bangunan terbengkalai ini menjadi keresahan Pemerintah Kota Surabaya. Sehingga ide untuk menjadikan bangunan tersebut objek wisata dilakukan untuk membuat bangunan bekas penjara Kalisosok lebih dilirik orang. Berikut adalah ulasan tentang berbagai macam daya tarik bangunan sejarah satu ini.

Sejarah Singkat Penjara Kalisosok

Sejarah Singkat Penjara Kalisosok
Image Credit: Google Maps Sugi Arto

Surabaya merupakan Kota Pahlawan yang tentu meninggalkan banyak bangunan sejarah yang mempunyai cerita menarik. Salah satunya adalah Bangunan penjara Kalisosok ini yang tercatat sudah dibangun kurang lebih sejak 200 tahun lalu. Bangunan ini merupakan bekas peninggalan Belanda yang mempunyai nilai arsitek yang tinggi.

Pada masa kemerdekaan Indonesia yatu sekitar tahun 1940 hingga 1943, sudah banyak tokoh pahlawan Indonesia yang merasakan kekejaman berada di penjara mengerikan ini. Beberapa tokoh tersebut adalah WR.Soepratman, Cak Durasim, Kiai Haji Mas Mansur hingga Presiden pertama Indonesia Soekarno.

Bangunan yang digunakan sebagai penjara politik ini dibangun oleh Belanda pada tahun 1808. Tercatat biaya yang dikeluarkan untuk membangun gedung ini cukup banyak yaitu sekitar 8000 gulden pada saat itu. Bangunan penjara ini dibangun pada masa pemerintahan Herman Williem Daendels yang merupakan gubernur jenderal Hindia Belanda ke-36.

Daya Tarik Penjara Kalisosok

Daya Tarik Penjara Kalisosok
Image Credit: Instagram 𝓹𝓲𝓽𝓪𝓵𝓸𝓬𝓪𝓭𝓲𝔂𝓪𝓱

1. Bangunan Bersejarah Aset Surabaya

Bangunan Penjara Kalisosok yang terdaftar sebagai salah satu cagar budaya ini, kini dimiliki oleh PT Fairco Jaya Dwipa. Namun bangunan bersejarah sejak jaman Belanda ini kemudian ingin diambil alih oleh Pemerintah Kota Surabaya untuk dikelola. Ide ini memang sudah dicetuskan sejak Surabaya dipimpin oleh walikota Ibu Risma Triharini.

Tak hanya sebagai bangunan lama terbengkalai bekas penjara, namun bangunan ini bisa dialih fungsikan sebagai bangunan wisata sejarah yang menarik bila dikelola dengan baik. Pemberian fasilitas publik di dalamnya, dan latar cerita bersejarah yang menarik tentu akan menarik banyak wisatawan bahkan dari luar kota.

Bangunan bekas penjara ini masih bertahan hingga saat ini salah satunya adalah karena masyarakat sekitar masih mempertahankannya. Masyarakat Surabaya masih menganggap bahwa bangunan lawas ini sebagai simbol perlawanan bagi arek arek Suroboyo pada saat itu, dan sebagai simbol pengingat sejarah kotanya.

2. Cerita Mistis Dibaliknya

Bangunan yang dibangun sejak tahun 1808 ini tentu merupakan bangunan lawas yang mengandung banyak cerita sejarah. Karena sudah lama terbengkalai dan tidak dihuni manusia, menjadikan penjara ini juga mempunyai segudang cerita mistis dibaliknya. Namun cerita horror tersebut malah menjadi daya tarik tersendiri untuk bangunan penjara satu ini.

Menurut mitis yang beredar di kalangan masyarakat sekitar Penjara Kalisosok, bila malam tiba sering terdengar suara tangisan dari dalam bangunan. Tak hanya suara tangisan saja, ada kalanya masyarakat sekitar juga mendengar banyak teriakan minta tolong yang berasal dari dalam penjara tersebut.

Bahkan keangkeran penjara ini juga bisa dirasakan saat masih beroperasi jaman dahulu. Para napi yang dijebloskan ke penjara ini mengaku sangat takut bila berada di penjara tersebut. Hal ini karena lokasi penjara yang cenderung gelap, sempit dan pengap. Dalam satu ruangan bahkan bisa dihuni 90 orang dengan cara berdesakkan.

3. Sarang Preman dan Bandit

Pada jaman orde lama dan juga orde baru, banyak preman dan bandit yang akhirnya ditawan di lokasi penjara Surabaya ini. Gerombolan preman dan penjahat ini bahkan pernah menjadikan lokasi penjara ini sebagai tempat tinggal untuk mereka. Hal ini karena semakin hari semakin banyak tahanan atau penjahat yang masuk ke penjara ini.

Salah satu yang terkenal adalah seseorang bernama Kusni Kasdut. Orang yang terkenal sebagai preman kelas kakap di Indonesia ini juga pernah mencicipi berada di balik jeruji besi Kalisosok. Namun hal ini berlangsung tidak lama, karena selang beberapa saat Kusni Kasdut kemudian ditembak mati aparat.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Penjara Kalisosok
Image Credit: Google Maps Erny Ludvyani Sumantri

Lokasi Bangunan Penjara Kalisosok berada di Kota Surabaya Jawa Timur. Bangunan bersejarah ini tepatnya berada di jalan Kasuari no 5 di wilayah Krembangan Selatan, dan masuk daerah Kecamatan Krembangan. Lokasi yang terletak di dekat pusat kota menjadikannya mudah dijangkau.

Bila anda wisatawan dari luar kota yang ingin mengunjungi lokasi bangunan ini, maka rute yang bisa ditempuh juga mudah. Anda bisa membuka aplikasi Google Maps dengan praktis dan menemukan rute yang bisa diakses kendaraan motor hingga mobil. Akses jalan di sekitar lokasi tersebut juga sudah baik dan mudah dilalui.

Harga Tiket dan Jam Operasional Penjara Kalisosok

Harga Tiket Masuk Penjara Kalisosok
Image Credit: Twitter afiansyah

Bangunan penjara ini memang tergolong bangunan terbengkalai. Bila anda memang berminat memasuki bangunan bersejarah ini, maka tidak memerlukan tiket khusus. Hal ini karena bangunan tersebut belum dikelola dan belum ada pihak pengelola yang memberikan harga tiket khusus.

Belum adanya pihak pengelola yang secara khusus merawat bangunan ini, sehingga membuat Bangunan penjara Kalisosok ini terbuka untuk umum selama 24 jam. Anda bisa mengunjungi bangunan bersejarah ini dengan bebas. Namun jam bebas inilah yang kemudian dimanfaatkan oknum tidak bertanggung jawab untuk merusak bangunan tersebut.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Menarik Penjara Kalisosok
Image Credit: Instagram Be’e

1. Melihat Sumur Ajaib

Bangunan Penjara Kalisosok yang memang terlihat tidak dikelola ini masih menyimpan banyak lokasi yang bersejarah yang bisa anda kunjungi. Salah satunya adalah sebuah sumur yang disebut sebagai sumur ajaib. Sumur yang berada di dalam bangunan ini mempunyai cerita sejarah yang panjang di masa silam.

Sumur yang masih mengeluarkan air dari dalam tanah ini dipercaya banyak masyarakat sekitar mempunyai khasiatnya sendiri. Air dalam sumur tersebut dipercaya mempunyai kemampuan menyembuhkan luka apapun. Bila orang mandi menggunakan air tersebut maka akan menyembuhkan penyakit atau luka apapun di tubuhnya.

2. Berkunjung dan Menjadi Saksi Penjara PKI

Pada jaman orde baru, bangunan bersejarah kota Surabaya ini menjadi saksi bisu tahanan PKI. Anggota Partai Komunis Indonesia yang diburu pada masa itu kemudian ditahan di bangunan bekas Belanda ini. Namun bangunan ini hanya menjadi tempat transit sebelum mereka dibuang ke Nusakambangan atau Pulau Buru.

Bangunan penjara yang masih kokoh juga bisa anda lihat bila mengunjungi Kalisosok. Walaupun sudah tidak difungsikan lagi, namun bekas bangunan penjara ini masih bisa anda lihat dengan kokoh. Tak hanya bekas penjara PKI, bahkan pada jaman Belanda, penjara yang sama juga berfungsi sebagai penjara tokoh Nasional kala itu.

Beberapa tokoh terkenal yang sempat menyicipi kejamnya jeruji besi Penjara Kalisosok adalah seperti santri dari KH Hasyim Asyari selaku pemimpin Muhammadiyah, kemudian ada juga WR Soepratman sang pencipta lagu Indonesia Raya, KH Mas Mansur hingga Presiden pertama Indonesia Bung Karno.

3. Mengunjungi Penjara Bawah Tanah

Penjara di bangunan ini tak hanya berada di atas tanah, namun juga ada yang dibangun di bawah tanah. Penjara bawah tanah ini tentu mempunyai tingkat keseraman yang berebda dengan penjara diatasnnya. Penjara bawah tanah ini seringkali dijadikan lokasi pengasingan untuk para tokoh nasional dan musuh Belanda.

Namun hingga sakitar tahun 1945 setelah kemerdekaan, penggunaan penjara bawah tanah ini tak lagi difungsikan. Banyak mitos seram yang menyelimuti bangunan penjara bawah tanah ini. Hal ini karena konon, penjara bawah tanah di Kalisosok juga digunakan sebagai tempat penyiksaan para tahanan politik Belanda.

4. Unik, Dinding Bangunan yang Tak Bisa Dipaku

Satu lagi hal unik yang menjadi daya tarik bangunan bekas penjara satu ini. Dibangun pada masa Belanda, arsitektur bangunan ni dikenal sangat kokoh dan mempunyai citarasa seni yang baik. Uniknya lagi, bangunan Penjara Kalisosok mempunyai jenis dinding yang tidak bisa dipaku atau berlubang.

Sehingga bila ingin membuat lubang pada dinding Penjara ini harus menggunakan alat khusus. Walaupun sederhana, namun dinding yang tidak tertembus paku ini merupakan salah satu keunggulan bangunan bekas Belanda satu ini. Menarik bukan? anda bisa membuat list perjalanan mengunjungi bangunan bersejarah satu ini bila ke Surabaya.

Fasilitas yang Tersedia di Penjara Kalisosok

Fasilitas Penjara Kalisosok
Image Credit: Twitter Zae

Bila anda suka mengunjungi bangunan sejarah yang terbengkalai seperti bangunan penjara di Surabaya ini, maka harus siap membawa fasilitas akomodasi pribadi. Hal ini karena bangunan sejarah seperti Kalisosok ini tidak terdapat pihak yang mengelola, sehingga fasilitas yang terdapat di dalam bangunan pun hampir tidak ada.

Sehingga bila anda ingin mengunjungi bangunan Penjara Kalisosok ini, maka disarankan untuk membawa peralatannya sendiri. Terlebih peralatan seperti penerangan dan lainnya. Rencana pemerintah kota Surabaya mengambil alih pengelolaan lokasi bangunan ini akan membuat bangunan tersebut menarik sebagai lokasi wisata Kota Surabaya.

Banyak bangunan bersejarah di Indonesia yang memang masih terbengkalai dan tidak dikelola dengan baik. Bangunan yang mempunyai banyak cerita latar belakang yang menarik ini tentu akan bermanfaat bila dirawat. Sehingga rencana Pemerintah Kota Surabaya untuk membuat bangunan bersejarah ini sebagai wisata perlu mendapat dukungan masyarakat.